Geospasial: Eksplorasi Singkat di Ritech Expo

Ini cerita setelah Ritech Expo: dari Sepatu Kulit Ikan Kakap Hingga Buku Maskulin Dendong

Masih cerita tentang hari pertama mendatangi Ritech Expo (pada tanggal 11 Agustus), penjelajahan saya berlanjut ke gerai Badan Informasi Geopasial. Saya memasuki gerainya dengan pertanyaan dibenak, “Apa itu Badan Informasi Geospasial?


Ada tiga bapak paruh baya di sini. Salah seorang dari mereka langsung mendekati saya dan menjelaskan ketika saya bertanya. Entah mau bertanya mulai dari mana tetapi dua dari mereka yang saya hadapi, begitu terbuka menceritakan tentang BIG (Badan Informasi Geospasial) kepada saya.

Badan Informasi Geospasial (BIG) adalah Lembaga Pemerintah Non Kementerian yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Presiden. BIG dipimpin oleh seorang Kepala. Tugasnya adalah melaksanakan tugas pemerintahan di bidang Informasi Geospasial.

“Ibu pernah dengar BAKOSURTANAL?” tanya bapak kedua yang mengajak saya bercakap-cakap.

Nggak ngeh, Pak,” saya mencoba mengimbangi dialek Jawa lelaki tersebut. Ingatan saya tak berhasil menjamah secara jelas istilah BAKOSURTANAL. Kayaknya pernah dengar tapi ndak yakin juga.

“Dulu nama badan ini adalah BAKOSURTANAL (Badan Koordinasi Survei dan Pemetaan Nasional). Ibu mungkin pernah dengar. Tahun dua ribu sebelas baru berganti nama menjadi Badan Informasi Geospasial. Namanya aja beda, orang-orangnya itu-itu aja. Kantornya juga masih kantor yang dulu,” bapak itu menjelaskan lagi sembari tertawa ringan.

Rada-rada bingung juga di dalam booth-nya, saat mendengarkan penjelasan kedua bapak itu tapi saya justru tidak akan punya wawasan apa-apa tentang istilah geospasial jika sama sekali tidak masuk dan bertanya-tanya di situ.

Oya, apa itu geospasial? Kalau istilah kasarnya berhubungan dengan “bumi” dan “ruang”, ya – itu yang ada di benak saya saat berada di booth BIG. Nah, berdasarkan penelusuran saya di salah satu buku yang saya peroleh di booth BIG, pengertian Geospasial adalah:
  • Data tentang posisi, objek, dan hubungannya dengan ruang bumi.
  • Aspek keruangan yang menunjukkan lokasi, letak, dan posisi suatu objek atau kejadian yang berada di bawah, pada, atau di atas permukaan bumi yang dinyatakan dalam sistem koordinat tertentu.


Sedangkan informasi geospasial berarti: data geospasial yang sudah diolah sehingga dapat digunakan sebagai alat bantu dalam perumusan kebijakan, pengambilan keputusan, dan/atau pelaksanaan kegiatan yang berhubungan dengan ruang kebumian.

Penerapannya di antaranya adalah informasi spasial bencana alam, informasi potensi wilayah perbatasan Indonesia dengan negara lain, melengkapi data dan informasi tentang perairan Indonesia, dan lain-lain. Well, kalau masih belum jelas, silakan langsung baca-baca di websitenya: www.big.go.id, ya. Saya cuma bisa cerita sampai di sini saja, hehe.

Bagi teman-teman blogger, kebetulan sekali, saat ini sedang berlangsung Lomba Blog Geospasial untuk Kita, bisa sekalian mencari bahan lomba blog. Ada e-Book yang bisa di-download, juga lho di website-nya. Sayang sekali saya baru tahu tadi malam mengenai informasi lomba blog ini. Andai tahu sejak lama, saya pasti akan mencari lebih banyak lagi informasi di booth BIG.

Tapi tak masalah. Ada yang menyenangkan hati saya. Dari booth Badan Informasi Geospasial ini, saya dan suami yang masuk tidak bersamaan mendapatkan oleh-oleh berupa dua peta NKRI dan 3 buku keren. Buku-bukunya berjudul: Peran Informasi Geospasial dalam Pembangunan Indonesia, Informasi Potensi Wilayah Perbatasan Kalimantan Barat – Malaysia, dan Informasi Spasial Bencana Alam. Andai kalian melihat wajah saya keluar dari gerai BIG, pasti kalian melihat betapa berbinar-binarnya mata saya karena buat saya peta Indonesia dan buku gratis itu harta tak ternilai!

Makassar, 23 Agustus 2017


Bersambung ke cerita tentang Ritech Expo yang lain


Share :

5 Komentar di "Geospasial: Eksplorasi Singkat di Ritech Expo"

  1. Sejujurnya, Ipeh juga baru tau nih, Kak. Terkait Geospasial. Jadi tambah penasaran dan kepengen download ebooknya juga :)

    Terima kasih kak Niar udah berbagi informasi keren ini ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama Ipeeh. Makasih ya sudah mampir di sini :)

      Delete
  2. Mba Niar, aku dlu pernah nuis tentang Geospasial tapi bener2 awalnya ngeblank banget. HHahaha. Hal sederhana yang aku tahu tentang geospasial ya untuk mengukur jalan. Hehhee. asik ada lomba blognya ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wih, kalo saya ikut lomba blognya, Mbak Lida jadi saingan terberat nih karena pernah nulis tentang geospasial :)

      Delete
  3. aku pun masih belum ngeh dengan geospasial, masih mau dipelajari lagi mbak.

    ReplyDelete

Untuk saat ini kotak komentar saya moderasi karena banyaknya komen spam yang masuk. Silakan tinggalkan komentar ya. Komentar Anda akan sangat berarti bagi saya tapi jangan tinggalkan link hidup. Oya, komentar yang kasar dan spam akan saya hapus ya ^__^