8 Situs Belajar Bahasa Asing Gratis yang Wajib Dicoba

8 Situs Belajar Bahasa Asing Gratis yang Wajib Dicoba - Memiliki kemampuan berbahasa asing selain bahasa Indonesia yang baik menjadi poin tersendiri bagi seseorang. Kemudahan dalam mencari pekerjaan, mendapat pengetahuan lebih, dan bahkan dapat mengenal budaya dari berbagai belahan dunia bisa didapatkan.

Tak perlu repot atau mengeluarkan kocek lebih, sekarang Anda bisa memanfaatkan berbagai situs online belajar bahasa asing secara gratis. Penasaran ada situs online apa saja? Simak pemaparannya berikut ini.

Belajar bahasa asing

1.    Hinative.com

Buat Anda yang sudah memiliki kemampuan bahasa asing tetapi masih takut salah-salah, Anda wajib kunjungi website ini. Hinative memberikan keleluasaan untuk Anda dan native speaker melakukan tanya jawab. Anda bisa menanyakan tentang pelafalan suatu kata, makna, atau grammar dan lainnya pada mereka secara langsung.

Terdapat chat box yang disediakan untuk sesi tanya jawab berlangsung. Jangan ragu untuk melakukan percakapan yang terkesan kasual karena di sini Anda bebas bereksplorasi dan belajar mengaplikasikan bahasa tersebut.

2.    Memrise.com

 

Tempat belajar bahasa asing ini bisa Anda kunjungi di laman website atau juga dapat diunduh di Google Play Store melalui ponsel milikmu. Sisi menarik yang ditawarkan dari Memrise ialah metode hafalan kosa kata dan frasa melalui metode permainan yang menarik. Pelajar akan diminta menghafalkan kosa kata dan frasa di tiap levelnya dengan berbagai pertanyaan. Anda tentu dapat menambah vocabulary setiap hari. Tersedia 14 bahasa asing pilihan yang bisa Anda pelajari di Memrise.

Belajar di memrise.com

3.    Babble

Situs ini memiliki beragam pilihan bahasa seperti bahasa Inggris, Swedia, Portugis, Jerman, dan 10 bahasa lainnya. Babble bisa Anda gunakan secara gratis dalam seminggu, setelahnya Anda akan ditawarkan kelas berbayar. Tak perlu ragu untuk mencoba, pasalnya di Babble Anda bisa berinteraksi langsung dengan guru profesional yang bisa Anda temui. Situs satu ini cocok untuk Anda yang ingin meningkatkan speaking skill. Tertarik untuk mencoba?

4.    Duolingo

Jika memikirkan tempat belajar bahasa asing secara online pasti pertama yang Anda pikirkan ialah Duolingo. Setiap orang miliki gaya belajar tersendiri, tapi terlepas dari apa gaya belajarmu, visual yang ditawarkan Duolingo akan sangat menarik dan membuat suasana belajar jadi lebih seru. Ditambah permainan yang beragam dan mudah diikuti oleh para pemula. Di sini Anda bisa membuat jadwal belajar sendiri, pilihan materi belajar yang menarik, dapat melihat hasil belajar, dan pastinya bisa mengambil beberapa kelas bahasa asing.

5.    Tandem Language Exchange

Di Tandem Language Exchange kami bisa merasakan sensasi belajar bahasa asing yang berbeda. Ada lebih dari 300 bahasa asing yang ditawarkan dalam situs ini, termasuk 12 bahasa isyarat. Selain itu, ada fitur chat bot yang memungkinkan pengguna untuk dapat berinteraksi secara langsung dengan para penutur asli. Bukan hanya guru, Anda bahkan bisa berteman dengan banyak pengunjung lainnya dari berbagai belahan dunia. Wah, terbayang ya serunya seperti apa?

6.    Busuu.com

Situs belajar bahasa asing gratis lainnya yaitu Busuu. Di sini, Anda dapat menemukan 12 bahasa asing yang bisa dipelajari. Cara menggunakannya juga mudah, Anda bisa mendaftar ke berbagai pilihan bahasa dan dapat berinteraksi dengan penutur aslinya. Tak hanya itu, Anda juga dapat memantau hasil belajar selama ini sehingga dapat mengetahui perkembangan kemampuan bahasa asingmu selama belajar di sini.

Di dalamnya Anda akan dipandu untuk belajar kosa kata dasar atau ungkapan sehari-hari beserta tips penggunaannya. Tata bahasamu juga akan diuji dan diperbaiki lewat website  ini. Menarik kan?


kursus bahasa asing

7.    Mondly

Mondly cocok untuk Anda yang masih pemula. Ada banyak kosa kata dasar yang bisa Anda pelajari dari situs ini setiap harinya. Ditambah dengan fitur chat bot pintar di dalamnya yang memungkinkan pengguna dapat berinteraksi dengannya. Belajar dengan Mondly tentunya menjadi lebih menyenangkan. Sebanyak 14 bahasa asing, termasuk kursus bahasa Inggris online bisa Anda pelajari dari situs satu ini.

8.    LearnaLanguage.com

Penyuka belajar secara visual silahkan merapat! Tak kalah bagus dengan lembaga bahasa Inggris profesional, website belajar bahasa asing satu ini memberikan visual yang menarik untuk tiap materi pelajaran yang Anda pilih. Anda tak akan bosan mempelajari dan menghafal kosa kata maupun lainnya melalui situs ini.

Anda juga bisa melatih skill pelafalan kata melalui fitur audio interaktif di dalamnya. Terdapat 8 bahasa asing yang bisa Anda pelajari di sini, di antaranya yaitu bahasa Inggris, Korea, Spanyol, Perancis, Jerman, dan 16 bahasa lainnya.

Keberagaman bahasa yang ada membuka mata kita melihat betapa luasnya dunia. Sebaliknya, setelah mengetahui dan memahami bahasa mereka dunia tersebut bisa terasa begitu dekat. Ingin keliling dunia dengan kemampuan bahasa yang Anda miliki? Maka bersiaplah untuk konsisten mengunjungi situs belajar bahasa asing di atas, ya. Pilihlah situs yang sesuai dengan gaya belajarmu dan cobalah situs belajar bahasa asing menarik lainnya.



Share :

30 Komentar di "8 Situs Belajar Bahasa Asing Gratis yang Wajib Dicoba"

  1. Belajar bahasa asing ini buat saya sesuatu sangat rumit ,termasuk golongan manusia sulit menghafal, dengan inforamsi ini sepertinya boleh buat jadi refrensi untuk dicoba mana yang cocok, thanks mbaaa sudah menulis.

    ReplyDelete
  2. pas WFH kayak gini boleh juga belajar bahasa asing buat nambah skill. Lumayan belajar dari website kan. Daripada gabut mending mengupgrade diri sendiri. Mari kita check satu-satu websitenya mana yang paling cocok

    ReplyDelete
  3. Saya pernah coba belajar bahasa asing di Duolingo..yang lain belum. Banyak pilihan kini ya, bisa disesuaikan dengan gaya belajar kita. Setuju jika dengan menguasai bahasa asing kita bisa mengeksplor dunia:)

    ReplyDelete
  4. yang paling sering aku gunakan sih duolingo. mungkin karena sudah terbiasa juga lebih mudah digunakan. Lumayan buat memperkaya kosakata dari berbagai bahasa

    ReplyDelete
  5. Seru juga ya Niar, banyak banget tempat bisa belajar Bahasa Inggris sekarang ini. Dan gak perlu bayar juga. Yang dibutuhkan hanya motivasi kita agar bisa berbahasa suatu negara yang kita mau. Pintu belajar selalu terbuka lebar

    ReplyDelete
  6. Wih mantep ini, pengin banget mempelajari berbagai bahasa mengingat pentingnya kemampuan berbahasa di zaman sekarang. Kalau lewat aplikasi seperti ini menyenangkan dan gak jadi beban berat.

    ReplyDelete
  7. Jaman sekarang tu semua serba mudah. Dulu, belajar bahasa asing kudu ke mana-mana dulu kalau pas tinggalnya di desa. Sebut saja Pare atau mana gitu.

    Lha sekarang. Kita bisa belajar dari aplikasi. Asal ada kemauan sih ya kalau sekarang tu....

    ReplyDelete
  8. Kalau belajar kelas usia emak² sepertiku udah mulai lupaan jd enaknya langsung praktek dan dibiasain ngobrol gt ya Mak minimal tinggal diluar 1-2 th gitu wkwk *mintadikeplak :)

    ReplyDelete
  9. Belajar paling mudah kalau sering dipraktekin sebetulnya ya mbak cm basicnya emang kudu ada ilmunya dan skarang bs milih sesuai kecocokan hati krn byk bgt kaya yg disebutin mbaknya.

    ReplyDelete
  10. Pengen daftarin anakku deh untuk belajar bahasa di salah satu tempat di atas. Anakku yg pertama aku liat kemampuan bahasa asingnya lebih bagus drpd hitung2an. Dia cepat menyerap kalo belajar bahasa. Cuma Krn pandemi aja jadi belajarnya masih otodidak. Thank you infonya mba . Mau di cek dulu 1-1 biar tahu mana yg lebih cocok buat anak2

    ReplyDelete
  11. Kalo skr, belajar bahasa itu udh banyaaak bgt aplikasi yg memudahkan ya mba. jadi inget, kalo dulu aku les bahasa Inggris dipanggilin guru private ke rumah 🤣. 3x seminggu, 2 jam tiap belajar. Trus utk memperlancar, dikirim kuliah ke Luar yg kebetulan kampusnya 100% menggunakan bahasa Inggris. Mau ga mau harus bisa supaya ngerti materi kuliah 😅.

    Tapi memang sih BHS asing wajib kita kuasai. Setidaknya 2 kalo skr ini, Inggris dan Mandarin. Ntr mau masukin anakku ke salah satu tempat belajar di atas :)

    ReplyDelete
  12. Kini, belajar bahasa asing bisa menggunakan aplikasi yaa..
    Sangat membantu skali, apalagi yang suka dan berkeinginan menguasai suatu bahasa tertentu.

    Aku sering juga iseng-iseng instal aplikasi belajar bahasa dan mencoba, bahasa mana yang paling seru. Hihii..maksudnya dari segi pelafalan dan aksaranya.

    ReplyDelete
  13. Wah ternyata banyaknya situs belajar online yang bisa kita manfaatkan. Ini membantu banget untuk mempelajari beberapa bahasa selain bahasa kita tercinta.

    Sy share ya tulisannya ke siswaku, terima kasih sgt membantu.

    ReplyDelete
  14. Nailah suka banget Duolingo tapi coba deh aku rekomendasikan web lainnya Kak pasti suka dia..

    ReplyDelete
  15. Aku masih bertahan sama Duolingo, aplikasinya membuatku kudu terus latihan tiap hari, dan berkompetisi juga sama yg lain, seru

    ReplyDelete
  16. Ternyata banyak ya Bun aplikasi buat belajar bahasa asing. Sejauh ini aku bqru kenalnya sama Duolingo aja yang udah sempat aku cobain. Lumayan sih jadi bisa belajar aktif tanpa harus nyempatin diri untuk belajar di tempat les khusus.

    ReplyDelete
  17. Wah ini yg aku cari. Website belajar bahasa Inggris online yg terpercaya. Dari pada cuma buka sosmed aja, ada baiknya kt belajar2 ya unt lbh memantapkan bahasa kt. Supaya klo pandemi usai, kt bs persiapan keluar negeri hihihi.

    ReplyDelete
  18. wahhhh suka de sama tulisan kak niar yang satu ini...
    aku selalu haus akan belajar inggris hihihiy...
    akan kucoba semuanya..
    terima kasih kakak

    ReplyDelete
  19. Kak Mugni.. situs belajar bahasa Inggris ini cocok banget buat belajar ibu dan anak di rumah. Biar masa pandemi ini bisa diisi kegiatan yang seru lagi.
    Anak kami kena daring lagi soalnya. Jadi lebih baik main ke situs bermanfaat seperti 8 situs belajar bahas Inggris di atas ya..

    ReplyDelete
  20. Saat ini gak susah ya ternyata mau belajar bahasa asing itu, gak sanggup bayar yg mahal bisa coba yang gratis ya mba, kepoin satu-satu dulu ah siapa tau ada yang cocok buat saya :)

    ReplyDelete
  21. Pas kali anakku request mau belajar bahasa asing, pas pula aku baca BlogPost ini Mba,

    Sejauh ini yang udah aku kenal dari sekian nama yang ada di list itu baru duolingo yang familiar. Tapi jadi seneng karena banyak rekomendasi nih

    ReplyDelete
  22. wah rekomendasinya banyak ya, bisa nyobain satu-satu niy mba bagus buat yang mau belajar bahasa

    ReplyDelete
  23. Pernah coba Duolingo kak. Ternyata banyak situs yang bisa diakses secara gratis untuk belajar bahasa asing selain duolingo ya. Kurang banyak tahu aku. Bisalah sekarang coba-coba yang lain biar makin mahir bahasanya.

    ReplyDelete
  24. Situs belajar bahasa Inggris yang nomor 4 populer banget ya Mbak, bahkan bs diterima oleh pemberi beasiswa lho hasil tes TOEFL nya ya, nice info Kak Niar. Tfs ^^

    ReplyDelete
  25. Kalau saya sudah ampun deh dengan kursus bahasa asing wkwkwk. Tapi ini cocoknya buat Nabila di..atau Ami yg lagi butuh sertifikat toefl

    ReplyDelete
  26. dari beberapa list diatas, yang nggak asing cuman Duolingo
    yang lainnya masih kurang familiar dan selama ini belum pernah coba kursus bahasa via online.
    Sejak pandemi kayak sekarang, kudu rajin belajar lagi dan sekarang pilihannya malah ada yang belajar via online ya

    ReplyDelete
  27. Seneng bangett banyak aplikasi belajar kayak gini, jadi ngga ada alasan untuk menyia-nyiakan waktu ya kan xixi

    ReplyDelete
  28. Penting banget belajar bahasa Inggris karena memang sekarang ini kalau nggak bisa bahasa Inggris, jadi susah buat komunikasi dengan teman-teman dari luar negeri.

    ReplyDelete
  29. Kalau dulu belajar bahasa Inggris harus ke tempat kursus ya mba. Sekarang sepertinya hal tersebut sudah tidak berlaku lagi. Coba saya kepoin berbagai situs belajar bahasa asing ini. siapa tahu berguna untuk saya juga.

    ReplyDelete
  30. Banyak juga ya rekomendasi situs belajar bahasa asing secara online. Sekarang mau belajar makin mudah & praktis. Kapan2 pengen coba belajar di situs2 ini

    ReplyDelete

Untuk saat ini kotak komentar saya moderasi karena banyaknya komen spam yang masuk. Silakan tinggalkan komentar ya. Komentar Anda akan sangat berarti bagi saya tapi jangan tinggalkan link hidup. Oya, komentar yang kasar dan spam akan saya hapus ya ^__^