SMA Swasta Terbaik di Jawa Barat Ternyata Menerapkan Hal Ini

SMA Swasta Terbaik di Jawa Barat Ternyata Menerapkan Hal Ini – Sekitar 15 tahun yang lalu saya sudah khatam membaca buku EQ (emotional intelligence) dan ESQ (emotional spiritual intelligence). Saya kemudian mengetahui tentang konsep kecerdasan majemuk, kemudian mengikuti Workshop Level 1 STIFIn, dan membaca mengenai jenis-jenis kecerdasan lain beserta gaya belajar dan kepribadian manusia.

Wawasan saya lebih terbuka mengenai potensi kecerdasan dan kepribadian manusia dan tidak lagi menganggap kecerdasan intelektual di atas segalanya. Saya memahami setiap manusia memiliki keunikan, dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing maka tidak adil menggolongkan anak-anak dengan “cerdas” dan “bodoh” karena sejatinya setiap anak cerdas dengan jenis kecerdasannya yang unik sebagaimana uniknya kepribadian setiap orang.


SMA Terbaik di Jawa Barat

Saya menaruh apresiasi lebih kepada mereka yang memiliki pemahaman yang serupa dengan saya, termasuk ketika menemukan tulisan berjudul Pesantren dengan Konsep Pendidikan Behavior yang Humanistik di website almasoem.sch.id – SMA swasta terbaik di Bandung.

Dalam artikel tersebut dijelaskan bahwa di sekolah Al Ma’soem, para santrinya mendapatkan konsep pendidikan behavior plus humanistik. Pembelajaran behavioristic berdasarkan teori dari B.F Skinner menggunakan pendekatan objektif, mekanistik, dan materialistik sehingga perubahan tingkah laku pada diri seseorang dapat dilakukan melalui upaya pengondisian[1].

Di Al Ma’soem, tidak ada sanksi fisik maupun psikis terhadap anak yang melanggar. Di sana digunakan sistem poin dan anak tetap dilindungi harga dirinya. Jika sampai pada taraf tertentu, anak dikembalikan kepada orang tuanya dengan cara baik, bahkan dibantu untuk mendapatkan sekolah yang baru.

Sebaliknya, kepada siswa yang berprestasi diberikan penghargaan. Namanya diumumkan sehingga dikenal oleh semua siswa, dituliskan di flyer, dan mendapatkan keringanan atau bahkan bebas DPP (dana pengembangan pendidikan).

Para santri didorong untuk mengembangkan keterampilan atau kemampuan membangun diri secara positif. Disebutkan dalam artikel tersebut bahwa hal ini menjadi penting dalam pendidikan karena terkait dengan keberhasilan akademik.

Santri diarahkan untuk belajar memahami lingkungan dan dirinya sendiri dan lambat laun berusaha mencapai aktualisasi diri dengan sebaik-baiknya. Diharapkan nantinya siswa mampu mengenal diri sendiri yang unik dan berupaya mewujudkan potensi dalam dirinya.

Ada 2 contoh praktiknya adalah ketika santri duduk di kelas XII, dia harus mengikuti Ujian Akhir Program. Dalam ujian ini santri putra harus praktik menjadi imam shalat berjamaah dan memberikan tausiyah. Sementara itu, santri putri harus praktik mengajar kepada adik kelasnya. Selain itu, sebelumnya mereka praktik melakukan penyelenggaraan jenazah, shalat jenazah dan shalat ghaib.

Di sini terlihat bahwa lulusan SMA Al Ma’soem diharapkan mampu memberi manfaat di tengah masyarakat nantinya karena praktik-praktik terebut akan sangat bermanfaat ketika mereka terapkan di masyarakat, minimal pada keluarga sendiri.

 

Program Unggulan SMA Al Ma’soem

 

Ada 5 program unggulan dari SMA swasta Islam di Bandung ini, yaitu:

1. Kurikulum 2013 Model SKS

Bentuk penyelenggaraan pendidikan bagi peserta didik sesuai dengan bakat, minat, dan kecepatan belajar. SKS mengacu pada konsep pembelajaran tuntas (mastery learning) yang mempersyaratkan peserta didik menguasai secara tuntas seluruh Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar.

2. Program Sukses PTN

Pada saat kelas X, seluruh siswa wajib mengikuti psikotes dan mengisi angket minat pilihan jurusan/program studi perguruan tinggi yang diharapkan. Upaya untuk mencapainya, setiap 2 bulan sekali siswa wajib mengikuti Try Out TPS (Tes Potensi Skolastik) agar mengetahui skor kemampuan siswa yang bersangkutan.


Perpustakaan SMA Islam terbaik di Jawa Barat

3. Kelas Interaktif

Menciptakan suasana belajar yang interaktif dan edukatif. Dilengkapi dengan penggunaan media pembelajaran berbasis internet.

4. Beasiswa

Berbagai beasiswa akademis dan non-akademis bagi siswa berprestasi dan kepada calon siswa yang memiliki kriteria tertentu. Maksimal akumulasi keringanan bisa mencapai DPP (Dana Pengembangan Pendidikan) hingga 100%.

5. Ekstra Kurikuler

Kegiatan ekstrakurikuler yang bervariasi untuk setiap siswa. Ada 47 aktivitas ekstra kurikuler yang difasilitasi oleh SMA swasta terbaik di Jawa Barat ini, yaitu mencakup imtak-iptek, seni, dan olahraga. Contohnya: public speaking, kitab kuning, bahasa Arab, tahfidz, sinematografi, nasyid, biola, badminton, mini soccer, berkuda, renang, dan sebagainya.

Dalam artikel di website-nya, saya menemukan informasi ini:

SMA Al Ma’soem baik full day dan boarding school ada program khusus siswa, yaitu siswa lulus PTN sejak dini. Artinya setiap siswa dari kelas 10 langsung dilaksanakan penjurusan sesuai dengan minat dan bakatnya masing masing. Program Try Out setiap 3 bulan 1 kali sebagai sarana mengasah kemampuan siswa agar bisa dan terbiasa dengan mengisi soal soal ujian PTN. Program yang berjalan dengan sistem SKS ini bisa membuat lulusan SMA Al Ma’soem diterima PTN dengan angka yang luar biasa, sampai 52% rata rata setiap tahun siswa SMA Al Ma’soem masuk PTN baik itu melalui jalur SNMPTN, SBMPTN ataupun jalur Mandiri.

 

Ekstra kurikuler SMA terbaik di Bandung

Menarik, ya. In syaa Allah, dengan usaha yang baik seperti itu, para lulusannya akan mendapatkan seperti yang dijanjikan Allah dalam Q.S Al-Mujadilah: 11, yaitu: Allah akan mengangkat derajat orang-orang yang beriman dan orang-orang yang berilmu di antara kamu sekalian. Berkahnya, tentu saja bukan hanya ketika dipelajari lalu diresapi, melainkan ketika diamalkan sebagaimana yang pernah dikatakan oleh Imam Syafi’i: ilmu adalah yang memberikan manfaat, bukan yang sekadar hanya dihafal.

Makassar, 4 Deember 2021



[1] https://almasoem.sch.id/pesantren-dengan-konsep-pendidikan-behavior-yang-humanistik/, diakses pada 4 Desember 2021, pukul 22:25.



Share :

7 Komentar di "SMA Swasta Terbaik di Jawa Barat Ternyata Menerapkan Hal Ini"

  1. Terpanah sama perpustakaannya, rapi dan bersih. Sistem SKS sudah kayak anak kuliahan.

    ReplyDelete
  2. Makin banyak rekomendasi sekolah swasta di Jawa Barat nih mbak. Apalagi sekolahnya punya fasilitas yang cukup komplit

    ReplyDelete
  3. Bagus ya manajemen Alma'soem ini. Bahkan ketika anak-anak bermasalah sama sekali ngga dikasih sanksi yang berat. Justru ketika dipulangkan pun dengan adab yang santun. Sehingga ngga membuat anak trauma. Justru dibantu juga cari sekolah lain. Bagus nih kalo gini

    ReplyDelete
  4. Komplit banget ini sekolahnya, semua lengkap. Belajar dan eksplor diri jadi lebih mudah ya. Ini pilihan sekolah bagus~

    ReplyDelete
  5. berasiswa emang menggiurkan kalau ada info soal ini, dulu suka berburu beasiswa heheh

    ReplyDelete
  6. Salut dengan sistem poin yang diterapkan kepada santri yang melanggar, karena saat ini ternyata masih ada juga pesantren yang menerapkan sanksi yang bisa saja membuat mereka malu. Dan itu kemungkinan juga bisa membuat santri trauma. Keren Al Ma'soem ini.

    ReplyDelete
  7. Insya Allah makin banyak generasi muda pintar yang berakhlaq mulia muncul untuk menjadi penerus bangsa ya mba dari Al Ma'soem. Bagus sekali berbagai program pembelajaran yang diterapkan di sini.

    ReplyDelete

Untuk saat ini kotak komentar saya moderasi karena banyaknya komen spam yang masuk. Silakan tinggalkan komentar ya. Komentar Anda akan sangat berarti bagi saya tapi jangan tinggalkan link hidup. Oya, komentar yang kasar dan spam akan saya hapus ya ^__^