Tips Merawat Kulkas Agar Tetap Awet

Kulkas sudah menjadi kebutuhan dasar di hampir setiap rumah. Namun, padatnya aktivitas sering kali membuat kita lupa untuk merawat kulkas. Pemakaian kulkas setiap hari, dapat mengakibatkan kulkas menjadi kotor bahkan dapat menyebabkan kerusakan pada kulkas.”

Membaca tulisan itu membuat saya terperangah. Saya banget ini ... tiap hari kulkas hanya diperlakukan sebagai tempat “keluar-masuk” barang-barang. Pelakunya, salah satunya adalah saya.  

Memang benar, sih apa yang saya baca itu. Maka dari itu, saya mencari tahu bagaimana tips merawat kulkas, agar tetap awet dan berfungsi maksimal. Nah, di tulisan ini, saya mau share tips itu:

Hindari Mengisi Kulkas Secara Berlebihan

Jika kita mengisi kulkas secara berlebihan, maka kulkas akan kelebihan muatan. Akibat dari kelebihan muatan, mesin kulkas akan bekerja lebih keras untuk mendinginkan makanan dan minuman yang berada di dalamnya. Maka dari itu, pastikan masih terdapat ruang kosong untuk sirkulasi hawa dingin yang diproduksi oleh kulkas kita.

Atur Temperatur Kulkas Sesuai dengan Kebutuhan

Suhu kulkas yang terlalu dingin, dapat menyebabkan mesin kulkas bekerja dengan ekstra bahkan dapat membuat biaya listrik di rumah kita menjadi tidak terjangkau. Oleh sebab itu, aturlah temperatur kulkas kita sesuai dengan kebutuhan yang kita perlukan.

Cairkan Bunga atau Kembang Es

Bunga es yang berlebihan akan menurunkan kinerja optimal dari kulkas. Kita dapat mencairkan kembang es dengan cara mematikan kulkas, lalu membuka pintu kulkas dan menunggu hingga kembang es mencair. Hal yang harus dihindari oleh kita adalah jangan menggunakan benda-benda tajam ataupun benda-benda yang keras untuk menghilangkan kembang es, karena hal tersebut justru dapat merusak kompresor kulkas hingga menyebabkan kulkas tersebut tak lagi dingin. Ah iya, kita juga bisa menekan tombol defrost-nya kalau sedang tidak sempat melakukan hal di atas.

Hindari Membuka dan Menutup Pintu Kulkas Berulang Kali

Kalau punya anak kecil, biasanya sering mengalami pintu kulkasnya dibuka-tutup oleh si kecil. Seperti yang saya alami pula, saat ini bungsu saya suka sekali membuka-menutup kulkas berulang kali. Sepertinya dia mencari sensasi hawa dingin dari kulkas. Padahal ini berakibat tidak baik pada si kulkas. Membuka pintunya berulang kali dapat menyebabkan hawa dingin yang berada di dalam kulkas keluar dan ketika kita menutup kembali kulkas tersebut akan memproduksi dan bekerja keras lagi untuk menghasilkan hawa dingin. Maka, hindari sebisanya hal ini terjadi. Bagi kita orang dewasa, harus dipikir baik-baik apa saja yang hendak dimasukkan/dikeluarkan ke/dari dalam kulkas.

Bersihkan Kulkas Secara Berkala

Hal yang terpenting dalam melakukan perawatan kulkas adalah membersihkan kulkas tersebut secara berkala. Di zaman yang serba cepat ini, keterbatasan waktu yang kita miliki tak perlu lagi dipermasalahkan, karena telah terdapat layanan penyedia jasa yang menawarkan berbagai macam jasa, di antaranya yaitu jasa service kulkas yang dapat membantu kita merawat dan membersihkan kulkas secara berkala.

Sejasa.com menyadari permasalahan tersebut dan akan membantu kita untuk menemukan penyedia jasa terpercaya. kita bisa mendapatkan jasa yang diinginkan hanya dengan mengunjungi halaman website Sejasa.com, lalu menuliskan layanan apa yang dibutuhkan beserta lokasi (kota domisili) kita.


Kemudian isi form request dengan detail dan jelaskan kebutuhan kita, serta lampirkan foto jika diperlukan. Dalam hitungan jam, kita akan mendapatkan respon dan estimasi harga dari beberapa penyedia jasa. Hal yang mudah untuk dilakukan, bukan?


Respon dari penyedia jasa yang kita terima mencakup penawaran berupa estimasi harga dan informasi mengenai detail jasa yang mereka berikan. Selain itu, kita dapat membaca review dari customer yang telah menggunakan jasa mereka dan juga melihat portfolio hasil pekerjaan di halaman business profile. Dengan demikian, kita akan semakin mantap untuk menggunakan layanan jasa di Sejasa.com!


Makassar, 13 Juni 2016


Share :

20 Komentar di "Tips Merawat Kulkas Agar Tetap Awet"

  1. Aku seringnya lupa kl freezer udah jadi kembanges...padahal kan mlm dimatikan pagi udah cair.beres...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makin tua kulkas, makin mudah memproduksi "kembang es". Memang kita mesti sering2 merawatnya ya, Mbak. Paling tidak dengan mencegah kembang esnya bertambah. Kalau saya, biasanya menekan tombol defrost-nya. Lumayanlah, membantu.

      Delete
  2. punya kulkas paling males sama kembang es, sampai penuh banget baru dicairkan dan dibersihkan :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bagian yang sering dilupakan, ya Mbak .... si kembang es :D

      Delete
  3. Menutup dan Membuka pintu kulkas, ini yang belum bisa dihindari, karena krucil di rumah gemar sekali ngintip ke dalam kulkas. Apalagi selama bulan puasa ini, intensitasnya semakin sering :D

    Sebab itu, setiap kali membuat es krim sering tidak jadi, karena kulkas saya cuma 1 pintu jadi berpengaruh juga dengan daya pada freezernya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kesukaan anak-anak tuh, buka-tutup pintu kulkas :D

      Delete
  4. kebanyakan dari kita memang senang memasukan apa saja ke dlm kulkas, tapi membersihkan malas (itu sih saya hehe)

    ReplyDelete
  5. Benar mbak, kulkas sangat penting tapi kadang kita lupa untuk perawatan ya. Padahal sekarang nggak perlu repot-repot melakukan sendiri karena sudah ada jasa perawatan kulkas :)

    ReplyDelete
  6. Belum ada kulkas nih mbak hhee, tapi tipsnya bakal diinget kalo nanti beli kulkas.

    ReplyDelete
  7. Nice post kak, sangat bermanfaat tulisan ta kak, kebetulan sy abis bli kulkas. Tipsnya bisa di pake ^^

    ReplyDelete
  8. salah satu yg jrg dilakuin nih... kulkas kalo belum rusak, kayaknya ga akan kepikiran utk dirawat -__-.. apalagi kulkas di rumahku bisa dibilang jrg bgt keisi banyak mbak..soalnya si mbak ART lbh seneng beli sayur secukupnya utk hr itu doang, secara pasar deket :D.. jdilah kulkasku cuma isi air minum, susu dan buah.. pdhl bukan cuma isi kebanyakan aja yg bikin kulkas cepet rusak, tp juga kalo isinya trlalu sedikit jg ga bgs sbnrnya.. tapi ya gitu deh... jarang nganggab kulkas salah satu property penting di rumah :D Perlu diubah nih mikirnya #NgetokKepalaSendiri

    ReplyDelete
  9. Kembang es di kulkas itu bikin malas banget ngebersihinnya, Kak :(
    makasiiih tipsnya ya, Kak :-)

    ReplyDelete
  10. jadi inget dulu di rumah kulkasnya bbrp kali ganti krn ga dingin lagi
    yg terakhir kulkasnya bener2 dijaga banget perawatannya. dan alhamdulillah, uda 4 tahun, masih dingin meski diset di angka antara 0 dan 1.

    Itu salah satu cara saya. Kalo dari awal uda diset di angka yg besar, ya jangan harap bisa beneran dingin pas ditaro di angka yg kecil. Makanya dari awal beli sampe skrg masi di antara 0 dan 1. ga mau nambahin level kedinginan, itu cuma sesaat. sebenarnya malah maksa kerja mesin di kulkas, bikin jadi gak dingin

    ReplyDelete
  11. Thanks ya untuk tipsnya, semoga kulkas di rumahku bisa awet.

    ReplyDelete
  12. Dulu kesalahan yang pernah saya lakukan adalah lebih mendinginkan temperaturnya dan sering buka tutup. Pada akhirnya kini kulkas hanya tinggal dingin saja tapi gak terlalu dingin seperti pada umumnya. Tips ini bisa saya pakai saat beli kulkas lagi. Terima kasih informasinya

    ReplyDelete
  13. Udah sangat kebiasaan di kita menruh barang apa aja di dalam kulkas. Terima kasih atas informasinya

    ReplyDelete

Untuk saat ini kotak komentar saya moderasi karena banyaknya komen spam yang masuk. Silakan tinggalkan komentar ya. Komentar Anda akan sangat berarti bagi saya tapi jangan tinggalkan link hidup. Oya, komentar yang kasar dan spam akan saya hapus ya ^__^