53 Tahun Semen Tonasa, dari Mutu Hingga Prestasi

53 Tahun Semen Tonasa, dari Mutu Hingga PrestasiDo things for people not because of who they are or what they do in return but because of who you are, quote dari Harold S. Kushner ini meng-encourage kita untuk melakukan sesuatu sesuai dengan apa yang merepresentasikan diri kita. Sejalan dengan quote dari psikolog Carl Gustav Jung, You are what you do, not what you say you'll do.

Hal ini terlintas ketika mengingat Bandar Udara Internasional Sultan Hasanuddin merupakan salah satu mahakarya yang dibangun menggunakan produk dari PT. Semen Tonasa. Bandara ini masih terus dikembangkan pembangunannya untuk meningkatkan kapasitasnya yang tadinya 11 ribu orang menjadi 30 hingga 40 ribu orang per hari dan ditargetkan dapat selesai pada Oktober 2021.


Mutu Semen Tonasa

Kerja Cerdas dan Bernas, Berpedoman pada ISO

 

Di balik bandara yang dibanggakan, tentunya ada kerja-kerja cerdas dan bernas. Kontruksinya tak boleh asal karena menyangkut keselamatan orang banyak. Semen Tonasa sebagai salah satu komponennya menerapkan ISO 9001: 2015 sebagai salah satu upaya pengembangan penerapan risiko sekalipun harus melalui badai pandemi covid-19.

ISO 9001:2015 adalah salah satu framework standard manajemen mutu  yang diakui dunia internasional. Setelah mengalami perkembangan dan revisi sejak 1980, 1987, 1994, 2000, 2008, dan 2015, ISO 9001 menyesuaikan kebutuhan manajemen kualitas pada masanya.

 

CSR Semen Tonasa Berpedoman pada ISO

 

Selama 53 tahun membangun negeri, perseroan yang diresmikan pada tahun 1968, oleh Bapak Jenderal M. Yusuf (Menteri Perindustrian pada saat itu) melandaskan segala aspek di dalamnya dengan standard yang diakui secara global, termasuk dalam penerapan CSR (corporate social responsibility) atau yang di dalam buku elektronik Laporan Tahunan PT Semen Tonasa 2020 Semen Tonasa, diistilahkan dengan “Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL)” sebagai berikut:

Berbagai upaya telah dilakukan perseroan dalam rangka mewujudkan tanggung jawab sosialnya bagi masyarakat dan lingkungan, bukan hanya pemenuhan atas peraturan perundang-undangan yang berlaku tapi juga mengadopsi berbagai praktik-praktik CSR secara global misalnya ISO 26000:2010 SR, sehingga menghasilkan kebijakan program tanggung jawab sosial perseroan yang merupakan inisiatif strategis perseroan yang mampu memberikan dukungan terhadap pemenuhan peningkatan kesejahteraan masyarakat dan lingkungan hidup secara nasional dan global dengan tetap mengedepankan aspek kearifan lokal dalam pelaksanaan tanggung jawab sosialnya. Inisiatif strategis yang dimaksud adalah strategi implementasi CSR perseroan yang dikemas melalui tema Tonasa Bersaudara, dengan 5 (lima) pilar utama yaitu Tonasa, Mandiri, Tonasa Cerdas, Tonasa Sehat, Tonasa Bersahaja & Tonasa Hijau[1].

Tidak asing bagi warga Sulawesi Selatan, PT. Semen Tonasa adalah produsen semen terbesar di Kawasan Timur Indonesia. Menempati lahan seluas 1.571 hektar di Desa Biringere, Kecamatan Bungoro, Kabupaten Pangkep, sekitar 68 kilometer dari kota Makassar, perseroan ini memiliki kapasitas terpasang 5.980.000 ton semen per tahun 2021 dengan 4 unit pabriknya, yaitu Pabrik Tonasa II, III, IV dan V.


Bandara Sultan Hasanuddin

TJSL Semen Tonasa dalam Masa Pandemi

 

Hal yang menarik bagi saya adalah menyimak bagaimana sebuah perusahaan menjalankan tanggung jawabnya secara sosial dan terhadap lingkungan pada masa pandemi ini. Meskipun tahun 2020 dengan segala keterbatasan akibat kondisi pandemi covid-19, hal ini dapat dilalui dengan baik, walaupun kinerja operasional dan kinerja keuangan mengalami penurunan tetapi tidak mengganggu kinerja secara jangka panjang[2].

Dalam sebuah artikel saya menemukan informasi mengenai perseroan yang memiliki 9 unit pengantongan semen yang melengkapi sarana distribusi penjualan ini memberikan bantuan kepada masyarakat di Kelurahan Kalabbirang, Kecamatan Minasa Te'ne, Pangkep yang masuk dalam kelompok desa di ring satu perusahaan pada November 2020[3].

Dalam artikel lain, saya mendapatkan informasi mengenai pemberian bantuan Pengembangan Kelompok Usaha Pertukangan di Desa Bulu Tellue. Selain itu, bantuan juga diberikan di Desa Bulu Cindea dan Panggalungan Desa Tabo-Tabo[4]. Bantuan yang diberikan adalah sarana air bersih, bantuan dana pendidikan bagi keluarga kurang mampu, pelatihan perkebunan palawija, dan pengembangan Kelompok Tani Patalassang.

Selain itu, bulan Agustus lalu penghasil semen yang sejak 1995 terkonsolidasi dengan PT. Semen Indonesia (Persero) Tbk ini memberikan bantuan life jacket sebagai bentuk kepedulian perhatian terhadap keselamatan para penumpang dan pengemudi kapal motor tradisional dan memberikan mimbar masjid kepada 2 masjid yang berada di Desa Bulu Tellue[5].


CSR Semen Tonasa

5 Pilar CSR “Tonasa Bersaudara”

 

1. Tonasa Mandiri

 

Merupakan komitmen perseroan untuk mendorong pengembangan UMKM produktif sebagai mitra perseroan di semua sektor ekonomi (industri, perdagangan, pertanian, perkebunan, perikanan, peternakan, jasa dan lainnya) serta mendorong kewirausahaan di lingkungan perseroan.

Fokus kegiatan pemberdayaan ekonomi masyarakat tempatan, antara lain:

  • Penciptaan lapangan kerja baru melalui usaha Tonasa Mandiri.
  • Ketahanan pangan dan pertanian terpadu.
  • Transformasi teknologi, aset, dan peningkatan pendapatan.
  • Klaster ekonomi, kios tani dan rumah dagang, serta ekonomi rumah tangga.
  • Penciptaan peluang ekonomi untuk enterpreneurship.
  • Penguatan lembaga keuangan mikro dan ekonomi masyarakat (Koperasi, LKD, LKM Syariah, BMT, KSP dan KUM).

 

2. Tonasa Cerdas

 

Merupakan program pemenuhan kebutuhan dasar pendidikan masyarakat, baik secara swadaya maupun sinergi kemitraan dengan pemerintah. Bertujuan meningkatkan kualitas pendidikan dan keterampilan masyarakat.

Fokus utama program pendidikan, mencakup:

  • Peningkatan kompetensi guru dan kualifikasi guru.
  • Pendidikan dan pelatihan-pelatihan alternatif.
  • Beasiswa.
  • Stimulan lomba prestasi.
  • Kesempatan magang.
  • Pendidikan usia dini dan pendidikan dasar 9 hingga 12 tahun.
  • Pustaka desa keliling.
  • Lembaga inovasi energi alternatif .
  • Alat penunjang sarana belajar mengajar maupun dalam bentuk lainnya.

 

3. Tonasa Sehat

 

Merupakan program yang bertujuan pemenuhan kebutuhan kesehatan masyarakat yang dilakukan secara swadaya maupun dengan melibatkan pemerintah. Bertujuan meningkatkan kesehatan masyarakat sekitar.

Fokus utama program ini yaitu:

  • Meningkatan kompetensi kader kesehatan masyarakat.
  • Sanitasi lingkungan.
  • Rumah Sehat Tonasa Bersaudara.
  • Stimulan kegiatan posyandu.
  • Penanggulangan dan pencegahan HIV/AIDS, malaria dan penyakit menular lainnya.
  • Pemberdayaan komunitas untuk Perilaku Hidup Bersih Sehat (PHBS).
  • Program pencegahan busung lapar (makanan organik).
  • Program kesehatan ibu hamil/melahirkan.
  • Donor darah.
  • Operasi katarak dan alat penunjang sarana kesehatan dasar maupun dalam bentuk lainnya.

 

4. Tonasa Bersahaja

 

Bertujuan untuk pemenuhan kebutuhan dasar bagi berkembangnya tata nilai dan norma yang selama ini ada di komunitas. Dalam hal ini perseroan ikut serta dalam kegiatan masyarakat yang sifatnya mempertahankan rasa solidaritas, kerjasama, dan lainnya.

Fokus utama kegiatan ini:

  • Festival Tonasa Bersaudara (makanan tradisional, musik tradisional, ritual, tari, dan nyanyi).
  • Pemberdayaan dan pelestarian seni tari dan budaya lokal.
  • Turnamen Tonasa Cup.
  • Rumah Tonasa untuk pendidikan Al-Qur’an.
  • Pemberdayaan remaja masjid.
  • Manasik haji.
  • Pemberdayaan dan peningkatan kompetensi mubalig.
  • Tonasa Bersaudara Award.
  • Stimulan kegiatan keagamaan lainnya bagi masyarakat tempatan.
  • Kegiatan sosial lainnya.

 

5. Tonasa Hijau

 

Bertujuan untuk pemenuhan kebutuhan dasar prasarana dan sarana lingkungan permukiman serta kegiatan penghijauan, baik yang dilaksanakan secara swadaya maupun bersinergi dengan program pemerintah.

Fokus utama kegiatan ini meliputi :

  • Rehabilitasi dan pembangunan prasarana dan sarana dasar pendidikan, kesehatan, sarana ibadah, gedung olahraga dan fasilitas ekonomi (pasar desa, rumah dagang, kios tani, dll.).
  • Rehabilitasi dan pembangunan jembatan penghubung, jalan lingkungan, air bersih, irigasi sederhana dan sanitasi lingkungan lainnya.
  • Stimulasi rumah layak huni dan utilitas lainnya (sambungan listrik rumah tangga, jamban keluarga, dll).
  • Daur ulang dan pelestarian lingkungan.
  • Keanekaragaman hayati dan pembangunan infrastruktur skala mikro/kecil lainnya.

Tonasa Bersaudara

Jangkauan Wilayah Program Tanggung Jawab Sosial PT. Semen Tonasa

 

Rencana anggaran program TJSL dari perseroan yang pendapatan utamanya berasal dari penjualan Semen Portland (OPC), Semen non OPC Tipe Komposit (PCC) ini disusun sesuai dengan kebutuhan pemangku kepentingan dan terutama dalam mewujudkan hubungan yang harmonis antara perseroan dan masyarakat dengan kesejahteraan dan kemandirian yang berkelanjutan.

Pemetaan wilayah penyaluran diklasifikasikan dengan daerah Ring I, Ring II dan Ring III. Definisi Ring I adalah wilayah/daerah yang berada di area yang terkena dampak langsung dari operasi perseroan, baik aktivitas pabrik, pelabuhan, Boiler Turbin Generator (BTG), maupun penambangan perseroan dengan jarak maksimum 5 km.

Wilayah ring I meliputi 11 desa/kelurahan, yaitu Desa Biring Ere, Desa Mangilu, Kelurahan Bontoa, Kelurahan Kalabbirang, Kelurahan Sapanang, Desa Taraweang, Desa Tabo-Tabo, Desa Bulu Tellue, Kelurahan Samalea, Desa Bowong Cindea dan Desa Bulu Cindea.

Ring II adalah wilayah/daerah yang tidak terkena dampak langsung dari operasi perseroan, baik dari aktivitas pabrik maupun penambangan tetapi wilayahnya sering menjadi jalur yang terkena/dilewati sarana atau kendaraan produksi/ pemasaran Perseroan di Kabupaten Pangkep.

Ring III merupakan wilayah yang tidak terkena dampak langsung dari proses produksi perseroan, tidak terkena rencana perluasan pabrik atau tambang tetapi sering menjadi jalur distribusi perseroan, meliputi wilayah kabupaten di luar Kabupaten Pangkep.

 

Penghargaan untuk Pelaksanaan CSR Semen Tonasa

 

Pada puncak acara anugerah CSR Awards yang dilaksanakan di Ballroom Luwangsa Hotel Jakarta, 6 November 2020, perseroan yang memiliki visi “menjadi perseroan persemenan terkemuka di Indonesia yang efisien dan berwawasan lingkungan” ini berhasil meraih penghargaan untuk 5 kategori, yaitu:

  1. Hak Asasi Manusia, Program Peranan Forum Lembaga Kerjasama (LKS) Bipartit dalam meningkatkan Hak Dasar Karyawan dalam pencapaian tujuan perusahaan dan prestasi yang dicapai mendapat predikat Platinum.
  2. Kategori Lingkungan Program Tonasa Hijau, Reklamasi pasca tambang tanah liat dan batu kapur berbasis keanekaragaman hayati dan pemberdayaan masyarakat predikat Platinum.
  3. Kategori Pelibatan dan Pengembangan Masyarakat dengan Program Tonasa Sehat, Air Bersih untuk kehidupan berkelanjutan mendapat predikat Platinum.
  4. Kategori Pelibatan dan Pengembangan Masyarakat dengan Program Tonasa Cerdas Bea siswa untuk anak bangsa di KTI dan Prestasi yang dicapai mendapat predikat Platinum.
  5. Program Tonasa Mandiri Koperasi Wanita Biring Ere (Kopwan Biringere) meraih predikat Gold.

🏛🏛🏛

Company profile PT. Semen Tonasa


Tentunya prestasi dalam bidang CSR juga penghargaan lain dalam komitmennya dalam menerapkan Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3) pada Oktober 2020 menjadi kebanggaan sekaligus amanah yang harus dipertahankan oleh perseroan yang memiliki budaya AKHLAK sejak tahun 2020 ini. Segala kerja cerdas dan bernas dalam produksi dan juga dalam melaksanakan TJSL, dalam harapan saya menjadi cerminan dalam internalisasi AKHLAK yang akan berlangsung secara berkelanjutan:

  • Amanah : memegang teguh amanah yang diberikan
  • Kompeten : terus belajar dan mengembangkan kapabilitas
  • Harmonis : saling peduli dan menghargai perbedaan
  • Loyal : berdedikasi dan mengutamakan kepentingan bangsa dan negara
  • Adaptif : terus berinovasi dan antusias dalam menggerakkan maupun menghadapi perubahan
  • Kolaboratif : mendorong kerjasama yang sinergis

Bagaimana kawan, apakah harapan kita sama?

Makassar, 29 Oktober 2021

Diikutkan kompetisi blog “53 Tahun Semen Tonasa Membangun Negeri”.

Referensi:

  1. Buku elektronik Laporan Tahunan PT Semen Tonasa2020
  2. http://journal.stiemb.ac.id/index.php/mea/article/download/746/323
  3. https://core.ac.uk/download/pdf/25489273.pdf
  4. https://jurnal.poltekesos.ac.id/index.php/peksos/article/download/306/293
  5. https://www.bisnis.com/topic/3882/semen-tonasa
  6. https://twitter.com/semenku/status/956732986497495040
  7. https://sulselprov.go.id/welco me/post/pembangunan-perluasan-bandara-ditargetkan-selesai-tahun-depan
  8. https://ekonomi.bisnis.com/read/20200929/98/1298317/progress-proyek-pengembangan-bandara-sultan-hasanuddin-makassar-capai-5517
  9. https://mie.binus.ac.id/2021/04/07/iso-90012015-pengantar-standar-manajemen-mutu/
  10. https://bumn.go.id/post/program-csr-semen-tonasa-bantu-pemberdayaan-masyarakat-pangkep
  11. https://makassar.sindonews.com/read/560566/712/program-tjsl-semen-tonasa-dorong-kemandirian-sosial-ekonomi-masyarakat-1633489825
  12. https://www.alur.id/tonasa-peduli-bagikan-life-jacket-dan-mimbar-masjid-di-pangkep
  13. https://sulawesi.bisnis.com/read/20201009/539/1302953/semen-tonasa-raih-penghargaan-smk3



[1] Halaman 79, Target & Rencana Kegiatan TJSL (Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan).

[2] Halaman 23, Laporan Tahunan PT. Semen Tonasa Tahun 2020 (Kinerja PT. Semen Tonasa).

[3] https://bumn.go.id/post/program-csr-semen-tonasa-bantu-pemberdayaan-masyarakat-pangkep, diakses pada 28 Oktober 2021, pukul 23:15.

[4] https://makassar.sindonews.com/read/560566/712/program-tjsl-semen-tonasa-dorong-kemandirian-sosial-ekonomi-masyarakat-1633489825, diakses 28 Oktober 2021, pukul 23:36.

[5] https://www.alur.id/tonasa-peduli-bagikan-life-jacket-dan-mimbar-masjid-di-pangkep, diakses 29 Oktober 2021, pukul 00:03.



Share :

52 Komentar di "53 Tahun Semen Tonasa, dari Mutu Hingga Prestasi"

  1. Sepertinya mainnya saya kurang jauh karena merasa asing sama Semen Tonasa. Tapi setelah membaca ini jadi lebih kurang paham dan mengetahui hal-hal positif yang terbentuk hingga saat ini. Keren.

    ReplyDelete
  2. Aku suka banget kalau ada CSR korporasi besar membina UMKM, seperti yang dilakukan Tonasa Mandiri. Dengan mendukung usaha kecil, Insya Allah dasar ekonomi Indonesia akan semakin kuat

    ReplyDelete
  3. Perusahaan2 besar seperti ini, kegiatan CSR nya memang bagus2 yaaa. Sangat memperhatikan kesejahteraan rakyat di sekelilingnya, apalagi yg terkena dampak. Aku beberapa kali baca kegiatan2 yg dilakukan banyak perusahaan semen, mulai dari Holcim, semen Gresik, dan skr semen Tonasa ini :). Semoga aja kegiatan CSR mereka makin bermanfaat buat masyarakatnya dan tetep amanah dengan budaya AKHLAK .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, ada pertimbangan jarak, ring 1 dst. Aamiin, semoga makin membuat masyarakat mandiri dan menjaga lingkungan ya Mbak Fan.

      Delete
  4. Canggihh banget nih Semen Tonasa

    Keberadaannya tentu dibutuhkan banyak orang. Dan memberikan multiplier effect yg luar biasa.

    Good job!!

    ReplyDelete
  5. Walaupun semen lokal semen tonasa tetap aja bisa diandalkan Dan kuat hasil bangunannya

    ReplyDelete
  6. Wah secara langsung PT Semen Tonasa turut membangun negeri, terutama Sulawesi Selatan ya. Ternyata ada banyak program CSR nya, semoga memberi dampak baik bagi masyarakat dan lingkungan. Semua usaha baik perlu dihargai

    ReplyDelete
  7. Wah keren tapi kayaknya aku baru denger deh nama semennya
    Liat semen tonasa jadi keinget semen Gresik
    Semoga semen Tonasa suksesnya seperti semen Gresik ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semen Tonasa keluarga dengan Semen Gresik, Mbak :)

      Delete
  8. baru denger nama semen ini deh mbak. Keren ya, secara tidak langsung PT ini ikut berperan dalam membangun negeri ini.

    ReplyDelete
  9. Mantap nih semen tonasa tidak hanya cari untung, bikin bangunan jadi kuat tapi juga berpartisipasi dalam menjaga lingkungan, mencerdaskan masyarakat dalam 5 program csr

    ReplyDelete
  10. Program mantap yang peduli lingkungan, maka wajar saja bila Semen Tonasa banyak mendapat prestasi ya. Semoga terus berkelanjutan

    ReplyDelete
  11. keren ya, banyak sekali kegiatan CSR Semen Tonasa yang pastinya sangat bermanfaat buat warga sekitar ya. Salut deh dengan PT. Semen Tonasa ini tidak hanya mencari benefit dari segi finansial saja tapi kesejahteraan masyarakat juga diperhatikan.

    ReplyDelete
  12. Mba Niar, aku kalo nggak baca tulisan di sini nggak bakal tahu ada Semen Tonasa.
    Keren juga ya CSR ya memiliki kegiatan yang super banyak dan lengkap. Mulai dari membimbing UKM, manasik haji, rumah sakit, aku sampai lupa apa aja. Semoga makin sukses perusahaan semen ini, peduli dengan aksi sosial di tengah pandemi juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, masih berupaya CSR-nya di masa pandemi. Makasih Mbak Wati.

      Delete
  13. keren juga ini semen tonasa yaa mba.. aku baru tau dan kayaknya sudah cukup lama di indonesia, 53 tahun loh. pasti banyak karya2 yang dibangun sama semen tonasa ini

    ReplyDelete
  14. Masih asing di telinga soalnya selama ini branding yang kuat semen sebelah. Tapi salut banget sama program-program yang diberikan oleh semen Tonasa ini mba. Yang terpenting masih peduli lingkungan.

    ReplyDelete
  15. Brrhubung pak suami orang Makasar aku sempat kenalan dengan brand yang satu ini tapi enggak menyangka program CSR nya sangat menginspirasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waah suami Mbak Indri orang Makassar ternyata :)

      Delete
  16. Keren ya Semen Tonasa udah selama itu ternyata Kak. Sebagai orang Sulsel, pasti udah kenal yang namanya semen Tonasa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah setengah abad, sudah sangat matang, Tri :)

      Delete
  17. 53 tahun Semen Tonasa sangat banyak berbuat untuk negeri dan lingkungan ya mba.
    Programnya lengkap dan keren, apalagi CSR-nya. Semoga ke depannya Semen Tonasa semakin sukses lagi ya mba.

    ReplyDelete
  18. Perusahaan besar selalu memiliki banyak sisi terbaik karena menjadi besar tidaklah mudah. Budaya AKHLAK salah satu yang membuat mutu dan prestasi semen Tonasa selalu diakui

    ReplyDelete
  19. semen Tonasa sudah membersamai kita ya mba, sudah banyak gedung-gedung menjulang jadi saksi bisu pembangunan di negeri ini yang dibangun dengan semen Tonasa

    ReplyDelete
  20. Produk lokal yang cukup besar tentu perlu proses yang panjang. Apa lagi adanya budaya AKHLAK yang menjadi dasar perusahaan ini. Karena budaya itulah yang membuat mereka menjadi besar 😍

    ReplyDelete
  21. Saya sudah tidak asing dengan brand semen ini soalnya sering baca di media. Semoga saja dengan usia yang bertambah maka kualitas akan terus terjaga.

    ReplyDelete
  22. Waah, aku pun baru ngeh kalo ada semen Tonasa ini Mak, jadi manggut2 bacanya dah. SAlut banget sama CSRnya yang berupaya berpartisipasi menjaga lingkungan dan mencerdaskan masyarakat, semoga program AKHLAKnya berjalan dengan lancar sesuai dengan harapan dan sukses yaa.

    ReplyDelete
  23. Program yang sangat membangun untuk lingkungan sekitar ini bagus sekali yaaa..
    Setidaknya perusahaan ini aware dengan keadaan dan bisa memberikan sumbangsih kebaikan juga di tengah-tengah kondisi masyarakat Sulawesi Selatan.

    ReplyDelete
  24. Semen Tonasa pernah dengar kalau ke Makassar. Impactnya luar biasa ya program CSR ini. Keren PT Semen Tonasa.

    ReplyDelete
  25. Salut nih sama perusahaan yg berani kasih CSR lebih ke lingkungan atau sekitar. Baru tahu klo semen sentosa ini pake pedoman akhlak juga

    ReplyDelete
  26. Bangganya mi Semen Tonasa sudah selama ini dan tetap dikenal dimanapun bahkan inovasinya makin keren

    ReplyDelete
  27. Bersama Semen Tonasa, banyak pembangunan kokoh yang sudah dilakukan.
    Salut dengan program CSR nya juga. Aku berharap semoga kebermanfaatannya merata dan semakin meluas hingga sejahtera semua masyarakat Sulawesi.

    ReplyDelete
  28. 53 Semen Tonasa di Indonesia, sudah berapa banyak rumah, gedung, dan bangunan serta infrastruktur yang menggunakan semen ini coba. Selain itu, salut sama perusahaan-perusahaan yang punya banyak program baik untuk lingkungan sekitarnya

    ReplyDelete
  29. Ternyata usia Semen Tonasa sudah lebih dari setengah abad ya. Sejauh ini juga perusahaan ini sudah meraih banyak penghargaan. Salut deh, semoga makin sukses ke depannya dan trus memberi kebermanfaatan bagi negeri ini

    ReplyDelete
  30. Wah. Aku baru tau ttg PT. Semen Tonasa saat baca blog mba. Mungkin krn aku lbh akrab dgn perusahaan semen yg di Jawa ya.

    Keren jg program mereka, ada kesehatan dan jg seni. 2 hal yg menurutku penting unt didukung.

    ReplyDelete

Untuk saat ini kotak komentar saya moderasi karena banyaknya komen spam yang masuk. Silakan tinggalkan komentar ya. Komentar Anda akan sangat berarti bagi saya tapi jangan tinggalkan link hidup. Oya, komentar yang kasar dan spam akan saya hapus ya ^__^