Tips Memperbarui Dapur Agar Lebih Modern dan Ngetren

Tips Memperbarui Dapur Agar Lebih Modern dan Ngetren - Dapur merupakan sebuah ruangan yang pasti ada dalam tiap hunian. Fungsinya sebagai tempat untuk membuat kebutuhan makan dan minum sehari-hari, menjadikan ruang ini berperan sangat penting untuk kehidupan para pemukimnya.

Bagi sebagian orang, seperti para ibu rumah tangga yang bekerja dari rumah, dapur menjadi sangat penting artinya. Karena sebagai salah satu pusat dari aktivitas dalam hunian, bekerja di ruangan yang dekat sekali dari dapur membuat mereka menganggap ruangan ini sebisa mungkin didekorasi dengan baik.

Tips Memperbarui Dapur Agar Modern dan Ngetren

Saya pernah melihat Kak Novie, teman blogger Makassar posting foto spot kerja yang ditatanya dekat dari dapur. Suka saya melihat cerita dan tips desain interior yang diunggahnya di media sosial. Tak sulit bagi Kak Novie yang memang seorang desainer interior ini untuk menata ruangan yang artistik sekaligus nyaman.

Bagi Anda yang belum pernah mendekorasi dapur hunian Anda, khususnya sejak pertama kali membeli rumah atau unit jual apartemen yang ditempati sekarang, mungkin sudah saatnya Anda berpikir untuk mulai mendekorasinya.

Sama seperti mendekorasi ruang pada umumnya, mendekorasi dapur tentu memerlukan perhatian khusus. Tak perlu memaksakan desain yang berlebihan sekali pun itu tujuannya untuk mengeksplorasi ide. Ya iyalah, kita sering mendengar pendapat yang menyatakan bahwa sesuatu yang berlebihan itu tak baik, kan? 😉

Gambar dari: lamudi.com

Nah jika dipaksakan, yang terjadi adalah membuang-buang budget untuk membeli elemen-elemen yang bisa jadi justru tak diperlukan. Ini perlu diperhatikan khususnya bagi Anda yang baru menggelontorkan dana untuk memboyong unit jual apartemen atau rumah.

Dalam memperbaruinya, paling aman adalah tetap berada pada zona nyaman Anda. Meskipun fasilitas dapur tersebut telah tersedia saat membeli unit jual apartemen atau rumah, Anda harus tegas memutuskan apakah itu nyaman buat Anda atau tidak. Toh yang akan berada di dalamnya setiap harinya Anda juga, kan?

Selanjutnya adalah melihat sekiranya apa yang memang sangat diperlukan atau memudahkan kegiatan Anda selama di dapur.

Tips Memperbarui Dapur Agar Modern dan Ngetren

Untuk membuatnya terkesan lebih modern, kolaborasikan atau sesuaikan beberapa elemen baru tersebut ke penataan desain dan furnitur yang dianggap nyaman sebelumnya. Bagi Anda yang tertarik untuk memperbaharui dapur menjadi terlihat modern dan mengikuti tren, berikut adalah hal-hal yang perlu diperhatikan, dilansir dari DailyMail.

Two Tone Colouring

Pewarnaan dua nada warna (two-tone) diketahui paling banyak diadopsi dalam pewarnaan dapur, khususnya dalam dapur-dapur pada unit jual apartemen. Pewarnaan yang ngetren ini pada dasarnya memadukan dua warna, dimana mengambil tone warna gelap dan tone warna terang.

Tone warna gelap dipilih untuk pewarnaan meja dan furnitur yang ada di dapur. Sementara itu, tone warna terang diaplikasikan pada dinding. Nah, soal warna ini memang tidak hanya menyangkut cita rasa, namun memang ada ilmunya, kan.

Tips Memperbarui Dapur Agar Modern dan Ngetren

Selama ini saat ditawarkan pada unit jual apartemen atau rumah baru, pewarnaan dapur cenderung menggunakan pewarnaan dan pemilihan motif yang sama. Misalnya nuansa dinding yang putih diikuti dengan lemari yang tone warnanya juga cerah. Padahal jika mengeksplorasi pada bagian pewarnaan, Anda akan menemukan nuansa dapur dan ruang makan lebih menarik.

Menggantungkan Rak terbuka

Memilih rak terbuka atau rak gantung untuk menempatkan beragam peralatan memasak dan makan sangat disarankan, dibanding memilih furnitur lemari biasa yang berdiri di lantai.  Rak-rak yang ditempelkan pada dinding dengan memberikan sedikit space diantara satu sama lainnnya akan membuat dimensi dapur yang menyenangkan dan menunjang aspek ruang yang dekoratif.

Ganti Pencahayaan Utama dari Plafon

Sama seperti ruangan lainnya, penerangan pada dapur biasanya juga berasal dari cahaya lampu di langit ruangan. Untuk membuatnya berbeda, coba untuk membuat pencahayaan utama berada di dinding, atau disinari cahaya matahari secara langsung di siang hari.

Photo by Milly Eaton from Pexels
Pilih pencahayaan di dapur yang sesuai dan elegan

Untuk penerangan di malam hari atau hari-hari yang cenderung gelap, menaruh lampu meja di atas meja makan atau lampu tempel di dinding  atau kabinet adalah opsinya. Kedua lampu yang tidak terpasang pada langit-langit tersebut diketahui akan membuat ruang terasa tinggi.

Menambahkan Elemen Lain

Cara memperbarui dapur juga dapat dilakukan juga hanya dengan menambahkan elemen-elemen yang belum ada saat pertama kali membeli rumah atau pilihan jual apartemen. Misalnya dengan menambahkan perangkat memasak elektronik di dapur.

Perangkat elektronik yang dimaksud contohnya oven, dish washer, atau mengganti kompor menjadi kompor listrik. Untuk perangkat-perangkat memasak elektronik yang membutuhkan meja, Anda tentu harus mempersiapkan meja tersebut.

Tips Memperbarui Dapur Agar Modern dan Ngetren
Perhatikan elemen tambahan pemanisnya

Menempatkan keset dapur atau kitchen mat juga merupakan aktivitas tren yang banyak dilakukan saat ini. Selain melindungi lantai dari cipratan minyak dan air saat memasak, keset tersebut juga memberikan kenyamanan disaat beraktivitas dengan lama di dapur. Pilih yang memiliki tekstur halus dan mudah dibersihkan, ya semisal jenis sintetis.

Well, inilah sedikit tips yang bisa saya share ke sini. Anda mungkin punya tips lain? Ceritakan di kolom komentar, ya Gaes.

Makassar, 13 Mei 2019



Share :

17 Komentar di "Tips Memperbarui Dapur Agar Lebih Modern dan Ngetren"

  1. Tipsnya lengkap banget, Mbak, langsung berasa punya dapur baru nanti. Pasti tambah senang memasak untuk keluarga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ya Mbak Susi, kalau dapurnya nyaman, masaknya juga jadi semangat.

      Delete
  2. Biasanya emak-emak paling repot nih soal dekorasi dapur, secara kan ini medan perangnya emak-emak hehehe
    Tapi bener sih, kalau penataan dapurnya udah enak dan nyaman, ruangan2 lainnya pasti juga lebih enak dan nyaman lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe iya. Biar emak-emak ndak bete memasaknya ya.

      Delete
  3. Nahhh bener bangettt apalagi untuk kebutuhan dapur agar praktis, simple, dan elegan dengan peralatan masak yang terjamin ya :D

    ReplyDelete
  4. Kereeen postingannya kak Niar. Sudah sangat detail dan gak perlu saya tambahin lagi. Makasiih ya sudah memasukkan saya dipostingan ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih sudah main ke sini Kak Novie hehe, tidak menyangka dibaca Kak Novie

      Delete
  5. Wow,selain tulis ternyata Ibu juga pintar desain interior..Sangat bermanfaat informasinya..Ntar ini bisa jadi panduan saya kedepan untuk memperindah suasana dalam rumah..

    ReplyDelete
  6. Ini cita-cita saya sejak dulu, memiliki dapur yang nyaman, bersih, dan indah dipandang mata. Sayangnya tidak semua tips di atas bisa diterapkan untuk dapur saya, terbentur pada masalah dana, hahaha....

    ReplyDelete
  7. Sepakat kak. Pada prinsipnya, dapur harus bersih dengan tata letak yang baik sehingga segala alat dan bahan masak bisa dijangkau dengan mudah. Kondusifnya dapur membuat mood masak lebih baik.

    ReplyDelete
  8. Aduh, sapur saya ukurannya satu kali dua meter. Pening juga untuk mengaturnya.
    Kalau soal modifikasi warna,saya sudah menerapkannya. Apalagi soal pencahayaan, dari ventilasi dinding dan atap. Terang pokoknya.

    ReplyDelete
  9. Sejak menikah, sy mulai cari2 referensi design rmh, alhamdulillah dpt jg tipsnya di sini, soal dapur kykx it jg sy utamakan krna tiap hr ke dapur 😂 supaya nd bosan hrus menciptakan suasana yg ceria

    ReplyDelete
  10. Cukup informatif. Saya sendiri sebagai lakilaki juga sering bersinggungan dengan dapur kalo di rumah, suka bereksperimen membuat masakan hehe.

    ReplyDelete

Untuk saat ini kotak komentar saya moderasi karena banyaknya komen spam yang masuk. Silakan tinggalkan komentar ya. Komentar Anda akan sangat berarti bagi saya. Tapi komentar yang kasar dan spam akan saya hapus ya ^__^