Titis Ayuningsih, Kisah (Mantan) Anak Teknik yang Ngeblog

Bergaul dengan banyak blogger walau hanya di dunia maya. Membuat saya sering-sering merasa takjub dengan mereka yang masih muda tapi sudah stabil sebagai blogger dan punya segudang kegiatan seperti Titis Ayuningsih. Orang-orang seperti Titis ini membuat saya sedikit berpikir, “Ah, mengapa saya tak ngeblog  saat masih seusia mereka, yah?” Haha pikiran sesat yang harus diusir jauh-jauh. Harusnya saya bersyukur, mulai ngeblog tahun 2006 – 2009. Vakum, lalu aktif di tahun 2011 hingga sekarang, saya benar-benar belajar banyak hal yang banyak memperkaya diri.

Titis Ayuningsihblogger Jakarta ini seorang karyawati. Salah satu yang masih lajang di dalam grup 4 Arisan Link Blogger Perempuan di mana saya bergabung. Hal yang membuat saya merasa dekat dengan Titis adalah karena saya pernah punya dunia yang mirip dengan Titis: sama-sama pernah kuliah di jurusan Teknik Elektro. Titis pernah menuliskan Suka dan Duka Kuliah Jurusan Teknik.

Di point kedua mengenai “suka”-nya, Titis menuliskan:
Kuliah di Teknik itu mengajarkan saya kalau teman lelaki itu lebih peduli dan perhatian sama perempuan.

Mirip, sih dengan yang dulu saya alami. Bukan karena cowok-cowok itu ingin diperhatikan lebih, namun lebih kepada mereka menjaga teman-teman perempuannya. Yang tidak tahu dunia perkuliahan anak Teknik mungkin merasa seram, ya. Tapi kenyataannya tidak seram, koq. Memang tak semua manusia itu baik tapi tidak berarti bahwa anak perempuan kuliah di Fakultas Teknik itu menyeramkan.

Well, sebenarnya banyak hal yang diulas Titis di blognya. Ada tentang kuliner, kisah travelingnya (seperti tempat-tempat wisata seputar Tangerang), tips (contohnya Tips Fokus Skripsi, Tips Memperlebar Networking, dan tips membuka akun Go-Jek yang terblokir), ataupun tentang liputan event. Tapi saya tertarik menelusuri tulisan Titis mengenai keseruannya kuliah dulu. Ya, soalnya tulisan Titis tentang dirinya akhir-akhir ini sudah kurang – mungkin karena makin lama makin sibuk, ya Tis, hehe.


Oke, kembali ke tulisan yang saya kepoi. Kali ini yang berjudul Kuliah Teknik Mengubah Pola Pikirku. Saya tertarik mengutip bagian ini:
Terimakasih kuliah Teknik yang secara tidak langsung sudah mengubah pola pikirku yang dulunya cuma bisa mimpi doang sekarang baru dibuktikan melalui "kerasnya" kuliah bahwa semuanya perlu dibuktikan dengan usaha dan survive. Dan akhirnya menuntun saya menjadi lebih aktif berbicara, pemberani, kritis serta pantang menyerah. Bermental baja saat bimbingan, dikejar dead line tugas dan berjuang belajar matakuliah yang penuh dengan hitungan secara logika hingga belajar mengenai "pertemanan". Alhamdulilah, semoga para wanita yang sedang mengambil jurusan teknik semoga bisa survive dan sukses dengan mimpimu.

Kurang lebih apa yang saya rasakan juga seperti itu. Buat yang mengenal saya, mungkin ragu kalau saya bisa selesai di Fakultas Teknik yang terkenal keras. Sekilas, fisik saya tidak terlihat “mendukung” haha. Namun alhamdulillah semua rintangan terlewati. Dan seperti halnya Titis yang pernah kuliah di Teknik Elektro Politeknik Negeri Jakarta dan Teknik Industri Universitas Pancasila, saya pun akhirnya membuktikan kalau perempuan bisa koq kuliah di Fakultas Teknik. Mengapa Titis menuliskan dan saya menegaskannya di sini, ya maksudnya supaya bisa jadi referensi buat yang pengen kuliah di Teknik. Ya, hanya saja pada akhirnya takdir saya tidak berkarir dalam bidang ini.


Oya, tidak hanya di blog yang berjudul “Seuntai Kata dan Tulisan”, Titis juga menulis di media-media lain. Seperti di Kompasiana, Opini ID, dan Rula. Titis bahkan mewawancarai saya dan menuliskannya di Rula (bisa baca di: Mengenal Sosok Mugniar Marakarma dari Blogger Hingga Penulisdan Narasumber). Selain menjadi karyawati dan menulis, Titis juga menjalankan usaha online dengan brand Undangan Murah Jakarta Timur dan Mbaktizshop. Wih, keren, ya. Maka maklum kan mengapa di paragraf pertama saya mengatakan mengapa tak ngeblog saat masih seusia Titis, yah, hehe.

Makassar, 2 April 2018

Tulisan ini diikutkan Arisan Link Blogger Perempuan, grup 4





Share :

11 Komentar di "Titis Ayuningsih, Kisah (Mantan) Anak Teknik yang Ngeblog"

  1. Mbak Titis konsisten dan sangat stabil sebagai blogger. Ingin juga mengikuti "jalan lurus" di dunia blogging seperti Mbak Titis an Bunda Niar. Ahh, step by step akan saya lakukan terus

    ReplyDelete
  2. Tak kirain kalau perempuan kualih teknik mereka minder ternyata ada juga yg benar benar kuliah sampai slesai

    ReplyDelete
  3. Wah, Undangan Murah Jakarta Timur punya Mbak Titis. Keren. Sukses, ya.

    ReplyDelete
  4. Mba gimna sih caranya gabung ama arisan link blogger perempuan hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Owh ini program informal, Mbak. Sudah lama cuma sayanya yang bandel, baru selesai. Jadi waktu itu, di grup tiba-tiba pada bikin grup untuk saling nge-review dan saya masuk di grup 4. Hanya sekali itu saja, Mbak, bukan program rutin dan memang tidak formal, hehe.

      Delete

Untuk saat ini kotak komentar saya moderasi karena banyaknya komen spam yang masuk. Silakan tinggalkan komentar ya. Komentar Anda akan sangat berarti bagi saya. Tapi komentar yang kasar dan spam akan saya hapus ya ^__^