Game untuk Melatih 3 Jenis Kecerdasan

Game untuk Melatih 3 Jenis Kecerdasan – Banyak orang akan sepakat kalau game itu tidak selamanya buruk. Jika menggunakannya pada saat yang tepat, dengan memainkan game yang tepat, manfaatnya bagi perkembangan otak bisa diperoleh. Dalam website klikdokter mengenai dampak positif bermain game menurut para ahli disebutkan bahwa menurut ahli, bermain video games menghadirkan manfaat kecerdasan bagi anak. Ketika bermain dan berkonsentrasi penuh, dapat merangsang neurotransmitter dopamin untuk menguatkan daya ingat atau memori[1].

Nah, ada bagian dari 3 jenis kecerdasan majemuk yang saya perhatikan bisa diasah melalui bermain game. Kemungkinan sih bisa juga untuk jenis-jenis kecerdasan majemuk lainnya hanya saja saya belum merisetnya lebih jauh. Saya baru memperhatikan dari 3 jenis kecerdasan majemuk ini: kecerdasan verbal-linguistik, kecerdasan logika-matematika, dan kecerdasan spasial-visual.


Plays.org

1. Game untuk Mengasah Kecerdasan Verbal-Linguistik

 

Kecerdasan ini terkait dengan kemampuan menggunakan bahasa secara efektif. Ditandai dengan kecerdasan berbicara, bercerita, mengingat, mendapatkan informasi, dan kemampuan membaca. Untuk video game, saya belum menemukan yang basisnya bahasa Indonesia. Untuk board game, bisa menggunakan Scrabble yang berbahasa Indonesia.

Nah, video game yang saya temui adalah yang berbahasa Inggris, seperti Zombie Typing dan Wordmeister. Sekilas Zombie Typing ini mirip Plants & Zombie tapi ternyata tidak sama. Kalau Wordmeister ini mirip Scrabble.

Jangankan anak-anak, ya, saya  saja merasa butuh game ini untuk mengasah kembali kemampuan saya dalam berbahasa Inggris. Malu juga kalau belum apa-apa game over haha. Game-game ini mengajak kita menyusun kata dengan cepat. Bukan semata kemampuan berbahasa juga, sih ya. Koordinasi antara mata, otak, dan tangan juga terlatih. Kita dilatih berpikir sekaligus bertindak cepat.


Zombie Typing

2. Game untuk Mengasah Kecerdasan Logika-Matematika.

 

Kecerdasan ini terkait dengan kemampuan dalam menganalisa masalah secara logis serta menemukan pola atau rumus. Ada yang menyebut kecerdasan ini sebagai “kecerdasan ilmiah”. Karena kecerdasan logika-matematika ini berkaitan erat dengan aktivitas berpikir, berargumentasi, kesadaran terhadap pola matematis, dan kemampuan berpikir dengan bilangan.

Saya menemukan beberapa game yang menarik yang bisa mengasah kecerdasan logika matematika, yaitu: Mathman dan Guardians Defender of Mathematica. Mathman ini menarik, saya pun sepertinya perlu sering-sering berlatih dengan hitungan sederhana dengan game ini.

Mathman serupa Pacman, yang dikejar adalah ikon yang bertuliskan angka sesuai dengan soal yang diberikan. Mainnya sembari deg-degan gitu, jangan sampai kita dimakan oleh ikon lainnya sementara yang dikejar ikon lain begerak dengan lincahnya. Sudah begitu, keyboard PC tidak bisa diajak kerja sama pula. Gemas, kan hahaha.


Mathman

3. Game untuk Mengasah Kecerdasan Spasial-Visual

 

Kecerdasan ini penting untuk membentuk kecerdasan imajinasi dan berbagai pola bentuk. Dengan kecerdasan ini, seseorang dapat menganalisa area spasial secara akurat. Orang dengan jenis kecerdasan spasial-visual yang menonjol mampu melakukan transformasi persepsi ruang secara visual ke dalam pikirannya.

Kepekaan visual yang tinggi di antaranya membuat seseorang cengan cepat menyadari perubahan interior ruangan, mengetahui lokasi barang hilang, mampu dengan cepat membaca peta, tidak tersesat atau kalaupun tersesat mudah mencari arah, dan sebagainya.

Kalau dalam psikotes, bagian ini nih kelemahan saya. Kalau sudah dihadapkan pada soal ruang 3 dimensi yang diputar balik ke berbagai arah lalu disuruh tebak hasil akhirnya yang mana, saya menyerah. Nah, untuk melatih kecerdasan ruang 3 dimensi kan kita perlu melatih dari 2 dimensi dulu. Untuk itu ada beberapa video game yang bisa dimanfaatkan.

Game yang prinsipnya sama dengan Tetris, seperti Choco Block dan Spongbob Squarepants Grand Sand Fortress bisa dimainkan. Bukan hal mudah dalam waktu cepat mencocokkan bentuk hingga menyelesaikan permainan ini. Saya seringnya panik dan buyarlah konsentrasi lalu game over. 😂


Choco Block

Shadoworld Adventure
yang mirip-mirip sama Mario Bros ini juga bisa dimainkan. Bagaimana menggerakkan dengan cepat ke kiri, kanan, atas, melompat menjadi tantangan tersendiri. Ada juga Slices Pizza, yang memainkan bentuk-bentuk dengan cara berbeda lagi.

Untuk Slices Pizza ini, juga bisa masuk dalam ranah kecerdasan logika-matematika menurut saya karena pizzanya disajikan dalam bentuk potongan atau slices yang tidak utuh, antara 1/6 – 5/6. Kalau ini tidak bikin panik buat saya. Mungkinterlihat lucu kalau saya memainkannya tapi kalau dipikir-pikir bisa juga untuk melatih otak, lho.

🎨🎨🎨

Nyaris seperti game untuk melatih kecerdasan verbal-linguistik, game-game lainnya juga membutuhkan koordinasi yang baik antara mata, otak, dan tangan. Pemainnya dilatih berpikir sekaligus bertindak cepat dan tepat supaya bisa memainkan game.

Kesemua game yang saya ceritakan di atas ada di Plays.org. Ada ribuan game yang bisa dimainkan di dalamny. Masih banyak sekali yang belum saya eksplorasi, mungkin saja ada game untuk mengasah jenis-jenis lain dari kecerdasan majemuk di dalam website tersebut. Tentunya sebelumnya perlu dipilah-pilah dulu ya yang mana yang sesuai dengan usia anak kita. Ada yang sudah kalian mainkan di Plays.org ini? Berbagi cerita, yuk!

 

Makassar, 31 Oktober 2021

Catatan:
  • Wordmeister, bisa ke link https://plays.org/wordmeister/.
  • Guardians Defender of Mathematica bisa ke link https://plays.org/guardians-defenders-of-mathematica/
  • Shadoworld Adventure bisa ke link: https://plays.org/shadoworld-adventure/
  • Slices Pizza bisa ke link: https://plays.org/slices/
  • Choco Block: https://plays.org/choco-blocks/
  • Spongbob Squarepants Grand Sand Fortress: https://plays.org/spongebob-squarepants-grand-sand-fortress/




[1] https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/2696048/dampak-positif-main-video-games-bagi-anak, diakses pada 31 Oktober 2021, pukul 15:19.



Share :

9 Komentar di "Game untuk Melatih 3 Jenis Kecerdasan"

  1. Ternyata game juga berdampak baik kalau dilakukan dengan bijak, apalagi bisa melatih kecerdasan. Mantep nih.

    ReplyDelete
  2. saya juga sering main games di plays.org mba soalnya seru permainannya zaman dahulu gitu terus ada edukasinya juga dan pastinya bebas iklan

    ReplyDelete
  3. saya termasuk orang yang jaang maen game, ini boleh juga dicobain biar otak kanan dan otak kiri seimbang buat digunain. Siapa tahu otak lebih lancar kan ya

    ReplyDelete
  4. Mbaaaa yg mathman kok menariiiik ini :D. Secara Pacman dari dulu selalu jadi game favoritku. Ini ada versi yg sedikit beda, tapi jadi tetep seru!! Aku mau coba ntr.

    Naaah games dari play(.)org aku juga sukaaa bangt mba. Krn bisa melatih anak2 utk berfikir cepat, tapi dengan cara yg fun :). Aku sering ngajakin anak2 main games edukatif di sini. Seneng juga Krn ga perlu install dan tanpa iklan pop up :D.

    ReplyDelete
  5. Kita, manusia mempunyai beragam kecerdasan ya Niar. Gak hanya cerdas untuk kebutuhan bangku sekolah, namun setiap aspek dalam diri kita menonjol dalam satu bidang dan perlu dilatih dalam bidang lain.

    Nah kalau ada game yang bisa melatih multi kecerdasan, walau 3 dalam game ini, ini sudah lebih dari cukup membiarkan anak-anak tenggelam sejenak dalam permainan ya

    ReplyDelete
  6. Wah aku kurang suka maen games sebenernya cuma anak anak aja p[ada maen sendiri paling main mini world, roblox, genshin impact ntar kukabarin deh games di plays.org thx infonya mbak

    ReplyDelete
  7. Kak Niaaarr..
    Rekomendasi gamesnya di plays.org mashaAllah~
    Bikin aku mikir, aku sukanya main game apa yaa..?

    Aku suka main games yang gak pakai mikir, sebenarnya kak Niar.
    Kaya tetris, pacman, hihii...zadulnyaa~

    ReplyDelete
  8. Wah liat ini jadi pengen download beberapa game 🤣
    Yang pizza seru deh kayaknya, karena aku emak emak gambut yang gatau mau ngapain lagi setelah semua kerjaan udah selesai, akhirnya mutusin buat game selain kiat Drakor 🤭🤣

    ReplyDelete
  9. Website plays ini terbaek og ya Bun
    permainannya banyak pas bosen tinggal buka jadi hepi banget
    meski aku sering kalah wkwkwk

    ReplyDelete

Untuk saat ini kotak komentar saya moderasi karena banyaknya komen spam yang masuk. Silakan tinggalkan komentar ya. Komentar Anda akan sangat berarti bagi saya tapi jangan tinggalkan link hidup. Oya, komentar yang kasar dan spam akan saya hapus ya ^__^