5 Cara Menghadapi Lomba Blog On The Spot


Sesekali mengikuti tantangan baru seru juga. Salah satu tantangan dalam dunia blogging yang seru adalah lomba blog di tempat (on the spot) atau yang baru-baru ini saya ikuti diistilahkan dengan Flash Blogging. Para peserta harus menyelesaikan satu tulisan dalam jangka waktu yang sangat pendek lalu upload ke blog masing-masing untuk kemudian langsung dinilai tim juri dan diumumkan para pemenangnya.

Sudah pernah menghadapi tantangan demikian? Kalau belum, cobalah sekali-kali! 😊

Saya sudah dua kali mengikuti lomba yang semacam ini. Pertama kali saya ikuti adalah lomba blog on the spot pada ajang ASUSPRO Media Roadshow pada bulan September 2016 lalu dan Flash Blogging dengan topik Aktualisasi Nilai-Nilai Pancasila dalam Bermedia Sosial yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informasi pada tanggal 16 Juni lalu.

Yang bikin seru dalam lomba seperti ini adalah sensasi rasa sepanjang waktu berlomba dan saat pengumuman disampaikan. Wuih, kalau mau dilukiskan dengan kata-kata, “rasa nano-nano” saja tidak cukup. Sensasi rasanya di atasnyalah, pokoknya. Karena hal-hal yang sudah kita pikirkan sebagai persiapan maksimal ternyata bisa saja belum tentu maksimal. Ada hal-hal tak terduga yang tiba-tiba muncul.


Dalam dua kali berlomba, pada lomba pertama saya berhasil meraih kemenangan sebagai juara 3. Sedangkan pada lomba kedua, saya kalah telak karena tidak berhasil upload tulisan pada batas waktu yang ditentukan, tidak memuat foto sama sekali, dan tidak menuliskan hashtag yang diminta. GaTot! 😊

Kali ini saya ingin merangkum kedua pengalaman itu di sini agar kelak kalau menghadapi lomba serupa, dengan mengingat ini, saya bisa lebih siap. Nah, berdasarkan dua pengalaman itu, menurut saya begini caranya menghadapi lomba blog di tempat:

1. Kalau sebagian persyaratan sudah disampaikan terlebih dulu kepada peserta, mulai bersiap dari apa yang bisa dipersiapkan.

Lomba kedua sudah memberi bocoran mengenai topik lomba, yaitu: Pancasila dan Fatwa MUI. Coba-coba saja siapkan hal-hal yang berkenaan dengan Pancasila. Misalnya infografis Pancasila, sejarah Pancasila, dasar hukum dan isi 45 Butir Pancasila, Fatwa MUI Nomor: 24 Tahun 2017 Tentang Hukum dan Pedoman Bermuamalah Melalui Media Sosial, dan lain-lain. Hal ini akan memperkaya tulisanmu, lebih daripada peserta lainnya (kecuali kalau peserta lain itu memiliki pikiran yang sama denganmu hahaha).

Satu contoh peralatan perang lomba blog on the spot yang patut kalian punyai

2. Persiapkan peralatan perang.

Peralatan perangnya, tentu saja bagi blogger yang paling penting adalah laptop, HP, kabel power, dan kabel data. Saya menggunakan notebook Asus E202S, hadiah dari ajang ASUSPRO Media Roadshow pada saat lomba kedua. Notebook ini tipis dan ringan sehingga sangat mudah dibawa-bawa. Pada beberapa kesempatan, Asus E202S yang saya gunakan ini mengantar saya mendapatkan kemenangan pada kompetisi live tweet. Soalnya, karena cukup mungil – hanya 1,2 kilogram bobotnya, saya mudah saja meletakkannya di pangkuan dan menggunakannya untuk nge-tweet. Hebatnya lagi, notebook jenis ini punya kekuatan 8 jam tanpa baterai. Jadi, selama acara berlangsung saya tidak perlu pusing mencari colokan.

Bagi yang mau bawa kamera, flash disk, dan sambungan kabel untuk colokan, lebih bagus lagi. Kalau tidak bisa memastikan jaringan internet tersedia, mendingan bawa modem sendiri atau pastikan dulu kalau HP-mu masih tokcer digunakan kuotanya secara tethering-an dengan laptopmu.

Saat lomba terakhir, saya membuat kesalahan. Karena diadakannya di hotel, saya pikir pasti ada fasilitas WiFi tersedia. Ternyata tidak, kawan. Betapa bingungnya saya saat detik-detik terakhir mengetahui, ternyata fasilitas itu tidak ada. Sementara itu, HP saya bermasalah diajak tethering-an. Minta tolong pak suami mengantarkan modem juga tak banyak membantu karena beliau tiba di lokasi 15 menit setelah lomba berakhir.

3. Periksa baik-baik kondisi Laptop

Mengapa saya tuliskan tersendiri poin ini, adalah karena laptop sangat penting peranannya. Pada lomba pertama, saya membawa laptop milik suami yang engselnya sudah hampir putus. Notebook lama milik saya tak saya gunakan karena engselnya lebih parah lagi kerusakannya. Pastikan pula laptop masih bisa bekerja dengan cepat. Saat lomba pertama itu, saya terpaksa harus me-refresh berkali-kali si laptop gara-gara keseringan hanging. Hal ini bikin saya sport jantung. Rekomendasi saya adalah notebook E202S red rouge milik saya atau ASUS E202 yang tersedia dalam Windos 10 dan DOS.

Mengapa? Karena notebook ini sangat praktis dan mumpuni dibawa berlomba. Selain menawarkan masa aktif baterai hingga 8 jam seperti notebook milik saya, notebook berukuran A4 ini menggunakan prosesor Intel hemat daya dan memiliki port USB 3.1 Type-C yang sangat menghemat waktu. USB ini dapat dicolok dengan berbagai arah dengan colokan reversible setiap saatnya dan memiliki kecepatan transfer yang lebih cepat 11x dibandingkan USB 2.0. Oya, selain itu notebook yang tersedia dalam pilihan warna silk white, dark blue, lightning blue, dan red rouge ini juga dilengkapi dengan WiFi 802.11ac dan Bluetooth 4.0 yang juga mampu memindahkan data secara cepat.


Keunggulan ASUS E202 red rouge milik saya

4. Baca baik-baik aturan lomba

Pastikan jangan sampai ada yang terlewatkan olehmu. Usahakan selesai tepat waktu. Hindari mengedit  setelah upload karena bisa jadi tim juri memperhatikannya dan justru langsung mendiskualifikasi namamu. Perhitungkan waktu sebaik-baiknya, apalagi jika ada jeda untuk coffe break atau shalat di antara waktu berlomba. Waktu bisa jadi jebakan buatmu.

5. Berdo’a dan pasrah.

Kalau saya, yakin do’a akan sangat membantu meraih sesuatu. Sebelum berangkat minta restu dulu pada orang-orang tersayang dan berdo’alah. Selajutnya, setelah semua usaha maksimal, pasrahkan hasilnya. Kalau menang syukuri rezekimu. Kalau kalah, jangan baper dan mencari-cari kesalahan secara tidak wajar. Kalau mengingat kesalahan dalam rangka memperbaiki diri ke depannya tidak masalah ya tapi jangan menjadikan bahan untuk menjelek-jelekkan orang lain.

Well, semua sensasi rasa setelah melewati lomba, beserta hasilnya – apapun itu, akan sangat berguna. Paling tidak (walaupun kalah) kamu akan memperoleh tiga hal ini: pengalamanmu dalam blogging dan berlomba bertambah, wawasanmu bertambah, dan kamu jadi punya bahan tulisan baru. Kalau percaya hal ini, yakinlah kalaupun kalah, kamu akan merasa ikhlas dan kalah dengan terhormat. So, are you ready for the battle? Say, YES!

Makassar, 22 Juni 2017

Tulisan ini diikutkan Blog Competition ASUS E202 by uniekkaswarganti.com


Share :

28 Komentar di "5 Cara Menghadapi Lomba Blog On The Spot"

  1. Mantap mba Niar, saya kalau flash blogging belum ada keberanian. Soalnya suka ngadet otaknya kalo diajak mikir dadakan ehehehe. Good luck ya Mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama Peh. Tapi saya nekad saja hahaha

      Delete
    2. Mantap tipsnya :D bermanfaat ni mas Mugniar :D

      Delete
  2. Jadi pengen punya asus e202 juga. Notebook ku yang sekarang asus juga tapi kayaknya bakal dihibahkan ke si sulung yang tahun ini insya Allah sudah kuliah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah, sudah kuliah. Tidak terasa, ya.
      Asus memang keren.

      Delete
  3. Blog Competition on the Spot ya..

    Sepertinya menantang.

    ReplyDelete
  4. Naaah periksa kondisi laptop itu beneran penting kak Niar. Tahu2 foto yg mau dipakai gak ada di laptop atau tnyt mau edit2 eh laptopnya gak support.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hiks benar, tuh. Bisa saja yang terjadi malah tak terduga

      Delete
  5. Waduh, keren ini Mbak kalo lomba blog on the spot gini. Memacu adrenalin banget. Tapi, kalau aku busa gak ya. Hihihi...loadingnya sering lama sih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. In syaa Allah bisa . Ika mah sudah sering juara lomba :))

      Delete
  6. yang bahaya punya laptop baterai bocor dan tidak ada colokan listrik + tidak ada koneksi wifi. Pasrah, tutup laptop dan tersenyum.

    Benar itu kak qiah, sebelum masuk perang ada baiknya sudah ada catatan kasar tentang materi yang sesuai dengan tema. Karena kalau pas diruangan baru disusun itu tidak mudah apalagi waktunya cukup singkat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah nah nah .... ini bukan blognya Qiah, lho Biiim :)))

      Delete
  7. laptop asus emang keren banget, aku aja beli wkatu itu, spek nya bagus dahhh rekomen buat yang mau beli baru laptop atau notebook

    ReplyDelete
  8. Notebook Asus E202 emang keren deh. Desain minimalis, kualitas maximalis, apalagi harganya cukup ekonomis.

    ReplyDelete
  9. Waa keren mbaaak bisa dpet juara lomba blog on the spot, akuu belum pernaah ikutaan, hehhee

    sepakat mbaak, butuh alat tempur yg prima untuk ikut lomba blog,apalagi on the spot :D asus e202 cocok buat para blogger nih, udah desain stylish, spek jugaa bagus banget. jd makin produktif deh ngeblognyaa. Hehehe good luck mbak yaaak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seratus, buat Lucky hehehe.
      Benar sekali. Stylish oke, mumpuni juga oke :)

      Delete
  10. Wah, ndak pernah k' saya ikut lomba blog on the spot. Harus memang punya peralatan perang yang mumpuni di'. Kalau laptopnya saja nyangkut-nyangkut, auuu..tambah tertinggalmi itu :D

    ReplyDelete
  11. ASUS memang keren dan ciamik banget, semoga kita dapat satu2 ya :)

    ReplyDelete
  12. belum pernah ikutan flash blogging mbak, mendebarkan kayaknya ya...

    ReplyDelete
  13. Baru tau ada flash blogging mba. Tantangannya lebih sulit dari lomba blog biasa ya, karena kita dikejar waktu buat nyelesain lombanya. Mantap banget dah dapat juara 3.

    Apapun profesinya, notebook Asus E202 sangat cocok untuk menunjang aktivitas ya... Good luck buat lombanya. Eh BTW saya juga ikutan loh, kuylah kepoin blog ndeso saya

    ReplyDelete

Untuk saat ini kotak komentar saya moderasi karena banyaknya komen spam yang masuk. Silakan tinggalkan komentar ya. Komentar Anda akan sangat berarti bagi saya. Tapi komentar yang kasar dan spam akan saya hapus ya ^__^