Atraksi Sepak Raga - Kemeriahan Cap Go Meh (3)

Bola yang digunakan pesepak raga
Sumber gambar: www.wikipedia.org
Sepak raga merupakan olahraga tradisional masyarakat Bugis/Makassar yang juga memeriahkan karnaval Cap Go Meh tahun ini.


Olahraga yang mirip sepak takraw ini dimainkan oleh dua orang atau lebih. Biasanya dimainkan sebagai hiburan, di mana pemainnya membentuk formasi-formasi tertentu. Dalam hal ini para pemainnya bisa sampai saling bertumpuk, seperti cheer leader. Jika sepak takraw membutuhkan lapangan permainan, sepak raga tidak membutuhkan lapangan. Pemainnya bisa memainkannya di mana saja.


Seperti dalam karnaval Cap Go Meh ini, mereka melakukan atraksi di jalan. Atraksi dilakukan oleh beberapa orang dan mereka sampai membuat formasi 'bertumpuk' dalam memainkan bolanya.

Bola yang dimainkan terbuat dari rotan, tidak hanya boleh dimainkan dengan tangan tetapi tidak boleh disentuh oleh telapak tangan. Boleh disentuh oleh bagian tangan lainnya. Bola tidak boleh menyentuh tanah. Orang  yang piawai bahkan konon bisa memainkannya bolanya selama berhari-hari. Jikalau dikompetisikan, aturan permainannya adalah siapa yang paling lama memainkan dan menahan bola tidak jatuh ke tanah, ia yang menang.


 Video kemeriahan Cap Go Meh

Video atraksi sepak raga

Makassar, 26 Februari 2012

Silakan dibaca juga:





[i] http://id.wikipedia.org/wiki/Sepak_takraw


Share :

7 Komentar di "Atraksi Sepak Raga - Kemeriahan Cap Go Meh (3)"

  1. bisa berhari hari apa nggak capek ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu dia pertanyaan saya, apa nggak capek ...
      Tapi kalo memang keahliannya di situ mungkin tidak ya :)

      Delete
  2. sayang saat cap go meh di bogor, saya gak nonton...dibogor juga tiap tahun ada perayaan ini...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh di Bogor ada juga ya mbak? pasti ramai ya. Rupanya perayaan ini tidak di semua kota diadakan ya mbak :)

      Delete
  3. saya bisa nih umi. . .lumayan jago lhoh (sok sekali ahahaha)

    ReplyDelete

Untuk saat ini kotak komentar saya moderasi karena banyaknya komen spam yang masuk. Silakan tinggalkan komentar ya. Komentar Anda akan sangat berarti bagi saya tapi jangan tinggalkan link hidup. Oya, komentar yang kasar dan spam akan saya hapus ya ^__^