9 Ide Berkarya dengan Pipa Air

Ide Berkarya dengan Pipa AirPernah mendengar mengenai “pipa air Rucika”? Mungkin bagi sebagian orang yang terbayang hanyalah seputar perpipaan dalam pengaliran air ke/di rumah, kantor, atau pelosok desa, ya.

Padahal di jaman now, banyak hal yang bisa dikreasikan dengan pipa yang berbahan dasar PVC, PVC-O, PP-R, PE dan astolan ini. Tahukah pipa air bisa dijadikan bahan dasar untuk membuat berbagai macam barang?

Pipa air menjadi pilihan dalam berkarya dikarenakan bahannya kuat. Lihat saja pipa-pipa yang mengalirkan air dari PDAM ke rumah-rumah kita. Salah satu produk Rucika bahkan digunakan instansi-instansi pemerintah untuk mengalirkan dalam jarak yang cukup jauh[1].


Pipa Air Rucika

Bukan hanya digunakan untuk pendistribusian air ke pelosok desa Indonesia, pipa air Rucika juga menjadi bagian jaringan gas, kabel, dan sistem instalasi pipa lainnya. Kekuatan pipa paralon dari Rucika semakin apik ketika digabungkan dengan lem PVC dengan merek Ruglue yang juga keluaran Rucika.

Keberadaan Rucika sejak tahun 1973 menjadikannya lebih mumpuni untuk menjadi bahan penyusun sesuatu. Tentunya kita percaya jika “pengalaman adalah guru yang terbaik” maka bertahan hingga sejauh ini menjadikannya berpengalaman dalam bidangnya.

Jadi tak heran jika sejumlah orang memanfaatkan pipa, sambungan pipa, dan lem pipa dari Rucika untuk membuat karya dan sebagian menjadikannya sebagai sumber mata pencarian. Pencarian saya di Instagram menggunakan tagar #kerajinanpipaparalon telah membuktikannya dan membuat saya berdecak kagum.

 

Ini dia ide berkarya dengan pipa paralon yang bisa dilakukan:

 

1. Rak serba guna.

Saya melihat foto rak serba guna dari laman Facebook Rucika. Kelihatan sederhana tapi manis. Bisa meletakkan hiasan-hiasan dan benda-benda kecil para rak. Buku-buku, bahkan laptop bisa juga lho diletakkan di atasnya. Selain itu, saya kira bisa juga membuat rak sepatu dari pipa PVC.


Rak serba guna pipa air rucika
Rak serba guna, sumber fan page Rucika.

2. Tiang lampu.

Masih dari fan page Rucika, saya melihat foto tiang lampu dari pipa Rucika. Bentuknya unik, bercabang-cabang dan di setiap cabangnya ada lampu. Melihat ini saya terpikir ide lain. Selain dibuat jadi tiang lampu, bisa juga dibuat tiang untuk menggantung payung, jaket, atau jilbab.

Pipa air Rucika tiang lampu
Pipa air dibuat tiang lampu. Sumber fan page FB Rucika.

3. Meja kecil.

Dua macam ide tentang meja saya lihat di YouTube, yaitu membuat meja kecil segiempat, yang menggunakan kayu atau tripleks pada bagian atas meja. Yang satunya adalah meja kecil yang menggunakan kaca untuk bagian atasnya.

4. Lampu hias.

Lampu hias yang terbuat dari pipa paralon ternyata ada beberapa macam. Ada yang untuk lampu dinding dan ada yang diletakkan di meja. Dengan mencari melalui tagar #kerajinanpipaparalon di Instagram, saya dapati beberapa akun yang dalam kesehariannya menjual lampu hias yang terbuat dari pipa paralon.

Uniknya, modelnya bisa bermacam-macam. Lucu-lucu pula. Ketika lampunya menyala pada malam hari, terbentuk wajah tokoh kartun. Ada juga yang menyertakan kaligrafi di kerajinannya.


Pipa air Rucika lampu hias
Lampu hias dari pipa paralon. Sumber: akun IG @by_majeppu

5. Boks dan pagar pembatas bayi.

Saya terkesan dengan sebuah tutorial membuat boks bayi (play pen), di YouTube. Boks bayinya merupakan boks yang diletakkan di atas matras empuk. Dengan cara yang mirip seperti pembuatan boks bayi pagar bayi bisa dibuat.

Asyiknya pagar dan boks bayi seperti ini, mudah dipindah-pindahkan tempatnya sehingga bayinya juga tidak bosan selalu berada di dalam tempat terkurung.


Tutorial membuat boks/pagar pembatas bayi dari pipa PVC.
Sumber channel YouTube Papi Kreatif.

6. Gantungan baju.

Cara membuat gantungan baju dari pipa Rucika, bisa dicari tutorialnya di YouTube. Biaya buat sendiri jauh lebih murah ketimbang membelinya di super market. Saya pernah melihat model seperti ini di super market dan harganya mencapai ratusan ribu rupiah.

7. Instalasi hidroponik.

Nah ini yang lagi hits. Bertani di lahan sempit bisa dilakukan dengan bantuan instalasi yang terbuat dari pipa air Rucika. Panjangnya tergantung ketersediaan lahan dan kantong kita. Oya, ide daj Rusikasaya lihat di fan page Facebook Rucika.


Pipa air Rucika Instalasi hidroponik
Instalasi hidroponik, sumber gambar page FB Rucika.

8. Akuarium mini.

Akuarium hias mini dari pipa PVC beserta sambungan-sambungannya bisa diandalkan untuk me time seisi rumah dengan membercandai suami dan belajar tanggung jawab bagi anak. Harganya tentunya jauh lebih murah ketimbang membeli akuarium di super market atau mal terkenal.

9. Kotak Tisu

Kotak tisu dari pipa air? Rasanya tidak mungkin ya? Namun ada yang membuatnya. Dan hasilnya, kotak tisu yang elegan. Bagus juga buat dijadikan hadiah atau merchandise.


Pipa air Rucika tempat tisu
Tempat tisu dari pipa paralon. Sumber foto
akun IG @marlina_pvc_art.


Nah, bagaimana, apakah kalian pernah melihat kerajinan dari pipa paralon? Atau pernah membuat prakarya dari pipa air rucika? Cerita dong, di kolom komentar di bawah ini.

Makassar, 15 Oktober 2020



[1] https://ekonomi.bisnis.com/read/20190528/257/928562/produsen-pipa-rucika-minta-distribusi-air-bersih-diperluas (diakses 14 Oktober 2020, pukul 23:12 WITA)



Share :

38 Komentar di "9 Ide Berkarya dengan Pipa Air"

  1. Kalau pipa bekas masih boleh ya. Pipa baru? Duh sayang, hahaha. Rucika kan bagus pipanya. Buat saluran air aja dah

    ReplyDelete
  2. Ya ampunn kreatif sekali ya mereka hihihi keren ^^ Kemarin saya lihat tenda tenda dari pipa paralon untuk anak anak.. Kece juga mba..

    ReplyDelete
  3. aku baru sebatas cita2 haha. sudah bikin rancangan buat tempat mainan meong. tp ya gitu deh, realisasinya masih nol besar hihihi

    ReplyDelete
  4. Yang lebih sering aku lihat dari karya pipa air itu rak buku dan lampu. Karena salah satu hotel di Bandung lampu mejanya dari pipa air loh.

    ReplyDelete
  5. Wah kreatif idenya. Ga kepikiran ide kreatif gini pake pipa. Lucu nih buat lampu dan akuarium. Sayang ga ada foto ilustrasinya nih

    ReplyDelete
  6. Pipa air memang bisa dikreasikan macam2, sih. Kalau udah bekas enak bisa dibikin begini.

    ReplyDelete
  7. Wah selama ini gak kepikiran memenafaatkan pipa air buat aneka barang menarik gini kak...Tahunya cuma buat hidroponik aja nih...Ternyata bisa jadi barang unik berfaedah lainnya juga ya...

    ReplyDelete
  8. Suamiku bikin jemuran handuk dari pipa mbak, karena nggak ada kayu dan bambu. Adanya pipa-pipa bekas, ya udah di potongi dan dirangkai deh sama dia

    ReplyDelete
  9. Kreatif banget sih orang-orang sampai pipa air bekas bisa dijadikan produk yang bermanfaat ya, go green Kak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener kak. Selain Go Green, jadi lebih mengasah kretivitas juga yaa. Ide bisa datang dari mana saja, termasuk dari pipa air. hahahha

      Delete
  10. Pipa air biasanya aku lihat untuk instalasi hidroponik aja sih mbak, ternyata setelah dibaca lagi bisa buat macem-macem ya. Kreatif sekali. Ini di rumah juga ada pipa air nganggur, lumayan kalau buat meja kecil.

    ReplyDelete
  11. Wah yang paling kece untuk tempat tisu, kok bisa sih punya ide kreatif gini. Tapi yang lampu jugaKjuga keren, bikin gemes. Nah kalo untuk hidroponik udah sering lihat, Mbak. Pipa air merk Rucika emang bagus sih, sisanya kan ini yang digunakan? Di rumah ada banyak barang sisa proyek milik suami juga, selama ini baru pernah digunakan untuk tempat jemuran. Kadang diminta tetangga untuk prakarya anak sekolah, atau untuk nambah kekurangan penyambungan pipa air

    ReplyDelete
  12. Oh iyaa..aku jadi inget temenku pernah ngajakin pesen bikin rak hidroponik di rumah.
    Bahannya cukup dari pipa air yang ringan sehingga bisa dipindahkan dengan mudah.

    ReplyDelete
  13. Kreatif ya... Bs jadi tiang lampu, sampe kotak tisu... Jd gak sebatas mengalirkan air saja ya si Pipa Rucika ini. Nice share Mbak

    ReplyDelete
  14. Wah ternyata bisa jadi banyak barang ya mbak..
    Aq tahunya cm buat hidroponik aja

    ReplyDelete
  15. wahh favoritnya Rani nih berkarya dengan segala macam bahan. Hmm..karya apa ya kirakira yang bisa dihasilkannya dengan pipa rucika?

    ReplyDelete
  16. Boleh juga NIH mbak buat dekor rumahku nanti, kreatif serta gak makan banyak biaya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bikin aquarium dari pipa air lucu juga ya sepertinya mba, jadi ingat pernah nonton di youtube aquarium dari rice cooker rusak malah jadinya kece...

      Delete
  17. yang pernah aku liat langsung sih buat tanaman hidroponik mba, baca-baca ini kreatif juga ya mba bisa buat rak dll..

    ReplyDelete
  18. wah, banyak ide berkarya dari pipa air ya..Bisa nih dicoba juga. Di rumah pernah bikin untuk gantungan shower curtain..gordin untuk pembatas shower di kamar mandi itu..Memang multifungsi nih pipanya

    ReplyDelete
  19. Eh bener juga ya pipa bisa dimodif buat gantungan baju. Saya pas kebetulan butuh gantungan buat baju nih. Nanti coba saya searching di yutub ah caranya.

    ReplyDelete
  20. Ide ide ini mengingatkan saya ketika masa kecil deh mbak, ayahku dulu sering banget tunjukin beberapa hal yang terbuat dari pipa, karena memang bentuknya yang seperti tabung jadi banyak ide yang bisa dibuat untuk berkarya

    ReplyDelete
  21. Menarik juga nih, itu yang dibikin rak mba. Jadi pengen bikin juga nih.

    ReplyDelete

  22. the other day you saw at a bank, for a table eh a unique handwashing place is also good, I forgot the motto, the idea is great too

    ReplyDelete
  23. Ih keren sekali macam-macam karya yang dihasilkan dari paralon ya mba.

    Saya pernah liat itu Walker bayi menggunakan paralon dan juga buat rak.

    Untuk kreativitas yang lainnya pengen juga ah nyobain

    ReplyDelete
  24. Nice idea mak! Hasilnya juga keren sekali, teus bisa dimanfaatkan pula. Thank you for sharing

    ReplyDelete
  25. waw waw waw, gakepikiran nih bikin rak pake pipa. Lucu bentuknya yaaaa.. nanti mau cobain buat juga ah. Makasi infonya maaaak

    ReplyDelete
  26. Udah pernah lihat ide membuat DIY dari pipa, malah ada juga ya untuk post hidroponik. insyaAllah kalau sudah ada waktu senggang ingin juga berkreasi bersama anak anak

    ReplyDelete
  27. Kreatif ya..ada macam2 hasilnya. Adikku bikin yg rak hidroponik mba..bagus juga..

    ReplyDelete
  28. YA Allah kreatif sekali. Kalau yang seperti ini suamiku senang mba. Bisa lebih berkreasi dengan alat atau bahan yang ada. Makasih idenya mba

    ReplyDelete
  29. Duh, seriusan ternyata kalo diulik secara kreatif banyak banget benda bermanfaat yang bisa dibikin dari pipa air yah mbaaak! Kereeeen

    ReplyDelete
  30. Wuih ide2nya keren nih...tp kalau pipa baru mending sesuai fungsinya aja..sayang kan bagus buat pipa air hehe

    ReplyDelete
  31. Those are very creative ideas. I love to see what we can do or make from this particular product.

    ReplyDelete
  32. Wah, beneran tadinya ga kebayang lho mba ternyata pipa air bisa dibuat menjadi barang-barang kreatif begini. taunya ya udah untuk saluran air aja. Bisa untuk bahan pencarian ide nih ntar kalau ingin mendekorasi rumah dengan sesuatu yang antimainstream.

    ReplyDelete
  33. Aku penasaran banget pingin bikin instalasi hidroponik sendiri. Tapi kayaknya bakalan nyerah duluan soalnya agak ribet kayakny

    ReplyDelete
  34. Dulu pingin bikin ketapel dan roket air pake pipa pralon.. tapi belum sempat2 sampai sekarang

    ReplyDelete
  35. Ditempat saya biasanya buat hidroponik
    Bahakan ada yang buat untuk latihan berjalan anak kecil.

    ReplyDelete
  36. Kreatif sekali ide nya se kreatif tulisannya

    ReplyDelete

Untuk saat ini kotak komentar saya moderasi karena banyaknya komen spam yang masuk. Silakan tinggalkan komentar ya. Komentar Anda akan sangat berarti bagi saya tapi jangan tinggalkan link hidup. Oya, komentar yang kasar dan spam akan saya hapus ya ^__^