Anak Makin Cerdas,Orangtua Tenang

Sering sekali terlihat orang-orang membawa gadget yang menggunakan sistem operasi Android sekarang ini. Bahkan anak-anak sekali pun dengan lincahnya mampu mencari tahu serba-serbi aplikasi di dalamnya karena menariknya menyentuh layar dan melihat tampilan yang berbeda-beda.

Anak-anak saya pun demikian, tak lepas dari gadget dan komputer. Yang pakai keyboard  saja mereka antusias apalagi yang menggunakan layar sentuh. Jemari mereka bergerak lincah ke sana ke mari berpindah-pindah aplikasi, bahkan mengalahkan kelincahan saya dalam menggunakannya.

Maraknya game Android saat ini tentu saja mengundang kekhawatiran para orangtua, termasuk saya dan suami. Apa saja bisa diperoleh dari internet melalui Play Store. Tinggal “klak-klik”, lalu down load atau install, maka kepuasan bermain game terpenuhi.


Install Anak Cerdas melalui
Play Store
Untunglah Acer Indonesia telah meluncurkan aplikasi Anak Cerdas untuk pengguna Operating System Android, aplikasi edukatif dengan yang menjadikan gadget sebagai perangkat bermain dan belajar yang aman.

Melalui aplikasi Play Store (sebelumnya bernama Google Store) di gadget (berbasis Android), Anak Cerdas bisa diinstalasi dengan mudah. Maka Anak Cerdas bisa menjadi semacam portal yang aman ketika anak bermain game. Untuk lebih amannya lagi, sebaiknya orangtua menyembunyikan Play Store supaya tidak mudah dipakai anak-anak untuk melakukan instalasi sendiri.

Ikon aplikasi Anak Cerdas
pada Application Drawer tablet
Mengapa sebaiknya disembunyikan?

Agar anak-anak kita hanya menggunakan aplikasi Anak Cerdas sehingga orangtua bisa mengontrol pemakaian gadget anak. Anak Cerdas memiliki Parental Control. Memfungsikannya dengan cara menjalankan mode Zona Anak sehingga dapat mencegah si Kecil mengakses situs dan aplikasi yang tidak sesuai untuknya.

Kemudian orangtua bisa mengaktifkan fitur Izin Unduh, maka password orangtua dibutuhkan untuk men-download aplikasi ke gadget, anak tak bisa mengaksesnya seenaknya. Bahkan, orangtua bisa menerima Laporan Bulanan yang memperlihatkan aktivitas si Kecil dengan gadget-nya, beserta durasinya.


Setelah di-install, untuk mengerjakan latihan soal, setiap anak bisa masuk dari akunnya sendiri yang dilengkapi fotonya masing-masing. Pasti akan menyenangkan bagi anak, seperti memiliki dunia bermain (sekaligus belajar) yang bersifat privat.

Nanti anak bisa memilih fitur-fitur yang dikehendaki. Secara besar ada 3 fitur:
Belajar tentang jenis-jenis dinosaurus
melalui aplikasi Anak Cerdas
Mari Bermain yang berisi aneka game, aplikasi edukasi, dan e-book yang menarik untuk anak usia 6-12 tahun.
  • Latihan Yuk! yang berisi kumpulan soal latihan Matematika, Sains, Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris untuk anak kelas 1 – 6 sekolah dasar yang disusun berdasarkan kurikulum sekolah nasional. Ada pula latihan untuk soal ujian akhir agar anak bisa berlatih dengan menyenangkan. Tiap mata pelajaran terdiri dari sejumlah level dan badge hadiah yang bisa dimenangkan.
  • Dunia Tekno, di mana anak bisa belajar teknologi dalam bahasa yang sederhana dan mudah dicerna.
Athifah, putri kedua saya yang duduk di kelas 1 sekolah dasar, senang menyelesaikan soal-soal pelajaran sekolah di aplikasi ini, ia bahkan mendapatkan tambahan pengetahuan saat mengerjakan soal-soal Bahasa Indonesia.

Fitur-fitur aplikasi Anak Cerdas
Ia pun senang memainkan game dan mendapatkan pengetahuan baru dari e-book melalui Anak Cerdas. Ia seperti enggan melepaskan gadget ketika waktu bermainnya usai.


Salah satu kelebihan Anak Cerdas adalah, ada jenis aplikasi yang pernah diinstalasi melalui Play Store sebelum menginstalasi Anak Cerdas, langsung masuk kedalam bagian Anak Cerdas begitu aplikasi ini di-install. Ini berlaku untuk aplikasi-aplikasi yang direkomendasikan oleh Anak Cerdas.

Pilih mata pelajaranmu!
Begitu pun bila menginstalasi aplikasi melalui Play Store setelah menginstalasi Anak Cerdas, bisa otomatis masuk ke dalam bagian Anak Cerdas. Sekali lagi, khusus untuk aplikasi yang direkomendasikan oleh Anak Cerdas.


Misalnya begini, suami saya pernah menginstalasi game Minion Rush ke dalam tablet sebelum penginstalasian aplikasi Anak Cerdas. Nah, begitu aplikasi tersebut masuk ke dalam tablet, Minion Rush ini langsung pula menjadi bagian dari Anak Cerdas.

Kalau untuk aplikasi yang tidak direkomendasikan oleh Anak Cerdas, tentu saja tidak masuk ke dalam bagian Anak Cerdas jika diinstalasi dari Play Store. Jika seandainya seorang anak terbiasa menggunakan Play Store dan orangtuanya tak dapat menyembunyikan Play Store dari gadget-nya, hal yang merupakan kelebihan ini bisa sekaligus menjadi ancaman karena bisa saja orangtua kebobolan jika ternyata anaknya mahir menggunakan Play Store.

Anak-anak sekarang cerdas-cerdas. Saya masih ingat sulung saya, Affiq, ia sudah bisa menginstalasi sendiri game yang disukainya dari CD program ke dalam PC kami saat usianya baru 3 tahun. Ia bahkan bisa menemukan file installer yang disimpan ke dalam folder tersembunyi di hard disk. Kemampuan Affiq dalam menggunakan komputer berkembang pesat dan seperti bakat alami saja karena ia bisa melakukan banyak hal di komputer/gadget secara otodidak. Untuk banyak hal dalam menggunakan komputer/gadget, di usianya yang baru menjelang 13 tahun saat ini, ia lebih mahir daripada saya.

Bila orangtua senantiasa memeriksa gadget anaknya, ini bisa diantisipasi sesegera mungkin. Bila tidak, bisa saja anak menggunakan aplikasi yang tidak sesuai usianya.

Andai mungkin dilakukan pengembangan, saya berharap Acer meningkatkan kemampuan aplikasi Anak Cerdas dengan membuatkan fitur tambahan yang memungkinkan orangtua mengetahui kalau-kalau ada aplikasi lain yang terinstalasi tidak melalui Anak Cerdas. Fitur itu menampilkan aplikasi-aplikasi yang tak di-install melalui Anak Cerdas oleh orangtua dan anak. Ini berguna bagi orangtua yang super sibuk, mereka bisa menghemat waktu dalam memeriksa penggunaan gadget buah hatinya.

Well, secara keseluruhan, Anak Cerdas bisa digunakan untuk kebutuhan bermain dan belajar anak-anak kita sehari-hari. Bila berminat, perhatikan pra kondisi gadget yang hendak digunakan berikut ini:
Game Benji Bananas
  • Gadget minimal memiliki OS Android 4.0 Ice Cream Sandwich (ICS)
  • Tablet dan smartphone Android dengan layar minimal 4.7 inch
  • RAM gadget minimal 512MB
  • Kapasitas penyimpanan minimal 1GB
  • Koneksi internet dibutuhkan untuk aktivasi awal, pendaftaran pengguna, download update dan membaca Dunia Tekno.
Untuk memperoleh informasi lebih lengkap, silakan kunjungi Aplikasi Anak Cerdas atau ke http://www.acerid.com/2014/02/aplikasi-anak-cerdas-dari-acer-belajar-dan-bermain-di-gadget-dengan-aman-dan-menyenangkan/

Ucapan terima kasih dari Athifah


Makassar, 5 Mei 2014


Postingan blog ini diikutsertakan dalam lomba blog Aplikasi Anak Cerdas kerja sama Kumpulan Emak Blogger dan Acer Indonesia


Share :

55 Komentar di "Anak Makin Cerdas,Orangtua Tenang"

  1. semoga sukses mbak lombanya :D

    ReplyDelete
  2. aplikasinya agus, sukses mba untuk lombanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih mbak. Sukses juga buat mbak Fitri :)

      Delete
  3. wah aku baru tahu malah kak, hehe... bagus infonya... jadi sekarang gak rugi lagi klo anak kecil punya gadget keren, asal ortu bisa pantau dan beri aplikasi cerdas, subhanallah. ini dia ortu yang cerdas, anak srkang mah larinya ke warnet malah games, nonton video nyanyi dewasa, haduh... ortunya jga klo gak bisa ngendalikan ya anknya ketledoran.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Annur, dengan aplikasi ini mudah memantau anak :)

      Delete
  4. anak2 sekarang memang pandai2 ya dlm menggunakan gadget.... :)

    ReplyDelete
  5. Oh gitu ya, baru tau klo aplikasi anak cerdas bisa baca mainan yg direkomendasi utk anak. Kereenn ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, ada rekomendasinya jadi kalo nginstall dari Play Store pun kalo direkomendasikan sama Anak Cerdas, langsung masuk ke "bawah" Anak Cerdas. ANak Cerdas jadi semacam portal :)

      Delete
  6. Aplikasi Anak Cerdas ternyata lengkap juga ya. Sayang banget aku gak bisa install. Gak pake Android, Mak. Sukses lombanya. ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mak .. lengkap. Kalo smart phone-nya mak?
      Eh makasih ya Mak .. sukses juga buat mak Nia :)

      Delete
  7. seru dan menyenangkan mak Niar.. aaaah mau download juga tapi belom punya gadgetnya hiks... :)

    ReplyDelete
  8. sukses ya Niar...sayangnya Hawna kurang enjoy dengan game anak cerdas ini. Karena agak ribet untuk masuk ke dalamnya dan loadingnya lama. buat keluar juga gak bisa keluar gitu aja. jadi... meski sudah donlot aku gak ikutan review gam e ini kayaknya. hehehe... nanti kebanyakan ngasi kritiknya daripada rekomendasinya.. hahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu berarti ada masalah di gadget mbak Ade. Mungkin ada komplikasi, bebannya sudah berat atau gimana. Kalo di saya penah melambat tapi sepertinya karena gadget kami sendiri mbak Ade, waktu terakhir kali main ini, loadingnya cepat koq :)

      Delete
  9. zaman sekarang, gampang banget ya untuk mencerdaskan anak,,orang tua nggak perlu repot2 :)

    ReplyDelete
  10. good luck ya mbak. anak-anak suka dengan koten edukasinya

    ReplyDelete
  11. Mbak Niar...sukses buat lombanya yaaa...komplit sekali...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin makasih mbak Lies, sukse juga buat mbak Lies :)

      Delete
  12. waduh...
    lagi kontes android ya?
    padahal aku baru ngepos yang berlawanan
    bisa dikira ngajak musuhan tar.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lomba review aplikasi saja, mas Rawins :)
      Musuhan? ahahaha tidak koq :)

      Delete
  13. wah samaaa...anak saya yang kecil suka sekali dengan ensiklopedi dinosaurus...

    ReplyDelete
  14. Saya juga ikutan ngisi soal, ha ha ha
    Seru saja....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar semuakah, Mbak? yang seru kalo ternyata tidak benar semua ya? :D

      Delete
  15. betapa senangnya anak-anak jaman sekarang, segalanya serba dimudahkan oleh gadget

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banyak kemudahan tapi bahayanya juga besar :)

      Delete
  16. Aku juga udah install mak. Mak suka periksa lagi jawaban anak2 ga? Ko aku nemuin jawaban yg kurang tepat ya..

    ReplyDelete
  17. klu fitry udah mau masuk skul mau jugalah pake android n instal aplikasi anak cerdas...skrg masih kecil..bru 2,7 tahun hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada game yang sudah bisa dimainkan anak usia 2,7 tahun Mak :)

      Delete
  18. orang tua juga sennag kalau anak cerdas :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mak, dengan aplikasi ini orangtua terbantu juga ya :)

      Delete
  19. Memilihkan mainan anak-anak memang harus mempertimbang faktor edukasi disamping kenyamanan

    ReplyDelete
  20. Niar, semoga sukses memenangkan salah satu hadiah, ya. Postingannya bagus dan lengkap. Bunda gak ikutan, karena disamping masih rada-rada gaptek, juga gak punya android, hehe..

    ReplyDelete
  21. seru ya, aplikatif sekali untuk orgtua dan anak2 :) seru ya mainnya :)

    ReplyDelete
  22. Ini yg dibutuhkan, anak jaman skarang juga nggak bisa lepas dari smartphone, aplikasi semacam ini bisa jadi solusi spy tdk donlod aplikasi yg berujung negatif, trimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar Mas, mau tidak mau, barang2 seperti ini ada di hadapan kita :)

      Delete
  23. Wah keren reviewnya... lengkap bingitsss...
    Kandidat utk jadi pemenang nih Mak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waaah mudah2an saja Mak :)
      Makasih ya Mak

      Delete
  24. anak cerdas orangtuapun bangga . siapa yang tidak bangga dan senang punya anak yang cerdas.

    ReplyDelete
  25. eia mak...perasaan waktu itu dah follow. Ga masup krna jaringan kali ya.
    Follow lagi ah :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayaknya sudah tergeser ke bawah nama mak Inna yang follow dulu itu :) .. btw makasih ya :)

      Delete
  26. ealah komennya terbalik. harusnya yg ini dulu *jaringan eror*

    3boys juga suka sama anak cerdas ini.
    Gut lak buat ngontesnya ya, Mak Niar ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih Mak Inna .. sukses juga buat Mak Inna :)

      Delete
  27. aplikasi yang keren..
    semoga sukses ngontesnya mba..

    ReplyDelete
  28. Dengan aplikasi android yang dapat merangsang anak untuk belajar, kita juga sebagai orang tua juga harus bisa memilih aplikasi android yang baik ya Mba. jadi kepengin beli android yang seperti itu.

    Salam

    ReplyDelete

Untuk saat ini kotak komentar saya moderasi karena banyaknya komen spam yang masuk. Silakan tinggalkan komentar ya. Komentar Anda akan sangat berarti bagi saya tapi jangan tinggalkan link hidup. Oya, komentar yang kasar dan spam akan saya hapus ya ^__^