Aplikasi Siap Kerja QuBisa, Ubah Tantangan Blogger Jadi Peluang

“Masih menulis di blog? Sekarang kan orang sukanya nonton video!” ada dua kali saya mendapatkan pertanyaan seperti itu. Saya jelaskan padanya bahwa Google masih memperhitungkan teks dalam pencarian di search engine-nya dan masih akan ada orang yang suka membaca dan membutuhkan informasi dari blog, misalnya informasi tentang aplikasi siap kerja yang saya tulis ini. Sejumlah pembaca blog ini datang dari Google search engine guna mencari informasi yang dibutuhkan. Dalam era yang mementingkan visual, ngeblog memang menjadi tantangan yang harusnya bisa diubah menjadi peluang. Pertanyaan demikian saya terima sekira 3 tahun lalu. Sampai sekarang saya masih tetap antusias menulis di blog. 

Hingga kini pun Google juga masih banyak merujuk kepada teks dalam pencarian di mesin pencarinya walaupun sejumlah konten video juga ditampilkan. Alhamdulillah, blog saya masih mengalami kenaikan page views dari pencarian Google meskipun masih berfokus pada teks. Walaupun blogger baru terus bermunculan, saya yakin bloger lawas masih bisa bertahan dengan karakternya sendiri asalkan terus belajar.


Kursus online gratis

 

Alasan Mengapa Blog Masih Layak Dipertahankan

 

1. Masih banyak yang baca blog.

 

Websitesetup.org menyebutkan bahwa di dunia ini ada 31.700.000 blogger aktif pada tahun 2020[1]. Apakah ada yang benar-benar membaca blog? Dari website yang sama disebutkan bahwa terdapat lebih dari 3,5 miliar pencarian di Google setiap harinya dan ada sekira 77% pengguna internet membaca dan berinteraksi dengan blog. Nah, nyata kan ya para bloger tak buang-buang waktu mereka? 😏

2. Blog berperan dalam strategi marketing.

 

Masih dalam Websitesetup.org, dalam artikel berjudul How Many Blogs Are There? 65+ Blogging Statistics and Trends for 2021, disebutkan bahwa:

Blogging adalah bagian penting dari setiap strategi pemasaran digital. Tidak hanya dengan menerbitkan konten blog menjadi cara yang bagus untuk mengarahkan trafik organik ke situs tertentu namun juga menjadi cara untuk mengabarkan adanya update produk dan informasi kepada para pelanggan dari brand/produk. Bloger yang terbiasa dengan konten marketing senantiasa siap kerja jika ditawari job.

Dua hal berikut – bersumber dari Hubspot memperkuat pernyataan di atas[2]:

  • Blog adalah salah satu dari tiga bentuk media utama yang digunakan dalam strategi konten saat ini (HubSpot, 2020).
  • 89% pemasar konten menggunakan posting blog dalam strategi pembuatan konten mereka pada tahun 2020 (Content Marketing Institute, 2020).

Maka tak heran jika masih banyak yang betah menulis blog hingga saat ini. Saat tulisan ini saya buat, Internetlivestats.com menunjukkan data sebanyak 7.600.000-an postingan blog dibuat hari ini dan angkanya terus meningkat dengan cepat.


Cara belajar efektif


Tantangan Ngeblog Saat Ini

 

Zaman sudah berganti, teks melulu tak begitu diminati seperti saat mulai ngeblog tahun 2006 kemudian berkomunitas tahun sejak 2011. Dulu banyak yang sama sekali tidak menggunakan foto ataupun gambar dalam postingan blognya.

Berbeda halnya pada zaman sekarang, konten visual semakin menarik mata dan kualitas tulisan para bloger juga semakin baik. Dalam sebuah kompetisi blog, sulit jika tidak bisa bersaing dalam menampilkan bentuk visual berupa foto atau infografis, atau video dari topik yang dibahas.

 

1. Bersaing secara kualitas tulisan.

 

Firstsiteguide.com dalam artikel berjudul Blogging Statistics 2021: Ultimate List with 47 Facts and Stats menyebutkan bahwa konten berkualitas dapat meningkatkan trafik blog hingga 2000%. Dalam hal ini, Google menetapkan aturan untuk trafik organik dan memutuskan konten apa yang terlihat bagi pencari. Google sangat mementingkan kualitas konten, dan inilah mengapa artikel yang bagus mendapatkan lebih banyak lalu lintas (Omnicoreagency.com)[3].

 

2. Bersaing secara kualitas visual dan audio.

 

Masih dalam Firstguide, saya membaca data yang menyebutkan bahwa:

  • Konten visual telah melampaui blogging karena hanya 60% pemasar yang menggunakan blogging, sementara 80% menggunakan konten visual. Namun, ini tidak menghentikan blogger untuk menambahkan visual ke postingan mereka (Statista.com).
  • Konten audio dalam posting blog membantu 45% blogger mencapai hasil yang lebih baik. Podcast dapat membantu kedalaman konten (Optinmonster.com). Nah perlu nih memperdalam public speaking.

Makanya, menghasilkan foto yang bagus, infografis yang keren, dan video yang apik juga menjadi tantangan bagi bloger jaman now. Bahkan dua dari prediksi Firstguide tentang blogging menyebutkan bahwa: tren ke depannya untuk dunia blog adalah fokus lebih lanjut pada konten visual, adaptasi dengan tren pencarian suara, dan fokus pada konten berkualitas tinggi.

 

3. Belajar SEO.

 

Di mana-mana, artikel yang membahas mengenai meningkatkan kualitas blog juga menekankan mengenai pentingnya penerapan SEO (search engine optimization). Sebagai mesin pencari terbesar, Google berperan besar sehingga optimasi SEO yang baik pada blog bakal membuat blog memiliki daya saing dalam pencarian organik.

SEMrush menyebutkan bahwa pencarian organik adalah sumber lalu lintas blog nomor satu untuk semua industri[4].

 

4. Memanfaatkan media sosial.

 

Mengelola media sosial dengan baik sebagaimana mengelola blog adalah keniscayaan bagi para bloger. Pada tahun 2019, sebanyak 97% blogger menggunakan media sosial untuk mengarahkan lalu lintas ke postingan mereka. Meskipun demikian hanya 29% yang mendapatkan hasil yang baik dari trafik media sosial (Orbitmedia.com)[5]. Data ini mengisyaratkan perlunya mengelola medsos dengan lebih baik lagi.

 

5. Memperluas networking.

 

Dalam artikel berjudul 10 Blogging Skills Bloggers Must Improve (Not Just Writing!)[6], networking skills disebut sebagai salah satu keterampilan yang harus ditingkatkan bloger. “Ke mana pun Anda pergi, buat koneksi,” tutur Chris McDonald, penulis artikel tersebut. Hm, dengan memperluas jejaring, bloger juga perlu tahu cara meningkatkan personal branding, kan?

 

Aplikasi Belajar Online

Mengubah Tantangan Menjadi Peluang dengan Aplikasi Belajar Online QuBisa

 

Lantas, bagaimana mengubah tantangan menjadi peluang? Tentu saja dengan BELAJAR – upskilling dan reskilling. QuBisa memungkinkan mempelajari semuanya dalam genggaman! Semua keterampilan yang perlu dipelajari untuk meningkatkan kemampuan narablog tersedia dalam satu platform yang bisa diunduh ke dalam smartphone atau dibuka menggunakan komputer.

 

1. Optimasi media sosial.

 

Ini Dia Rahasia Bikin Akun Instagram Kamu Dilirik untuk DI-follow! Adalah salah satu webinar yang saya ikuti di aplikasi siap kerja ini. Semua nara sumbernya keren. Muhammad Alif Fauzan adalah videographer dari single Back to Bone yang hits itu. Dia memaparkan proses kreatifnya dari fotografer menjadi DOP (director of photography), videografer, lantas menjadi produser.

Melalui akun Instagramnya, kita bisa melihat karya-karya Alif. Tak jarang orang menghubunginya melalui DM Instagram-nya @alifxf untuk menawarkan kerja sama. Begitu pula dengan @iyounkslee dan @sibubuh yang membagikan cara posting story dan feed Instagram yang kreatif dan menarik.

Saat tulisan ini dibuat, saya sudah mendaftar 2 webinar terkait medsos, yaitu tentang cara meningkatkan Personal Branding di Social Media dan Tameng Perempuan Tangkis Hate Speech di Medsos dan memasukkan kursus Dasar-dasar Copywriting di Media Sosial ke dalam keranjang belanja.

 

2. Bekal untuk networking.

 

Agar mudah berkomunikasi dengan siapa saja, perlu mencari cara belajar efektif terkait keterampilan berkomunikasi. Salah satu yang saya ikuti adalah free webinar Public Speaking Ala James Purba. James adalah seorang artis dan public speaker, dia membagikan tips kepada para peserta.

James menganjurkan untuk sering latihan ngomong sendiri, siapkan materi secara rinci, rapi, lengkap dengan poin-poinnya. Ketahui value diri untuk percaya diri. Visualisasikan apa yang akan dikerjakan, dengan siapa akan bertemu. Menariknya, James mengatakan bahwa dengan “hati yang melayani” kita melakukan sesuatu dengan ikhlas dan orang akan merasakannya. Jangan hanya ingin ngomong sendiri karena komunikasi itu dua arah.

Saya juga mengikuti webinar Bersikap Asertif Untuk Sukses. Nara sumbernya – Ibu Liliana Wong membuka wawasan tentang pentingnya bersikap asertif dalam hubungan sosial. Dengan bersikap asertif bisa meningkatkan kemampuan berkomunikasi dengan jujur, tegas, percaya diri tanpa merugikan serta tetap menghargai perasaan orang lain. Selain dalam membangun komunikasi, hal ini juga penting dalam menyampaikan pendapat melalui tulisan.

 

3. Meningkatkan kualitas tulisan, konten visual, dan belajar SEO.

 

Membedakan 5 jenis teks dalam bahasa Indonesia perlu diketahui untuk memperkaya pengetahuan. Di QuBisa ada kursus gratisnya, kita tinggal mendaftar. Cari saja kursus 5 Jenis Teks Bahasa Indonesia. Untuk memperkaya konten visual dan SEO, banyak sekali bahan pelajaran di aplikasi belajar online ini.

Untuk konten visual, salah satu kursus online gratis yang tersedia adalah Cara Membuat Video Editing dengan MiniTool Movie Maker. Sementara untuk belajar SEO saya lihat ada beberapa kursus, salah satunya adalah Panduan Mahir SEO Google untuk Pemula.

 

Belajar Gak Ribet dengan Ragam Produk QuBisa

 

Selain webinar, dalam QuBisa ada 5 macam produk lainnya yang memungkinkan siapapun untuk upskilling dan reskilling, yaitu: kursus online gratis dan berbayar, microlearning, paket kursus, artikel, dan sertifikasi. Dari vide-video pendek microlearning (maksimal 5 menit), saya mendapatkan banyak insight baru.

Karena senang dengan topik psikologi, pengembangan diri, dan pendidikan, saya nonton video-video: Tips Sukses Menjadi Pembicara Handal, Memahami Konsep Emotional Resilience (Ketahanan Emosi), Tanda Kepribadian Seseorang, Tiga Prinsip Critical Thinking, dan beberapa video lain yang setema.


Upskilling dan reskilling


PoinQu

 

PoinQu adalah salah satu yang menarik dari QuBisa. PoinQu adalah “poin khas” aplikasi QuBisa. Kita mendapatkannya ketika mendaftar menjadi member, download aplikasi, login harian, dan mengakses pembelajaran. Saat ini sedang ada Liga PoinQu yang berlangsung 14 September - 10 November 2021 dengan hadiah-hadiah menarik. Saat ini sedang berlangsung pula lomba blog QuBisa berhadiah jutaan rupiah. Cus tengok persyaratannya di aplikasi “belajar gak ribet” ini, ya.

Oke deh, sudah demikian panjang penjelasan saya. Takkan lengkap jika tak Anda praktikkan cara belajar efektif dengan QuBisa, download aplikasinya di Play Store atau di https://apps.apple.com/id/app/qubisa/id1538376387?l=id. Dengan aplikasi belajar daring QuBisa, blogger lawas pun bisa ubah tantangan jadi peluang. 😍



[1] https://websitesetup.org/news/blogging-statistics/#general-blogging-statistics, diakses pada 16 Oktober 2021, pukul 22:25.

[2] https://www.hubspot.com/marketing-statistics), diakses 16 Oktober 2021, pukul 21:43.

[3] https://firstsiteguide.com/blogging-stats/, diakses pada 16 Oktober pukul 23:00.

[4] https://websitesetup.org/news/blogging-statistics/#general-blogging-statistics, diakses pada 16 Oktober 2021, pukul 23:37.

[5] https://firstsiteguide.com/blogging-stats/, diakses pada 16 Oktober 2021, pukul 23:42.

[6] https://startbloggingonline.com/blogging-skills/, diakses pada 16 Oktober 2021, pukul 23:50.



Share :

38 Komentar di "Aplikasi Siap Kerja QuBisa, Ubah Tantangan Blogger Jadi Peluang"

  1. bener banget mbak, sepakat. Sekarang udah banyak banget yang pinter ngeblog. Sekarang bukan bisa atau enggak bisa ngeblog lagi tapi apakah artikel yang kita tulis berkualitas atau enggak, seo friendly atau enggak karena ini akan berpengaruh pada perfoma blog kita ya. Jadi pengen belajar di QUbisa deh, pengen juga punya pengetahuan ngeblog yang lebih baik

    ReplyDelete
  2. Aku juga masih suka bacain blog dan insyaAllah akan selalu ngeblog :D
    Wah ternyata di QuBisa juga bisa nih ya belajar SEO da n lain2 yang berhubungan dengan kegiatan ngeblog supaya konten blognya jd makin berkualitas yaa
    Terima kasih info lomba blognya mbak :D

    ReplyDelete
  3. Klo mau jadi Blogger PRO bisa lewat Qubisa berarti ya Mak Niar, banyak ilmu ya bisa di dapat dari sana kan? sambil rebahan bs tetep upgrade

    ReplyDelete
  4. Dari membaca artikel Niar di atas, aku bersyukur bahwa blog masih dipertimbangkan Google sebagai pusat informasi text. Gimana jadinya ya kita yang hobi menulis terus dianggurin sama Google, ya patah hati lah pastinya.

    Dan untuk itu sepertinya Google juga gak tinggal dia. Tiap tahun dia semakin menuntut agar informasi disajikan dengan baik dan benar. Ditambah ilustrasi visual seperti foto dan infografis. Alhamdulillah blog, kalau pun harus mati, tidak dalam waktu dekat ya Niar :)

    ReplyDelete
  5. Saya lagi semangat mengumpulkan PoinQu ini Kak Niar. Sementara ini baru ikutan 2 kelas kursusnya. Rencana mau daftar kelas bisnis dan video editing, hehe. Biar makin banyak poin terkumpul. Makin banyak juga ilmu yang didapat.

    ReplyDelete
  6. Kemunculan blogger² baru saat ini, kebanyakan ngejar duit/iklan, gak menghasilkan: tinggalkan. Tidak sedikit blogger baru yang bloggnya dipenuhi iklan dari awal blog terbuka, sampai ke bawah.

    ReplyDelete
  7. Bener banget buktinya saya yang udah banget gak ngeblok sampai bloknya karatan. sekarang nge blok lagi. Artinya, manfaat

    ReplyDelete
  8. Ini yang kemarin jadi pertanyaanku, kak Niar.
    "Apakah blog ini masih menjanjikan?"
    Karena ya...seperti yang kita ketahui, sekarang semua orang banyak yang menggunakan konten video visual daripada konten tulisan.

    Setelah membaca tulisan kak Niar, mashaAllah~
    Jadi tercerahkan.

    Intinya, jadi blogger, vlogger atau influencer, tetap belajar agar ide konten menarik dan mudah ditangkap oleh mesin pencari.

    ReplyDelete
  9. Nah iya ya poin poin seru nih buat ngeblog zaman sekarang. Saya senang dengan blog ya tidak terganggu dengan iklan ha ha ha pun ini penghasilannya tapi nampak susah mau baca

    ReplyDelete
  10. Mantap nih aplikasinya, boleh daftar dan belajar lagi untuk memperdalam ilmu disini. Maklum para blogger muda pada jago-jago sekarang.

    ReplyDelete
  11. wah iya, makin kesini makin banyak ya tantangan buat blogger
    makanya perlu sekali bagi setiap blogger untuk meningkatkan skill nya

    ReplyDelete
  12. di saat seperti ini kita memang harus selalu memacu diri untuk melakukan yang terbaik ya mba, termasuk melalui platform ini

    ReplyDelete
  13. Untuk tulisan, kita para pemain lama yang hobi baca bacaan berat bisa dibilang siap bertanding di lomba yang tidak mengandalkan estetika (template). hehe. Entah kenapa ingat ini.
    Ada kursus membuat presentasi dengan Power Point di sana, bisa upgade ilmu estetikanya blog. hehehe

    ReplyDelete
  14. Setuju sm mbak Niar. Kl blog masih diperhitungkan di mesin pencarian. Dan masih byk pembacanya kok. Hhh
    Btw beberapa kali denger Qubisa ini, jd pengen cobain kelas2nya deh mbak

    ReplyDelete
  15. Aku udah 2 thun konsisten ngeblog tapi belum pernah dapet cuan wkwk tpi tetap main blog...

    ReplyDelete
  16. Masa depan blog itu menjanjikan banget untuk marketing yang membutuhkan. Jelas banget kok. Kalo mereka mau ngeiklan di media, kalo di media cetak, itu pasti ada keterbatasan halaman. Kalo mereka mau ngeiklan di online, itu juga ada batasannya. Beda sama blog, nulis sepuasnya sampai sepanjang jalan tol trans sumatra juga boleeeh. hehehe. Keren ini bisa upgrade skill blogger dan content writer lewat aplikasi QuBisa.

    ReplyDelete
  17. wahs aya juga punya aplikasi QUbisa dan sering ikut kursusnya yang gratis seru banyak ilmu yang didapat pastinya gratis pula

    ReplyDelete
  18. Keren banget sih ini, gimana sama blogku yang isinya cuma surhatan ini yak.. gak ada 10% visitorpun datang hahha. Tetep semangat mbak, meski udah gak muda lagi, tetap saja tulisannya yang ditunggu sama banyak orang, ya khan.. Apalagi udah jago SEO, wes gak usah kerja yang lain :D

    ReplyDelete
  19. Saya bolak balik ikut kelas SEO tapi sampai sekarang belum nyangkut juga nih ilmunya. Ternyata di qubisa banyak juga kelas yang bisa kita ikuti agar kemampuan ngeblog kita semakin okeee

    ReplyDelete
  20. Kursus online seputar personal branding ini cocok banget sih Mak untuk ngebantu para pencari kerja dan pebisnis pemula. QuBisa perlu banget dimanfaatkan supaya temen-temen bisa lebih ngerti cara membentuk personal branding 😀

    ReplyDelete
  21. Komplit memang aplikasi qubisa ini ya. Sy tertarik ih buat ikutan kelas video editing nya

    ReplyDelete
  22. senen banget sih ada aplikasi semaca Qubisa ini, jadi makin ahli di bidang apapun kalau mau ya, gampang juga ngikutinnya :)

    ReplyDelete
  23. Ya ampun banyak banget ya mbak blogger di seluruh dunia sekitar 30jutaan. Saya sendiri takjub ketika masuk ke dunia blogger yang ternyata luas sekali. Seneng banget bisa dpaat ilmu baru dan juga tahu bagaimana mencari penghasilan dari blog

    ReplyDelete
  24. Bersama aplikasi belajar online yang harganya sangat terjangkau tapi manfaatnya long lasting. MashaAllah~
    Semoga bisa menambah skill untuk melompat lebih tinggi.

    ReplyDelete
  25. Saya pengen banget belajar SEO, dari yang paling dasar, karena saya betul betul buta SEO.
    Hiks... kemaren udah mau belajar, tapi saya baca emailnya telat, jadilah keikutsertaan saya hangus, syedih saya

    ReplyDelete
  26. Memang banyak banget manfaat ngeblog ini ya mba, selama masih ada mesin pencari saya yakin masih banyak yang nulis blog, di aplikasi QuBisa skill untuk profesional ngeblog tersedia dan beberapa saya lihat gratis lagi, keren banget QuBisa ini :)

    ReplyDelete
  27. Jadi blogger tantangannya bukan cuma sekedar bisa nulis aja. Tapi bisa konsisten nulis dan meningkatkan kualitas tulisan agar lebih baik dan juga terbaca di mesin pencarian google ya mba

    ReplyDelete
  28. Saya malah ada mengambil kelas berbayarnya Mbak di Qubisa ini, saking merasa perlu ilmunya dan yakin kalau nantinya bermanfaat buat saya. Setuju banget yg bagian atas, kl blog tuh masih dibaca orang kok, karena ampuh jadi strategi marketing. Pengindeks jurnal ilmiah seperti Scopus aja juga ada blognya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahhh bagi donk kak ilmunya. Kakak ambil kelas apa yang berbayar itu kak? Mau donk dijadiin tulisan di blog biar dibaca juga.

      Delete
  29. Yes, dengan aplikasi belajar online QuBisa, blogger lawas pun bisa mengubah tantangan jadi peluang. Saya pun senang sekali ada kemudahan belajar di QuBisa ini. Banyak pilihan belajar tinggal disesuaikan dengan kebutuhan. Mau gratis atau berbayar ada...meski keluar uang tak apa buat ilmu kan ya

    ReplyDelete
  30. Semoga dari tulisan blogger, bisa menebarkan kebaikan dan kemanfaatan, amin

    ReplyDelete
  31. Wuiihh seneng baca infonya. Jadi kalo mau jadi Blogger PRO bisa lewat Qubisa berarti ya teh? banyak ilmu ya bisa di dapat dari sana nih bakalan 💪😍

    ReplyDelete
  32. Jadi ingat pertama ngeblog ada yg komen "mba Git enak lho ngeblog udah dapet bayaran" ha ha ha . Dan kesini sepakat kak kalau audio juga makin melengkapi isi konten itu sendiri ya. Anyway asyik banget ya Qubisa ini lengkap banget mengakomodir passion tiap blogger khususnya.

    ReplyDelete
  33. Qubisa salah satu template belajar gratis yang bisa mengasah kemampuan kita.

    ReplyDelete
  34. Jadi lebih semangaatt euy buat nulis lagi.. Apalagi kalau hobi bisa jadi peluang untuk menghasilkan cuaan hehee

    ReplyDelete
  35. Juara banget.
    Anak muda sekarang harus banyak-banyak belajar agar skillsnya unbeatable dan bisa bersaing di dunia kerja. Tapi bagi blogger, memperdalam dan menajamkan skills akan sangat berguna untuk meningkatkan kepercayaan klien terhadap konten yang kita buat.

    ReplyDelete
  36. Selain sebagai marketing blog juga enak banget buat curhat, pikiran langsung plong

    ReplyDelete
  37. aku seneng ambil kelas di QuBisa, materinya berbobot dan memang menarik

    ReplyDelete

Untuk saat ini kotak komentar saya moderasi karena banyaknya komen spam yang masuk. Silakan tinggalkan komentar ya. Komentar Anda akan sangat berarti bagi saya tapi jangan tinggalkan link hidup. Oya, komentar yang kasar dan spam akan saya hapus ya ^__^