16 Alasan Kenapa Saya Jadi Blogger

Kenapa saya jadi blogger?” adalah pertanyaan yang  bila diajukan, saya harus bisa menjawabnya mengingat begitu keranjingannya saya ngeblog  selama hampir 4  tahun ini.

Lalu, kenapa saya jadi blogger?

Well, jawabannya bisa berbeda, dibagi ke dalam 2 kurun waktu:


Awal mula saya ngeblog adalah pada tahun 2006 di blog http://mugniar.blogspot.com, alasannya adalah:
  1. Untuk menjadikan blog sebagai wadah tempat menyimpan catatan harian, terutama mengenai putra sulung saya, Affiq yang lahir pada tahun 2001. Sebelumnya, sejak hamil Affiq saya mulai menulis catatan harian dan menyimpannya pada hardisk komputer desktop kami. Suami saya memperkenalkan kepada saya cara menulis baru yang asyik: menulis di blog.
  2. Dibanding tampilan file berekstensi doc yang diketik dengan Ms Word di komputer, tampilan blog jauh lebih menarik. Meski yang membacanya hanya saya, rasanya lebih keren dan melihatnya makin memotivasi saya untuk menulis lebih banyak lagi.
  3. Ngeblog bisa sekalian melatih kemampuan menulis saya. Pada tahun 2004 saya pernah mengikuti sebuah lomba menulis di sebuah tabloid nasional dan meraih juara 2. Hadiahnya cukup besar waktu itu: Rp 1,5 juta. Sesekali saya juga mencoba mengirim tulisan ke media, sayangnya belum pernah dimuat kecuali yang menang lomba itu dan sebuah tulisan di sebuah majalan anak-anak nasional pada tahun 2005.

Sumber: www.scienceofblogging.com
Sayangnya pada tahun 2009 kegiatan ngeblog berhenti. Waktu itu kami belum memiliki akses internet sendiri, setiap kali posting tulisan, saya harus ke warnet, biasanya pada malam hari setelah anak-anak bisa ditinggal. Biasanya setelah anak-anak tidur. Blog saya tiba-tiba tak bisa diakses. Saya tak bisa masuk menggunakan kata kunci yang biasa padahal saya tak pernah menggantinya. Bertepatan pula, saat itu saya menjalani kehamilan dan persalinan yang ketiga. Sejak kelahiran si bungsu Afyad, kegiatan menulis berhenti sama sekali.

Saya kemudian tenggelam dalam rutinitas keseharian yang itu-itu saja. Orang menyebutnya kegiatan dapur – sumur – kasur. Keinginan menulis dan ngeblog mulai meredup, untungnya tidak mati sama sekali. Sesekali masih timbul keinginan untuk menulis dan ngeblog lagi.


Walau kegiatan ngeblog berhenti, otak saya tidak vakum dalam memikirkan dan merenungkan banyak hal. Di penghujung tahun 2010 saya tiba-tiba punya keinginan kuat untuk menuliskan sebuah topik tentang peran ibu. Keinginan untuk ngeblog lagi pun muncul. Suami saya menyambut baik dengan membuatkan saya blog baru di http://mugniarm.blogspot.com/ dengan template back ground warna kesukaannya: hitam.

Awal tahun 2011 kami memiliki akses internet sendiri. Saya mulai tertarik mengikuti audisi menulis untuk buku antologi dan ingin serius belajar menulis, termotivasi dari buku-buku antologi karya Asma Nadia yang kebanyakan dibuatnya bersama ibu-ibu rumah tangga.

Saya mulai mempelajari berbagai bahasan dalam grup-grup menulis yang saya ikuti. Saya juga memperhatikan macam-macam genre menulis. Kecerendungan saya adalah genre nonfiksi, saya tak tertarik menulis fiksi tapi keinginan untuk menentukan basis blog sebagai media menulis. Maka dimulailah petualangan saya di jagad blog yang terasa semakin hari semakin mantap hingga saat ini.

Sekarang, kalau ditanyakan kenapa saya jadi blogger, ini alasan saya:
  1. Ngeblog sangat mengakomodasi keinginan menulis saya. Saya selalu ingin mendokumentasikan apa-apa yang saya amati, alami, rasakan, dan renungkan setiap harinya.
  2. Melalui blog, saya bisa melakukan kegiatan amal sebanyak-banyaknya, dengan menyebar berbagai macam manfaat dan kebaikan melalui tulisan. Insya Allah kelak bisa menjadi salah satu pintu amal jariyah meski saya sudah tak ada di dunia ini.
  3. Melalui blog, saya bisa membangun prasasti sejarah saya sendiri, utamanya untuk anak-cucu saya. Berbagai pesan saya selipkan di dalam tulisan agar anak-cucu saya bisa mengambil manfaat dari tulisan-tulisan saya.
  4. Ngeblog makin mengasah kemampuan menulis saya. Menulis – publish – blog walking – mengamati catatan page views yang merambat naik makin memotivasi saya untuk terus menulis.
  5. Ngeblog membuat saya mendapatkan banyak kawan baru. Bukan hanya dari kota Makassar, kawan-kawan saya banyak dari seluruh pelosok Indonesia dan dari belahan-belahan dunia lain. Senangnya, saya sudah pernah bertemu beberapa dari mereka.
  6. Banyaknya kawan baru menambah jaringan pertemanan. Ini membuka peluang  dan kesempatan dalam melakukan/mengalami banyak hal bermanfaat lain, seperti seminar dan lain-lain.
  7. Ngeblog menambah wawasan saya tentang banyak hal. Selain menambah pengetahuan, blog walking membuat saya mengetahui ragam masalah (dan pemecahannya) dan ragam kehidupan (dari latar belakang budaya, pendidikan yang bermacam-macam) dari teman-teman blogger.
  8. Berkali-kali kalah dan beberapa kali menang dalam kompetisi blog mengajarkan saya keterampilan hidup dalam menyikapi kemenangan dan kekalahan.
  9. Ngeblog membuat saya memahami bahwa kompetisi ngeblog itu seperti sebuah seni yang menarik dan menantang. Dan saya suka tantangan berkompetisi.
  10. Blog menjadi alternatif dalam menyajikan berita saat ini karena blogger menulis tanpa tendensi politik dan tanpa adanya pengaruh pemilik modal seperti media main stream. Sebagian kebutuhan masyarakat akan berita yang aktual dan netral diakomodasi melalui blog. Melalui blog saya jadi merasa punya media sendiri yang bebas saya atur isinya.
  11. Ngeblog itu me time yang paling asyik, saya tak perlu ke mana-mana untuk meyegarkan pikiran. Keruwetan pikiran saya terbantu terpecahkan melalui blog bahkan bisa menjadikan badan menjadi lebih segar.
  12. Dengan ngeblog kreatifitas makin terasah. Kreatifitas yang terbentuk bukan hanya untuk kegiatan menulis tetapi juga dalam berbagai hal dalam kehidupan. Salah satu contohnya adalah dengan membaca tulisan di blog-blog orang lain, saya jadi punya bahan perbandingan dalam memandang sebuah persoalan dan untuk membuat tulisan baru.
  13. Ngeblog membuka jalan rezeki baru. Alhamdulillah sejak pertama ngeblog saya mendapat tambahan berbagai rezeki, mulai dari puluhan buku sampai uang.
Nah, dengan semua alasan yang saya kemukakan di atas, bagaimana bisa saya tidak menjadi semantap ini mendeklarasikan diri sebagai blogger?

Selamat Hari Blogger Nasional  :)


Makassar, 27 Oktober 2014


Share :

38 Komentar di "16 Alasan Kenapa Saya Jadi Blogger"

  1. iya mbak,,,aku juga nggak bisa jauh2 dari Blogger,,udah kadung cinta nih,,,hehehe

    ReplyDelete
  2. kalau saya mbak, ngeblog itu ternyata kutukan. Sempat saya berhenti ngeblog, namun ternyata setelah beberapa bulan pikiran ini ada kata-kata yang meloncat-loncat ingin segera dituliskan.
    Jadinya saya ngeblog lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh berarti saya juga kena kutukan ya karena dulu sempat berhenti dan ternyata balik lagi?

      Delete
  3. semoga bisa terus ngeblog ya mbak terus berbagi melalui tulisan

    ReplyDelete
  4. Yup, ngeblog tempat berbagi ilmu, berdakwah, berukhuwah melalui tulisan.

    Jadi semangat menulis lagi meski dengan sarana apa.adanya.

    Maju terus dek.Niar...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin ... kita' juga Kak, semangat menulis yaa :)

      Delete
  5. Sangat setuju dengan alasan alasannya, sukses selalu ya

    ReplyDelete
  6. Kalo ga ngeblog, aku galau. Beneran deh :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Toss Mak .... kita adalah emak2 yang akan menggalau kalau tidak ngeblog :D

      Delete
  7. Selamaat Hari Blogger mak Niaarr... Kereeen deh segabruk alasan untuk tetap ngeblog :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makanya suka dibela2in bisa bisa ngeblog Mak alasannya "dicari2" biar tidak bisa lepas dari ngeblog hehehe

      Delete
  8. Ngeblog itu bikin nagih, kalau kata mak mira, terapi jiwa, kalau aku lebih suka menyebutnya sbg saluran utk menuangkan Isi kepala, perasaan, kegundahan, dsb

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saluran yang super keren yang bisa memfasilitasi segala isi kepala, perasaan, dan kegundahan itu ya Mak ... setuju :)

      Delete
  9. Terimakasih mbak.. jadi semakin termotivasi dan terus menjaga nyala semangat menulis dan ngeblog di tengah peran sebagai ibu. Meski kadang seperti siput berjalan saat melakukan aktivitas ngeblog.. yang terpenting kedua-duanya tetap jalan. tanpa meninggalkan yang paling utama, keluarga.. amin...

    Memang ngeblog dan menulis itu Me Time paling indah, pelipur lelah... :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang penting masih berjalan meskipun seperti siput Mbak Sarah :)

      Delete
  10. Mari kita terus ngeblog dengan niat untuk berbagi ilmu dan pengalaman agar bernilai ibadah.
    Salam hangat dari Surabaya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin ... mari Pakdhe ... semoga kita bisa selalu ngeblog ya Pakdhe

      Delete
  11. wah seru alasan kakak mengapa ngeblog ya heheheh, memang ngeblog itu bikin ketagihan hehehe

    ReplyDelete
  12. Keren, kereen, dan saya selalu suka mampir/blogwalking ke blog ini karena tulisan-tulisannya yang mencerahkan. Benar-benar menerapkan sharing is caring :)

    ReplyDelete
  13. bangaa sekali sama kak niar, dari pertama kali bewe di blog inilah saya kemudian semakin yakin untuk terus menulis, dari kak niar pula saya mendapat banyak teman baru sesama blogger. selamat hari blogger nasional 2014 :) sukses terusss

    ReplyDelete
  14. keep blogging mak, inspiratif :)

    ReplyDelete
  15. melalui blog,jadi kenal mbk niar yg super keren bingitss...sukses untuk ngeblognya ya mbk^^

    ReplyDelete
  16. Keren mbak ulasannya.. ^^

    Salam kenal dari Yogyakarta yah mbak..

    ReplyDelete
  17. setuju skali no 7. utk no 11 saya kagum dgn mak Mugniar yang bahkan me time nya juga ngeblog ternyata. kalo saya koq yaa.... Selamat hari blogger buat semuanya ya.

    ReplyDelete
  18. salam kenal mbak. sbenarnya saya suka nulis. tapi emang blum bisa produktif.sekali kali aja. paling sebulan produksi satu.hemm udah ketemu kemistrinya enak ya mbak bisa nulis tiap hari...saya masih merasa jadi orang super sibuk gak sempat nulis hehehe....

    ReplyDelete
  19. Hikss aku nulis komen panjang x lebar tapi hilang -_-

    ReplyDelete
  20. Hai bunda...
    Aku ingat waktu aku pertama x singgah di blog ini. Sepertinya th 2012. Aku pikir pemiliknya seorang bapak" :D *upss..
    Bunda rajjn balas bw aku di blog miztia.

    Sampai akhirnya aku sering bolak balik ke blog ini . Dan ingat betul yang buat saya suka blog ini, karena banyak menginspirasi saya buat ngeblog :D

    Sekarang sih aku lagi jarang ngeblog dan bw.
    Semoga semangat ngeblog ku kembali membara ^^.

    ReplyDelete
  21. Ngeblog nambah ilmu. Contohnya ilmu dari Mak Niar :)

    ReplyDelete
  22. Pantas blognya nyaman dikunjungi. Yang punya menulis dari hati rupanya... Saya juga pernah nulis tentang motivasi ngeblog saya, mak, tapi belum sebanyak ini alasannya walau satu dua sama... Bikin semangat aja bacanya nih. *membara*

    TFS Mak Niar.. Sangat menginspirasi.

    ReplyDelete
  23. selamat hari blogger mak, saling mengingatkan ya mak jika ada postingan yg ga baik..

    ReplyDelete
  24. Dulu aku ngeblog buat jadi diary online, cerita tentang keseharian di sekolah. Sekarang masih sama, tapi lebih ke daily life. Karena udah kuliah dan kerja. Hhihihi.
    Ngeblog iitu emang menyenangkan sih, meski kadang suka khilaf gak bikin post berminggu-minggu :D

    ReplyDelete

Untuk saat ini kotak komentar saya moderasi karena banyaknya komen spam yang masuk. Silakan tinggalkan komentar ya. Komentar Anda akan sangat berarti bagi saya. Tapi komentar yang kasar dan spam akan saya hapus ya ^__^