Meriah, Kopdar Blogger Nusantara 2012

#3 BN2012
(Tulisan ke-3 terkait Kopdar Blogger Nusantara)


Panggung tempat talk show

Saya keluar kelas Menulis Kreatif – salah satu kelas dari 3 kelas paralel pada Pre Event Kopdar Blogger Nusantara dengan teramat puas. M. Aan Mansyur membawakan materinya dengan amat baik. Walau tak menyiapkan slide, semua pemaparannya yang sangat padat membuat dahaga pengetahuan siapa pun yang mengikutinya terpuaskan.

“Datang ki’ besok?” sapa Iqko. Salah seorang panitia Kopdar Blogger Nusantara ini menegur saya dengan ramah usai mengikuti kelas.
“Iya, insya Allah. Itu mi yang ditunggu-tunggu,” ujar saya dengan mantap.

Yup, saya memang menunggu-nunggu perhelatan akbar ini, konon kabarnya Kopdar Blogger Nusantara I di Sidoarjo pada tanggal 28-30 Oktober 2011 di Sun City Convention Hall menyedot perhatian besar hingga lebih dari 1000 orang (ada yang bilang 1200, ada yang bilang 1500) dari seluruh pelosok Indonesia menghadirinya. Sungguh menyenangkan tahun ini diselenggarakan di kota  tercinta – Makassar.

Tarian penyambutan 4 etnis membuka acara dengan meriah. Disusul dengan pemberian kata sambutan dari daeng Ipul selaku ketua panitia, mas Anjari selaku ketua steering committee, dan salah seorang kepala bidang di Depkominfo sebagai wakil walikota Makassar.

Penari perempuan ini mengenakan baju adat Mandar
(Sulawesi Barat yang dulu menjadi bagian dari Sulawesi Selatan)
Tarian 4 Etnis: Bugis, Makassar, Toraja, dan Mandar
Penari laki-laki, bergerak lincah
Musik tradisional pengiring tarian 4 etnis


Talk Show, Membuka Wawasan Ngeblog

Registrasi
Talk show pada Kopdar Blogger Nusantara tanggal 10 November 2012 amat menarik. Para nara sumber yang ditampilkan adalah orang-orang yang amat piawai di bidangnya.

Asri Tadda – seorang sarjana kedokteran yang memilih menjadi blogpeneur dan online marketer. Ia membawakan materi mengenai bidang yang digelutinya sehari-hari: “Blogpreneur dan Online Marketing”. Dimulai dari pengertian blog (web log: bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan yang disebut posting, pada sebuah laman web umum).

Kemudian dilanjutkan dengan pemaparannya mengenai pentingnya “passion” (minat atau kegemaran yang amat besar) dalam ngeblog. Dengan memiliki passion, seorang blogger mampu bersabar membesarkan blognya karena kesuksesan dalam ngeblog itu tak sebentar dan butuh kesabaran serta kerja keras. Seorang blogger kharus sekuat mungkin berusaha membuat konten yang baik. Content is the king, istilahnya.

Sponsor
Asri lalu memaparkan kemungkinan blogger meraup rupiah melalui aktivitas ngeblognya. Yaitu melalui: menjual space iklan, menjual barang atau jasa, menjual blog, konversi konten blog menjadi buku, paid subscriber, dan ada kemungkinan dipekerjakan karena aktivitas ngeblog.

Menarik saat bapak dari Depkominfo (yang mewakili walikota) bertanya pada Asri. Bapak itu menceritakan bahwa ia mendapatkan promosi kenaikan jabatan karena aktivitas ngeblognya. Dan ia tertarik untuk menghasilkan uang dari ngeblog. Waah ndak nyangka ya.

Direktur pada Asta Media, sekolah blogging pertama dan satu-satunya di Makassar, bahkan di Asia ini membeberkan mengenai jenis-jenis blog advertising, yaitu: PPC (pay per cost), text link ads, video ads (PPV), banner ads (flat rate/CPM,CPA), sponsored reviews, dan audio ads. Sekarang ini sudah banyak orang yang menjadikan blog sebagai lahan usaha, ada yang bisa menghasilkan penghasilan tak terbatas.
Asri Tadda (kanan)

Bahkan telah terjadi peningkatan 237% aktivitas blogging oleh 500 perusahaan Amerika Serikat untuk keperluan marketing. 34% dari perusahaan besar sekarang memiliki blog. Mengapa? Karena blog merupakan cara komunikasi baru dengan pelanggan.

Just Silly, yang bernama asli Valencia Randa tampil di sesi berikut. Perempuan cantik yang pernah bersekolah di SMAN 1 Makassar ini founder  Blood for Life – sebuah lembaga sosial yang peduli dan secara mandiri mengusahakan kebutuhan donor darah bagi siapa saja yang membutuhkan.

Valencia Randa (Just Silly -
kanan)
Ia menceritakan kronologi berdirinya Blood for Life yang dilatarbelakangi oleh penderitaan ibunya yang harus cuci darah setiap 2 hari sekali dan akhirnya meninggal. Cukup lama berjuang (sejak tahun 2005) membesarkan Blood for Life, ia hanya banyak menuai cibiran dan cemoohan.   Bahkan ada yang menyebutnya “gila”. Akhirnya pada tahun 2010 ia berhenti dan berkarir sebagai manajer di sebuah perusahaan dengan gaji yang besar.

Saking sibuknya mencari uang, ia mengabaikan permintaan pertolongan seorang bapak yang butuh donor darah untuk ibunya yang sakit. Berjam-jam kemudian baru ia tergerak untuk menelepon dan bertanya, “Pak, sudah dapat darahnya?” Sang bapak menjawabnya dengan ketus, “TERLAMBAT. SUDAH MENINGGAL!”

Logo berbagai komunitas di  Kopdar BN2012
Atraksi "Paraga" yang memukau hadirin
Mereka membuat formasi bersusun
Memainkan bola sepak raga dengan formasi bersusun
Wow .... !!
Betapa tertohoknya perasaannya. Sejak itu ia meninggalkan karirnya dan menetapkan hati untuk kembali membesarkan Blood for Life, ia yakin rezeki akan mengikut karena ia berada dalam jalan Tuhan.

Usahanya perlahan-lahan membuahkan hasil. Banyak orang yang terbantu melalui Blood for Life. Negara tetangga seperti Singapura pun memberikan penghargaan kepadanya. Tak lama lagi ia akan mendapatkan penghargaan dari Amerika Serikat.

Beberapa kali Valencia menegaskan, “Hidup ini bukan hanya untuk mencari uang. Melalui blog, kita bisa berbagi kepada banyak orang. Temukan arti keberadaanmu di dunia ini. Tuhan tak menciptakanmu dengan sia-sia.”

Duo MC
Pak Awaluddin Tahir dan Dimas mewakili XL dalam membawakan materinya. Menarik menyimak penuturan mereka. XL rupanya sangat antusias menggunakan bermacam-macam media sosial (facebook, twitter, pinterest, 8 track, dan blog) untuk keperluan marketing mereka. XL mewajibkan semua pegawainya untuk memiliki akun facebook, twitter, dan blog. Pak Awaluddin  bahkan mengusahakan menyiapkan satu ruangan di kantor XL di jalan AP. Pettarani untuk dipakai pelatihan ngeblog (belum tahu apakah blogger umum bisa ikut atau hanya pegawai XL?). Wow ... 4 jempol deh buat XL.

Budi Putra, direktur viki.com, orang pertama yang mendeklarasikan dirinya sebagai full time blogger usai meninggalkan profesi wartawan Tempo yang telah digelutinya selama 5 tahun, tampil di sesi berikut membawakan materi Social TV.

Pendiri Yahoo!Indonesia pada tahun 2009 ini berseru, “Sudah saatnya menjadikan blog sebagai wadah untuk berkreasi!”

Antusiasme peserta yang menyimak
Kreativitas Budi Putra dalam berkreasi di dunia maya memang patut diacungi jempol. Social TV yang dibuatnya memungkinkan siapa pun untuk membuat dan menonton film dan klip video secara GRATIS melalui internet. Social TV ini juga berkantor di San Fransisco, Singapura, Jepang, Korea, dan Shanghai.

Saat ini tontonan yang disajikan diterjemahkan ke dalam 150 bahasa. Misalnya saja Gangnam Style, telah diterjemahkan ke dalam 23 bahasa. Social TV sudah mendapatkan penghargaan sebagai Best International Startup.

Jenis tayangan yang bisa ditonton (sekali lagi: GRATIS) di Social TV ini di antaranya: Cek dan Ricek, Star Vision, Joko Anwar, fiksi mini, film Get Married 3 (full, bukan trailer), Japanese anime, classic cartoon, BBC Worldwide, dan lain-lain.

Para peserta, di dalam area white line
Mas Anjari yang bertindak selaku moderator bertanya, “Mengapa memutuskan menjadi full time blogger?”

 “Saat itu dari luar negeri banyak yang cari penulis konten dari Asia yang bisa menulis dalam bahasa Inggris,” ujarnya. Kemudian Budi Putra melanjutkan jawabannya dengan panjang lebar.

Secara perlahan honornya dalam menulis konten justru lebih besar daripada gajinya sebagai wartawan. Akhirnya, pekerjaan tetapnya justru dirasa mengganggu kegiatannya dalam menulis konten. Setahun sebelum benar-benar hengkang dari kantornya, ia membuat blog yang (hanya) berbahasa Inggris.

Walau bukan pengguna aktif bahasa Inggris, tidak pernah tinggal di negara yang berbahasa Inggris, dan tidak pernah sekolah bahasa Inggris, Budi Putra berani meraih peluang besar yang dilihatnya dengan belajar sendiri bahasa Inggris.

“Jangan takut resiko,” ujarnya. Setelah 2 tahun ia dikenal di mana-mana melalui aktivitas ngeblognya hingga diajak Yahoo! untuk mendirikan Yahoo!Indonesia dan akhirnya menjadi direktur viki.com.

Mulailah ngeblog, seriusi, dan tunggu keajaibannya,” pesannya.

Mas Anjari (ketua SC kopdar Blogger Nusantara 2012),
mas Kukuh, dan mbak Leyla (dari Id Blognetwork)
Kukuh TW dan Leyla Fitriani mewakili Id Blognetwork (IBN) di ajang ini. Leyla memaparkan hasil survei IBN mengenai Bloggers & Digital Audiences Behaviours @ Indonesia. Sementara Kukuh membawakan materi tentang sebuah bentuk iklan baru di IBN, yang bekerjasama dengan Wego.

Ada 53 kategori blog yang terdata di IBN. Data survei yang diperoleh antara lain seperti: berapa sering menggunakan internet, berapa lama rata-rata menggunakan internet dalam setiap hari, di mana menggunakan internet, berapa sering update blog, dan bagaimana usaha dalam meningkatkan trafik blog.

Tak lama lagi semua publisher (anggota) IBN bisa menjualkan tiket Wego melalui blognya dan tentu saja akan mendapatkan komisi berdasarkan aturan yang berlaku. Waah ditunggu ya mas Kukuh, banner saya sudah lama kosong nihhh ...

Irwin Day, dari Nawala
IrwinDay mewakili Nawala memaparkan tentang Nawala. Nawala adalah layanan DNS (Domain Name server) yang bebas digunakan oleh pengguna akhir atau penyedia jasa internet untuk mendapatkan akses internet bersih dan aman. DNS Nawala melakukan penapisan situs-situs berkandungan negatif yang tidak sesuai dengan norma kesusilaan dan budaya Indonesia, seperti situs berkandungan pornografi atau perjudian. Selain itu DNS Nawala juga menapis situs-situs yang berbahaya dan melanggar aturan perundangan, seperti situs penipuan, malware dan phising.

“Perjalanan” panjang Nawala dimulai sejak tahun 2007. Konsep digodok, dan dimatangkan, diadakan uji coba server, presentasi di media cetak dan TV. Lalu diadakan pendekatak kepada pihak operator, juga sosialisasi. Pada tahun 2010 didirikanlah yayasan Nawala Nusantara.

Booth Qui-Qui Makassar
(komunitas merajut)
Tahun 2012 Nawala bekerjasama dengan APJII (Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia). Nawala juga mengadakan kegiatan bersama komunitas-komunitas dan menerapkan Nawala@android. Rencananya tahun 2013 nanti Nawala bisa dipakai di segala jenis gadget.

Saya berkesempatan menanyakan mengenai “batasan pornografi’ kepada Irwin. Saya juga menceritakan mengenai apa yang saya dapatkan ketika mengetikkan kata kunci “SUNNY” ketika mencari gambar cuaca untuk membantu PR bahasa Inggris sulung saya Affiq yang berusia 11 tahun. Yang saya dapatkan adalah – na’udzu billah, foto-foto perempuan-perempuan barat berbikini!

Irwin mengatakan, “Batasan pornografi memang sampai sekarang masih menjadi perdebatan. Nawala mengecek situs-situs yang menampilkan gambar-gambar tak pantas dengan kata-kata kunci yang umum dan memblokirnya.”

Rata-rata provider di Indonesia saat ini memungkinkan pengguna internet untuk mengaktifkan layanan Nawala di komputer mereka. Bagi yang mau menerapkannya, silakan mengunjungi http://nawala.org.

Ardian Atmaka tampil di sesi terakhir mewakili Lintas.me, website yang memadukan social news aggregator dan human curation sehingga pembaca tertarik memasukkan kontennya sendiri, baik dari blog maupun dari mana saja yang mereka temukan di internet, dan membagikannya kepada seluruh pembaca Lintas Me.

Blogger yang mau meningkatkan trafik blognya bisa bergabung dengan Lintas.Me yang sedang mengadakan lomba-lomba ngeblog, salah satunya bekerjasama dengan Blogger Nusantara. Jika masih ada yang kurang jelas bisa mengirimkan e-mail pertanyaannya ke tanya@lintas.me.

Yang Unik dan Menarik di Kopdar BN2012

Suasana booth-booth dari komunitas-komunitas yang berpartisipasi
Booth-booth ini ramai ....
Senang sekali melihat atraksi kesenian tradisional di perhelatan ini. Tetabuhan gendang khas Makassar selalu membangkitkan semangat. Apalagi tarian 4 etnis dan Paraga, sangat dinamik. Demikian pula penampilan Sese Lawing yang sukses meng-akustikkan lagu-lagi tradisional Makassar.

Sese Lwing (kiri)
Kalau boleh usul, kali lain tampilkan pula Gandrang Bulo yang dibawakan anak-anak SD. Pasti menakjubkan, gerakan lincah mereka amat memukau. Sekadar info, SD anak saya mendapat juara 1 pertandingan Gandrang Bulo baru-baru ini. Sayangnya anak saya tidak ikut. Pelatihnya adalah om Jack, yang menyanyi pada tarian 4 etnis itu.

Berpartisipasinya banyak komunitas di Makassar dalam ajang ini amat menarik. Beragam komunitas mendapatkan undangan dari panitia, di antaranya ada yang mengisi booth seperti Linux Makassar, Android Makassar, Jalan-Jalan Seru Makassar, Makassar Berkebun, Qui Qui, Blogdetik, Cinematika, Tangan di Atas, dan Writing Revolution.

Beberapa komunitas yang saya tergabung di dalamnya juga ikut meramaikan kopdar ini seperti IIDN, KEB, Saronde, Bloof, dan tentu saja Anging Mammiri – tuan rumah acara. Acara ini memang bukan hanya untuk para blogger, melainkan untuk semua. “Semua bisa, bisa semua”.

Tanda Kasih kepada Segenap Panitia

Booth Anging Mammiri
Foto bareng, panitia BN 2012
Saya senang sekali bisa mengikuti ajang besar ini. Gedung yang dipilih panitia amat nyaman. Hanya saja saat sesi foto bersama, hati saya sempat kebat-kebit. Betapa tidak, beberapa kali lantai 4 gedung LAN itu terasa bergetar akibat berlariannya para peserta!

Saya jadi teringat sebuah video yang saya tonton mengenai kecelakaan rubuhnya sebuah gedung saat sedang dilaksanakan sebuah pesta pernikahan di lantai atasnya. Segera saya berdzikir dan berusaha menepis pikiran mengerikan itu. Yeah, musibah bisa terjadi di mana saja dan kapan saja. Berharap saja gedung yang selalu padat terisi berbagai acara itu cukup kuat pondasinya dalam menampung banyak orang pada setiap lantainya.

Saya yakin segenap panitia, baik SC maupun OC, terutama daeng Ipul selaku ketua panitia sudah bekerja dengan sangat keras demi berlangsungnya ajang ini. Untuk itu salut saya ucapkan dan selamat, kalian sudah sukses membuat ajang ini terlaksana dengan baik. Adapun beberapa kendala yang muncul, adalah hal yang biasa dalam setiap perhelatan. Dan syukurnya, kendala-kendala itu berhasil kalian atasi dengan baik.

Hanya satu hal yang kurang sreg, tapi saya yakin ini di luar prediksi panitia. Yaitu berjibunnya peserta di salah satu booth yang menawarkan kaos gratis pada saat materi tengah berlangsung. Yang langsung terlintas di pikiran saya adalah, “Kodong ... kasihannya pematerinya, diabaikan oleh orang-orang itu.”

Aksi para tukang foto yang  kena jepret ^__^
Maaf, tanpa sadar kita tidak menghargai pemateri yang sudah jauh-jauh diundang. Mereka yang tampil di acara ini adalah orang-orang hebat pada bidangnya sementara para peserta adalah orang-orang yang hendak menimba ilmu dari mereka.

Mungkin untuk pelaksanaan Kopdar Blogger Nusantara yang berikut, hal seperti ini bisa diantisipasi dan kesadaran peserta semakin besar untuk menghargai orang-orang yang dibawa ke hadapan mereka, di mana mereka hanya perlu mengeluarkan sedikit uang – bahkan gratis untuk itu. Yah, kalau saya bilang ini karena “budaya gak nahan dengan barang gratisan” dari sebagian di antara kita.

Dengan berakhirnya “tanda kasih” ini, berakhir pula tulisan saya, mudah-mudahan banyak yang mau membacanya hingga akhir. Terpikir membuang beberapa bagian dari tulisan ini tetapi setelah saya pikir-pikir lagi koq rasanya kurang asyik, jadilah ini menjadi sepanjang 6 halaman.

Sekali lagi, selamat untuk semua panitia Kopdar Blogger Nusantara ke-2 di Makassar. Saya bangga pada kalian. Kerja keras kalian tak sia-sia.

Makassar, 17 November 2012

Silakan juga dibaca:



Share :

46 Komentar di "Meriah, Kopdar Blogger Nusantara 2012"

  1. berharap BN diadakan di Pontianak itu seperti pungguk yang merindukan bulan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau blogger Pontianak berani jadi tuan rumah, mungkin saja bisa mengajukan diri mbak?

      Delete
  2. kalo makassar yang kedua kalinya saya ingin berpartisipasi kk....hehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masih lama tuh krn eventnya kan setahun sekali dan tahun depan pasti mi di kota lain :)

      Delete
  3. sedih karena tidak sempat ikutan, namun jadi terhibur setelah membaca reportase yang komplit di blog super ini :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Super? Masih biasa saja, Pak:) Terimakasih sudah membaca...

      Delete
  4. halo mbak....liputannya lengkap banget nih...:)

    atraksi paraga nya menarik ya mbak, mirip atraksi para cheerleaders...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak ... kata MCnya : "Cheerleader versi ekstrim" :D

      Delete
  5. rame kegitannya kak :)
    dari ceritanya jadi pingin ikut

    ReplyDelete
  6. Kapan ya Blogger Bandung (Ciamis) ini bisa berpartisipasi dalam Kopdar BN di makassar?. Mau berdiskusi dulu ah dengan anggota KPK yang lain hehe...

    Seru sekali Mbak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tiap tahun kotanya beda lho mas. Kali aja tahun depan di Bandung :D

      Delete
  7. meski nggak bisa ikutan secara langsung, untunglah bisa ikutan lewat reportase Mbak Mugniar... :) makasih Mak...

    ReplyDelete
  8. Hebat sekali saudara2 panitia di Makassar. Semoga BN akan tetap lanjut di tahun2 mendatang. Siapa tahu saya bisa hadir di kota lainnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin. Mungkin saja tahunn depan di Kalimantan, kaka Akin? Sptnya belum ada tuan rumah tuh buat tahun depan

      Delete
  9. Saya pernah sekali ikutan acara yang seperti ini.. Sangat menarIk bu... Seandainya di kota saya ynang kopdar seramai ini... T.T

    ReplyDelete
    Replies
    1. Acara yang ini kalo ndak salah ada yang dari NTB lho :)

      Delete
  10. gue cuma bisa bilang "wow" aja di stiap event2.. ini..:)

    ReplyDelete
  11. masya Allah meriah dan banyak ilmu
    hadeh aku pengen ngikut. tapi seandainya ada lagi disini. kapan yua?
    ah pengen pokoknya
    #edisi cemburu mbak. hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waah Jawa Timur sudah kebagian tuh, tahun lalu :)

      Delete
  12. waj liputannya benar - benar lengkap.. Salut :D ya saya juga sempet geleng2 liat peserta yang cenderung mengabaikan pemateri yang notabennya ilmu yg mereka punya harusnya bisa kita dapatkan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih sudah membaca. Sy pikir, di event spt ini ya kalo pematerinya sedang di atas panggung ya diperhatikan nanti saat istirahat baru deh berburu barang gratisan :D

      Delete
  13. terlepasdari hal yangkedepannya harus diperbaiki itu,acaranya suksesya mbak :D

    ReplyDelete
  14. Salam Mbak.
    Baru kali ini membaca habis sebuah tulisan panjang pada sebuah blog, biasanya hanya setengah..!!
    Setelah membaca tulisan diatas, saya menjadi sangat menyesal mengapa saya tak ikut BN 2012, padahal jauh2 hari sebelumnya, waktu ada acara BN dan Idblognetwork di Maros, saya sudah merencanakan akan ikut BN 2012 ini, sayangnya ada kegiatan yang begitu mendesak, sehingga saya menangguhkan ikut BN 2012, syukurnya saya masih sempat membuat postingan dukungan untuk BN 2012 kali ini.
    Saya kira postingan diatas sudah memberikan gambaran yang jelas tentang kemeriahan BN 2012, yang bagi saya, sedikit banyaknya bisa mengobati rasa penasaran karena tak ikut BN 2012. jika postingan diatas di ikutkan lomba pasca acara BN 2012, saya perkirakan bisa mendapatkan juara !
    salam.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sengaja tak saya potong biar bisa ada gambaran buat yg mau tahu ttg acara seperti ini, dan kalo ada kesempatan lain waktu mereka bisa ikut.

      Mudah2an komentar Beck dibaca juri dan diperhatikan *ngarepdotcom* :D

      Trimakasih ya sudah membacanya sampai habis :)

      Delete
    2. Salam.
      Selamat ya Kak atas kemenangannya..!! Tulisan sebaik diatas memang sangat layak jadi juara..!!
      Salam.

      Delete
  15. ga salah diadakan di makassar...sdh byk bgd kenal blogger2 keren dr makassar ini heeee

    liputan lengkap plus detil para narasumber..keren bgd bun heee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banyak? Iyakah?Siapa saja tuh Mi?
      Kirain cuma saya hehehe
      *disambit Mimi dan blogger2 keren semakassar pake sandal*

      Delete
  16. seru ya mba... sayang saya gagal mendapat tiket gratis jadi ga ikut, mau biaya sendiri kantong lagi kering :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seru mbak. Iya ya .. belulm rejeki. Mudah2an kapan2 bisa ke Makassar lagi :)

      Delete
  17. di solo dulu juga ada sih, tapi info q telat, jadi ya gitu dwh nggak bisa ikut. :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di Solo? Kopdar BN thn lalu kan di Sidoarjo? ... Oooh, bukan Kopdar BN kayaknya, Rivai :)

      Delete
    2. bukan kopdar kyknya sih, tapi kyk event nya BN kok

      Delete
    3. Yang ini event resmi memang Vai, tapi ada event2 non formalnya yang berlangsung lebih santai, itu yang tak saya ikuti karena berlangsung di malam hari dan pada hari Ahadnya. Maklum emak2, gak bisa keluar terus, harus tahu diri :D

      Delete
  18. Senang bisa hadir di Kopdar Blogger Nusantara 2012 Makassar, karena bisa mempertemukan kita ya :)
    Kapan-kapan kalau aku ke Makassar, kita kopdaran lagi :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Senang bertemu mbak Indah. Mudah2an kapan2 mbak indah ke sini lagi ya :)

      Delete
  19. Serius 6 halaman nih?
    Yang Blood For Life keren abis waw...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ciyus *eh?* :D
      Iya, pengalamannya keren, mbaknya juga keren :)

      Delete
  20. Selamat ya menang Lomba Blog Kenangan #BN2012. Memang tulisannya keren. Soal Gandrang Bulo, saya malah gak ingin menyaksikannya di hari itu karena meski intinya sangat relevan, tari Gandrang Bulo justru sudah pernah tampil di event nasional seperti Pesta Blogger 2010 sehingga teman-teman yang dari luar Makassar sudah pernah melihatnya. Justru saya ingin menyaksikan sesuatu yang lain dari penampilan seni budaya Sulsel. :)

    Btw kita udah salaman waktu di LAN belum ya? Salam kenal lagi deh. Hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih, selamat juga utk kita'. Oooh sudah pernah toh? Yang "versi anak2" juga? Aih, saya ketinggalan cerita kalo begitu :D

      Sy takjub sekali soalnya dengan gandrang bulo di sekolah anak saya, ada gerakan2 "inovasi"-nya seperti gerakan vampir yang melompat2, dll. Keren deh pokoknya.

      Kayaknya saya liat ki' waktu itu tapi sy ndak ngeh kalo itu kita', nanti liat foto di blognya bagu nyadar :)

      Delete
  21. mantap acara kayak gini..... di bandung kapan ya?

    ReplyDelete

Untuk saat ini kotak komentar saya moderasi karena banyaknya komen spam yang masuk. Silakan tinggalkan komentar ya. Komentar Anda akan sangat berarti bagi saya tapi jangan tinggalkan link hidup. Oya, komentar yang kasar dan spam akan saya hapus ya ^__^