Ketika HP Nyaris Invalid

Kemarin sore, seperti biasa, Afyad memainkan HP jadul saya. Lumayan, tak ada yang mendesak-desak saya minta main laptop. Jadinya bisa memakai laptop untuk menulis dan ngecek e-mail.

Tiba-tiba Affiq masuk kamar, “Ma, Afyad main air di tempat cuci piring!” Laporannya saya tangguhkan karena meladeni Athifah dulu. Setelah itu baru saya mendatangi Afyad yang sedang mengaduk-aduk baskom untuk cuci piring.

Gerendel yang terpasang di pintu antara ruang makan dan sebuah ruangan di dekatnya (bingung mau menyebutnya ruangan apa) sudah tak ada gunanya dipasang. Afyad bisa membukanya. Ia dengan mudah bisa lolos hingga ke dapur dan melakukan aneka uji coba yang menarik hatinya.

Kali ini ia memasukkan lagi beberapa peralatan makan yang sudah dicuci ke dalam baskom berisi air. Saya menarik tangannya ke luar dari dapur lalu ke luar ruang makan.

Kira-kira tiga puluh menit kemudian saya mencari-cari HP saya. “Kak, tolong dong ditelepon hape saya,” pinta saya pada suami. Baru teringat sebelumnya HP itu dimainkan Afyad. Waduh ... jangan sampai HP itu ikut tercebur juga tadi. Suami segera mengurungkan menelepon HP saya dari HP-nya. Takutnya terjadi korslet.

Saya berlari ke arah dapur. Dan benar saja, HP itu ada di dasar baskom, dalam keadaan masih menyala! Hu hu, HP jadul ini bakal invalid! Bergegas suami saya membuka body dan membongkar segala komponen penyusun HP, mengeringkannya dengan tisu, lalu mengangin-anginkannya di depan kipas angin.

“Jangan matikan kipas angin. Besok coba dijemur di bawah matahari!” suami saya memberikan instruksi. Mudah-mudahan saja masih bisa selamat mengingat HP itu sudah sekitar 30 menit terendam air.

Semalaman kipas angin berputar terus, hingga esok harinya. Siang hari, suami menjemur papan rangkaian listrik HP di bawah sinar matahari. Setelah dianggapnya cukup, ia sendiri yang mengambilnya dan memasang kembali semua komponen HP. Untungnya saya bersuamikan orang yang telaten mengurusi hal seperti ini jadi saya tinggal tahu beres.

“Mudah-mudahan masih bisa menyala,” harap suami saya. Kali ini butuh waktu lebih lama daripada biasanya untuk menyalakan HP. Eng ing eng ... HP-nya menyala dengan sukarela. Hanya penerang layarnya tak berfungsi. Layarnya gelap, harus memicing-micingkan mata untuk membaca tulisan yang tertera di situ.

“Alhamdulillah. Terimakasih ya, Papa. Biar sajalah lampunya tidak menyala. Mudah-mudahan anak-anak tidak tertarik lagi memainkannya,” saya melihat satu keuntungan dari kondisi HP saat ini. Kita saja yang orang dewasa ini kesulitan membaca tulisan di layar yang gelap begitu, apalagi bagi anak-anak.

Makassar, 12 Mei 2013

Tips buat Anda kalau-kalau suatu saat HP-nya terendam air:
  • Jangan panik. Segera matikan HP dengan cara langsung mencabut batere. Jangan tekan tombol untuk menghindari terjadinya korslet saat tombol ditekan.
  • Segera buka dan bongkar body-nya. Keringkan dengan tisu komponen-komponennya.
  • Angin-anginkan board rangkaian listriknya, jemur juga di bawah sinar matahari selama 1 – 2 hari. Jangan pernah menyalakannya sebelum 1 – 2 hari itu.
  • Coba nyalakan. Kalau masih rusak, hubungi teknisi yang lebih jago J


Silakan juga disimak:



Share :

8 Komentar di "Ketika HP Nyaris Invalid"

  1. hp jadul tahan lama kak niar, aku punya hp jadul lupa ada di dalam saku gamis eh ikut kerendam sama cucian lainnya, setelah di jemur nyala lagi..alhamdulillah:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah bisa nyala lagi ya :)
      Kalo HPnya bagus, masih bisa tertolong :)

      Delete
  2. whuawawahahaha dia sekalian mau ikutan nyuci tuh hp ya mba :(
    kalo lampu led seh biasanya mudah di dapat lho mba, tinggal ganti saja sendiri :)

    ReplyDelete
  3. Alhamdulillah masih bisa dipakai. Biar jadul masih bermanfaat ya mbak Niar.

    ReplyDelete
  4. makanya aku cukup pake hape 200 ribuan
    kalo rusak tinggal buang ke tempat sampah ga pake nyesel...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ya mas Rawins soale anak2 masih kecil2. Pernah juga HPnya direndam Citra or Cipta?

      Delete

Untuk saat ini kotak komentar saya moderasi karena banyaknya komen spam yang masuk. Silakan tinggalkan komentar ya. Komentar Anda akan sangat berarti bagi saya tapi jangan tinggalkan link hidup. Oya, komentar yang kasar dan spam akan saya hapus ya ^__^