Belajar Menulis Alfabet Bersama Boci

Sejak zaman Affiq balita, video ataupun game edukasi anak sudah mulai marak. Kalau dulu masih bisa dihitung jari yang memproduserinya, kini sudah banyak sekali. Melalui gadget, via Play Store, kita bisa mengunduh berbagai macam aplikasi edukatif untuk anak.

Asyiknya sekarang, game edukasi yang ada bukan hanya mengajak anak nge-klik gambar, melainkan juga bisa melatih gerakan motoriknya agar menjadi lebih baik lagi. Seperti pada aplikasi BelajarMenulis Bersama Boci, contohnya.


Home page-nya animated pictures
Home page aplikasi ini menarik dan interaktif. Dengan warna yang menarik dan dukungan animated pictures (gambar-gambar animasi) dan iringan musik ceria di latar belakangnya, anak bisa memilih petualangannya, apakah ingin “mengendarai” pesawat, kapal laut, atau kereta. Ada 3 jenis hewan berbeda yang “siap menemani” anak bermain alfabet:
  • Boci si iguana (kereta)
  • Miau si kucing (kapal laut)
  • Kato si burung (pesawat)
Pada home page ini, selain tombol PLAY, ada 4 hal lain yang bisa kita akses, yaitu:
  • Petunjuk, bagaimana cara bermain.
  • Parents Note, mengenai bagaimana orang tua bisa membimbing anaknya.
  • Credit title, berisi daftar nama tim belakang layar aplikasi ini.
  • List Apps, berisi daftar aplikasi seri Boci lainnya.
Contoh belajar menulis huruf  di aplikasi Belajar Menulis Alfabet Bersama Boci
Ketiga ikon hewan pada aplikasi ini: Boci, Miau, dan Kato, mengajak anak bermain alfabet. Cara bermainnya sama persis hanya lintasan kendaraannya yang berbeda: lintasan rel kereta, jalur air untuk kapal laut, dan jalur udara untuk pesawat. Anak akan menemukan huruf-huruf berbeda di ketiga lintasan itu.

Pada setiap lintasan, anak diajarkan gerakan penulisan huruf kapital dan huruf kecil dengan benar. Ini yang saya maksud tadi, bahwa melalui game ini anak bisa melatih gerakan motoriknya, dengan gerakan jari. Jadi, anak secara tidak langsung belajar menuliskannya. Bedanya, ia menggunakan jarinya di layar sentuh gadget, tidak menggunakan pinsil.

Di game ini, anak-anak diajarkan huruf kapital dan huruf kecil. Anak usia balita memang perlu dikenalkan pada huruf kecil. Ada mainan yang tidak memperhatikan hal ini, padahal saat masuk sekolah dasar nantinya, anak-anak dituntut harus mampu menuliskan huruf kecil dengan baik as soon as possible agar bisa segera mengikuti tuntutan kurikulum sekolah. Saya jadi terbiasa memperhatikan hal ini pada mainan yang “ngakunya” edukatif dan pasti kecewa ketika menemukan mainan tersebut hanya mengajarkan huruf kapital. Untungnya aplikasi Belajar Menulis Bersama Boci ini tidak demikian. Aplikasi ini juga mengajarkan huruf kecil pada anak.

"Penghargaan" berupa ucapan "Hore" :)
Saat anak berhasil menyelesaikan petualangannya, ada ucapan selamat dari Boci, Miau, dan Kato. Saat mencoba aplikasi dan mendapat ucapan itu, spontan muncul perasaan senang di hati saya. Hm, ini tanda kalau manusia (apalagi anak-anak) memang butuh penghargaan, ya. Anak-anak memang harus kita berikan penghargaan agar rasa percaya dirinya tumbuh.

Belajar Menulis Bersama Boci ini adalah aplikasi terbaru setelah empat aplikasi lainnya. Saya harapkan ke depannya ada pengembangan ke arah yang lebih baik lagi. Sekadar masukan dari saya, pada 3 jalur kendaraan tersebut, pola permainannya jangan dibuat persis sama karena anak akan mudah merasa bosan. Untuk anak-anak yang baru mengenal gadget dan game/aplikasi mungkin tak mengapa, mereka akan bermain dalam waktu cukup lama.

Afyad belajar menulis bersama Boci
Tantangannya adalah pada anak-anak yang sudah terbiasa bermain dengan berbagai macam aplikasi. Mereka akan cepat bosan dengan game yang polanya sama persis (walaupun latarnya berbeda).

Sukses buat tim Creative Digital Media. Semoga tetap semangat dalam mengembangkan aplikasi-aplikasi yang edukatif untuk anak Indonesia.

Makassar, 16 Oktober 2015



Share :

15 Komentar di "Belajar Menulis Alfabet Bersama Boci"

  1. Bener nih mba, harus disesuaikan sama teknologi saat ini ya. Belajar dari games juga bisa, bahkan itu sangat disukai oleh anak kecil.

    ReplyDelete
  2. boleh jg nih bwt si ken, makasih infonya ya mak niar :)

    ReplyDelete
  3. memang seru mba, belajar menulis menggunakan aplikasi Boci ini :)

    ReplyDelete
  4. Mbak Mugniar memperkenalkan game edukasi kepada anak sejak usia berapa?

    Klo kemaren tanggal 7-10 Oktober 2015 ada Baros International Animation Festival di Cimahi, di sana banyak banget developer game, komik, animasi. Ada juga mengkhususkan diri buat game edukasi tuk anak-anak...

    ReplyDelete
  5. Keren nih, buat sarana belajar anak, konsepnya juga bagus, secara psikolgi bisa mempengaruhi tingkat rasa percaya diri anak untuk terus bereksplorasi

    ReplyDelete
  6. Ah ngomongin soal belajar menulis, jadi ingat jaman TK dulu. belajar nulis di papan tulis, pake kapur haha

    ReplyDelete
  7. aku udah nyobain boci..lumayan ^^
    cuma diios kudu beli :v

    ReplyDelete
  8. THhifa juga suka belajar nulis pake ini, tapi sayang tabnya rusak sekarang, mau instal di hape kok kecil banget layarnya, kurang enak kayaknya.

    ReplyDelete
  9. Anak anak memang lebih suka belajar dengan metode bermain karena yg masih dominan adalah otak kanannya.

    ReplyDelete
  10. Interaktif ya, Mbak. Belajar menulisnya juga menarik. Stimulasinya.

    ReplyDelete
  11. Waaah boleh juga ini untuk adikku yang paling kecil, Bun. Biar bermain sekaligus bermain ya :)

    ReplyDelete
  12. Wah.. referensi bgt nih mbk buat saya. Nanti sya rekomendasikan ke para ponakan. ;)
    Terimakasih sharingnya dan Salam hangat dari Bondowoso..

    ReplyDelete

Untuk saat ini kotak komentar saya moderasi karena banyaknya komen spam yang masuk. Silakan tinggalkan komentar ya. Komentar Anda akan sangat berarti bagi saya tapi jangan tinggalkan link hidup. Oya, komentar yang kasar dan spam akan saya hapus ya ^__^