Soft Skill dan Brain Academy

Soft Skill dan Brain Academy – Ketika putri saya mendapat tugas membuat video dan membuatnya menghabiskan waktu sampai 3 hari membuat video prakarya dari bahan alam lunak, saya mengamatinya saja. Mungkin jika tak banyak upgrade diri mengenai pendidikan, saya berkeberatan dia menghabiskan waktu selama itu “hanya” untuk mata pelajaran Prakarya.

Kehidupan telah mengajarkan saya banyak hal, salah satunya adalah bahwa dalam hal pendidikan, sebenarnya tak ada yang jauh lebih penting dari yang lain. Matematika dan IPA misalnya, tidak jauh lebih penting daripada Bahasa Indonesia dan IPS. Semuanya sama pentingnya. Pun pelajaran seni dan olahraga.

Brain Academy

Ambil contoh ketika sibuk membuat video, putri saya yang duduk di bangku SMP ternyata bisa belajar banyak mengenai soft skill. Selain itu kemampuannya dalam editing video pun terasah. Nantinya semua kemampuan itu akan mendatangkan manfaat lagi bagi dirinya.

Eh, bukan hanya bagi dirinya, saya pun rupanya menuai manfaat melalui kemampuannya dalam menggunakan aplikasi edit gambar. Ketika butuh file tanda tangan dalam format PNG secara cepat, Athifah mengajari saya dengan cepat.

 

Soft Skill yang Dipelajari dalam Pembuatan Video Pembelajaran untuk Siswa SMP

 

Ah ya, kembali pada cerita bikin video pembuatan prakarya. Saya mau cerita secara spesifik apa saja kemampuan nonteknis yang terasah dari tugas ini:

1. Critical thinking (berpikir kritis)

Melalui informasi yang didapat dari gurunya, putri saya belajar mengolahnya sesuai kemampuan kami. Gurunya membebaskan para siswa memilih prakarya apa yang akan dibuat, sesuai dengan batasan materi yang diberikannya.

2. Problem solving (memecahkan masalah)

Melatih memecahkan masalah menjadi bagian dari proses pembuatan video karena tidak dipungkiri ada saja masalah-masalah kecil yang timbul. Terakhir, ketika sudah lebih 2 hari mengedit video dan aplikasi yang dipergunakan ternyata tidak memadai membuat video dalam durasi panjang, dia dihadapkan lagi kepada satu lagi pemecahan masalah.

3. Komunikasi

Keterampilan berkomunikasi Athifah terasah dalam proses pembuatan video. Selain harus mengomunikasikan dengan saya, dia juga menyusun script singkat yang dipergunakannya untuk menceritakan apa yang dia lakukan dalam video tersebut.

4. Literasi teknologi

Pengertian literasi teknologi adalah kemampuan menggunakan, memahami, mengatur, dan menilai inovasi yang melibatkan proses serta ilmu pengetahuan guna memecahkan masalah dan memperluas kemampuan. Secara sederhana, pengertian ini tercapai dalam proses panjang membuat video yang dilakukan oleh putri saya dan mengirimkan kepada guru bidang studi yang bersangkutan.

Nah, keterampilan nonteknis yang dipelajari memang terbatas hanya 4 hal tersebut karena sistem di sekolahnya waktu itu masih pembelajaran daring berhubung masih pandemi covid-19. Jika kelak ada kesempatan bersosialisasi dengan teman-temannya, kemampuan lainnya bisa lebih terasah lagi.

Soift skill di Brain Academy
Soft skill di Brain Academy.

Menurut Mas Menteri Nadiem, "Hard skill dibutuhkan dalam rangka beradaptasi terhadap teknologi, sedangkan soft skill untuk kemampuan kreativitas, kemampuan bernalar kritis, dan problem solving," ucap Nadiem, dalam acara Kompas Talks dengan tema "Siapkan SDM, Hadapi Profesi Baru Pada Masa Depan" secara daring, Selasa (8/12/2020).

Banyak sudah yang memaparkan, pentingnya hard skill dan soft skill dalam menentukan keberhasilan seseorang di masa depannya. Keduanya harus diusahakan seimbang dimiliki anak-anak kita.

Saya pikir pembelajaran seperti ini tak ada yang dengan sengaja memberikannya eh rupanya ada di Brain Academy. Tempat les online terbaik dan termurah ini memiliki kelas tambahan gratis untuk soft skills.

 

Brain Academy

 

Brain Academy adalah produk dari Ruangguru sebagai bimbel online terbaik di Indonesia. Sebagai pilihan terbaik bagi orang tua yang peduli dengan pendidikan anak, Ruangguru menyelenggarakan Brain Academy khusus bagi mereka yang ingin proses belajarnya berlangsung lebih baik lagi.

Keunggulan dalam Fitur Brain Academy

Keunggulan Brain Academy terdapat pada fitur-fiturnya maka pada bagian ini, saya akan menceritakan mengenai fitur-fitur yang terdapat dalam Brain Academy online:

1. Bimbel dengan Kelas Online Interaktif

Melalui aplikasi di gadget ataupun desktop, siswa bisa mengikuti bimbel online secara live teaching interaktif. Bukan hanya interaktif dengan tutor, peserta bisa interaktif dengan teman-temannya dari seluruh Indonesia.

2. Klinik PR

Secara spesial dalam grup kecil, siswa bisa konsultasi pekerjaan rumah kepada Master Teacher melalui video call.

3. Konseling Pendidikan

Melalui konseling dengan video online secara privat, orang tua bisa mendapatkan laporan perkembangan belajar buah hatinya.

Live teaching
Kelas online interaktif, Brain Academy.

4. Modul Belajar

Brain Academy menyediakan modul lengkap yang dicetak bagi pesertanya agar dapat belajar selama 1 tahun. Modul belajar ini dikirimkan ke rumah.

5. Kelas Pengembangan Diri

Pada bagian inilah beberapa aspek soft skill diperoleh. Bimbel online ini memiliki kelas tambahan seperti tips masuk PTN favorit, prospek karir, public speaking, dan kreativitas.

6. Komunitas Diskusi Soal

Asyiknya ada grup yang di dalamnya para peserta bisa membagikan soal-soal yang sulit dan latihan menjawabnya bersama tutor serta teman-teman lain.

7. Klub Hobi

Ada lebih dari 50 klub hobi yang di dalamnya para peserta bisa berinteraksi dengan teman-temannya dari seluruh Indonesia.

8. Tryout Ujian

Tipe soal terbaru selalu ada, plus soal-soal sebelumnya, untuk memudahkan siswa berlatih soal dalam menghadapi ujian.

Sebenarnya Brain Academy ini pelaksanaannya gabungan online dan offline jika situasi memungkinkan (tidak sedang dalam PPKM Darurat seperti saat ini). Nah, ini keunggulan tersendiri dari tempat les online terbaik dan termurah di Indonesia ini. Cocoklah ya dengan anak-anak jaman now.

Apalagi dengan didukung para tutor yang diseleksi ketat dan sudah terstandardisasi yang berasal dari bimbel top, sekolah-sekolah favorit, dan lulusan PTN favorit, plus mendapat tambahan wawasan seputar pengembangan diri, bekal buah hati menuju masa depan yang lebih baik semakin jelas.

Makassar, 15 Juli 2021




Share :

15 Komentar di "Soft Skill dan Brain Academy"

  1. Setelah membaca sejumlah tulisan yang membahas Brain Academy, lalu membaca lagi penjelasan dari Mbak Mugniar ini, aku semakin mantap untuk mendaftarkan anakku (SMP) ikut kelas Brain Academy. Fiturnya banyak, dan kelebihannya juga sangat memikat. Ruangguru memang selalu terdepan sebagai bimbel online. Keren!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya pun baru-baru daftarin anak kedua saya, Mbak Rien tapi untuk Ruangbelajar selama setahun karena dia sudah kelas 3 SMP, bukan Brain Academy. Asyiknya ada juga fitur Brain Academy yang bisa dia peroleh :)

      Delete
  2. Iya kita belajar bukan cuma butuh hard skill tapi soft skill juga ya. Penggabungan keduanya bagus buat masa depan anak. Ini Brain academy programnya bagus ya.. biasa memenuhi kebutuhan soft skill anak-anak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah iya, alhamdulillah-nya, peduli juga sama soft skill, Mbak Ade.

      Delete
  3. Ikut bimbel online di Brain Academy by Ruangguru ini memang sangat penting ya mbak
    Nggak hanya meningkatkan kemampuan akademik saja tapi juga bisa mengasah soft skill yang sangat dibutuhkan di masa depan

    ReplyDelete
  4. AKu sedang berdiskusi sama anak sulugku nih. Kurasa dia cocok mengikuti Brain Academy ini. Soft skill tentu sangat dibutuhkan. Belajar itu juga bukan menghapal tapi memahami. Ini kalau video call sama tutor pembahasan soal2 oke banget pastinya ya mbak?

    ReplyDelete
  5. Cocok banget mom. Nyatanya memang harus imbang antara softskill dan hardskill. Untung ada brainy academy ya. Jelas akan membantu untuk menciptakan generasi maju.

    ReplyDelete
  6. so very true.. certain sets of soft skills are always required wherever we go or whatever path of career we choose in this life

    ReplyDelete
  7. anak2 pasti kangen belajar di kelas
    semoga corona cepat selesai

    ReplyDelete
  8. Keren ya Brain Academy ternyata bisa mengasah soft dan hard skill bagi anak-anak kita. Oke nih tentunya jadi bisa mengembangkan potensi diri juga dong ya.

    ReplyDelete
  9. Teman saya ada lo Mba, saat kuliah justru ngambil kelas soft skill. Jadi pas lulus bukannya kerja di jurusannya, dia malah jadi coaching soal soft skill. Padahal waktu itu masih umur 25 tahun. Sejak itu saya jadi menaruh concern ke soft skill ini. Dan pas banget di Ruangguru ternyata ada!

    ReplyDelete
  10. Penting banget yaa, kak Niar.
    Softskill ini.
    Karena memang ujungnya adalah kita menyukai apa yang kita kerjakan. Dan di sini pasti dituntut untuk memperbanyak keahlian, termasuk belajar di Brain Academy niih...
    Bisa bergabung di Klub Hobi.

    ReplyDelete
  11. soft skil memang penting banget diasah ya mbak. walau di rumah aja tapi ttap harus bisa latih ya, juga kegiatan akademiknya y

    ReplyDelete
  12. Setuju banget mba. Soft skill itu penting di dunia nyata dan di dunia kerja juga. Alhamdulillah Brainacademy.id juga memperhitungkan soft skill ya agar murid juga makin bagus karakter dan kepribadian nya

    ReplyDelete
  13. Wah percaya banget tutornya disini memang pilihan banget. Pasti yg uda bener2 teruji kemampuannya. Aku senang sama menu klinik Pr nya

    ReplyDelete

Untuk saat ini kotak komentar saya moderasi karena banyaknya komen spam yang masuk. Silakan tinggalkan komentar ya. Komentar Anda akan sangat berarti bagi saya tapi jangan tinggalkan link hidup. Oya, komentar yang kasar dan spam akan saya hapus ya ^__^