Pulsa Kasih Sayang

Anda yang masih tinggal dalam lingkungan keluarga, mungkin sama seperti saya. Dalam pemakaian pulsa sehari-hari, harus memperhitungkan anggaran dan tenaga untuk “pulsa kasih sayang”. Eh, sudah pernah dengar istilah itu, belum? Istilah “pulsa kasih sayang”. Belum? Wajar, sih. Itu istilah baru, bikin-bikinan saya hehehe.

Saran saya, nih bagusnya beli pulsa murah, supaya Anda bisa lebih leluasa mengatur anggaran pulsa. Sejatinya, “pulsa kasih sayang” itu dimaksudkan untuk mengistilahkan segala sesuatu yang berhubungan dengan pulsa yang mau tidak mau, harus diterima karena terpengaruh atau mempengaruhi interaksi kita dalam “berkasih-sayang” dalam keluarga. Fiyuh, ribet amat ya, macam penjelasan di wikipedia saja hahaha.

Okeh, kita langsung masuk ke contoh nyata saja. Begini, biasa kan, anak-anak memainkan HP milik papa atau mamanya? Nah, saya pun demikian. Mulai dari si sulung Affiq, lalu si tengah Athifah, dan si bungsu Afyad, ketiganya secara bergantian selalu saja memakai HP saya dengan bermacam alasan dan cara. Kadang-kadang pulsa bisa berkurang ribuan rupiah sekali pakai.

Suatu siang, seorang sahabat menelepon saya. Dia menjawab salam saya dan langsung tertawa, “Terima kasih, ces sudah disuruh goyang dumang sambil menunggu telepon Kau angkat.”

“Hah, goyang dumang???” saya balik bertanya.

“Iya, ces ... dial tone-mu lagu Goyang Dumang,” jawab sahabat saya, lalu dia ngakak lagi.

“Waduh, saya ndak pernah pasang dial tone,” giliran saya yang megap-megap. Ini bukan kali pertama anak-anak mengganti dial tone saya.


Siapa lagi tersangka pelaku pemasang dial tone itu kalau bukan salah seorang dari ketiga anak saya? Saya bukan penggemar musik. Saya pun tak suka memacam-macamkan nada dering. Saya alergi dengan nada sambung yang aneh-aneh. Lebih suka yang konvensional, persis seperti nada sambung telepon kabel leashed line sejak zaman saya masih kecil dulu. Jadi tak mungkinlah saya mengganti nada sambung favorit dengan yang lainnya. Lagi pula, mendingan ongkos beli nada sambung saya pakai buat beli pulsa elektrik murah, kan? Memasang nada sambung pribadi itu sebuah pemborosan buat saya!

Pengurasan pulsa seperti ini sudah beberapa kali terjadi, sejak si sulung masih balita. Ada lagi tuh pengurasan pulsa model lain: telepon saya dan telepon papanya anak-anak dikondisikan saling menelepon berkali-kali. Model ini pernah dilakukan oleh Affiq dan Afyad. Yang paling sering, ketiga anak saya menelepon atau kirim SMS ke mana saja, ke nomor siapa saja atau tiba-tiba connect ke internet dan berselancar di dunia maya.

Sesekali dengan menyembunyikan HP, pulsa saya terselamatkan. Tapi bisa berapa lama HP disembunyikan? Namanya juga benda yang digunakan untuk berkomunikasi. Di zaman ini, komunikasi via HP sudah menjadi kebutuhan. Harus sering-sering melihat layar benda itu. Mana tahu ada berita penting. Malah sesekali saya kecolongan juga saat anak-anak dengan lihainya bisa saja menemukan HP yang saya sembunyikan.

Bukan hanya dengan anak-anak. Dengan ibu saya pun demikian. Suatu kali, saya mendapati HP yang dipakai menelepon seorang kerabat belum diputus koneksinya. Terdengar suara samar-samar dari seberang sana. Waktu saat itu menunjukkan sudah lebih setengah jam sejak pertama kali saya hubungkan Ibu dengan kerabat tersebut. Waduh. Buru-buru saya putuskan koneksi dan ngecek pulsa. Habis. Kejadian itu menjadi pelajaran, bahwa mau tak mau, harus mengecek lagi koneksi saat Ibu sudah selesai menggunakan HP. Ibu memang kesulitan dengan gaya berkomunikasi dengan menggunakan gadget, beliau hanya familiar dengan telepon rumah.

Dengar-dengar ada yang jual pulsa murah. Saya coba-coba ngecek. Apakah hanya pulsa murah Jakarta? Hm, kalau lihat daftar harganya, sih termasuk murah untuk daerah saya juga. Web site ini tidak hanya jual pulsa elektrik murah Jakarta tapi jual untuk nasional juga. Mungkin bisa membantu menurunkan terkurasnya biaya pulsa kasih sayang, yah.

Kalau beli pulsa elektrik di situ, lumayan bisa mengurangi si Papa ke luar rumah dalam rangka membelikan pulsa kasih sayang buat istrinya. Soalnya, kalau mendadak kehabisan pulsa buat internetan di malam hari dan ada file atau tulisan yang harus segera dikirim, saya suka memintanya untuk membelikan pulsa. Si Papa tidak keberatan, sih. Namanya juga buat istri. Karena rasa kasih sayang itu, makanya beliau mau-mau saja membelikan pulsa walaupun sudah jam 10 malam, tanpa saya paksa sekali pun. Kalau kebutuhan pulsa tidak terlalu mendesak, sih, saya malah melarangnya ke luar rumah. Biar besok saja dibelinya. Tidak tega juga, kan.

Eh, punya cerita tentang pulsa kasih sayang, jugakah?

Makassar, 22 September 2015






Share :

64 Komentar di "Pulsa Kasih Sayang"

  1. trik and tips seorang ibu yang bijaksana dalam menyikapi kemerosotan pulsa Hp yang beberapa ribu suka menghilang setelah Hp di pinjam sang anak-anak.
    lanjutkan ya nak...:-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hah?
      Hahaha anak-anak saya disuruh "lanjutkan", gitu, ya Kang? Ahahaha.
      Yah, begitulah anak-anak. Mereka tanpa diminta pasti selalu tertarik dengan HP

      Delete
  2. belum anak ada kecil dalam keluarga saya mbak..tapi kalau berinteraksi dengan teman yg punya anak balita sih begitu biasanya, suka mainin hp..kalo nggak diawasi mereka bisa menghubungi nomor asal-asalan dan pulsanya jalan..tapi nggak terlalu besar juga..cuma sesekali itu terjadi..saya kalo udah ketemu anak-anak ya bawaannya merhatiin aja..termasuk benda saya yg dipegang mreka ikut diperhatiin jadi jarang juga kecolongan hehehee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, sudah cocok itu, Mbak. Perlu melakukan "pengawasan melekat" :D

      Delete
  3. HP saya juga suka dibajak anak2 mba hehe...
    Bahkan anak2 lebih lihai menggunakan HP daripada saya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar, anak2 itu lebih lihai. Banyak hal yang akhirnya saya ketahui dari anak2, Mbak wkwkwk

      Delete
    2. bener tuh mbak... terutama anak remaja jaman skrg ini pasti lebih pintar menggunakan gadget daripada bapak ibu nya xD

      Delete
  4. Wuah... ternyata hampir semua orang mengalami ini ya mak kalo punya balita. Kalo ponakanku lbh ke menghabiskan kuota sih mak. Buat download game, aplikasi, video, atau gambar kesayangan. Ckckck
    Anak jaman skrg dah pinter main gadget. Hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu juga salah satu hal yang dilakukan anak2 saya. Kalo yang sulung sudah ngerti. Yang tengah juga sudah ngerti. Si bungsu yang belum ngerti. Seenaknya saja on-kan koneksi internet dan buka Youtube *tepukjidat*

      Delete
  5. Berhubung jadi anak rantau udah hampir 4 tahunan, tiap hari atau minimal seminggu 3 kali harus banget telpon orang tua untuk saling tau kabarnya dan cerita kehidupan selama jauhan. Menurutku itu juga termasuk pengorbanan 'pulsa kasih sayang', bun :')

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya benar, Mbak Anggi :))
      Untuk tetap menjaga hubungan dengan orang tua ^^

      Delete
  6. Istilahnya unik mba hehe...kalau saya yg ada saypul alias sayang pulsa hehe

    ReplyDelete
  7. Hihihi...kalau pulsa saya sering amblas disedot provider Mak. Padahal nggak ngetik apa2.

    ReplyDelete
  8. Kalau anak-anak gak pernah pakai hpku mbak, maklum ga ada aplikasi gamesnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Punya saya juga gak ada aplikasi game-nya Mbak Lidya tapi si sulung suka download game. Biasa langsung diinstall, biasa pula tidak. Nah, yang belum diinstall ini sering diinstall sendiri sama yang bungsu. Sementara saya malah tidak ngeh kalo mereka sudah download game atau install game sampai tiba2 memori HP penuh.

      Delete
  9. hahaha.. lucu namanya ya, pulsa kasih sayang. sy jg pernh menghabiskan pulsa emak bun :)

    ReplyDelete
  10. Lbih seringnya siih mbaak..anak2 comfort pake hape emaknya dewe. Bahkan dengan nada polos bilang minta pulsanya dikit yaa mam buat nanya pe er *wadaaalaah ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi lalu nanya pe ernya bentar, tapi ngobrol mengenai hal2 lainnya yang lama ... kayak begitu, ndak, Mbak Tanty? :D

      Delete
  11. pulsa kasih sayang biasanya saya nda berpindah ji ke nomorku tapi pake hapenya bapak atau ummi untuk nelp wkwkwkwk,, hapeku khusus quota..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tapi sekarang jauh mi tooooh, ndak bisa mi lagi? Wkwkwkwk

      Delete
  12. Mak, tadinya aku kira pulsa kasih sayang itu yang sering SMS :
    Ma, aku di kantor polisi. Segera kirimin aku pulsa ya ke nomor ini.

    Wkwkwkwk.
    Oh sama kasusnya mak, tabletku tempatnya bbm, wa, imel sering dipinjem paksa sama bocah. Yah kalo ud gitu, langsung kupake airplane mode. Jd ya dia main2 aja ga nguras pulsa Dan ga konek ke inet. Hehehehe.

    Kangen aku padamu mak.
    Gmn, kmrn masih jadi mystery shopper?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi kalo itu, saya bilang "pulsa penjahat", Mak.
      Anak2 zaman sekarang yah ... kalo bungsu saya, tahu saja kalo saya set airplane mode, Mak. Dia ubah kembali :(

      Eeh, kangen juga padamu. Helion masih lancar, baru-baru ini PO ... alhamdulillah

      Delete
  13. Ya ampuuun, pakai goyang dumang segala, ya. :D
    Isteri sayang pulsa, suami sayang isteri. Beliin pulsa pas tengah malam. Hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sayang anak ... sayang istri .... sisihkan dana untuk PULSA KASIH SAYANG :))

      Delete
  14. Permasalahan yang sama, Mak :D tapi senangnya ada tempat yang mudah untuk membeli pulsa elektrik ya.

    ReplyDelete
  15. kalau di keluarga saya lebih karena telpon beda operator. punya ibu dan mbak saya ind***t jadi kalau mereka telpon agak murah, tapi punya saya telk**sel jadinya agak mahal. apalagi saya, ibu, dan mbak saya berada di lokasi yang berjauhan. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wiih, tarif interkoneksinya minta ampun tuh harganya kalo begitu, Mas.

      Delete
  16. anak-anak pada kreatif dan pinter ngabisin pulsa bundanya :)

    ReplyDelete
  17. Karena belia..dan belum nikah...(.hihi so imut bangeet.)jadinya jarang bersentuhan dgn anak kecuali ponakan yg main kerumah. Klu liat hpnya saya mereka ngk terlalu berminat krn semua gamesnya dihapus sm saya...hhe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hei hei ada yang imu2 komen di sini :))

      Punya saya tadinya ndak ada game, Muthi tapi anak2 download dan nginstall sendiri. Lebih canggih mereka daripada saya :D

      Delete
  18. Tak jauh berbeda dengan pengalaman diatas, beberapa kali pulsa habis gak ketahuan karena dipakai main game atau nelp bbrp nomor asal yag tak dikenal tanpa bicara. Sudah dikasih tahu kadang-kang kecolongan juga heuheu...

    ReplyDelete
  19. Aku seringnya kesedot paketan. Hihi. Atau kalau nggak ponakan mainan henpon. Entah dipake apa tau2 nyedot pulsa ><

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, saya pernah tuh. Tanpa saya set, kenapa bisa kesedot paketan. Nanya anak2, katanya bukan mereka. Mau nuduh, tidak boleh dong kan tidak ada bukti. Suatu waktu sampai saya harus ke kantor providernya untuk menghentikan sedotan liar itu :(

      Delete
  20. Aq ga sempat alami hal ini, Niar, krn jaman Intan anak2 dulu, belum jamannya HP dan gadget spt ini. Hehe.

    ReplyDelete
  21. Benaran murah ya kak pulsanya? Pengen jg

    ReplyDelete
  22. Wah sering banget saya ngalamin gini. Forward sms, telepon, gitu2 lah. Hahhahaaaa... kacau jendral.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi ... yang punya bocah, biasanya pengalamannya sama dengan saya, yaa

      Delete
  23. Hehe, unik juga ceritanya. Anak-anak yang cerdas

    ReplyDelete
  24. Waaahhh Pulsa Kasih sayang. Penamaan yg unik :)

    ReplyDelete
  25. Wkwkekek..aku juga pernah tetiba ada RBT lagu dangdut yg entah apa judulnya sampe ditanya mahasiswaku.. miss muna suka dangdung ya... alamaaakkk... hancur lah reputasi :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asal bukan dangdung yang hot, Mbak, gpp koq hehehe

      Delete
  26. klo saya pulkam sll amankan HP, klo tidak.... uuuuhhh habislah saya. Ponakanku hobby download aneka game yg tak jelas. tiba2 lihat hp jadi bingung sendiri. Kapan downloadnya nih game? perasaan di hpku tak ada aplikasi game????? :-D

    ReplyDelete
  27. Bagus tong itu istilahta kak "pulsa kasih sayang" hahahahah...

    Sy toh paling jengkel itu kalau cuma niatnya cek promo apa lg yg ditawarkan ehhh sdh langsung terdaftar dan habiskan pulsa. Jadinya hati2 sekali kalau ada promo tekan bintang bla bla bla pagar. Sayang pulsaaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eh ada yang begitu? Cuma cek langsung terdaftar? ck ck ck

      Delete
  28. Hihihi, tapi yang nelpon pasti terhibur karena geli dengar lagunya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo yang tidak suka, kira2 bisa sebal, ndak, Mbak? :D

      Delete
  29. mbak, anak-anak nya kreatif buanget. lain kali kalo saya mau denger lagu goyang dumang, bisa nih nelpon ke nomor mbak, hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi .. sudah dikembalikan ke keadaan semula Mbak

      Delete
  30. saya termasuk jarang bertelepon dengan teman, kecuali dengan ibu di kampung.
    sekali-kali ah pake ringtone goyang dugder, hehe...

    ReplyDelete
  31. sy pernah beberapa kali anak2 ngirim sms sampe 10x, baru nyadar pas suami telp balik, krn bolak balik di kasih sms kosong sm si kecil. biasanya sih sm sy hp diumpetin sambil dikunci

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha ... kirim pesan kosong ke ayahnya ya sampe 10x :)

      Delete

Untuk saat ini kotak komentar saya moderasi karena banyaknya komen spam yang masuk. Silakan tinggalkan komentar ya. Komentar Anda akan sangat berarti bagi saya tapi jangan tinggalkan link hidup. Oya, komentar yang kasar dan spam akan saya hapus ya ^__^