Peringatan Hari Kartini Bersama Dinas P3A Makassar

Menulis peringatan Hari Kartini di bulan Juni 2024 adalah hal yang anti mainstream bagiku. Maafkan, akhir-akhir ini dunia nyata begitu menyita perhatian sehingga sejumlah tulisan tertunda pembuatannya. Tanggal 30 April lalu saya menghadiri peringatan Hari Kartini di Aula Dinas Pendidikan Kota Makassar di jalan Anggrek Raya Makassar.

Hari Kartini


Acara peringatan Hari Kartini yang diselenggarakan oleh Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kota Makassar ini dihadiri oleh bermacam elemen masyarakat, khususnya perempuan. Sejumlah wakil dari organisasi perempuan dan unit dharma wanita Kota Makassar menghadiri acara yang juga dihadiri oleh Bapak A. Muhammad Yasir, Asisten Pemerintahan & Kesejahteraan Rakyat mewakili Wali Kota Makassar serta Kadis Pendidikan Kota Makassar – Bapak H. Muhyiddin.

Acara bertema “Inspirasi Kartini, Perempuan Tangguh Wujudkan Kualitas Keluarga Manuju Makassar Baik Untuk Semua” ini berlangsung mundur dari waktu yang direncanakan karena satu dan lain hal. Bersyukur saya tidak punya acara lain shingga bisa mengikuti seluruh rangkaian acara sampai selesai.

Menyanyikan bersama lagu kebangsaan Indonesia Raya dan lagu Ibu Kita Kartini mengawali acara. Berikut materi Tips dan Trik dari Komunitas Insta Makassar dan presentasi mengenai pentingnya dan proses pembuatan eco enzyme. Selanjutnya pembacaan doa dan pertunjukan tari marannu juga ditampilkan di awal acara.

Peringatan hari Kartini di Makassar

Laporan Ketua Panitia Hari Kartini (Sekretaris DPPPA Kota Makassar Yusri Djabir, SE, M.Si), sambutan Wali Kota Makassar yang diwakili oleh Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, dan pembacaan sejarah Kartini (oleh Wakil Ketua DWP Kota Makassar dr. Andi Hadijah Iriani Sp. THT, M.Si) merupakan agenda berikutnya.

Selanjutnya adalah sesi yang sangat berkesan bagi saya, ketika nama saya dipanggil menyusul nama Ibu Indira Yusuf Majid (Ketua TPP PKK, istri wali kota Makassar) untuk naik ke atas panggung, menjadi narasumber talkshow.

Menjelang penghujung acara ada pemberian penghargaan dari Ketua Tim Penggerak PKK Kota Makassar dan Ibu Kadis kepada perempuan pemerhati disabilitas (Maria UN), pelopor dalam pencegahan perkawinan anak (Rahmawati, S.Kesos), dan pemerhati perempuan dan anak (DR. Ir. Fadiah Machmud, M.Pd).

Vibes positif yang saya rasakan kali ini berbeda dari circle-circle pergaulan saya. Alhamdulillah bisa nambah banyak kenalan baru di antara hadirin, khususnya Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P3A), Ibu Achi Soleman dan timnya.

Sewaktu baru datang, saya pikir saya nyaris tidak punya kenalan di acara ini, kecuali Ruby – jurnalis dari RAZ FM yang menghubungkan dengan tim Ibu Achi. Rupanya di lokasi saya bertemu dengan Mami Eryvia yang ternyata suaminya sekarang menjabat sebagai PLT Kadispora Makassar. Ada juga Ni Nyoman Anna alias Nyomnyom, alias Mamak Arung-Desa yang aktivis.

Kadis P3A Makassar


Sedianya saya akan mempresentasikan materi Perempuan Berdaya dari Rumah yang sudah saya buat sehari sebelumnya di acara ini, sayangnya tidak bisa dilakukan karena satu dan lain hal. Tetapi saya bisa memaparkan sebagian isinya dan file presentasi saya ditampilkan oleh operator di layar besar di dinding.

Namun demikian saya senang sekali bisa terlibat di acara ini. Semoga apa yang saya paparkan bisa bermanfaat bagi hadirin. Terima kasih Bu Achi beserta tim dan Ruby. Semoga selalu bisa melakukan hal-hal positif untuk Makassar.

Makassar, 5 Juni 2024

Terima kasih foto-fotonya Ibu Dhian, Kak Anna, Mami Ery, DWP Dispora Kota Makassar.



Share :

1 Komentar di " Peringatan Hari Kartini Bersama Dinas P3A Makassar"

  1. Ternyata ketemu mba ery juga yaaa mba 😄👍. Rameee yg menghadiri acaranya. Dan penasaran juga dengan presentasi wanita berdaya dari rumah yg mana mba jd narasumbernya.

    Pastinya seneng kalo bisa ikutan di acara bermanfaat seperti ini. 👍.

    ReplyDelete

Untuk saat ini kotak komentar saya moderasi karena banyaknya komen spam yang masuk. Silakan tinggalkan komentar ya. Komentar Anda akan sangat berarti bagi saya tapi jangan tinggalkan link hidup. Oya, komentar yang kasar dan spam akan saya hapus ya ^__^