Cerita Anak SMA - dari Ngaji Hingga Cubitan


Tulisan ini diikutkan pada 8 Minggu Ngeblog bersama Anging Mammiri, minggu keenam.

Mengenang masa SMA adalah juga mengenang cerita dua sisi dalam diri saya. Saya ingat betul, di usia SMA saya mulai mencari makna yang hakiki – mencari jati diri istilah lainnya.

Dengan sukarela saya mengikuti kajian agama Islam untuk akhwat (perempuan) sejak kelas 1 SMA yang dilaksanakan bertepatan dengan waktu shalat Jum’at. Model pengajian itu adalah hal yang baru dan menarik bagi saya. Saya memang Islam sejak lahir tapi lingkungan keluarga saya menganut Islam yang biasa-biasa saja. Sampai menjadi anak SMA, shalat lima waktu belum merupakan sebuah keharusan bagi saya. Tak ada yang mengharuskan dan saya pun tak merasa harus melakukannya. Walau demikian saya melakukan shalat tapi bolong-bolong.

Saya tertarik belajar Islam. Dari kajian-kajian yang difasilitasi pengurus mushala di SMAN 2 Makassar, saya menjadi tahu bahwa tujuan penciptaan manusia adalah untuk beribadah kepada Allah SWT. Saya jadi tahu bahwa semua manusia memiliki kecenderungan kepada dua hal sekaligus: kebaikan dan keburukan, tinggal bagaimana ia memilih untuk hidupnya dan menyadari pertanggungjawabannya kelak di hari akhir.


SMAN 2 Makassar sekarang
Sumber: http://www.sman2mks.com/
Dan saya pun menjadi tahu bahwa menutup aurat itu hukumnya wajib bagi perempuan yang sudah baligh. Maka sejak itu pula saya menanam niat untuk berjilbab. Ketertarikan saya pada kajian ini sepertinya sejalan dengan sifat saya yang agak pendiam (padahal cerewet juga) dan penurut (padahal pembangkang juga).

Sementara di sisi lain, tak banyak yang tahu kalau sejak SD saya suka mencubit teman laki-laki yang menyebalkan. Yap, Anda tak salah baca kawan, saya dulu suka MENCUBIT anak orang! Dan itu berlangsung sampai kelas 1 SMA.

Anak laki-laki pertama yang saya cubit adalah teman sekelas di SD. Saya lupa apa alasan saya mencubitnya ketika itu. Mungkin karena ia meminjam alat tulis saya dan tidak mengembalikannya. Ya saya cubit saja dia. Dia cuma bisa meringis.

Duduk di bangku SMP, saya sama sekali tidak ingat apakah saya pernah mencubit teman sekelas saya atau tidak. Sepertinya kebiasaan mencubit libur selama 3 tahun di SMP. Yang saya ingat waktu SMA, ada teman laki-laki – sebut saja namanya Toni yang jadi korban kegalakan saya. Pasalnya setelah pelajaran keterampilan – membuat stempel dari kentang dan penghapus pinsil, buku matematika saya tiba-tiba lenyap.

Saya panik dong. Lalu saya mencari-cari buku saya dari tempat duduk saya di deret ketiga sampai ke bangku paling belakang. Saya mendapati buku saya ada pada Toni. Dan ketika dibuka, di halaman depan ada jejak Toni di situ. Ia menstempel buku saya!

Saya geram. Saya cubit lengannya disertai gerakan berputar sembari berkata, “Lain kali minta kertas sama Saya kalau mau ko stempel ki. Jangan pake bukuku!” Si Toni hanya bisa mengaduh pelan dan meringis. Setelah itu saya balik badan, kembali ke bangku saya. Puas!

Suatu ketika seorang teman perempuan – sebut saja namanya Tina, menangis. Sebagai teman yang baik, saya mendengarkan penyebab kepiluannya. Ia mengadukan seorang anak laki-laki teman kelas kami yang sok ganteng – sebut saja dia Tino. Tino dan Tina sebenarnya sedang taksir-taksiran.

Kali itu Tino meminta Tina menemuinya di kantin sekolah. Dengan berbunga-bunga Tina memenuhi ajakan kencan dari Tino. Namun apa daya, yang dinanti tak muncul-muncul walau setengah batang hidungnya. Ini bukan kali pertama Tino bertingkah aneh, tapi sudah kali kedua.

Ia berlagak seolah-olah Tina yang mengejar-ngejarnya. Ia sendiri sok cool, tidak mengatakan apapun pasca ketidakmunculannya di lokasi. Sebagai teman yang baik, saya merasa geram. Saya mendatangi Tino yang rambutnya klimis itu. Bau parfum menyeruak ketika saya mendekat. Dengan setengah membentak saya berkata padanya, “Kenapa Kau kasih begitu temanku? Tidak begitu caranya kalau suka sama perempuan!” Tino tak berkata apa-apa. Ia hanya memandangi saya dengan gayanya yang sok cool.

Eh, saya lupa, saat itu ada adegan mencubit, tidak ya? Ah, anggap saja ada biar kisah ini jadi lebih dramatis!

Makassar, 14 Mei 2013

Postingan ini disertakan dalam  #8MingguNgeblog Anging Mammiri

Silakan juga disimak:



Share :

35 Komentar di "Cerita Anak SMA - dari Ngaji Hingga Cubitan"

  1. harusnya adegan nyubit itu dibikin slow motion, bu
    jadinya terasa lebih dramatis...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hm ... visualisasi yang keren untuk sebuah tulisan, mas Rawins :D

      Delete
  2. Replies
    1. Saya? Tahun 89 - 92 mbak... ketahuan tuanya ya hihihi

      Delete
  3. Hihihi... galak amat ya si mba satu ini :) sekolahnya keren euy :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bagusnya dibalik mbak: "Keren amat ya si mba satu ini:) sekolanhnya galak euy:)" *eh, gak pas ya hihihi*

      Sekolahnya sekarang begitu mbak, dulu tidak keren sampai2 banyak orang tidak mau masuk SMA 2 saking tidak kerennya bangunannya :D

      Delete
  4. Hehe... Dari dulu ternyata bunda keren yah.... Sy jg prnah memasukkan ujung pensil ke punggung tmn laki2 yg nakalnya minta ampun. (terlalu seram jika pake kata menikam). Pernah jg mukul betis teman yg lain pake kayu sampe layunya hancur. Tapi itu sblm pake jilbab. Stlhnya lwbih banyak pake cara diplomasi jika brmasalah. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduuuh lebih gualak lagi dari saya nih Isma :D
      Terus bagaimana temannya itu?
      Untungnya setelah pake jilbab berubah, berkah itu ^__^

      Delete
    2. Punggungx berdarah, dikit sih. Kalo yg sy pukul, katanya dia sdh trbiasa dbpukul jd nda sakit. Padahal....
      Mreka nda brani mlawan sama ketua kelas bun. Anak pak polisi pula... Hahahaha

      Delete
  5. ooh..kak niar anak smada toh.. Hehehe.. tetanggaan dong, kak. Saya smaga #penting :p

    ReplyDelete
  6. kalau isha, waktu kecil suka gigit orang.. wkwkwkw

    kata sepupu sih itu juga..

    ReplyDelete
  7. waduh,, ceritanya seru begini..
    dulu waktu zaman-zaman mengaji di mesjid.. memang selalu seru :D

    ReplyDelete
  8. wkwkwkwk...huuu takuuutttt, galak betul kakakku satu ini, btw z baru ingat kalo omku rupanya alumni sma 2 juga tp tamat thn 97 en masuk teknik geologi unhas...pst sdh tdk ketemu mikie...

    btw jagoan dan princessnya gak pernah dicubit khan kk???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Katanya takut tapi koq ketawa :D
      Aiih ndak ketemu ka' saya. SAya lulus kuliah mi tahun 97 :D

      ANak2? mereka tahu mamanya galak ;D

      Delete
  9. ahaha, jadi inget masa2 SD-SMP, kalo SMA kebetulan terpenjara, jadi sama sekali ga bisa main2 begituan, hihi

    ReplyDelete
  10. berarti cubitannya keras ya, soalnya ada adegan diputarnya.. duh.. itu pedes banget biasanya rasanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hmmm ... yang jelas saya nyubitnya dengan kegemasan yang luar biasa mbak Ade. Yang dicubit cuma meringis, ndak mungkin kan dia nangis ...

      Delete
  11. mengenang masa smu ya, memang masa putih abu-abu indah untuk di kenang dan sulit untuk di lupakan

    ReplyDelete
  12. Hihihihi, galaknya Kak:-)
    sekarang masih galak dan suka nyubit kah? ;-)
    masa-masa SMU selalu penuh kenangan, masa labil mencari jati diri, hehehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo ketemu pemuda ngeyel, misalnya yang sakit tapi malas minum obat, rasanya pingin nyubit :D

      Delete
  13. hihiihi... lucu deh pake galak-galakan segala.. sisi lain Mbak Mugniar nih :)

    ReplyDelete
  14. Perasaan udah cukup lama follow kamu di twitter mbk. tapi baru mampir ke blognya. Seru juga isi nya :D

    ReplyDelete

Untuk saat ini kotak komentar saya moderasi karena banyaknya komen spam yang masuk. Silakan tinggalkan komentar ya. Komentar Anda akan sangat berarti bagi saya tapi jangan tinggalkan link hidup. Oya, komentar yang kasar dan spam akan saya hapus ya ^__^