Ingin Menggunakan Furniture Kantor Kayu Bergaya Klasik? Begini Cara Memilihnya

Siapa yang suka furniture, baik di rumah ataupun untuk furniture kantor, atau perabot untuk “berkantor di rumah” yang berbahan kayu? Alasannya apa? Apakah karena kesannya elegan? Hm, mungkin karena alasan ini, ya?

Bagi Anda yang tertarik untuk memilih furniture kantor berbahan kayu sebagai bagian dari style interior kantor, ternyata ada beberapa hal yang harus diperhatikan terlebih dulu, lho. Hal yang paling penting dan sangat perlu dipastikan adalah jenis kayu yang dipergunaan. Pastikanlah material kayu jati sebagai pilihan Anda.


Mengapa? Alasannya adalah karena kayu jati memiliki nilai estetika tersendiri dan juga karena kayu jati itu terkenal awet sekaligus kuat/tahan lama. Hal-hal tersebut menjadikan furniture kayu jati ini lebih unggul dibandingkan dengan jenis-jenis kayu lainnya yang biasa dipergunakan sebagai bahan pokok perabot.

Setelah memilih jenis kayu jati, hal berikutnya yang perlu diperhatikan adalah kualitasnya. Agat mendapatkan jenis kayu jati yang berkualitas, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan. Di antaranya adalah sebagai berikut :

Pilihlah perabot dari kayu jati yang sudah tergolong tua.

Tahukah Anda bahwa semakin tua umur kayu jati, maka akan semakin kokoh pula kekuatannya? Selain dari itu, kayu jati yang sudah tua, akan semakin terlihat serat kayunya sehingga bisa menampilkan kesan estetik yang dimilikinya. Jadi Anda bisa menonjolkan sisi furniture kantor yang terkesan modern klasik.



Pastikan memilih kayu jati dengan ciri berikut.

Nah, kayu jati yang sudah tua itu memiliki beberapa ciri khusus. Ciri-cirinya, di antaranya adalah teksturnya yang lebih padat dan juga rapat, kemudian beratnya yang lebih berbobot, lebih keras, serta memiliki warna coklat kemerahan yang agak merata.

Dengan jenis yang seperti ini, Anda hanya perlu memolesnya sedikit tanpa merusak nilai estetika yang dimilikinya.

Hindari kayu jati yang masih muda.

Selain pengetahuan mengenai jenis kayu jati yang tua, tentunya perlu juga memahami ciri kayu jati yang masih muda dong, ya supaya bisa membedakan keduanya. Kayu jati yang masih muda itu biasanya terlihat rapuh dan belum memiliki nilai estetikanya.

Furniture dengan bahan kayu jati muda juga terkesan tidak kuat dan kayunya berwarna pucat serta tidak memiliki garis tegas.

Hindari jenis kayu jati yang banyak lubangnya.

Jika menemukan furniture kantor dengan material kayu jati yang berlubang pada bagian permukaannya, jangan dipilih. Mengapa? Karena lubang pada kayu jati memberikan petunjuk bahwa kayu tersebut sudah terserang hama.

Lubang yang dihasilkan adalah lubang yang dibuat oleh beberapa serangga kecil yang masuk ke dalam kayu tersebut dan saling terhubung dari satu lubang ke lubang lainnya. Maka dari itu, meskipun furniture tersebut terlihat kokoh diluar, sebenarnya perabot tersebut sangat rapuh bahkan tidak tahan lama.


Jangan sungan menanyakan asal dari kayu jati.

Untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal, Anda bisa menanyakan kepada penjualnya dari mana kayu jati tersebut berasal. Mengapa? Karena setiap daerah memiliki jenis tanah yang berbeda-beda.

Perbedaan jenis tanah akan menghasilkan jenis kayu jati yang berbeda. Jenis kayu jati terbaik yang saat ini tercatat adalah yang berasal dari Jawa Timur, Jawa Tengah dan pada urutan ketiga adalah Jawa Barat.

Oleh karenanya, biasanya perabot kantor yang berasal dari Jawa Timur, memiliki harga yang lebih tinggi daripada yang berasal dari daerah-daerah lainnya.

***

Bagaimana, Teman? Semoga sudah sedikit membantu untuk memperoleh gambaran, ya?

Jenis furniture kantor seperti apa yang akan Anda pilih? Jika Anda belum mendapatkan jawabannya, Anda bisa memilih terlebih dahulu beberapa produk perabot kantor yang berkualitas, ekonomis, dan tentunya modern. Bolehlah berkunjung ke website arkadia furniture sebagai bahan referensi.



Catatan:
Gambar-gambar dari https://arkadiafurniture.co.id/



Share :

13 Komentar di "Ingin Menggunakan Furniture Kantor Kayu Bergaya Klasik? Begini Cara Memilihnya"

  1. Kayu jati memamg terbaik. Tapi itu td harus tau juga jati yg bagaimana. Tapi ada juga loh pengrajin khusus membuat furniture berbahan jati bekas/sisa hehe

    ReplyDelete
  2. JAdi inget kampung halaman ayahku di madiun yang penuh dengan kebun jati. Emang kualitas jati di Jawa timur itu juara mbak.

    ReplyDelete
  3. wuah ya? yang terbaik ada di jatim?
    padahal meubel terbaik di jateng ya..
    jadi menanamnya di jatim, mengolah menjadi mebelnya di jateng

    ReplyDelete
  4. Furniture kayu, memang terlihat memiliki nilai estetika. Tips-tips memilih furniture kayu ini begitu informatif mba

    ReplyDelete
  5. Furniture kayu sgt bagus, tp untuk kualitas nya, harus pinter2 mengecek jenis kayu.

    ReplyDelete
  6. SUka perabotan kayu karena terlihat klasik dan elegan. Tapi kalo di rumah untuk rak buku aku nggak berani pakai yang kayu, Mbak. Kelembapan tinggi euy. Belum lagi rayap dan sejenisnya.

    ReplyDelete
  7. Karena kayu jati mahal, perabot saya kebanyakan kayu nangka. Warnanya kuning. Tinggal dipelintir coklat bening, bikin perpaduan warnanya makin cantik juga. Lumayan. Tak ada jati, kayu nangka pun jadi.

    ReplyDelete
  8. Dilema memang memilih perabot kayu, tp jika bisa memilih yang berkualitas pasti awet ya mba. Syukurlah ada Arkadia furniture yang bisa membantu kebutuhan furniture kantor.

    ReplyDelete
  9. Jadi asal kayu jayinya juga penting untuk diketahui ya Mbak kalau mau yang kualitas bagus.

    Tapi emang bener sih, kayu jati emang bagus buat perabot, dulu punya gerobak soto dari kayu jati tu bagus banget.

    ReplyDelete
  10. Perabotan kayu membuat ruangan terasa nyaman. Bekerja pun akan makin nyaman.

    ReplyDelete
  11. Furnuture kayu akan membuat nyaman ruangan. Bekerka pun jadi nyaman.

    ReplyDelete
  12. Saya suka lihat perabot dari kayu jati. Kesannya klasik dan elegan. Tapi memang lebih mahal harganya. Dan kita mesti tahu spesifikasinya. Tips yang membantu ini, Mbak

    ReplyDelete
  13. Ternyata kayu jati bisa juga dibuat jadi furniture dengan desain modern minimalis gini ya. Cocok untuk kantor kalau gitu. Biasanya kan desain mebel kayu jati klasik dan penuh ukiran.

    ReplyDelete

Untuk saat ini kotak komentar saya moderasi karena banyaknya komen spam yang masuk. Silakan tinggalkan komentar ya. Komentar Anda akan sangat berarti bagi saya. Tapi komentar yang kasar dan spam akan saya hapus ya ^__^