Tips Agar Anak Aman Menggunakan Gadget

Usai memberikan pemahaman tentang mengapa orang tua perlu terus belajar menghadapi perkembangan teknologi digital, Pak Amal memperlihatkan kepada para peserta Talkshow Pendidikan Orang Tua Hebat – Mendorong Sekolah Ramah Anak, Solusi Cerdas Optimalkan Potensi Anak di Era Milenial daftar aplikasi terpopuler di Play Store. Empat aplikasi terpopuler itu adalah: Hago (game interaktif), Tiktok yang sedang ramai dibicarakan itu, FB Lite, dan UC Browser. Oya, sebelum lanjut ke materi Pak Amal dengan tips-nya mengenai bagaimana agar anak aman menggunakan gadget, silakan simak tulisan-tulisan sebelumnya dulu, ya: Talkshow KerLip untuk Orang Tua Hebat di Jaman Now dan Pantaskan Diri Menjadi Orang Tua dengan Mempelajari Perkembangan Jaman Now, ya.


Kelihatan dari data di atas, ya – dua aplikasi “milik anak-anak” menjadi dua aplikasi terpopuler di jagad Android. Bisa dibilang, betapa anak-anak menguasai dunia digital. Nah, supaya mudah mengontrolnya, Pak Amal menganjurkan untuk ketika memerikan HP kepada anak, katakan bahwa HP milik kita (orang tuanya), kepada anak hanya dipinjamkan dan sewaktu-waktu dapat diambil kembali.

Sebaiknya orang tua juga bisa berenang, ya.

Lalu, agar bisa menjaga keamanan anak dan kenyamanan kita (karena telah memberikan perlindungan yang maksimal) maka lakukan langkah-langkah berikut agar anak aman menggunakan gadget:
  1. Siapkan akun Google yang aman dan privat di HP kita berikut akun Google anak-anak.
  2. Install Google Map, aktifkan lokasi. Melalui aplikasi ini, orang tua bisa mengecek keberadaan anak-anaknya berikut history-nya. Pilih mode Akurasi Tinggi untuk setting lokasi. Jika fitur lokasi aktif, apabila HP hilang mudah untuk dilacak keberadaannya melalui “Temukan Perangkat Saya” (Google Play product). Jika mengaktifkan lokasi, jaga akun kita. Jika tak dapat menemukan HP kembali, bisa digunakan untuk menghapus data dari jauh.
  3. Aktifkan Google Photo untuk melihat semua foto yang masuk. Aktifkan sinkronisasinya (setting: Back up & Synchronize ke akun kita). Dengan demikian kita bisa melihat foto yang ada di HP anak. Jangan lupa mengecek Setelan (setting) untuk mengosongkan ruang penyimpanan secara berkala.
  4. Aktifkan kontrol orang tua pada Play Store. Cek di Play Store, setiap aplikasi ada batasan usianya, misalnya Tiktok untuk 12 tahun ke atas. Kontrol anak supaya tidak men-download aplikasi yang tidak sesuai usianya. Di Play Store, masuk ke Setelan ® Kontrol Pengguna ® Kontrol Orang Tua (aktifkan dan pasang PIN supaya anak tak bisa ubah) ® masuk ke Aplikasi & Game (ada rating seperti 3+, 7+, 12+, 16+, dan 18+).
  5. Untuk mengontrol akun You Tube, masuk ke akun (sudut kanan atas) ® Setelan ® Umum, aktifkan mode Terbatas agar tidak bisa mengakses video yang tidak sesuai usianya.
  6. Mengontrol Searching, masuk ke Setelan ® Google ® Penelusuran ® Akun & Privasi ® SafeSearch Filter. Setting ini tidak akurat 100% namun sangat membantu menjaga anak-anak kita, daripada sama sekali tidak ada filter.



Orang tua sangat butuh informasi seperti ini demi bisa mendampingi anak secara maksimal. Pada dasarnya gadget tidak diperuntukkan bagi anak di bawah 13 tahun. Tetapi Google menyediakan produk/layanan bagi orang tua yg "TERPAKSA" harus memberikan gadget kepada anaknya yang berusia dibawah 13 tahun itu. Layanan itu disebut Google Family Link (https://families.google.com/intl/id/familylink/), yang bisa berfungsi pada Android versi Nougat atau yang lebih baru.

Orang tua sangat butuh informasi seperti ini demi bisa mendampingi anak secara maksimal. Dalam waktu dekat aplikasi Google Family Link akan launching di Indonesia. Banyak hal bisa dikontrol orang tua melalui aplikasi gratis ini.

Usai Pak Amal, Mbak Di (Nyi Mas Diane W.S., Psi) membawakan materinya. Mengapa orang tua harus selalu belajar, alasannya adalah karena untuk menjalani peran sebagai orang tua tidak ada sekolahnya makanya penting bagi ayah dan bunda untuk hadir di kegiatan keayahbundaan semacam ini. Selanjutnya, mengapa mendidik anak sesuai zamannya sangat penting untuk diketahui para orang tua, bisa dibaca di tulisan berikutnya.

Makassar, 9 Juli 2018

Bersambung

Tulisan ini merupakan tulisan ketiga. Jangan lupa baca juga tulisan sebelumnya:
  1. Talkshow KerLip untuk Orang Tua Hebat di Jaman Now
  2. Pantaskan Diri Menjadi Orang Tua dengan Mempelajari Perkembangan Jaman Now


Baca juga:




Share :

2 Komentar di "Tips Agar Anak Aman Menggunakan Gadget"

  1. Trims, informasinya, mohon panduan pertahapan untuk menfilter video/photo porno di hp anak, maklum ibu yg gabtex

    ReplyDelete

Untuk saat ini kotak komentar saya moderasi karena banyaknya komen spam yang masuk. Silakan tinggalkan komentar ya. Komentar Anda akan sangat berarti bagi saya. Tapi komentar yang kasar dan spam akan saya hapus ya ^__^