Baca Berita Update Tiap Saat

Pada salah satu materi yang dibawakan pada Konferensi Perpustakaan Digital Indonesia (KPDI) ke-9 yang berlangsung di Hotel Singgasana, Makassar pada tanggal 8 – 9 lalu, saya mendapat informasi bahwa minat baca orang-orang  Indonesia sangat rendah. Yaitu hanya sebesar  1:1000, berada pada urutan ke-60 dari 61 negara di dunia[1]. Katanya ini ukuran membaca buku. Memprihatinkan memang. 

Di sisi lain, ada “pencapaian-pencapaian lain” di Indonesia yang mengalami peningkatan. Informasinya saya peroleh, masih dari KPDI. Seperti: tahun ini, pengguna internet naik 100% (132,7 juta) dibanding tahun 2015, jumlah nomor HP beredar di 320 juta, masyarakat yang tersambung ke internet 120 juta, pengguna internet 54% anak muda. Sayangnya 40% main game 12% fotografi, hanya 2% mengakses buku-buku. 64% pengakses internet menggunakan media sosial, 38%baca buku, dan selebihnya mencari informasi, main game, download, dan lain-lain.


Internet memang menjadi fenomena yang luar biasa. Banyak media cetak juga memiliki media online. Orang cenderung mencari berita update melalui media online, alih-alih membeli surat kabar. Mungkin sudah masanya.Tapi, kembali kepada indeks minat baca, sebenarnya menyedihkan sekali, sih kalau minat baca buku di Indonesia seminim itu. Eh, barangkali juga minat baca buku orang-orang Indonesia sudah bergeser pada membaca e-book? Entahlah, ya. Saya menunggu penelitian mengenai minat membaca e-book juga. Mana tahu meningkat, ya.

Ah, mungkin juga orang-orang Indonesia kini merasa lebih menarik membaca media online atau blog, yah? Soalnya media online bisa update berita per menit, lho. Terkadang dalam semenit bersamaan diturunkan dua atau lebih artikel. Sudah begitu ada gambarnya pula. Mana tahu gambarnya comot dari mana, yang jelas tampilan visual bergambar memang terlihat lebih menarik, sih.

Salah satu contoh media online yang selalu update berita adalah Okezone. Berita hari ini Okezone saja sudah ada ratusan hingga malam ini (pukul 22.18 WITA, saat tulisan ini dibuat) dengan tagar-tagar populernya sebagai berikut: #Piala AFF 2016, #Kemenangan Trump, #Ahok Tersangka, dan #Bareskrim Periksa Ahok. Berita mengenai demo susulan 3 Desember dan Pilkada 2017 juga sudah mengemuka.

Topik berita hari ini Okezone pun bermacam-macam mulai dari Celebrity, Lifestyle, News, hingga Techno. Untuk kategori News, ada beberapa sub kategori lagi seperti Nasional, Megapolitan, Internasional, dan Kampus. Namun demikian, website yang tampilannya bersahaja ini cepat diakses. Bagi mereka yang mobile, tersedia pula aplikasi Okezone yang bisa diunduh dari Play Store untuk gadget.

Well, baca berita update setiap saat melalui website dan gadget memang memudahkan dan mengenyangkan. Namun sebaiknya minat baca jangan hanya terbatas pada media online saja. Karena tak semua pengetahuan ada di media online. Buku, baik yang tercetak maupun e-book tetap tak bisa tergantikan perannya. Karena banyak hal yang bisa tuntas dipahami setelah membaca buku. Sekarang, pekerjaan rumah kita bersama adalah menaikkan minat baca bangsa ini.

Makassar, 20 November 2016




[1] Untuk menambah wawasan, silakan browsing dengan kata kunci “indeks minat baca di Indonesia”. Ada banyak informasi terkait penelitian dari Central Connecticut State University tahun 2016 ini, dirilis sekitar April – Mei 2016.


Share :

6 Komentar di "Baca Berita Update Tiap Saat"

  1. kayaknya termasuk saya ini yang minat bacanya sudah sangat parah

    ReplyDelete
  2. Aku juga updatenya di Okezone. Lebih akurat soalnya. Beritanya pun beragam. :)

    ReplyDelete
  3. Udah setia sama Okezone. Aksesnya gampang dengan beragam berita

    ReplyDelete
  4. wow... kerennya di' ada perpustakaan digital. bisa pinjam buku ndk?

    ReplyDelete
  5. aku pun mencoba selalu updates lewat berita mba..seru mengikuti perkembangan dunia dari berita-berita terkini ya :)

    ReplyDelete
  6. Okezone, saya mantenginnya gosip seleb aha aha aha #ketawanpehketawan

    ReplyDelete

Untuk saat ini kotak komentar saya moderasi karena banyaknya komen spam yang masuk. Silakan tinggalkan komentar ya. Komentar Anda akan sangat berarti bagi saya tapi jangan tinggalkan link hidup. Oya, komentar yang kasar dan spam akan saya hapus ya ^__^