Main Balon Gas, Asyikkah?

Yang namanya mainan anak, memang bikin anak senang. Entah itu mainan mahal ataupun murah. Eh ... kecuali kalau anaknya sudah punya standar sendiri bahwa mainan mahal itu lebih asyik daripada mainan murah, hehehe.

Salah satu mainan yang bikin anak-anak senang adalah balon gas. Ingat zaman kecil dulu, balon gas juga membuat saya senang. Senang karena wujudnya yang agak berbeda dari balon kebanyakan. Kalau balon kebanyakan tidak bisa terbang bebas maka balon gas bisa terbang bebas. Itu merupakan hal yang luar biasa. Jadi, kalau Ayah atau Ibu membelikan balon gas, saya berusaha menjaganya supaya tak terbang ke langit.


Kalau sekarang dipikir-pikir, bingung juga ... enaknya main balon gas itu apa, ya? Kita hanya bisa melihatnya berada di atas kita. Itu saja. Hanya bisa dibawa serta ke mana-mana. Itu saja. Waktu zaman saya kecil dulu, bentuknya sama semua. Bentuk balon konvensional – yang bulat melonjong itu. Lalu, nilai edukasinya di mana?

Mungkin berbeda kalau yang memainkannya anak sekolah dasar. Lantas sebagai orang tua, kita mampu menjelaskan mengapa balon itu bisa berbentuk dan bisa mengambang di udara. Anak-anak kemudian bisa diajak merenungi hukum alam (dalam bahasa anak, tentunya. Sebab bahasa IPA-nya terlalu berat bagi anak lha bagi orang dewasa saja masih terasa sulit dicerna). Tapi kalau dipikir-pikir lagi, Kalau “hanya” untuk itu pun, kan tidak perlu membelinya, ya? *dasar mamak-mamak ngiriiiit saja pikirannya ya? Hahaha *

Si Sponge Bob, walau kelelahan masih bisa tertawa :)))
Nah, karena berpatokan pada alasan “tidak perlu membelinya” dan “kurangnya sisi edukasinya” itu maka saya tidak mau membelikan anak-anak balon gas. Suami saya pun demikian. Kami sepaham dalam hal ini. Balon gas zaman ini harganya mahal (bila dibandingkan dengan fungsinya). Mungkin karena bentuknya aneh-aneh. Ada yang berbentuk Sponge Bob, Upin, karakter Frozen, bebek, dan lain-lain.

Mungkin bagi sebagian orang, harga Rp. 15.000 itu relatif murah. Tapi tidak buat saya, jika menimbang manfaat dan kerugiannya. Mafaat yang diterima dibanding usia balon tak seberapa karena balon gas yang dijajakan untuk anak-anak tak pernah bisa bertahan lama. Masih lebih bagus membeli balon konvensional seharga seribu rupiah karena anak bisa berlatih meniup. Dengan demikian motorik di daerah mulutnya terlatih. Untuk anak-anak yang baru belajar bicara, belajar meniup bisa membantu mengembangkan kemampuan bicaranya.

Bulan lalu, ibu mertua berkunjung ke kota kami untuk menghadiri pernikahan kerabatnya. Beliau pergi bersama suami saya dan seorang cucunya – Ahmad (8 tahun) yang memang tinggal bersamanya. Pulang dari acara pernikahan itu, mereka membawa 3 buah balon gas berbentuk bebek, Upin, dan Sponge Bob.

“Dibelikan oleh tantenya (sepupu suami, red). Saya bilang tidak usah mi dibelikan kalau hanya Ahmad yang dibelikan karena nanti ribut berebut karena ada tiga orang anak kecil di rumah. Eh, tantenya belikan tiga,” suami saya memberi penjelasan.

Balon gas yang berjalan kaki :)))
Ya sudah, tak mengapa. Barang gratis ini. Jadilah ketiga benda itu primadona di dalam rumah. Kedua anak saya – Athifah dan Afyad, beserta sepupunya Ahmad senang sekali bermain dengan balon gas. Balon-balon gas itu diajak jalan-jalan di dalam rumah dan mengitari pekarangan. Sebentar-sebentar talinya dipotong pendek sehingga balonnya menyentuh langit-langit rumah jika dilepas. Kalau sudah begitu, ributlah minta diambilkan. Setelah itu disambung lagi talinya hingga panjang sekali. Kalau bosan dengan tali panjangnya, kembali dipotong pendek lagi. Hihi, anak-anak ada-ada saja ya, caranya memainkan sesuatu.

Suatu waktu, Afyad membuka pintu keluar dan melepaskan si balon Upin. Alhasil balonnya terbang bebas, lepas, ke langit biru. Afyad cuma bisa gigit jari.

Tak butuh waktu lama, hanya kira-kira 3 – 4 hari, balon-balon itu berhenti melangit-langit. Kalau kata suami saya, balon gas yang berkualitas bagus bisa tahan selama 4 tahun mengudara. Lha ini ketahuan deh, kalau KW sudah KW ke berapa. KW 100, kali ... wkwkwkwk.

Seperti kelelahan saja, mereka akhirnya merayap di lantai. Karena berkaki, balon Sponge Bob terlihat seperti sedang berjalan kaki. Haha lucu juga melihatnya.

Jadi, begitulah ... nasib balon gas. Kalau sudah turun ke lantai entah mau diapakan lagi. Anak-anak pun sudah tak begitu berminat lagi memainkannya. Namun demikian, bersyukur juga, ada yang membelikannya sehingga anak-anak bisa melihat dari dekat mainan bernama balon gas dan tahu kalau balon gas itu sebenarnya tidak begitu asyik dimainkan.

Makassar, 16 November 2015



Share :

31 Komentar di "Main Balon Gas, Asyikkah?"

  1. main balon gas itu asik mb .... apalgi buat anak2 ..hehe
    sy aja klo di kasi balon gas mash mau ,,,, hahahahahahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wew, masa kecil masih terasa kurang bahagia yah? :))

      Delete
  2. sekarang memang lagi menjamur ya balon gas berkarakter seperti itu

    ReplyDelete
  3. mahal ya, saya juga sayang belinya. hehe anak2 saya dibikinin balon dari kantong kresek juga udah seneng :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anak-anaknya hebat, Mbak ... apapun bisa menyenangkan memainkannya

      Delete
  4. Sama ajah yaa mbak harganya segitu juga di surabaya, eeh ntar royokan bisa2 balonnya kempes yaa mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Balonnya cepat kempesnya Niar. Tidak diapa-apain saja, ntar kempes sendiri hehehe

      Delete
  5. di surabaya, ada tukang balon yg nrima pompa ulang, mba.. jadi balon yg udah gak bisa terbang lagi, dibawa ke tukang balon, trus diisi gas lagi. bayarnya cuma 3ribu. lumayan irit :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ooh ... belum pernah dengar di kota saya, Mbak Eda. Tapi kalo bahan balonnya tidak begitu bagus, makin cepat kempesnya lagi

      Delete
  6. Anakku kalo dibeliin inipun cm bertahan sebentr maininnya mba.... trs bosen.. tp kemudian kalo dia ngeliat penjual balon lwt lg, ya minta beli lagi -__-.. tp dulu aku inget bgt kurang suka main balon gas gini pas kecil .. lbh milih main boneka ato baca buku bergambar ;p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Buat anak2, tetap bikin penasaran ya Mbak hehehe. Lebih asyik baca buku, memang, Mbak

      Delete
  7. eh, itu spongbobnya bisa berdiri tegak yaaa.
    waktu kecil, saya termasuk anak yang senang dengan main balon gas hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo sekarang, anaknya senang main balon gas jugakah, Mak? :)

      Delete
  8. baru aja belikn si ken balon biasa. 15rb dpet bnyak mak, bs bwt mandi balon, sekalian ngenalin warna.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Naaah .... mending buat dibelikan itu semua ya, Mak (mandi balon) :)

      Delete
  9. saya jg paling males klo jav udah minta beliin balon gas, ga awet... mending yg lain aja...

    ReplyDelete
  10. Trik nya tukang balon biar laris manis, nangkringnya di tmpt yg banyak anak2 dan ada ortu nya, (di tmpt hajatan), emang udah jadi rahasia umum di Indo kayaknya ya mbak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak Rin. Tukang balon makin pintar sekarang ini. Kalo zaman saya kecil dulu nangkringnya cuma di tempat praktik dokter anak, sekarang di tempat hajatan mesti ada mereka

      Delete
  11. aku pernah sekali beliin abhi balon gas tapi ternyata reaksinya dia jerit jerit jadi ga pernah beli lagi. syukurlah. eheheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eh, kenapa malah jerit2 ? Takut sama wujud balonnya, ya Mbak?

      Delete
  12. Balon gas membosankan. Kecuali kalau balonnya bisa dipakai main volley.

    ReplyDelete
  13. haha iya mbak, dulu waktu Arfa kecil seneng banget beli balon gas...padahal sih nantinya kalau kempes buat apa.setuju sama teori ngiritnya wkwk..

    ReplyDelete
  14. Iya, Mbak. Asyiknya main balon gas memang ditarik ulurnya :D

    ReplyDelete
  15. Wah, dulu pas saya masih kecil ya seneng banget kalau dikasih balon gas. Ujungnya diikat surat terus dilepas ke langit. Berharap siapa tahu balonnya jatuh dipungut orang terus suratnya dibaca, hahahaha :D

    Oh iya, awet atau nggaknya balon gas itu tergantung dari gas pengisinya. Umumnya balon gas diisi sama gas karbit (CaC2) yang sebenernya berbahaya karena reaktif terhadap panas. Kalau mau yang bener-bener awet, diisinya pakai gas helium. Tapi ya lebih mahal dari gas karbit.

    ReplyDelete

Untuk saat ini kotak komentar saya moderasi karena banyaknya komen spam yang masuk. Silakan tinggalkan komentar ya. Komentar Anda akan sangat berarti bagi saya tapi jangan tinggalkan link hidup. Oya, komentar yang kasar dan spam akan saya hapus ya ^__^