Perempuan dan Blog

Tulisan ini dimuat di Harian Fajar (koran lokal Makassar) di Hari Ibu.
Ada banyak nama blogger perempuan (khususnya yang sudah menikah) 
yang menginspirasi tetapi saya hanya bisa menuliskan sedikit nama ini 
karena keterbatasan jumlah kata (maksimal 700 kata)

Perempuan lebih suka berbicara dibandingkan laki-laki. Perempuan suka curhat dan mendengarkan untuk saling menguatkan. Pengalaman dan tinjauan psikologis – salah satunya dikemukakan oleh John Gray (penulis buku Men Are from Mars and Women Are from Venus) membuktikan hal ini.

Cara perempuan saling bercerita saat ini beragam. Selain secara face to face, melalui telepon, juga melalui media sosial. Tak jarang perempuan yang sedang tersulut emosi begitu saja mengetikkan curahan hatinya di media sosial hingga ada yang harus berurusan dengan hukum, seperti yang pernah terjadi di Yogyakarta.

Namun banyak perempuan yang cerdas. Mereka menulis, bukan sekadar curhat dengan menggunakan media blog. Aktivitas dengan blog disebut ngeblog sedangkan blog atau web blog adalah  bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web. Banyak sekali pilihan yang bisa digunakan, gratis ataupun berbayar.

Yang gratis contohnya di Blogspot, Wordpress, Tumblr, Kompasiana, dan Blogdetik. Berbayar maksudnya dengan membayar kepemilikan nama domain atau pengelolaan hosting pada sebuah perusahaan penyedia jasa domain/hosting. Pembayarannya dilakukan per tahun. Blog berbayar digunakan oleh para profesional dalam bidangnya sebagai blogger, pemilik online shop, atau mereka yang hendak membangun personal branding.

Sejumlah perempuan yang meniti karier profesional memilih ngeblog untuk lebih menyebarluaskan pengetahuan yang dimilikinya kepada masyarakat luas agar dirinya bisa lebih banyak membagi manfaat secara sosial. Misalnya agar ilmu tentang pertanian, gizi, ekonomi, politik, reproduksi bisa lebih mudah diakses masyarakat karena ditulis dalam bahasa yang mudah dimengerti (ketimbang membaca buku-buku teks). Selanjutnya blog mereka bisa diakses gratis oleh siapa pun yang membutuhkan.

Foto: Faridah Ohan
Institut Pertanian Bogor (IPB) adalah contoh institusi pendidikan yang menaruh perhatian khusus pada kegiatan ngeblog. Baru-baru ini Evrina, pemenang 1 lomba blog Perdesaan Sehat 2014 (dilaksanakan oleh Kementerian Pembangunan Daerah Tertinggal), seorang ibu rumah tangga yang berkarir dalam bidang pertanian memberikan pelatihan ngeblog bagi 180 mahasiswa IPB. Menurut Evrina, Cyber Extension dari Kementerian Pertanian diharapkan menjadi media penyuluhan pertanian dan informasi teknologi yang efektif dari para profesional kepada masyarakat. Oleh sebab itu, sebagai langkah awalnya mahasiswa diharapkan mampu menyampaikan pengetahuanya melalui blog yang difasilitasi IPB.

Sejak 5 tahun terakhir, kepada dosen, staf, dan mahasiswa yang berprestasi ngeblog, IPB memberikan penghargaan khusus. Kedua ibu ini adalah contohnya: Murtiyarini (peraih Srikandi Blogger Inspiratif 2014) dan  Anita Handayani. Mereka peraih juara 3 dan juara 1 pada lomba web (kategori blog staf) IPB tahun 2013.

Bukan hanya perempuan yang bekerja di luar rumah saja, zaman sekarang banyak ibu rumahan yang aktif menulis di blog. Mereka merasakan beragam manfaatnya. Ngeblog merupakan cara refreshing yang asyik. Bunda Yati Rachmat (75 tahun) mengatakan, ngeblog membantunya mengasah daya ingat. Berbagai pengalaman baru diperolehnya melalui ngeblog, termasuk memenangkan beberapa lomba.

Aktivitas “saling mengunjungi” blog bukan hanya menjadi hiburan tetapi juga ajang pengembangan diri. Sesama blogger saling belajar berbagai hal seperti parenting, cara menjaga kesehatan dan gizi keluarga, dan meningkatkan wawasan. Pergeseran ke arah yang lebih baik, dalam memandang suatu hal dan dalam kapasitas diri sebagai ibu, istri, dan anggota masyarakat pun menjadi niscaya.

Tak dipungkiri, ibu rumah tangga pun butuh berkembang. Sementara media main stream (seperti koran dan televisi) tak selamanya bisa memenuhinya karena terikat pada kepentingan pemilik modal secara ekonomi dan/atau politik. Saya sendiri merasakan manfaat yang luar biasa terhadap pemenuhan kebutuhan pengembangan diri melalui aktivitas ngeblog.

Bersedekah pun bisa dilakukan melalui tulisan. Sedekah pengetahuan yang dibagikan mendatangkan kepuasan tersendiri bila bermanfaat bagi orang lain. Tulisan di blog juga bisa digunakan untuk mendatangkan simpati kepada orang-orang yang  sedang kesusahan. Tak jarang, sumbangan mengalir setelah sebuah tulisan ditayangkan. Para blogger perempuan ini melakukan petuah Albert Einstein: “Try not to become a man of success but a man of value.”

Adalah bonus jika kemudian kegiatan ngeblog bisa menjadi salah satu pintu rezeki. Selain nama-nama di atas, beberapa nama ibu rumah tangga sudah dikenal di dunia blog sebagai “langganan jawara lomba”, seperti Rinrin Irma, Haya Aliya Zaki, Rodame Monitorir, Nia Haryanto, Nurul Rahmawati, dan masih banyak lagi. Keterampilan menulis yang terasah membuat mereka bisa merasakan rezeki berupa uang jutaan rupiah hingga aneka gadget mutakhir. Beberapa blogger lainnya menikmati rezeki dengan cara mengerjakan job review. Untuk satu tulisan mereka dibayar sebesar ratusan ribu hingga jutaan rupiah.


Ngeblog adalah alternatif kegiatan masa kini yang bisa dilakoni ibu rumah tangga dari rumah. Ingin merasakan berbagai hiburan sekaligus memberdayaan diri dan meninggalkan warisan berupa “prasasti sejarah” buat anak-cucu, Bu? Ngeblog, yuk.


Share :

23 Komentar di "Perempuan dan Blog"

  1. Keep happy blogging, and keep to be Great Mom yah...

    ReplyDelete
  2. Neng belum bisa atuh ngeblog dan jadi perempuan sejati...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aih perasaan Neng sudah sering posting deh :))

      Delete
  3. emak-emak blogger, mbak keren banget tulisannya bisa dimuat di koran... semoga istiqomah dan terus menginspirasi mbak :)))
    saya pengen belajar nulis sama sampean, hehe

    ReplyDelete
  4. Mak Niar memang keren, alumnus teknik UnHas yang mencintai dunia literasi juga, subhanallah mak lanjutkan! how productive you are, proud of You mak

    ReplyDelete
  5. Mak, ngeblog masih sekedar hobi utk ngilangin bosan di rumah. Belum seproduktif Mak Niar. Kudu terus belajar nih.

    ReplyDelete
  6. wanita dan blog sepertinya emang gak bisa jauh2 deh mak, walaupun mereka sekedar curhatpun hasilnya bakalan amazing :)

    ReplyDelete
  7. suka dengan tulisan ini mak, jadi makin semangat ngeblog ...mudah2an jadi pengingat saya juga agar ngeblog dalam hal yg postitf... makasih sharingnya mak.:)

    ReplyDelete
  8. Tulisannya mantep nih, Niar. Bunda akan berusaha selagi jemari bisa menari di atas toets keyboard untuk ngeblog dan mengikuti lomba blog. Sudah beberapa hadiah memang yang Bunda terima dari hasil ngeblog ini (melalui GA) tapi belum pernah memenangkan hadiah satu kali pun untuk Blog Competition yang berkaitan dengan perusahaan-perusahaan besar. Dan ini akan terus Bunda coba.

    ReplyDelete
  9. yuk... duh mesti smangat posting lg inih...

    ReplyDelete
  10. Selalu support mak Niar...

    salam hangat dari Jogja,
    Adi Pradana

    ReplyDelete
  11. Tulisannya memang bagus dan menginspirasi skali Mbak :D

    ReplyDelete
  12. Hayuk, perempuan ngeblog daripada nggosip hihihi.

    Setuju banget, walau bukan 'pekerja kantoran', perempuan tetep bisa produktif di rumah dengan ngeblog.

    Inspiratif!

    :)

    ReplyDelete
  13. Yuk tetap ngeblog sampe kpn pun 😊

    ReplyDelete
  14. keren! tulisannya masul koran lagi...
    smoga virus bloging semakin menyebar :)

    ReplyDelete
  15. Keren banget..jadi semakin semangat ngeblog..:D
    salam kenal dari www.emyzuroidah.com

    ReplyDelete
  16. Mak Niar keren.......bener banget melalui ngeblog bisa sedekah dan berbagi ilmu, dari ngeblog saya banyak belajar banyak hal yg selama ini gak tahu, paling tdk skrg gak terlalu gaptek, he..........

    ReplyDelete
  17. keren Dah artikelnya, tidak selamanya kan Emak-emak harus di dapur, tapi di internet juga jago... : )

    ReplyDelete
  18. Jadi semangat buat menulis lagi nih. Hihiii .. Sip deh tulisannyaaa

    ReplyDelete
  19. Salam kenal mbak Niar...blognya sangat menarik dan memotivasi perempuan Indonesia untuk berbagi ilmu dan pengalaman lewat blog

    ReplyDelete

Untuk saat ini kotak komentar saya moderasi karena banyaknya komen spam yang masuk. Silakan tinggalkan komentar ya. Komentar Anda akan sangat berarti bagi saya. Tapi komentar yang kasar dan spam akan saya hapus ya ^__^