Efek Miris dari Perkembangan Teknologi Gadget

Semua orang tahu, bahwa dampak perkembangan teknologi saat ini bagaikan belati bermata dua. Ada manfaat dan ada pula mudharatnya. Salah satu yang menonjol adalah gadget. Perkembangan teknologinya yang teramat pesat begitu menakjubkan. Semakin hari semakin “cerdas” saja gadget yang beredar. Tetapi, dampak negatifnya tak henti membuat saya tercekat dan membuat pikiran konyol melintas di benak saya, “Andai bisa, Saya ingin menarik kembali ketiga anak saya masuk ke dalam rahim agar mereka terlindungi dari berbagai kejelekan di zaman mendatang.”

Pikiran konyol yang impossible dan bisa menjebak kepada sikap apatis itu segera saya tepis. Ancaman besar itu, mau tak mau harus dihadapi dan diatasi.

Manfaat terbesar gadget adalah tentu saja kemudahan bagi manusia dalam mengerjakan banyak hal, terutama dalam komunikasi. Seorang penulis saat ini bisa menulis di mana saja, baik itu di sela-sela kemacetan, saat sedang menunggu antrian di rumah sakit, dan lain-lain. Fasilitas yang ada di dalam sebuah smart phone memungkinkannya menyimpan tulisan ke dalam gadgetnya.

Dampak buruk gadget, apa lagi setelah digabung dengan kecanggihan internet yang terbesar adalah dalam pengaruhnya terhadap moral remaja bahkan anak-anak kita. Waktu masih duduk di bangku sekolah dasar, sulung saya pernah bertanya, “Apa itu film bokep, Ma?” Ini karena di antara kawan-kawannya sudah ada yang menonton film bergenre asusila ini. 

Maaf ya teman-teman, lanjutannya ada di sini.  :) Kalau memang berminat melanjutkan membaca dan menyukainya, mohon di-like di link tersebut ya .. terimakasih :) 


Share :

20 Komentar di "Efek Miris dari Perkembangan Teknologi Gadget"

  1. harus jeli menggunakannya.. jika tidak tertebas sendiri..

    ReplyDelete
  2. mainkan gadget bagi anak-anak jelas beda dengan mainkan bola kasti dan tongkat pemukulnya ya Bund....

    peran orang tua sangat penting untuk memantau perkembangan anak dalam menggunkan gadget

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak ... anak2 saya sekarang pada suka main gadget .. :|

      Delete
    2. kalau dilarang pasti anaknya ngmbek

      Delete
    3. Tidak apa anak2 ngambek mas, mrk tdk selalu diizinkan :)

      Delete
  3. Parah, deh! Tapi emg gk bisa dipungkiri lagi, Bu! Yups, bnr bgt! Kayak belati bermata dua. Okeh, langsung dilanjut ea ... :-)

    ReplyDelete
  4. Anak2ku belum mengenal gadget, mbak. Sengaja sih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anak2 saya sudah kenal mbak. Ada juga manfaatnya. Ada pula kekurangannya mbak

      Delete
  5. g kebayang gimana zaman anakku ntar mbk, eh mbk aku kirim bolak/ik kok g publish2 ya?g ada email masuk juga padahal dah 3 harian :D

    ReplyDelete
  6. sekarang makin banyak yg autis, duduk semeja tapi ga ngobrol sibuk sama gadgetnya masing2

    ReplyDelete

Untuk saat ini kotak komentar saya moderasi karena banyaknya komen spam yang masuk. Silakan tinggalkan komentar ya. Komentar Anda akan sangat berarti bagi saya tapi jangan tinggalkan link hidup. Oya, komentar yang kasar dan spam akan saya hapus ya ^__^