Cara Menguasai Desain Grafis Bagi Orang Awam

Cara Menguasai Desain Grafis Bagi Orang Awam – Beruntungnya hidup di zaman now, banyak hal yang mempermudah kita berkat teknologi. Ingin menyediakan aneka masakan yang berbeda setiap harinya bagi keluarga? Cukup klak-klik tombol handphone dan memesan makanan melalui ojek online. Semakin beruntung jika pas pesan pas ada promo atau voucher.

Ingin jalan-jalan naik mobil tapi tidak punya mobil? Semua sudah tahu, sekarang bisa pakai ojek online untuk merasakan jalan-jalan naik mobil yang bersih dan terawat. Ingin kirim barang tapi malas ke kantor jasa pengiriman? Gampang, bisa pakai – lagi-lagi – jasa ojol. Atau bisa juga cukup mengontak nomor jasa kurir yang menyediakan jasa penjemputan barang di rumah.

Cara menguasai desain grafis

Ingin bisa punya kemampuan mendesain grafis tapi tidak punya keahlian? Bisa banget. Seperti saya ini, rasanya kok susah sekali belajar desain grafis. Anak sulung saya yang malah punya kemampuan mendesai grafis padahal suami saya kemampuannya biasa saja – kalau saya bilang sih pas-pasan. Saya lebih parah lagi, rasanya saya minim sense of art untuk urusan desain grafis. 😁

Lagi-lagi, teknologi membantu saya, mempermudah mencari dan mengutak-atik desain grafis dari template yang sudah ada. Kalau bingung atau tak puas dengan perpaduan warnanya dan merasa tidak punya kemampuan dalam memadupadankan warna, saya tinggal memilih “color generator” agar bisa memilih perpaduan warna yang tersedia.

 

Agar Orang Awam Bisa Desain Grafis

 

Nah, saya paparkan di sini ya bagaimana cara desain grafis bagi yang awam dengan ilmu desain grafis. Begini caranya:

1. Gunakan Canva

Registrasi di aplikasi berbasis web CANVA atau bisa juga download aplikasinya di smartphone. Untuk keanggotaan yang free, sebenarnya cukup banyak desain yang bisa dimanfaatkan. Ketika sign in, kita di bagian atas ada pertanyaan: what will you design?

Jelajahilah tombol-tombol di bagian bawah tulisan itu: For You, Presentation, Social Media, Video, Print Production, Marketing, Office, dan More. Telusuri semuanya dan eksplorasilah, niscaya ada pengalaman menyenangkan bermain dengan desain dan warna. Mama mendesain menjadi mudah bagi yang sebelumnya sangat awam sekali pun.

Kalau awamnya keterlaluan seperti saya, bisa jadi kalian butuh waktu lama untuk mempelajari Canva. Saya bukan orang yang begitu mengeksplorasi Canva langsung bisa. Saya butuh waktu lama untuk itu. Sekarang, sedikit-sedikit, saya buka Canva untuk melengkapi postingan blog.


Canva untuk awam

2. Sungguh-Sungguh Mempelajari Canva

Sungguh-sungguh mempelajari Canva menjadi langkah berikut setelah mencoba mempergunakan Canva dengan mendaftarkan diri dan memiliki akun. Jangan seperti saya yang membuat akun saya menganggur lama, ya.  🙈😅

Kalau tak puas dengan akun gratis karena keterbatasan akses template/elemen/desain maka ada pilihan untuk upgrade keanggotaan menjadi premium atau keanggotaan berbayar.

3. Wajib Punya Akses Internet yang Memadai

Tentunya akses internet bukan pilihan, melainkan kewajiban ketika “bermain-main” dengan aplikasi, terlebih aplikasi desain grafis. Kalau menggunakan mobile internet, kita perlu menyediakan paket kuota Unlimited Terbaru yang no drama no ribet dengan promo dua kali lebih besar! Yang namanya desain grafis kan memang membutuhkan kuota data yang unlimited. Dengan yang “dua kali lebih besar” ini, urusan desain-mendesain jadi lebih nyaman.

Kuota Unlimited

Paket Unlimited Terbaru dengan Bonus Double FUP

 

Pernah dengar paket unlimited terbaru dengan bonus double FUP?

Wajar kalau kalian baru tahu saat membaca tulisan ini karena paket unlimited terbaru dengan bonus double FUP ini baru saja di-launching oleh Smartfren pada 13 Januari lalu.

Ah ya, saya cerita sedikit dulu ya, apa itu FUP dan double FUP. Menurut Bapak Djoko Tata Ibrahim, Deputy CEO Smartfren dalam event VIRTUAL PRESS CONFERENCE - Smartfren Unlimited #NoDramaNoRibet:

FUP adalah  Fair Usage Policy, jadi, unlimited itu kan dikasih sepanjang 28 hari (misalnya) dikasih satu giga, lalu dikasih dua giga. Itu yang fair-nya. Tapi setelah dua giga ini, internet tetap bisa (digunakan). Smartfren itu ‘the true unlimited’ – unlimited satu-satunya di Indonesia. Dengan double quota harian yang banyak itu kita mendapatkan double fun, double positivity, dan double happiness.

 

Manfaat Double FUP

 

Jadi nih, biasanya kan kalau pemakaian batas wajar atau fair usage policy terlewati maka kecepatan internet melambat. Nah, Smartfren malah menawarkan DOUBLE FUP yang manfaatnya double:

Paket Unlimited Double FUP

Mulai dari paket Smartfren Unlimited Harian Rp80.000 (1 GB/hari ditambah bonus double FUP 1 GB/hari) dan Rp100.000 (1,5 GB/hari ditambah bonus double FUP 1,5 GB/hari). Berlaku 24 jam, di semua aplikasi tanpa syarat, di mana pun lokasinya. Bonus double FUP ini diperoleh saat pembelian paket dalam periode promo mulai 12 Januari 2022.

Banyak pula pilihan Unlimited Harian lain yang berlaku 24 jam dan bisa dipakai untuk semua aplikasi. Mulai dari Unlimited Harian Rp22.500 (berlaku 7 hari), Rp40.000 (14 hari), dan Rp60.000 (berlaku 28 hari).

Selain itu, pelanggan dapat pula mengumpulkan SmartPoin setiap pembelian paket internet. SmartPoin ini bisa ditukar dengan aneka hadiah, mulai dari makanan, minuman, paket data, item dalam game FreeFire atau Mobile Legends, atau hadiah lain yang tak kalah menariknya.

 

UN1TY Sebagai Brand Ambassador

 

Smartfren identik dengan anak muda dan jiwa muda. Dalam rangkaian peluncuran paket terbarunya, resmi digandeng UN1TY sebagai brand ambassador.

Dipilihnya UN1TY sebagai brand ambassador karena memiliki semangat yang sama dalam kokreasi dan berkolaborasi, sekaligus menguatkan Smartfren sebagai brand yang membuka peluang industri kreatif. Bersama UN1TY kami ingin menginspirasi lebih banyak orang untuk terus berkarya, serta membuka berbagai peluang baru dengan memanfaatkan internet.

Mengapa UN1TY? Dalam VIRTUAL PRESS CONFERENCE - Smartfren Unlimited #NoDramaNoRibet, Pak Djoko Tata menjelaskan:

Sejak awal berdiri, Smartfren sejak awal berdiri sudah menjadi perhatian anak muda Indonesia. Sejak 14 tahun lalu Smartfren sudah 3G sementara yanga lainnya masih sibuk dengan 2G. Anak-anak muda Indonesia berharap mendapatkan internet kecepatan tinggi dengan Smartfren. Dibarengin juga dengan handphone yang terjangkau oleh anak muda untuk menikmati 3G-nya itu. UN1TY mewakili anak muda Indonesia saat ini yang mumpuni berkreasi dengan teknologi. Kita harapkan mereka mampu menginspirasi seluruh kawula muda Indonesia bahwa Smartfren selalu ada sebagai smart friend yang mendukung mereka.

Menjawab pertanyaan mengenai target ke depannya terkait kolaborasi Smartfren dan UN1TY, Bapak Roberto Saputra – Chief Brand Officer Smartfren menjelaskan:

Kita pengen dikenal sebagai brand yang open posibility yang membuka peluang dan lebih ke inspirasi. Kita pingin banyak kokreasi, ya, nantikan ke depannya selalu ada kokreasi dengan UN1TY untuk membuat kejutan-kejutan. Tunggu saja.

UN1TY adalah grup musik “I-Pop” yang beranggotakan 8 anak muda (Farhan, Shandy, Gilang, Ricky, Fenly, Fajri, Zweitson, dan Fiki) yang konsisten mengajak anak muda untuk terus berkarya dan menyebarkan semangat positif. Debut dari grup yang pernah berkokreasi bersama Smartfren untuk membuat video musik “Friendzone” ini dimulai tahun 2019 dengan dua single berjudul Coba Cintaku dan Satu.

UN1TY Brand Ambassador

Merasa berjiwa muda? Atau memang masih muda? Atau menolak tua? 😆
 Jika jawabannya IYA, perlulah merasakan no drama no ribet dengan double FUP yang bisa membuatmu double fun, double positivity, dan double happiness untuk mendukung kreativitasmu. 😘

Makassar, 21 Januari 2022



Share :

27 Komentar di "Cara Menguasai Desain Grafis Bagi Orang Awam"

  1. kalau udah menguasai, nanti bisa edit2 lay out blog sendiri ya mba :)

    ReplyDelete
  2. Smartfren unlimited memang cukup membantu, Kouta berlimpah dan akses internet tanpa batas. Banyak aplikasi dapat diakses di internet tanpa ada keraguan utk kehabisan Kouta.

    ReplyDelete
  3. Hohohoo andalanku emang Canva soalnya emang lebih memudahkan dan cepat membuat desain.

    ReplyDelete
  4. Makin double segalanya bersama double FUP Smartfren unlimited, ya. Apalagi kuotanya berlimpah dan akses internetnya unlimited bisa buat apa saja, mantep.

    ReplyDelete
  5. Iya sekarang cuma modal canva bisa jadi seperti desainer profesional ya kak rasanya hehe

    ReplyDelete
  6. Disain grafis memang sulit, untung sekarang dibantu sama Canva. Tinggal modifikasi dari templatenya aja

    ReplyDelete
  7. Aku juga biasa pake canva plus PicsArt mbak.. nah iya nih Smartfren Unlimited sekarang bonusnya double harga sama ya

    ReplyDelete
  8. Aku yg rada buta Ama segala design gravis, juga terbantu banget dengan adanya canva, PicsArt dll mba. Jadi LBH gampang jika ingin membuat atau mengedit sesuatu.

    So far kartu telp yg aku pake itu 3, Indosat, tsel dan Smartfren. 😅. Ada alasannya sih., Tapi memang Smartfren ini aku jadiin kartu backup saat sedang di luar. Krn quotanya paling gede 😁. Jadi ga kuatir keabisan kalo sedang kluar rumah dlm jk waktu lama. Tapi memang utk beberapa daerah Smartfren msh kacau sinyalnya. Disitulah tsel ku berperan kalo udh daerah terpencil, Krn biasanya yg hidup cuma tsel 🤣.

    ReplyDelete
  9. Wah ternyata pakai Canva udah bisa jadi designer juga ya mba, asal mau sering ngulik dan belajar. Pakai internet dari Smartfren ini nguntungin banget ya murah juga

    ReplyDelete
  10. Sekarang mah enggak ada alasan untuk ketinggalan ya Mbak Niar karena teknologi sudah sangat memudahkan. Tinggal kita aja mau apa enggak belajar dan memanfaatkan dengan bersusah susah di awal. Termasuk bikin desain menggunakan Canva yang memang praktis dan bisa dipakai secara fleksibel. Tentunya kalau didukung jaringan internet yang memadai seperti Smartfren. Asyiknya Smartfren itu menghadirkan banyak pilihan sesuai kebutuhan dan sinyal makin kencang ke seluruh daerah.

    ReplyDelete
  11. Aku juga pakai canva nih, emang asyik juga nih bikin info grafis dengan canva ini gampang ga belibet, cocok lah buat emak2 kayak aku hehe...

    ReplyDelete
  12. akses internet begitu penting disaat ini, apalagi kalau lagi belajar...tentunya kepengen punya akses cepet sehingga bisa berselancar kmn2 tanpa hambatan

    ReplyDelete
  13. Kebetulan profesiku sekarang seorang desainer grafis. Bukan berasal dari background pendidikan tapi karena suka. Dulu awal-awal juga otodidak sendiri. Alhamdulillah sekarang, ada orang yang percaya sama skillku

    ReplyDelete
  14. Canva tuh emang penolong bgt. Serba lengkap. Nah makin asyik pas lagi belajar mgulik Canva pake internet super cepat kayak Smartfren

    ReplyDelete
  15. akses internet memadai ini memang kunci yaa, Mba. Mau belajar secara online, kalo internetnya ngadat yaa percuma

    ReplyDelete
  16. Aku tuh andalan banget mba pakai Canva. Canva adalah penyemangat ketika kita memiliki keterbatasan desain. Makasih sudah informasi detailnya juga mba

    ReplyDelete
  17. Sudah gak bisa dihindarkan lagi yaa, kak Niar..
    Semua kebutuhan kini memerlukan paket data yang cepat dan anti nge-lag.
    Bagus sekali, aktivitas online didukung oleh Smartfren Unlimited Harian yang bisa menjangkau luas.

    Pekerjaan dasain menjadi lancar dan konten bermanfaat.

    ReplyDelete
  18. Salah satu soft skill yang bagus buat dikembangkan. Apalagi desain sekarang banyak dibutuhkan dan macamnya juga semakin spesifik

    ReplyDelete
  19. Aplikasi andalanku CANVA banget, hehe tapi ya itu gak bisa akses kalau gak punya kuota internet, hehe. Btw kartu internet andalanku ya Smartfren juga dong apalagi yang unlimited ini bisa interneten puas termasuk nganva sesuka hati, hehe

    ReplyDelete
  20. Eh bener banget, Canva itu berguna buat para blogger, contohnya aku. Aku suka pake Canva buat postingan sosmed, soalnya desainnya bagus2. Tapi emang kesel kalau internet udah ngadat. Liat Smartfren jd inget internet ku jaman kuliah, lancar terus. Kayanya masih tetep lancar terus ya sampe sekarang

    ReplyDelete
  21. saya juga pengguna smartfren, pilihan tepat buat yang mau akses internet tanpa buffering pas nonton atau lemot buat akses link. Dan pilihan editing yang bagus memang CAnva, mudah banget cara pakainya meskipun baru pertama kali menggunakannnya.

    ReplyDelete
  22. Nah ini emang kudu melek teknologi dan membiasakan edit edit jangan kaya saya ribed dikit nyerah, nyerahin keanak apa suami gitu hehehe

    ReplyDelete
  23. Selama ini saya banyak banget terbantu oleh Canva. Sebagai content creator banyak banget yang saya andalkan di sana dan semuanya memuaskan. Nah iya untuk bikin desain di Canva, internet kencang bagi kuda adalah syarat utama :)

    ReplyDelete
  24. wah bisa dcoba niiih... sangat bermanfaat banget buat edit-edit konten yang biasa kita buat. makasih banyak ya kak

    ReplyDelete
  25. Ini yg paling sulit buat saya, design grafis , butuh waktu banget.

    ReplyDelete
  26. Canva ter the best buat belajar desain ya mbak. Senjata wwjib nih. Untung Ada smartfren nih jadi internet super stabil

    ReplyDelete
  27. Andalan banget nih Canva untuk segala macam desain, soalnya banyak tersedia templatenya kita tinggal pilih. Mau untuk blog, yutub, Instagram, Facebook, blog bankan untuk label, logo, kartu nama dan presentasi ada semua

    ReplyDelete

Untuk saat ini kotak komentar saya moderasi karena banyaknya komen spam yang masuk. Silakan tinggalkan komentar ya. Komentar Anda akan sangat berarti bagi saya tapi jangan tinggalkan link hidup. Oya, komentar yang kasar dan spam akan saya hapus ya ^__^