Eksplorasi Tanpa Batas?

Sumber: http://soudplusdesign.com
Membaca postingan mbak Erry alias Bibi Titi Teliti, tentang Fathir, membuat saya tersenyum-senyum sendiri. Polahnya mirip dengan sulung saya – Affiq yang sekarang berusia 11 tahun.

Fathir suka main air. Sulung saya pun demikian. Minta ampun saya dibuatnya. Bahkan sampai sekarang pun dia masih suka main air. Kalau mandi, saya masih harus waspada, jangan sampai dia kelamaan di kamar mandi.

Di usia-usia balita, ke mana pun pergi, dia suka sekali masuk kamar mandi. Apalagi kalau bukan buat main air. Mata saya harus jeli memperhatikannya, jangan sampai ia memencet-mencet dispenser tuan rumah. Di rumah neneknya, disepenser sampai harus dibalik menghadap dinding tombolnya dan diusahakan Affiq tak mampu membalik badan dispenser itu.

Pada usia balita pula, Affiq senang mandi dalam baskom – tempat mencuci pakaian. Bisa lamaaaa sekali di berendam kalau tak dipaksa keluar. Itu pun pakai acara bersitegang lagi dengannya yang enggan meninggalkan tahta baskomnya. Suatu saat Ato’ (kakek)-nya bercanda, “Kalau mau putih, mandi ko pake Rinso.” Saran sang kakek dengan cepat dilaksanakannya. Saat melihat ada air bekas bilasan cucian nganggur, langsung saja ia mencelupkan diri di situ. Untungnya bukan air sabun betulan, hanya bekas bilasan.

Rupanya anak-anak memang sukanya main air. Athifah (6 tahun) pun demikian. Masih semangat ia kalau dibolehkan main air di baskom, berdampingan dengan Afyad (3 tahun). Dan ia bakal protes kalau daerah (baca: baskom) kekuasaannya diinvasi oleh Afyad. Afyad tak pernah puas dengan hanya satu baskom, dia mau menguasai keduanya. Kalau sudah ada baskom berisi air di hadapannya, Afyad yang sehari-harinya tak bisa diam pasti menjadi super anteng.

Dia pasti betah duduk lama-lama, apalagi bila di dalam baskom bukan hanya tersedia air, melainkan wadah-wadah berukuran kecil dan sendok sayur, bisa sejam dia di situ. Bisa lebih malah, kalau mamanya tegaan membiarkannya bersimbah air berlama-lama. Mulanya dia hanya sibuk memainkan air dengan kedua telapak tangannya. Obok sana, obok sini. Lalu ia memindah-mindahkan air dari satu wadah ke wadah lain.

Pelan-pelan eksplorasinya naik ke jenjang berikut: mencoba meminum air yang sudah keruh karena aktivitasnya itu, atau memasukkan barang-barang lain ke dalamnya, atau menuangi lantai dengan air dari baskom, atau dirinya sekalian yang masuk berendam di situ. Air memang sumber kehidupan, apalagi bagi anak-anak!

Sumber gambar: http://clipart.com

Oya, saya kembali ke Affiq. Ada eksplorasinya yang aneh. Sejak sebelum usia 6 tahun, ia kami haruskan shalat. Nah, shalat ini dilakukannya dengan sesuka hati. Bukan hanya kamarnya yang ia tempati shalat, ia mencoba shalat di ruangan-ruangan lain di dalam rumah. Bahkan ia mencoba untuk shalat di teras, di atas kursi, dan di atas meja. Untung saja dia tak pernah mencoba shalat di dalam kamar mandi atau di dalam baskom berisi air.

Lalu dia juga punya gerakan eksperimen dalam shalat, yaitu gerakan senam. Dia bisa shalat dengan meniru garakan senam sambil melompat-lompat sembari sesekali merentangkan tangan ke depan. Namun seiring waktu, ia pelan-pelan shalat dengan cara yang wajar. Kira-kira setahun lalu saya pernah mendapatinya shalat dengan amat khusyuk. Ia sujud dengan amat lama. Saya perhatikan dengan perasaan nyaris terenyuh. “Ah, anakku ... sudah mulai khusyukkah shalatmu,” saya membatin.

Tetapi eh tetapi, sujudnya kelamaan. Setelah dicek dan ricek, ternyata dia bukannya khusyuk tapi tertidur! Haduh, khusyuk masih jauh ya Nak?

Bulan Juni tahun lalu, saya posting tulisan berjudul Menyeterika Mengenakan Kaus Kaki di Tangan? Itulah Affiq. Itu cerita tentang Affiq yang lagi semangat-semangatnya menyeterika dengan tangan yang tertutup kaus kaki sebanyak 2 lapis. Saya bertanya, “Kenapa pakai kaus kaki di tanganmu, Nak?” Ia menjawab, “Panas, Ma.” Aduh Naak, gagang seterika itu paling banter hanya hangat bukannya panas. Ndak segitunya kali proteksinya?

Saat ini, saat dia sudah duduk di kelas 6, apakah eksplorasinya berkurang? Jawabannya adalah : TIDAK. Ada beberapa hal yang membuat saya geregetan baru-baru ini: Affiq menggembosi ban sepeda Athifah dengan paku tindis – di roda depan dan roda belakang sekaligus. Ia juga mengguntingi bagian tepi kartu belajar membaca milik Athifah.

Terakhir yang bikin saya harus menegurnya dengan teramat sangat keras adalah: ia menulisi nama Athifah di atas plastik alas meja makan milik omanya! Omanya pasti marah besar bila mengetahuinya. Tak ada ampun, kali ini hukuman jatuh padanya: larangan menggunakan laptop selama beberapa hari. Ini adalah hukuman tertinggi baginya yang komputer mania. Beruntung nilai rapornya semester ini amat memuaskan (alhamdulillah) sehingga saya punya alasan untuk memujinya setelah hukumannya berjalan.

Kembali ke kisah Fathir yang diceritakan mbak Erry – si Bibi Titi Teliti di tulisan yang saya baca , setelah menganalisa alasan apa di balik keinginan kuat Fathir dalam memainkan dispenser, ia menjalankan tiga tahapan yang akhirnya berhasil. Ketiga tahapan itu saya kutip sebagai berikut:

Tahap pertama : beliin pistol pistolan air. Yang ternyata merupakan ide yang sangat buruk!! Karena tidak lama kemudian, gorden ruang tamu gue menjadi basah kuyup, sofa gue menjadi lembab dan buntelan baju yang menggunung karena belum disetrika mendadak menjadi bau ‘gak kering’…mission failure!!
Tahap kedua : membiarkan Fathir main air setiap kali habis mandi sampai jari jarinya peot. Cara ini lumayan ampuh dan ketertarikan Fathir kepada AQUA gallon pun mulai sedikit berkurang.
Tahap ketiga : cara ini merupakan cara yang paling jitu!!! Siapkan ember berisi air, isi Rinso secukupnya, kemudian berikan kepada Fathir, sikat gigi bekas dan sepatu Kayla yang sebelumnya telah dipakai outbound yakni….. berlumuran lumpur!!! Sukses besar, Fathir anteeeeeeng banget. Dengan cara ini, Ibu riang, anak senang, nge blog lancar dan sepatu pun bersih!!

Nah, karena kata mbak Erry peserta giveaway ini boleh memberi kritik membangun maka saya akan mengkritik mbak Erry. Kritik saya adalah: tahapan-tahapan itu sudah tepat. Anak dan ibu memang butuh solusi menang-menang, istilah kerennya win-win solution. Saya pun sering kali memilih cara seperti ini, seperti kisah Afyad dengan baskomnya di atas. Akhirnya pasti sama-sama puas, senang, dan tenang. Eh, bukan kritik ya. Maaf, itu pujian.

Oya, ada kalanya saya memilih tegas dan otoriter juga. Misanya dalam menetapkan dan menerapkan hukuman. Tapi ya itu ... dasar Affiq sukanya bereksplorasi, ia masih suka main-main dengan hukuman yang diterapkan. Kalau dilarang sentuh laptop, ia selalu berusaha berada di sisi Athifah atau Afyad yang sedang dapat jatah main. Ia bertindak sebagai penasihat permainan, jadi sebentar-sebentar tangannya meraih mouse bak penasihat game profesional! Bila sudah begini, terpaksa jatah hukumannya ditambah.

Begitu pun kalau ia kedapatan tak melaksanakan shalat. Sesuai ajaran Islam: pukullah anakmu jika di usia sepuluh tahun belum shalat, maka saya pernah berkata padanya, “Mama akan pukul Kamu kalau kedapatan tak shalat. Biar nanti di akhirat Mama punya bukti sama Allah kalau Mama suruh kamu shalat!” Saya tak main-main. Saya pernah memukulnya. Tapi tentu saja dengan pukulan yang wajar diterima anak. Ini toh untuk melatih ia agar mau dan bisa shalat dengan konsisten.

Sudah tentu sebelumnya harus dilihat dulu, kenapa dia tidak shalat, apakah sedang sakit atau bagaimana. Kalau sedang sakit kan bisa shalatnya duduk bila tidak kuat berdiri, atau baring kalau tidak sanggup duduk. Kalau lelah, kan bisa istirahat sebentar sebelum shalat. Kalau sambil baring saja tak sanggup, kan bisa dengan hanya isyarat mata. Shalat itu tak sulit koq. Yang tidak bisa ditolerir adalah bila waktu shalat lewat begitu saja sementara ia asyik bermain.

Kritik saya adalah: jangan terlena oleh pujian ya mbak Erry (ehm ... jujur saja, saya hanya bisa memuji tahapan yang dirimu jalankan terhadap Fathir). Karena, menurut pak Aan Mansyur yang saya ikuti kelas Menulis Kreatif-nya: PUJIAN ITU ADALAH UJIAN YANG MENYAMAR DI BALIK HURUF ‘P’.
Bingung? Sama, saya juga. J

Hi hi hi  maksa ya ... itu mah tetap bukan kritik, hanya mengutip quote dari seseorang ^__^

Makassar, 25 Desember 2012

Tulisan ini diikutkan Bibi Titi Teliti’s Korean Giveaway!

Silakan juga disimak:



Share :

30 Komentar di "Eksplorasi Tanpa Batas?"

  1. semoga menang yak :D

    emang anak kecil banayk maunya :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih.
      Hihihi .. mudah2an anak2 saya cepat gedenya :D

      Delete
  2. triknya ampuh untuk ngadalin si kecil
    jempol deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ngadalin? --> dari kata dasar "kadal"-kah?
      Hehehe bukan "ngadalin" kali, itu trik menghadapi anak2 saja :)

      Delete
  3. huihihi, ada trik juga ya mbak, untuk mengatur keinginan dari sang anak.. tapi aku kocak banget sama becanda ato', terus si Affiq langsung ngikutin, haha namanya juga anak kecil :)
    semoga menang mbak:D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Orangtua harus selalu mencari tips dan trik jitu :)
      Makasih ya ...

      Delete
  4. Wah asik juga baca ini sekaligus bisa buat belajar saya nanti kalo udah nikah dan punya anak.. Ide-idenya cemerlang, anak-anak itu emang selalu bikin geregetan yak... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe begitulah. Terimakasih bila ada yang bermanfaat dalam tulisan ini :)

      Delete
  5. anak seusia Affiq memang paling asyik kalau main air,
    yang dewasa-pun juga senang main air..terbukti penuhnya waterpark dengan orang-orang dewasa ha ha ha,
    sholat sampai tertidur...masya ALLAH :)
    ..semoga menanng ya GA-nya ...salam :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha iya ya, banyak orang dewasanya koq di sana :D
      Makasih pak

      Delete
  6. Eksplorasi Affiq, menurut saya luar biasa Mbak. Tiap anak memang memiliki keunikannya masing-masing dalam bereksplorasi #sok tau ttg anak, padahal NOL besar soal anak neh.

    #saya suka dengan endingnya " PUJIAN ITU ADALAH UJIAN YANG MENYAMAR DI BALIK HURUF 'P' "

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang seperti itu koq mbak Rie *sudah siap nih*
      :)

      Delete
  7. ekplorasi yang bagus
    kunjungan malam mas,
    salam kenal
    komentarin link

    http://retakankata.com/fbsi/#jp-carousel-3668

    berdasarkan blog catatan.saadillah.com
    ya sob

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih ya. Maaf saya bukan mas-mas. Itu ada di sebelah kanan "tentang saya"

      Delete
  8. hahaa...yang sujud jadi tidur itu koq bisa yah? APa nggak jatuh tuh?

    ReplyDelete
  9. PUJIAN ITU ADALAH UJIAN YANG MENYAMAR DI BALIK HURUF ‘P’.

    Lama ... sama pandangi note terakhir ini. Ada banyak hal yang melintas di kepala saya. Ada banyak yang harus saya benahi dalam memaknai pujian, karena maknanya sangat mepet sekali dengan ujian, selisih satu harus bisa menjerumuskan kita pada banyak kemungkinan.

    Setiap tahap perkembangan kehidupan anak memiliki kecerdasan-kecerdasan. Maka kita orang tua harus memahami kondisi ini dengan mendukung agar didapatkan hasil yang maksimal sesuai dengan perkembangan kecerdasan anak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Quotenya amat mencengangkan dan menggugah ya Pak. Saya pun suka dengan quote itu

      Delete
  10. wahh ini kontes iia..?!?!? sukses kalau begitu mbak buat kontesnya :)

    ReplyDelete
  11. anak-anak kreatif ya mbak selalu bereksplorasi

    ReplyDelete
  12. sp kelas 6 pun eksplorasinya masih berlanjut ya mbak :)

    ReplyDelete
  13. wah, pada suka air ya..., masa kecil saya juga begitu kata ibuk.

    ~~ dapat pelajaran penting saya soal Pujian itu, hmmm.... makasih banyak ya, Mbak.

    ReplyDelete
  14. saya juga seneng main air, makanya kalo mandi lamaaa banget :P, terus kalo lagi berendem gitu (waktu masih kecil siih) suka eksperimen buang angin kan lucu tuh mba pas keluar gelembung2 airnya :D... tingkah mereka pas diceritain itu jadi lucu ya mba, waktu kejadian sih memang agak menyebalkan hehe

    sukses GA nyaa :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ahahaha .. betul-betul, ituu eksperimen yang mengasyikkann. Betul2, saat kejadian menyebalkan, kalo diceritakan kembali sudah lucu :D

      Makasiiih :)

      Delete
  15. Wahahahah... wew.. anak2 memang menakjubkan.. semacam adu kepintaran gitu antara orang tua dan anak... kalo ga salah satu bisa stres deh.. :D

    Nice sharing. eh ini GA ya? smoga menang ^^

    ReplyDelete

Untuk saat ini kotak komentar saya moderasi karena banyaknya komen spam yang masuk. Silakan tinggalkan komentar ya. Komentar Anda akan sangat berarti bagi saya tapi jangan tinggalkan link hidup. Oya, komentar yang kasar dan spam akan saya hapus ya ^__^