Ketahui Rental Mobil Pontianak Singkawang untuk Wisata Idaman

Ketahui Rental Mobil Pontianak Singkawang untuk Wisata Idaman  – Gara-gara Koh Dodon Jerry alias Dony Prayudi nih sampai-sampai Pontianak menjadi salah satu tempat yang masuk dalam wishlist tujuan wisata favorit dalam alam bawah sadar saya.😀

Bagaimana tidak, feed Instagram lelaki yang saya kenal dari komunitas dan grup blogger ini penuh dengan makanan dan cerita jalan-jalannya. Alamat blognya saja namanya www.tukangjalanjajan.com. Nama yang menggambarkan kesukaannya dengan aktivitas jalan dan makan (jajan).

Koh Dodon layak nih mendapat predikat sebagai duta pariwisata Pontianak di dunia maya. Dalam pikiran saya yang belum mengenal Pontianak dan Kalimantan Barat, berkat dirinya, alam bawah sadar saya menandai Pontianak dan Kalimantan Barat sebagai tempat wisata kuliner asyik.

Rental Mobil Pontianak Singkawang

Uniknya Kalimantan Barat, dari postingan-postingan Koh Dodon memperlihatkan gambaran akulturasi budaya setempat dan Tionghoa. Kalau dalam makanan, terlihat dalam jenis mie-miean dan camilannya.

Untuk Pontianak sendiri, berbagai macam jenis makanan baik yang tradisional dan modern disambagi Koh Dodon dan dituliskan di blog dan didokumentasikan di akun instagram @dodon_jerry. Sebagian dari makanan yang di-posting-nya merupakan hasil akulturasi Tionghoa dan makanan setempat atau memang makanan tradisional Tionghoa.

Menariknya, ada beberapa jenis makanan khas daerah Singkawang yang ditulisnya yang membuat saya tertarik sehingga pengen mencicipinya. Jadinya berimajinasi kan, sampai-sampai mencari informasi rental mobil murah Pontianak. Soalnya tak lengkap yang namanya wisata tanpa tahu sewa mobil per jam Pontianak berapa.

Tak apalah ya, menabung impian dulu kita.


Kuliner Pontianak Singkawang


Sebut saja choipan atau chaikwe. Baik orang di Pontianak maupun di Singkawang, sama-sama familier dengan camilan yang satu ini. Dibalut dalam adonan tepung berwarna putih, choipan diolah secara dikukus ataupun digoreng. Kalau di Singkawang choipan ini masih bisa diperoleh seharga Rp.1500 - Rp.2000 per buahnya lho.

Berdasarkan postingan Instagram Koh Dodon, isian choipan ini bisa macam-macam seperti kucai, bengkuang, kacang hijau kupas, rebung dan keladi. Untuk versi Singkawang bentuknya mirip dengan dim sum. Sedangkan untuk yang di goreng, bentuknya seperti koin – demikian penjelasannya.

Bun tahu ... apa itu? Terbetik tanda tanya di benak saya ketika membacanya pertama kali di postingan Koh Dodon. Saya melanjutkan membaca. Ternyata jenis makanan ini adalah tahu yang ditumis dengan kuah kental aneka saus plus seafood segar.


Ikan Asam Manis Singkawang
Salah satu postingan Koh Dodon yang bikin
penasaran.


Nila asam manis. Hm, sebagai penggemar masakan ikan, postingan makanan ikan dari daerah-daerah lain di Indonesia selalu saja menggoda. Kabarnya ikan yang disantap Koh Dodon ini aman dari bau tanah dan sudah dala, bentuk fillet yang dibaluri tepung. Setelah itu ikan balur tepungnya digoreng kering lantas disiram saus asam manis plus potongan timun dan nanas segar.

Menurut blog www.tukangjalanjajan.com, mie asin atau misoa ala Singkawang itu bentuknya tipis dan halus, terbuat dari tepung terigu. Tapi bentuknya tidak selangsing bihun. Kalau di tempat lain sulit mendapatkannya, di Singkawang bisa diperoleh dengan mudah dan rata-rata mengolahnya menjadi sup mie.

Ya ampun. Membaca jenis-jenis makanan ini ngiler saja bawaannya. 😊


Wisata di Singkawang


Salah satu ajang wisata budaya yang terkenal di Singkawang adalah pada saat perayaan Cap Go Meh. Di belahan dunia lain, perayaan Cap Go Meh diuga sudah dirayakan sejak 2000 tahun lalu. Yaitu pada zaman Dinasti Han (206 Sebelum Masehi – 25 Masehi).

Di Indonesia, perayaan yang disebut juga sebagai Hari Kasih Sayang versi China ini menjadi istimewa karena terlah berakulturasi dengan budaya daerah setempat. Seperti halnya di Makassar yang rutin dilakukan setiap tahun – terkecuali ada pertimbangan khusus, Cap Go Meh di Singkawang juga rutin dilaksanakan setiap tahunnya.


Danau Biru Rental Mobil Pontianak Singkawang
Danau Biru.


Selain itu ada sejumlah destinasi pariwisata alam di Singkawang yang sangat layak dieksplorasi, seperti:

  1. SCC (Singkawang Cultutaral Center)
  2. Air Terjun Sibohe
  3. Wisata Pulau Randayan
  4. Wisata Pulau Lemukutan
  5. Kuliner Pasar Hongkong
  6. Taman Batu Belimbing
  7. Cagar Budaya Rumah Keluarga Thjia
  8. Danau Biru Singkawang
  9. Taman Batu Belimbing
  10. Danau Tadow Indah
  11. Pantai Pasir Panjang
  12. Pantai Batu Burung
  13. Palm Beach
  14. Hutan Mangrove Setapuk
  15. Pemandian Eria
  16. Masjid Raya Singkawang/Klenteng Tua Bumi Raya
  17. Vihara Dewi Kwan Im

Vihara Tertua di Pusat Kota Singkawang
dengan Latar Masjid Raya Singkawang

Di antara sederetan daerah tujuan wisata Singkawang di atas, yang paling bikin saya penasaran adalah Hutan Mangrove Setapuk. Tahu kan kalau di Indonesia tak banyak hutan mangrove? Padahal kan wilayah lautan kita sangat luas.

Sebagai negara kepulauan terbesar di dunia, negara kita tuh mempunyai wilayah laut seluas 6,4 juta kilometer bujur sangkat atau sekira 77% dari total luasan Indonesia. Kita sangat membutuhkan hutan bakau (mangrove) untuk mencegah perembesan air laut ke tanah daratan. Nyatanya tak banyak daerah di Indonesia yang memiliki hutan bakau ini.

Waktu saya masih kecil, tahun 1980-an, pesisir Selat Sulawesi memiliki deretan pohon bakau. Masih tersimpan di dalam memori saya, ketika berperjalanan dari Makassar ke Kabupaten Soppeng melalui jalan lintas provinsi yang menghubungkan setiap kabupaten di sisi barat Sulawesi Selatan, jejeran pohon bakau terlihat di tepi laut.

Hutan Mangrove Setapuk
Hutan Mangrove Setapuk. Sumber
Pariwisata Kota Singkawang.


Sayangnya lama-kelamaan pohon-pohon itu terbabat habis karena dijadikan bahan baku kertas namun sayangnya, tak ada pelestariannya. Nah kerinduan akan pemandangan hutan bakau pada masa-masa itu yang merasuki saya hingga saat ini.

Ingin melihat dari dekat tanaman yang mampu menjaga biodiversitas karena menjadi sumber makanan bagi ekosistemnya ini. Pernah melihat-lihat gambar mengenai beberapa hutan mangrove yang memang sengaja dikelola, salah satunya Hutan Mangrove Setapuk ini.

Melalui pastikesingkawang.id, saya peroleh informasi bahwa selain menikmati keindahan hutan bakau, pengunjung memperoleh edukasi mengenai hutan mangrove beserta manfaatnya.  Di lokasi wisata ini terdapat warung lokal untuk kulineran.

Dan, agar dapat menyusuri pantai areal hutan mangrove Setapuk, pengunjung bisa menggunakan speed boat dengan biaya Rp. 3.000. Murah, ya?


Rental Mobil Singkawang Pontianak
Wisata Kuliner Singkawang Coipan atau
Chai Kue Rumah Marga Thjia dan Rujak Thai Pui Tji


Ke Singkawang, Perlu Tahu Informasi Rental Mobil Pontianak Singkawang


Harga sewa mobil Pontianak Singkawang perlu ditelusuri terlebih dulu sebelum berkelana ke Pontianak lalu ke Singkawang. Seorang kawan menginformasikan di mana bisa sewa mobil Pontianak Singkawang yang terpercaya.

Esqiu Rent Car namanya. Bahkan mulai dari bandar udara Supadio, kita sudah bisa memakai jasanya hingga ke kota Singkawang. Tersedia layanan antar-jemput baik dari dalam maupun luar kota Singkawang sampai ke tujuan.


Rental Mobil Singkawang Pontianak
Rental mobil Singkawang Pontianak.


Khusus untuk layanan utama kota Singkawang, tersedia layanan profesional dan terjamin keamanannya. Hubungi saja nomor Whatsapp 082218555888 untuk informasi lebih lengkapnya mengenai rental mobil Pontianak Singkawang.

Oya, adakah di antara kalian yang pernah ke Pontianak dan Singkawang? Boleh ya berbagi cerita tempat wisata dan kuliner apa lagi yang menarik di sana?

 

Makassar, 23 Agustus 2020



Share :

28 Komentar di "Ketahui Rental Mobil Pontianak Singkawang untuk Wisata Idaman"

  1. Aku setuju Mbak Niar Koh Dodon ini bikin mupeng ke Pontianak...Feed-nya itu kalau ga makanan yang tempat wisata di sana, jadi pengin ke sana.
    Aku belum pernah ke sana, tapi suamiku pernah ditempatkan kerja di sana saat masih lajang, Jadi penginlah dia nostalgia ke sana sekalian ngajak aku sama anak-anak. Semoga nanti:) Bisa deh sewa mobil di info ini...

    ReplyDelete
  2. Beloom pernaah akutu, baru sampe Bandara Pontianak doank, itirpun transit beberapa jam hahaa. Ahh, next pengen explore singkawang, itu hutan mangrove yang menggoda buat dikunjungi. Btw beneran itu 3ribu sewa speedbot, murmer banget atulah Mak. Kuy aah kita ke sana sambil mo nyemiil Choi pan, udah ngesave nonya barangkali nanti butuh rental mobil yang mo ngajak kelliling2 Singkawang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga suatu saat sempat masuk ke kota Pontianak dan Singkawang buat kulineran ya Teh.

      Delete
  3. Belum pernah ke Singkawang huhuhu.. kota di Kalimantan yang pernah saya datangi tuh baru Banjarmasin dan Balikpapan. Semoga suatu saat ada kesempatan ke Singkawang deh~

    ReplyDelete
  4. Semoga suatu hari nanti aku bisa mampir ke Singkawang aamiin. Pengen deh ke Hutan Mangrove Setapuk trus makan Choipan, nyobain misoa, menikmati nila asam manis dll. Seru kayaknya sekalian berkunjung ke vihara tertua di sana. Enaknya sewa kendaraan ya apalagi beramai2, jadi bisa lebih fokus melihat2 pemandangan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. wih nyaman banget itu Mbak apalagi kalau ada travel mate ya bakal lebih seru.

      Delete
  5. Duh Choipannya bikin laper banget...enak banget tuh choipan apa lagi asli dari singkawang...saya nonton di film Aruna & Lidahnya kuliner di Singkawang ini enak-enak banget...SEmoga bisa kesana nanti

    ReplyDelete
  6. Aku blom pernah ke Singkawang Mba Niar.
    Masih butuh rentalan mobil pas di sana.
    Biar nyaman klo mau kulineran..

    Kulinernya khas bgt yaa btw

    ReplyDelete
  7. Singkawang nih kalau pas Chinese New Year ada festivalnya bagus banget, jadi Januari 2020 sempat mau kesana karena pengen explore Singkawang tapi kita bingung transportasi selama disana. Baca tentang transportasi Singkawang ini jadi dapat pencerahan untuk kasih tau teman-teman.

    ReplyDelete
  8. Choipan itu aku suka banget mbak udah beberapa kali nyobain tapi buatan teman, mudah2an aja rasanya sama hehe. Seru ya kalo liburan kesana kulineran rame2, rental mobil bareng :)

    ReplyDelete
  9. Dulu pernah ada teman kuliah orang singkawang... Pengen banget bisa main ke sana dan nyobain kulinernya...

    ReplyDelete
  10. Sering banget dengar indahnya kota Singkawang, mulai kuniner sampai tempat wisata. Choipannya enak banget mbk.. Chaikue itu beda ya sama cakuwe

    ReplyDelete
  11. Pontianak ini jadi salah satu wishlist yang ingin aku kunjungi, mbak. Tertarik sama wisata kulinernya yang ada di sana. Apalagi setelah nonton film Aruna dan Lidahnya yang syutingnya di sana. Itu film bener-bener bikin makin penasaran sama Pontianak. Temenku ini ada yang orang Pontianak dan kalau dia pulang kampung tuh pengen banget ikut. Hahaha!

    ReplyDelete
  12. Berarti di Singkawang kulinernya banyak Chinesefood gitu ya, Mba? Objek wisatanya banyak juga nih. Catat dulu ah buat referenai kalau mau liburan ke sana.

    ReplyDelete
  13. Wah setuju nih, aku juga seringnya begini. Kalo berwisata sukanya nyewa mobil rental. Apalagi kalo ke kota yang belom aku tahu. Biar gak nyasar, dan biar langsung ke tujuan, karena tidak tahu rute. Malah di kota yang tahu pun, sukanya tetep naik mobil rental. Kalo keluarga yang nyetir kasian. Bukannya menikmati wisata, malah capek. Tapi pastinya, rental yang dipilih yang terpercaya. Biar gak ada cerita aneh-aneh.

    ReplyDelete
  14. Singkawang.
    Aku pernah dengar nama Singkawang saat ada liputan khusus di channel Animal Planet.
    Choipannya bikin ngiler..

    ReplyDelete
  15. wuiih, Singkawang is unique culture and art, Should we are visit there wuth our family

    ReplyDelete
  16. Belum pernah ke Singkawang tapi selalu ingin melihat festival Cap Go Meh di sana. Dari dulu saya memang suka dengan tradisi Tionghoa, apalagi ditambah makanan khas festival yang jarang ada di hari-hari. Next time kalau ada kesempatan berkunjung ke Pontianak harus mampir nih.

    ReplyDelete
  17. Wisata di Singkawang banyak juga ya. Jadi penasaran deh pengen jelajahi kesana juga.

    ReplyDelete
  18. Ada kampung Cina juga ya di sana mba? Bangunannya sama kayak kampung Cina di tempatku. Makanannya buat tergiur nih terutama seafood nya diolah apa saja enak

    ReplyDelete
  19. Suamiku lahir dan besar di Pontianak mbak, dan ceritanya selalu kangen kuliner Pontianak hehe..rindu banget dia pengen Napak tilas semoga ada rezekinya nanti..

    ReplyDelete
  20. Sebesar apa Singkawang ini yaa, kak Niar?
    Tempat wisatanya amazing!
    Gak cukup kalau menginap seminggu pun yaa..

    ReplyDelete
  21. Aku orang kalimantan tp blm pernah ke pontianak dunk. Haha. Pengen suatu hari kesana n coba rental mobil disana jg.

    ReplyDelete
  22. Wah aku belum pernah ke Pontianak nih..kayaknya perlu nih direncanakan.. lalu disana sewa mobil yak buat jalan2 keliling Pontianak

    ReplyDelete
  23. Wah aku punya temen di Singkawang nih. Deket kah dari tempatnya Mbak Niar? Kalau ada rejeki ke sana kudu rental mobil aja ya biar nggak kesasar XD

    ReplyDelete
  24. aduh aduh baca postingan ini dan lihat-lihat fotonya, saya kok jadi pengen nulis singkawang juga di wishlist. Pemandangan alamnya bagus banget, apalagi ada 17 destinasi wisata alam di sana

    ReplyDelete