Inilah Cara Menjadi Penulis Konten Profesional

Sekarang banyak orang menawarkan diri sebagai jasa penulis konten, salah satunya adalah jawarakonten.com Namun, tidak sedikit yang kurang paham mengenai sistematika penulisan konten, sehingga tulisan yang dihasilkan cenderung rancu. Oleh karena itu sangat penting mengetahui cara menjadi penulis konten profesional.

Seperti apa? Yuk simak tulisan berikut ini.


Penulis Konten? Bagaimana Pekerjaannya?

 

Istilah konten pasti sudah tidak asing di dengar bukan? Bahkan sudah banyak disebut-sebut istilah tersebut, terlebih lagi saat berkaitan dengan media sosial maupun media online lain. Malah kadang-kadang dari sebuah konten bisa muncul berbagai argumen yang menarik perhatian.

Oleh karena itu, tidak mengherankan rasanya jika di balik sebuah konten tulisan yang menarik terdapat seorang penulis profesional. Penulis tersebut mampu mengolah dan merangkai kata yang mampu memunculkan minat para pembaca untuk mengulas lebih jauh, mengenai sesuatu yang dibahas.


Jasa penulis konten

Lantas, apa saja pekerjaan penulis konten? Dewasa ini begitu banyak jasa penulis konten bertebaran yang menawarkan berbagai naskah marketing. Seperti misalnya ebook pemasaran, sales copy maupun teks grafik pemasaran. Tentu saja yang melakukan semua itu adalah penulis konten.

 

Cara Menjadi Seorang Penulis Konten Profesional

 

Bekerja sebagai penulis konten memang bisa dibilang menguntungkan. Mengapa? Pasalnya siapapun dapat melakukannya asalkan memahami tata aturan penulisan. Tidak hanya itu, pekerjaan ini bahkan bisa dikerjakan secara remote di mana dan kapan saja.

Bagi yang penasaran atau mungkin berkeinginan membuka jasa penulis konten untuk menambah pemasukan, sebaiknya jangan terburu-terburu ya. Pahami dahulu serangkaian cara menjadi penulis konten profesional agar kelak tulisan banyak digemari oleh client.

Simak paparan berikut untuk mencari tahu apa saja yang perlu dipahami terlebih dahulu sebelum terjun ke dalam dunia penulisan konten:

 

1. Banyak membaca konten berkualitas.

 

Bagi pemula dalam dunia penulisan konten, sebaiknya perbanyak membaca konten-konten berkualitas. Semua orang juga tahu bahwa seorang penulis yang baik harus menyeimbangkan wawasannya dengan banyak membaca. Agar menulis bukan sekadar konten namun bisa menambah wawasan pembaca..

Bacaan yang dikonsumsi seorang penulis konten juga harus setara dengan level yang hendak dicapai. Apalagi bagi yang berkeinginan membuka jasa penulis konten, pastinya harus memperbanyak asupan literasi untuk memperkaya bahasa, kosa kata, dan cara menulis konten yang kreatif dan komunikatif.

 

2. Mengembangkan kemampuan menulis

 

Cara menjadi penulis konten profesional yang harus benar-benar diperhatikan adalah mengembangkan kemampuan menulis. Jangan sampai ketika sudah bertahun-tahun menjadi penulis namun kualitas konten yang diberikan masih stagnan di titik yang sama.

Apabila hal tersebut terjadi, maka akibatnya konten yang dihasilkan tidak bisa bersaing dengan tulisan lain. Apalagi jika dalam bidang konten marketing. Tentu harus ada call to action yang terkandung di dalam tulisan agar setiap orang yang membacanya tergerak untuk mengetahui lebih jauh perihal objek yang dipasarkan.


Jawarakonten

3. Mengikuti kelas menulis konten di internet sesering mungkin.

 

Mengikuti kelas menulis online di internet juga termasuk salah satu cara menjadi penulis konten yang profesional. Mengapa bisa demikian? karena kelas menulis semacam itu kerap kali mendatangkan pemateri yang sudah mahir dibidangnya dan update akan hal-hal baru.

Memang sebagian kelas menulis online di internet berbayar alias tidak gratis. Namun, jika memang ingin mengembangkan diri dan mengasah kemampuan menulis, biaya yang dikeluarkan tentu tidak akan seberapa dengan ilmu yang didapatkan.

Kalaupun mau telaten belajar, sebenarnya tak sulit belajar secara gratis. Pengalaman saya selama ini menunjukkan BELAJAR GRATIS itu masih ada namun harus sebanding dengan upaya maksimal. Jika yang berbayar menyediakan mentor maka dalam belajar tanpa bayar harus proaktif dan kreatif.

 

4. Buat jejaring dan kumpulkan pengalaman

 

Jika kelak ingin membuka jasa penulis konten profesional, artinya harus memperbanyak jaringan relasi. Oleh karena itu, cara ini begitu penting diterapkan baik yang ingin menjadi penulis untuk sekedar mengisi waktu luang maupun membangun sebuah bisnis literasi.

Bangun jejaring antar sesama penulis, pemilik website hingga pemilik bisnis. Tawarkan jasa penulisan konten dan sertakan bukti pengalaman. Oleh karena itu, pengalaman sangat dibutuhkan. Pacu diri untuk bergabung bersama penyedia jasa penulisan lain yang memiliki tingkat berbeda.

Sebagai penulis pun demikian, kita butuh relasi yang bisa datang dari mana saja, dari berbagai latar belakang. Saya memiliki beberapa pengalaman menakjubkan terkait hal ini. Bermula dari pertemanan yang dijaga dengan baik hubungannya, berlanjut menjadi kerja sama yang saling menguntungkan.


Jejaring penulis konten

 

5. Bergabung dengan aliansi penulis profesional atau komunitas.

 

Cara berikutnya agar menjadi penulis konten profesional adalah dengan bergabung dengan aliansi penulis atau komunitas. Apabila sudah bergabung di sana, maka kita bisa mendapatkan banyak informasi dan pengetahuan seputar ilmu kepenulisan.

Seperti misalnya perihal sistematika penulisan yang baik dan benar, tips cepat menemukan ide hingga cara merangkai kata-kata untuk konten marketing. Apabila menutup diri dan selalu merasa puas dengan pencapaian, maka akan sulit menjadi penulis profesional.

 

6. Mencari peluang untuk bekerja sebagai penulis.

 

Untuk bisa menjadi seorang penulis profesional tentu tidak ditempuh dengan jalan mudah. Bahkan sebagai langkah awal, perlu sesering mungkin mencari peluang sebagai penulis. Ada beberapa cara yang bias dilakukan.

Caranya, di antaranya melalui berbagai website yang membuka kesempatan kepada siapapun untuk menjadi penulisnya, melalui blog yang bias diakses bersama-sama, dan lain-lain.

Mencari peluang untuk bekerja sebagai penulis juga sangat membantu bagi yang ingin membuka jasa penulis konten nantinya. Mengapa? karena dengan begitu bisa mengetahui range patokan fee minimal untuk setiap konten yang ditulis.

 

7. Buat resume dan perbaiki kualitas lamaran serta CV

 

Cara terakhir yang bisa diterapkan agar menjadi penulis konten profesional adalah dengan memperbaiki kualitas surat lamaran maupun CV (curriculum vitae). Sertakan beberapa draft konten tulisan untuk meyakinkan klien. Jangan ragu untuk mencantumkan seminar-seminar kepenulisan yang pernah diikuti sebagai peserta atau sebagai nara sumber.

Itulah pemaparan mengenai pekerjaan dan cara menjadi penulis konten profesional. Apabila sudah benar-benar memahami, maka jangan segan lagi menawarkan diri sebagai jasa penulis konten. Tingkatkan kualitas tulisan agar fee yang didapatkan bisa terus meningkat serta disukai banyak klien.

Makassar, 9 Oktober 2020



Share :

17 Komentar di "Inilah Cara Menjadi Penulis Konten Profesional"

  1. Setuju, penulis konten harus terus meningkatkan kemampuan nulisnya biar harga jasanya semakin bagus..mereka juga kudu profesional..

    ReplyDelete
  2. Betul ka,jadi sebelum kita menjadi penulis profesional diperbanyak dulu pengalamannya

    ReplyDelete
  3. Terima kasih tips nya mba..sangat bermanfaat bagi kita yg infinenjadi penulis konten pro.

    ReplyDelete
  4. Pada dasarnya, dibandingkan mengikuti kelas gratis, mengikuti kelas berbayar itu ada keuntungannya, loh. Belajar dari guruku, ada yang namanya pertukaran energi di sana sehingga datangnya ilmu akan menjadi lebih cepat dan bertahan lama. Ini terkait juga dengan fakta bahwa segala sesuatu yang kita dapatkan secara gratis, kerap kita abaikan. Semoga kita dijauhkan ya dari sifat demikian.

    Terus, kapaaan ini aku menjadi penulis konten profesional? Kudu banyak belajar lagi nih, hihihi ...

    ReplyDelete
  5. Aku salut dengan penulis konten, produktif banget menghasilkan konten dalam sehari. Aku masih selow nih urusan ketik-mengetik. Perlu belajar banyak buat nulis dan ambil angle penulisan yang menarik.

    ReplyDelete
  6. Nah, yess always update and upgrade skill and knowledge too. I am agree with you. Is good motivation for us

    ReplyDelete
  7. Soal belajar, kadang isinya hampir sama sih, di tiap kelas. Jadi lebih efektif banyak latihan dan menerapkan ilmu yang udah didapat aja.

    ReplyDelete
  8. Trims tipsnya kak...aku cek dulu mana aja nih yang udah kulakukan hehe...

    ReplyDelete
  9. Kadang sedih banget kak Niar....jasa menulis konten yang hanya dihargai dibawah Rp 20.000 untuk satu tulisan.
    Huuhuu...lebih baik free writing di blog sendiri yaa..

    ReplyDelete
  10. Tips dari 1 sampai yang terakhir ini bikin aku makin memahami klo mau jd jasa penulis konten itu kudu banyak belajar lagi

    ReplyDelete
  11. Aku dulu pernah jd penulis kontemn di salah satu web parenting, sayang webnya dah tutup huhu.
    BBrp kali menemukan kerjaan yang sama tapi fee pertulisan kurang manusiawi menurutku, walau ya kyknya msh ada aja yang terima, tapi aku ngrasa suka sedih aja huhuhu
    Kyknya seru mbak kelasnya dan bener ngumpulin jejaring penting yaa

    ReplyDelete
  12. Menulis emang perlu banyak latihan & belajar ya makanya sedih kalo penulis dipandang sebelah mata apalagi dihargai murah

    ReplyDelete
  13. Saya baru tahu nih website Jawara Konten, kak. BTW, baca postingan ini ku jadi teringat momen bikin ulang CV kemarin. Huhuhu

    ReplyDelete
  14. Ada kelasnya ya penulis konten mau coba ikutan apalagi kalau masalah nulis artikel yang bisa bagus di google tentu harus punya ilmu ya

    ReplyDelete
  15. Kemampuan nulis kalau nggak diasah dan dibarengi dengan membaca emang bisa tumpul kok ya bun, tapi aku biasanya yang sederhana-sederhana nggak kuat tema berat pembahasannya ehehhe

    ReplyDelete
  16. kalau untuk menjadi seorang yang profesional, aku kudu banyak belajar, hiks.perjalanan masih panjang ternyata

    ReplyDelete
  17. Tulisan keren tata bahasa nya juga mudah di mengerti.. By. Inbelitung.com

    ReplyDelete

Untuk saat ini kotak komentar saya moderasi karena banyaknya komen spam yang masuk. Silakan tinggalkan komentar ya. Komentar Anda akan sangat berarti bagi saya tapi jangan tinggalkan link hidup. Oya, komentar yang kasar dan spam akan saya hapus ya ^__^