Kenapa Bekas Liur Anjing Harus Dicuci 7 Kali?

Bagi sebagian orang baik anak-anak maupun orang dewasa, anjing merupakan hewan yang menyeramkan. Secara syariat Islam, dalam hal berurusan dengan anjing, malah ada aturannya sendiri.

Simaklah hadits berikut: Diriwayatkan dari Abu Hurairah, Rasulullah Saw bersabda, “Sucinya wadah seseorang saat dijilat anjing adalah dengan membasuhnya tujuh kali, salah satunya dengan menggunakan tanah.”

Diriwayatkan juga oleh Abu Hurairah bahwa Rasulullah Saw bersabda, “Apabila anjing menjilat wadah seseorang maka keriklah (bekasnya) lalu basuh wadah itu tujuh kali,” (HR. Muslim).

Diriwayatkan pula dari Abu Hurairah r.a., Rasulullah Saw bersabda, “Siapa yang memegang anjing maka pahala amal (ibadah)nya setiap hari akan berkurang satu qirath (1 inchi @ 2,5 cm), kecuali anjing penjaga atau anjing pemburu,” (HR Bukhari dan Muslim).

Mengapa Tanah?

Dalam sebuah forum ilmiah tentang kesehatan dijelaskan bahwa virus berbentuk pita cair dalam liur anjing berukuran sangat kecil. Semakin kecil ukuran mikroba maka semakin efektif menempel pada sebuah wadah. Tanah berfungsi sebagai penyerap virus yang menempel tersebut.

Mengapa tanah? Karena tanah mengandung dua materi yang dapat membunuh kuman, yaitu tetracycline dan tetarolite.

Sumber: http://fanpop.com

Dahulu ada asumsi bahwa tanah kuburan mengandung kuman-kuman tertentu yang berasal dari jenazah-jenazah yang dikuburkan di situ. Belum lagi jika jenazah membawa penyakit saat meninggalnya. Namun penelitian modern menemukan fakta bahwa tidak ada bekas apapun dari kuman-kuman yang diduga tersebut di dalam tanah kuburan.

Maka disimpulkan bahwa tanah memiliki keunggulan dalam membunuh kuman yang berbahaya. Padahal jauh sebelumnya, Rasulullah Saw telah mengukuhkan hal tersebut ke dalam hadits-haditsnya sebagaimana yang ditulis di atas.

Membasuh dengan tanah lebih kuat dalam proses strelisasinya dibandingkan dengan air. Karena kekuatan tanah lebih besar dalam menghentikan reaksi virus yang teramat kecil itu dibandingkan bila mengguyurnya dengan air.

Hal ini karena adanya perbedaan daya tekan terhadap wilayah antara cairan (air liur anjing) dan tanah. Secara fisika dapat diumpamakan seperti memasukkan kapur tulis pada bagian tinta.

Bahaya yang Dapat Ditimbulkan Anjing Kepada Manusia

Para dokter spesialis hewan mengungkapkan bahwa tubuh anjing dapat menularkan virus yang disebut tocks characins. Virus ini dapat menyebabkan kaburnya penglihatan dan kebutaan pada manusia.

Setelah melakukan pemeriksaan terhadap 60 ekor anjing, Dr. Ian Royt – spesialis hewan di London, menyimpulkan bahwa ¼ dari binatang tersebut membawa telur-telur ulat di cairan-cairan yang keluar darinya. Ia menemukan 180 sel telur ulat Echinococcosis dalam 1 gram bulu anjing. Jumlah ini lebih banyak dibandingkan dengan yang ditemukan di lapisan unsur tanah.

¼ lainnya membawa 71 sel telur yang mengandung jentik-jentik kuman yang tumbuh berkembang. Tiga di antaranya dapat matang cukup dengan hanya menempelkannya pada kulit!

Daily Mirror mempublikasikan laporan para ahli bahwa sel-sel telur ulat ini sangat lengket dengan panjang mencapai 1 milimeter. Ia akan berpindah dengan mudah saat bersentuhan dengan anjing. Ia akan terus tumbuh berkembang dengan pesat pada bagian yang terletak di belakang mata. Data statistik di Amerika menunjukkan 10.000 orang terkena virus tersebut, kebanyakan adalah anak-anak.

Ulat-ulat itu pada mulanya berkembang biak di dalam usus anjing. Ulat itu mengeluarkan telur bersamaan dengan keluarnya kotoran anjing. Ketika anjing menjilati bokongnya maka telur-telur ulat berpindah padanya. Kemudian dari jilatannya, telur-telur ulat tersebut dapat berpindah di barang-barang yang dijilat dan disentuh oleh anjing, termasuk pemiliknya.

Di antaranya ada yang masuk ke dalam perut, menuju pencernaan. Kemudian kulit telur-telur itu terkelupas dan mengeluarkan anak-anak ulat yang langsung bercampur-baur dengan darah dan lendir. Melalui darah dan lendir tersebut, ulat-ulat ini merambah semua organ tubuh, terutama hati – target utamanya.

Ulat-ulat ini lalu berkembang biak di dalam organ tubuh yang dimasukinya dan membentuk kantong yang berisi penuh embrio anak-anaknya dan cairan bersih. Kantong itu terkadang membesar sehingga bentuknya menjadi kepala embrio. Ulat dapat tumbuh dan berkembang di dalam kantong itu selama bertahun-tahun. Penyakit ini dinamakan penyakit kantong cairan. Indikasinya muncul sesuai dengan organ tubuh yang ditempatinya, bisa di paru-paru, hati atau organ tubuh lainnya. Yang paling berbahaya bila menyerang otak dan otot jantung.

Makassar, 21 Januari 2013



Tulisan ini merupakan review dari tulisan berjudul ALASAN MENGAPA ANJING NAJIS yang terdapat pada halaman 125 – 130 buku ENSIKLOPEDIA MUKJIZAT ALQURAN DAN HADIS (MAQDIS) JILID 5 (Seri Kemukjizatan Penciptaan Hewan).

Temukan pula berbagai kemukjizatan penciptaan hewan lainnya di dalam buku ini, seperti:
  • Rahasia Susu Unta
  • Mukjizat Susu yang Keluar di Antara Kotoran dan Darah
  • Sisa Makanan Kucing
  • Kemukjizatan Semut
  • Penyakit Sapi Gila dan Tuntunan Kedokteran Islam
  • Laba-Laba yang Rapuh
  • Ketika Laba-Laba Membangun Sarangnya
  • Keajaiban Penciptaan Burung
  • Mukjizat Ilmiah Alquran Seputar Burung
  • Ihwal Bangkai Belalang
  • Penyakit dan Obat Pada Lalat
  • Ilham Allah kepada Lebah
  • Nabi Sulaiman AS dan Kuda
  • Pengharaman Daging Babi dalam Alquran
  • Mukjizat Penciptaan Unta
  • Dan lain-lain 

Temukan pula beragam fakta menarik melalui seri-seri Lainnya dari Ensiklopedia MAQDIS ini, yaitu:
  • Kemukjizatan Fakta Sejarah
  • Kemukjizatan Penciptaan Manusia
  • Kemukjizatan Pengobatan dan Makanan
  • Kemukjizatan Psikoterapi Islam
  • Kemukjizatan Tumbuhan dan Buah-Buahan
  • Kemukjizatan Sastra dan Bahasa Alquran
  • Kemukjizatan Penciptaan Bumi
  • Kemukjizatan Alam Semesta
  • Kemukjizatan Angka


Berminat?

Hubungi nomor yang tertera di atas


Silakan juga dibaca:



Share :

65 Komentar di "Kenapa Bekas Liur Anjing Harus Dicuci 7 Kali?"

  1. Membacanya, semakin menyakini kebenaran din ini.

    Wah..., jadi pengen punya ENSIKLOPEDIA MUKJIZAT ALQURAN DAN HADIS neh....

    ReplyDelete
  2. harus punya bukunya tuh hehe
    ENSIKLOPEDIA MUKJIZAT ALQURAN :)

    iya bun, makannya ISLAM IS THE BEST. Coba mana selain Islam. ada yang mengajarkan demikian? bahkan aku pernah baca, ada orang sampai masuk islam gara2 mempraktekan hadist Rosullullah yg menyuruhnya di cucui 7 x kemudian dengan tanah.
    Kumannya langsung ilang.
    So, jawbannya bener bgd di atas.
    Ijin copi yah bun.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh, kalo bisa sekalian sama keterangan buku ini yaa :)

      Delete
  3. Pokoknya kalau Rasulullah berkata percaya aja (yang sanadnya terpercaya), pasti ada hikmahnya... Terbukti sekarang ini banyak penelitian ilmiah yang membenarkan termasuk salah satunya tentang thibb an nabawi

    ReplyDelete
  4. Seua jawabannya ada ya dalam al qur'an hadist

    ReplyDelete
  5. subhanallah sampek detail gitu yoo mbak, bener2 keajaiban yang patut disyukurin :D

    matur suwun ilmu hari ini bermanfaat :D

    ReplyDelete
  6. begitulah seharusnya kita mempercayai, ee akhirnya dibuktikan oleh penelitian-penelitian modern

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dalil naqli tidak mungkin bertentangan dengan dalil aqli.

      Delete
  7. info2 seperti ini yg sngat qt butuhkan. tdk bisa dipungkiri banyak sahabat muslim yg tau aturan tp blum ngeh dgn penjelasan2 pendukung di belakangnya, termasuk sya.

    bukunya bnar2 perlu check in di rak aye negh. :)

    ReplyDelete
  8. Nah.. ini yang saya suka, disamping sudut pandang secara spiritual, juga adanya kajian secara ilmiah dalam penjelasannya, sehingga makin menambah keyakinan kita untuk melaksanakan apa yang telah diajarkan.
    Salut buat penulis, salam dari Bali.

    ReplyDelete
  9. Pernah baca juga di fanspage islami. Sungguh sebuah tanda-tanda kebesaran Allah

    ReplyDelete
  10. wahh bagus banget infonya. Terima kasih

    ReplyDelete
  11. Iya menambah pengetahuan nihh.. terima kasih banyak. terus share ilmunya

    ReplyDelete
  12. syukran ilmu n infonya bgs n brmnfaat bgt neeh...

    ReplyDelete
  13. wah baru tw saya sob :D
    makasi buat info nya

    ReplyDelete
  14. waahh... ini sharing yang penting niih...
    makasih mbak Niar... bermanfaat sekali...
    Memang Islam itu melindungi kita semua dgn baik dan benar.

    ReplyDelete
  15. ternyata air liur anjing seperti itu ya, pantesan harus 7 kali dicuci, bukan pake air lagi,. pake tanah. Dan, subhanallah hal ini sedari Rasulullah masih ada sudah diajarkan

    ReplyDelete
  16. Wah, info yang sangat berguna nih Niar... makasih sudah sharing... satu pertanyaan yang langsung timbul di hati, tentang hadist yang ini:

    Diriwayatkan pula dari Abu Hurairah r.a., Rasulullah Saw bersabda, “Siapa yang memegang anjing maka pahala amal (ibadah)nya setiap hari akan berkurang satu qirath (1 inchi @ 2,5 cm), kecuali anjing penjaga atau anjing peliharaan,” (HR Bukhari dan Muslim).

    kecuali anjing penjaga atau anjing peliharaan.... apakah itu artinya kita boleh memegangnya? Trims.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kadang2 orang perlu juga memelihara anjing kak Al, di tempat yang tidak aman. Jadi anjing dijadikan anjing penjaga. Atau mungkin bagi yang menjaga kebun, perlu anjing untuk menjaganya atau untuk berburu di hutan. Mau tidak mau kan piaraannya sekali waktu harus dipegang juga kalo misalnya lagi tertusuk duri, mau dicabut durinya, dimandikan, dll.

      Jadi, bukannya haram untuk memelihara anjing untuk keperluan yang memang penting seperti itu. Hanya perlu diingat untuk menjaga kebersihan diri dengan mencuci tangan dengan baik misalnya.

      Delete
  17. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
    Replies
    1. siapa pun anda tak layak mengucapkan kata2 spt itu kpd siapa saja. seandainya anda tau dan paham ttg islam maka anda akan menyesal telah mengucapkan demikian. saya doakan agar Allah SWT segera memberikan hidayah-Nya dan Anda mjd muslim/ah yg taat. tunggu dan sambutlah petunjuk itu, tak kan lama lagi, Insaya Allah.

      Delete
  18. akhirnya tau juga makna kenpa air liur anjing itu najis.. maksih

    ReplyDelete
  19. Anjing sbnernya hewan yg lucu dan pintar, walau sifatnya galak.
    Tp sayang bgt orang islam gk blh memelihara apalagi memegang-nya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bukan sama sekali tidak boleh lho ya. Islam tidak mengharamkannya dengan keras. Sy sudah membalas komentar ini di atas (di komentar mbak Alaika)

      Delete
  20. bentar mbak, yang di masud dengan kecuali hewan penjaga itu gimana? apakah hewan penjaga itu boleh di pegang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Deby, saya sudah menjawabnya di komentar kak Alaika :)

      Delete
  21. terimakasih sharingnya mbak.

    air liur anjing di anggap sebagai najis karena memang banyak mengandung kuman berbahaya ya.

    kalo saya kebetulan memang sangat tidak suka dengan hewan ini mbak, soalnya penampakannya memang menyeramkan.

    ReplyDelete
  22. "nikmat mana lg yang kamu dustakan" (arrahman)

    ReplyDelete
  23. bertambah lagi pengetahuan saya setelah membaca postingan ini.....terimakasih ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah, saya pun demikian setelah membaca tulisan di ensiklopedia ini Pak :)

      Delete
  24. Wah semakin membuat saya penasaran akan buku ini Mbak, saya catat sebagai salah satu buku yang harus saya miliki. Terima kasih infonya Mbak.

    ReplyDelete
  25. mnak Mugniar, ilmunya sangat bermanfaat :)
    dulu aku juga pernah diajari sama guruku ngaji kalo dijilat sama anjinbg harus dibersihkan 7x salah satunya dgn tanah, tapi aku gak tau knp harus pake tanah.. sekarang jadi tahu deh.. makasih ya mb

    ReplyDelete
  26. ane bener2 gak yangka Islam ternyata detil banget, gak mungkin kalau manusia biasa pada zaman itu bisa tau hal2 semacam itu

    ReplyDelete
  27. Ajaran Islam memang benar2 hebat
    Subhanallah

    ReplyDelete
  28. Wah pengetahuan baru nih...
    Dulu pas melihara anjing di rumah, ibuku kalo mainan sama anjing, abis itu langsung mandi ajah hehe gak pake tanah sih :D

    ReplyDelete
  29. Artikel Anda sangat berkesan.Dengan artikel ini akan memberikan banyak manfaat untuk orang banyak.Kedepan kami harapkan lebih banyak lagi artikel-artikel lainnya yang dapat Anda posting.Terima kasih

    ReplyDelete
  30. nice review,, :D
    tulisannya banyak yah kak..salut :D

    ReplyDelete
  31. begitu benar ajaran yang di anjurkan ini.

    ReplyDelete
  32. aku muslim, kepengen juga sebenernya melihara anjing. tapi karena hal2 yang seperti ini yang membuat ku untuk berpikir lagi.

    ReplyDelete
  33. sekarang banyak umat islam yang memelihara anjing seperti kucing, kalau anjingnya untuk anjing penjaga sih gpp, tapi kalau sampe dibawa tidur segala heheheh

    ReplyDelete
  34. Islam memang indah dengan semua aturan2nya...tak ada satupun yg merugikan....seperti jg babi knp g blh dimkn..krn bgtu banyak bahkan jutaan bakteri didalam dagingnya...Subhanallah...

    ReplyDelete
  35. wah iyaa terimakasih info yang sangat bermnfaat

    ReplyDelete

Untuk saat ini kotak komentar saya moderasi karena banyaknya komen spam yang masuk. Silakan tinggalkan komentar ya. Komentar Anda akan sangat berarti bagi saya tapi jangan tinggalkan link hidup. Oya, komentar yang kasar dan spam akan saya hapus ya ^__^