Bukan Peri Biasa

Tulisan ini merupakan lanjutan dari 5 tulisan sebelumnya,
tentang Pesta Komunitas Makassar 2014:


Saya terkesima di depan berbagai model replika, mulai dari aneka mainan anak-anak, karakter animasi, hingga replika robot yang ukurannya lebih besar dari manusia dewasa. Dan saya makin terkesima saat membaca beberapa tulisan di antara benda-benda itu: “100% KERTAS”. WOW, luar biasa!!


Ada pesawat, WInnie The Pooh, jam weker, robot-robotan, dan lain-lain
Motor-motoran dan karaker-karakter animasi
Membuatnya dengan bahan yang bukan kertas saja tentu membutuhkan ketekunan yang besar, apalagi bila bahan dasarnya kertas. Benar-benar luar biasa sabarnya orang yang melakukan craft ini!

Para seniman kertas yang ikut berpameran di Pesta Komunitas Makassar pada tanggal 24 – 25 Mei lalu itu tergabung di dalam komunitas PERI (Paper Replika Indonesia).

PERI terbentuk tahun 2009. Hingga kini sudah terbentuk lebih dari 25 regional di Indonesia, di antaranya di kota-kota: Bandung, Malang, Yogya, Surabaya, Medan, Makassar.

Wow .. banyaknya ... ada replika menara juga
Robot replika itu ... lebih tinggi dari orang dewasa!
Sayangnya saya tak sempat bertanya banyak hal di booth PERI. Hanya sedikit pertanyaan dilontarkan oleh suami saya, seperti: “Bagaimana supaya kertasnya bisa tahan lama?” Jawabannya: ada sejenis bahan yang disemprotkan setelah replika terangkai.

Bahannya dari kertas biasa. Bukan kertas sembarang juga sih, ada yang menggunakan karton Manila.  Beberapa saran jenis kertas bisa dilihat di kolom komentar di link-link ini: http://idpapercrafts.blogspot.com/2013/02/kertas-yang-cocok-untuk-papercraft.html dan http://www.anneahira.com/paper-replika.htm. Di link terakhir itu malah ada tuntunan untuk memulai berkreasi membuat replika dari kertas.

Eh, bukan sekadar mengisi waktu luang lho, katanya kreasi paper replika ini bahkan bisa dijual. Menarik, ya?

Berminat? Silakan browsing ke:
Website: http://www.perikertas.com/
Fans page FB PERI KERTAS: https://www.facebook.com/perikertas
Akkun Twitter PERI regional Makassar: https://twitter.com/PeriMakassar

Makassar, 19 Juni 2014


Referensi:

http://www.perikertas.com/
http://idpapercrafts.blogspot.com/

http://www.anneahira.com/paper-replika.htm


Share :

3 Komentar di "Bukan Peri Biasa"

  1. Perkakas anak yang menarik... Trims sharingnya

    Salam dari pulau Dollar

    ReplyDelete
  2. itu minionnya juga dari kertas ya mbak

    ReplyDelete
  3. Hebat banget, Mugniar...kebayang deh kertas *biarpun dari jenis khusus, dibikin replika seperti ini...duh, susaaah :(

    ReplyDelete

Untuk saat ini kotak komentar saya moderasi karena banyaknya komen spam yang masuk. Silakan tinggalkan komentar ya. Komentar Anda akan sangat berarti bagi saya tapi jangan tinggalkan link hidup. Oya, komentar yang kasar dan spam akan saya hapus ya ^__^