Saling Mengadu

     Ada satu persamaan kebiasaan kakak-adik di belahan dunia mana pun : mengadu.
     Begitu pun Affiq dan Athifah. Entah sejak kapan mulai saling mengadukan satu sama lain.
     Seperti pada suatu ketika:
     Affiq  : "Mama, Athifah taruh sabun mandi di dalam gelas yang berisi air."
     Mama: "Athifah, nanti sabunnya cepat habis. Tidak boleh begitu."
     Mama tiba-tiba teringat, ada sesuatu ... : "Nah ... yang memenuhi kloset dengan air sabun siapa?"
     Selain itu, menanggapi hal seperti ini harus hati-hati, tidak boleh ada yang terlalu dibela atau terlalu disalahkan. Karena biasanya mereka bertekad saling membongkar aib satu sama lain ... padahal bisa jadi aib sendiri yang terbongkar .. he he he.
     Mama tidak sadar, saat pertanyaan mama belum selesai dilontarkan, Affiq sudah beringsut-ingsut menjauh. Begitu mama selesai dengan pertanyaannya, mama sadar. Affiq sudah kabur dengan sukses. Hmm .. pertanda aib dia akan terbongkar.
     Mama memanggil Affiq : "Affiq, sini. Pekerjaan siapa itu yang menyebabkan kloset berisi air sabun?"
     Affiq mengaku : "Saya, Ma."
     Mama  : "Nah lho ... Affiq mengadukan adiknya padahal buat kesalahan juga di kamar mandi!"
     Athifah pun terkadang lebih iseng daripada kakaknya. Ia pernah mengadukan Affiq: "Mama, kakak Affiq cubit saya!" Mama bertanya kepada Affiq: "Kenapa dicubit adiknya?" Affiq membela diri: "Habis, Athifah menduduki perutku!" Pusiing deh.
     Perihal saling mengadukan ini terkadang konyol. Suatu ketika Affiq mengadukan Athifah. Saat mama sedang sibuk di depan komputer, ia mendekati mama dan berbisik-bisik, "Mama, masak Athifah makan pakai dua garpu!" Mama mengernyitkan kening, sembari membatin, "Memangnya kenapa? Apa ada hal berbahaya yang bisa ditimbulkan adiknya hanya karena makan menggunakan dua buah garpu?"
     Tetapi "Namanya juga anak-anak," selepas saling mengadukan, selepas saling bertengkar, mereka bisa langsung bermain sambil tertawa-tawa bersama.
Makassar, 7 Agustus 2011
Inilah hal-hal yang akan merekatkan hubungan persaudaraan mereka kelak ...


Share :

0 Response to "Saling Mengadu"

Post a Comment

Untuk saat ini kotak komentar saya moderasi karena banyaknya komen spam yang masuk. Silakan tinggalkan komentar ya. Komentar Anda akan sangat berarti bagi saya tapi jangan tinggalkan link hidup. Oya, komentar yang kasar dan spam akan saya hapus ya ^__^