Jenis-Jenis Mesin Absensi yang Perlu Anda Ketahui

Sebagai orang sok sibuk yang akhir-akhir ini sering keluar-masuk kantor, ngantor tapi tanpa bos dan tanpa jam kerja yang mengikat, saya santai saja berlenggang tanpa perlu melapor pada mesin presensi. Eh, pernah dengar istilah mesin presensi? Kalau yang beredar luas tak ada, ya. Sudah jamak istilah yang berlaku umum dan di pasaran adalah mesin absensi – yang sebenarnya artinya adalah “mesin ketakhadiran” 😆.



Ah, sudahlah. Istilah yang sudah umum seperti itu tidak usah diperdebatkan lagi meski agak-agak aneh kalau dipikir-pikir. Saya itu kalau lihat mesin absensi, kadang-kadang timbul pikiran iseng ingin juga punya kebiasaan menyetor identitas di mesin itu setiap hari. Padahal yang tiap hari ngisi absen pengen kayak saya, kali yah. Jam masuk kantor harus tepat, pulangnya juga harus tepat. Malah ada yang tidak boleh pulang sebelum bos pulang walaupun jam kantor sudah berakhir.

Jadi, ya ... untuk memuaskan rasa penasaran akan mesin absensi, saya cari tahu jenis-jenisnya saja dulu. Rasa penasaran, sekali-sekali perlu diikuti, toh. Buat nambah wawasan. Mana tahu suatu saat nanti saya yang buka kantor dan butuh ini. Ternyata, mesin absensi ada macam-macam jenisnya. Ini beberapa yang saya temukan:

1. Mesin Absensi Fingerprint

Mesin ini seringkali ditemukan di kantor-kantor. Kelebihannya ada pada pemakaian lebih praktis, tingkat akurasi tinggi dan dapat terintegrasi dengan komputer. Sedangkan kekurangannya adalah alat ini sensornya sangat sensitif sensor terhadap benda-benda asing dan harganya relatif mahal.

2. Mesin Absensi Kartu (Manual)

Nah, untuk kantor yang karyawannya sedikit, mesin ini sangatlah tepat. Kelebihannya adalah harga mesin absensi relatif murah, tidak membutuhkan suplai listrik, dan berukuran kecil. Sedangkan kekurangannya terletak pada kerentanannya terhadap kecurangan, ribet dalam pengoperasian, dan kapasitas pengguna yang terbatas.

3. Mesin Absensi Biometrik

Hampir sama dengan absensi digital, banyak orang menyukai mesin absensi ini. Kelebihannya terletak pada pemakaian yang lebih praktis, tingkat akurasi tinggi, dan dapat terintegrasi dengan komputer. Sedangkan kekurangannya yaitu rentan terhadap error pada sensor saat mendeteksi atau memverifikasi dan harganya relatif lebih mahal.

4. Mesin Absensi Digital

Mesin jenis ini dapat digunakan untuk penghitungan gaji dan pembuatan laporan. Bahkan mesin jenis ini juga dapat difungsikan untuk akses kontrol ke ruangan tertentu. Sebelum membeli mesin absensi digital di tempat jual mesin absensi, Anda harus tahu tentang kelebihan dan kekurangannya dulu. Kelebihannya adalah pengolahan data karyawan secara digital lebih cepat dan dapat terintegrasi dengan komputer. Sedangkan kekurangannya ada pada pemasukan data (PIN/ID) yang memakan waktu. Banyak pula kejadian, karyawan lupa PINnya atau curang menggunkannya (dua hal ini termasuk kekurangan mesin absensi jenis ini.

5. Mesin Absensi Magnetic Card

Kelebihan dari mesin ini adalah pemakaiannya yang lebih cepat dan dapat terintegrasi dengan komputer. Sedangkan kelemahan dari mesin absensi ini adalah rentan terhadap kecurangan dan kapasitas pengguna terbatas.

6. Mesin Absensi Web

Bisa dibilang mesin absensi yang satu ini sangat canggih karena tidak memiliki bentuk nyata. Kelebihannya terletak pada kepraktisan, keefektifan dan dapat dengan mudah diakses dari manapun asal ada koneksi internet. Sedangkan kelemahannya terletak pada kebutuhan akan koneksi internet, dan penggunaannya pun tergantung pada bagus atau tidaknya jaringan yang ada. Nah, lho.


Mudah-mudahan sekelumit pengetahuan tentang jenis-jenis mesin beserta kelebihan dan kekurangannya ini bisa membantu mereka yang mencari mesin absensi. Salah satu yang menjual adalah Indotrading.Com. Di Indotrading.Com banyak sekali penjual distributor dan supplier mesin absensi. Semoga ulasan ini juga bisa membantu Anda yang ingin membeli produk ini di tempat jual mesin absensi online saat ini.


Makassar, 13 Februari 2017


Share :

7 Komentar di "Jenis-Jenis Mesin Absensi yang Perlu Anda Ketahui"

Untuk saat ini kotak komentar saya moderasi karena banyaknya komen spam yang masuk. Silakan tinggalkan komentar ya. Komentar Anda akan sangat berarti bagi saya tapi jangan tinggalkan link hidup. Oya, komentar yang kasar dan spam akan saya hapus ya ^__^