Menyoal Demo BBM yang Tak Memihak Hingga Kepopuleran Situs

"Jumlah personel pengamanan ada 1.141 orang," kata Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya, Kombes Rikwanto dalam pesan singkatnya, Kamis (20/6/2013).

Adapun jadwal kelima elemen masyarakat itu yakni: 
  • Pukul 10.00 WIB: Kantor Pertamina Pusat dan KPD oleh 100 orang aksi bersama Pandawa Lima Nusantara dan HMI Jakarta
  • Pukul 13.00 WIB: Depan Istana Negara oleh 1.000 orang Hizbut Tahrir (HTI DKI)
  • Pukul 07.00 WIB di PT Yushu Indonesia, Kabupaten Bekasi oleh 1.000 kelompok, FSPMI dan Solidaritas FSPMI
  • Pukul 10.00 WIB di Balai Kota DKI oleh Serikat Rakyat Miskin Indonesia DKI Jakarta, kelompok Marlau Situmpul 100 orang
  • Pukul 10.00 WIB: kantor Kemenakertrans oleh 100 orang Serikat Pekerja Se-Jabodetabek

Hal tersebut di atas adalah berita hari ini yang saya kutip dari website liputan6.com yang berjudul 1.141 Polisi Jaga 5 Demo BBM di Jakarta, yang dirilis pukul 13.10.

Polisi memang perlu berjaga-jaga untuk mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tak diinginkan. Demo mahasiswa sekarang sering berakhir ricuh setelah terlebih dulu meresahkan warga karena mereka dengan seenaknya menutup badan jalan. Tentu saja warga terganggu.

Sebuah berita berjudul [VIDEO] Demo BBM di Menteng, Mahasiswa Pukuli Pengendara Motor yang dirilis kemarin di liputan6.com menyebutkan:

Massa tidak hanya memblokade Jalan Diponegoro. Mahasiswa malah terlihat memukuli pengendara motor yang berusaha melewati kerumunan demonstran. Seorang pengendara motor pria yang sedang membonceng seorang wanita dipukul berkali-kali oleh demonstran. Entah apa penyebab pemukulan itu. Diduga, si pengendara motor hanya ingin melintasi kerumunan demonstran. 

Bahkan, sebuah mobil sedan dinas pemadam kebakaran yang melintas ikut jadi sasaran amuk mahasiswa. Sejumlah pendemo menaiki mobil dan memaksa mobil itu untuk berbalik arah. Kaca spion mobil itu pun menjadi sasaran hingga patah.

Tak jauh beda yang pernah terjadi di Makassar. Pada tanggal 3 Juni, terjadi kericuhan saat demo mahasiswa Unismuh yang memblokade kedua sisi jalan. Warga justru balik menyerang mereka. Jelas saja, jalan Sultan Alauddin merupakan jalan poros yang menghubungkan Makassar dengan kabupaten Gowa.

Barikade polisi di depan UNM
Siaga menghadapi kericuhan
Baliho di jalan Sultan Alauddin. Warga tidak simpatik kepada
demo yang rusuh
Sumber: http://kanal-satu.com
Tanggal 7 Juni kemarin, demo mahasiswa UNM berlangsung ricuh di jalan A.P. Pettarani berbarengan dengan pelantikan kapoda Sulawesi Selatan yang baru di hotel Clarion, tak jauh dari UNM. Warga yang terganggu dengan penutupan jalan yang dilakukan mahasiswa, menyerang. Aparat polisi menggiring mereka masuk ke dalam kampus.

Entah apa yang dibela oleh mereka, sementara banyak orang yang merasa terganggu dengan ulah mereka. Entah arogansi apa yang merasuki mereka sehingga membuat mereka merasa berhak menutup badan jalan dan menyusahkan orang-orang yang katanya mereka bela.

Di website liputan6.com, kita bisa meng-update berita tentang kenaikan harga BBM dan peristiwa-peristiwa yang terjadi terkait dengan topik ini. Lihat saja di kolom “Berita Terkini, ada beberapa berita tentang kenaikan BBM di situ. Selain itu ada pula update isu-isu hukum dan  politik yang sedang hangat saat ini pada berita terbaru, seperti sidang Antasari, kasus narkoba artis, kasus yang tengah disidik KPK, dan lain-lain. Kita pasti kenyang informasi dengan hanya memonitor website yang update-nya hanya dalam hitungan menit ini.

Website Liputan6.com
Sumber: www.liputan6.com
Menariknya, liputan6.com menyediakan kanal untuk citizen journalist (jurnalis warga) sehingga siapa pun bisa memperkaya informasi di website ini dan bisa disimak oleh siapa pun, dari seluruh pelosok negeri.

Pencarian pertama saya terhadap berita dengan kata kunci “kenaikan BBM” menunjukkan hasil memuaskan terhadap website ini. Walau bukan di posisi pertama dan kedua, liputan6.com ada di halaman pertama pencarian Google. Sayangnya, saat saya mencoba mengaksesnya sekitar lima belas menit kemudian, liputan6.com sudah bergeser ke halaman kedua pencarian. Ini saya lakukan karena ada orang-orang yang mencari berita melalui mesin pencari Google.

Sementara pencarian dengan kata kunci “berita terkini” menunjukkan hasil memuaskan. Liputan6.com ada di halaman pertama pencarian. Liputan6.com kiranya perlu serius melakukan optimasi SEO, terutama untuk berita-berita hangat saat ini agar makin banyak lagi pembaca masuk melalui mesin pencari.

Sementara tingkat kepopulerannya, berdasarkan http://www.webstatsdomain.net adalah:

Liputan6.com is ranked 3,475 in the world (among the 30 million domains), a low rank means that this website gets lots of visitors. This site is relatively popular among users in the Indonesia. It gets 87.7% from Indonesia. This site is estimated worth $1,146,193USD. This site has a good Pagerank (5/10). It has 13,548 backlinks. It's good for seo website. Liputan6.com has 60% seo score.

Pagerank : 5 
Safety : 70/100
Alexa Rank : 3,475
Social monitoring: 19,905

Mudah-mudahan saya tak salah menebak usia, dalam usianya yang 13 tahun, liputan6.com kini sudah meraih page rank 5. Merupakan salah satu situs popular di tanah air. Sudah memiliki 13.548 back link. Sebuah pencapaian yang luar biasa.

Saya yakin popularitas liputan6.com bisa meningkat terus, minimal bersaing dengan situs-situs sejenis. Apalagi dengan berkembangnya jurnalis-jurnalis warga dan diadakannya lomba blog seperti ini. Harapan saya, liputan6.com terus menyajikan berita yang sesuai dengan semboyannya: aktual, tajam, dan terpercaya.

Makassar, 20 Juni 2013


Tulisan ini diikutkan lomba #klik liputan6.com



Share :

24 Komentar di "Menyoal Demo BBM yang Tak Memihak Hingga Kepopuleran Situs"

  1. Entah apa yang dibela oleh mereka, ...
    Entah arogansi apa yang merasuki mereka sehingga membuat mereka merasa berhak menutup badan jalan dan menyusahkan orang-orang yang katanya mereka bela

    Saya setuju dengan statement ibu ini ...

    Saya mau protes ... berkomentar ...
    saya takut ... mereka kan siswa yang sangat Maha ...
    saking Mahanya ... sampai merasa berhak untuk berlaku semaunya ... :) :) :)

    Semoga mereka menyadari kekeliruannya ...
    Protes ... kritis ... itu harus ...
    Tapi ya nggak gitu caranya kaliii ...

    Salam saya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin ya om Nh ... saking "maha"-nya :D
      MAunya sih gak gitu kaliii

      Delete
  2. Hal anarkis yang mereka lakukan mungkin karena faktor kekesalan dan kejenuhan pada pemerintah juga bunda.
    Tapi ya walaupun begitu tindakan anarkis tetap tak bisa dibenarkan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah saatnya mahasiswa mencari cara2 yang lebih "EYLEKHAN" (meminjam istilah om Nh) mosok iya demo menyusahkan masyarakat :D

      Delete
  3. di kampus kemarin ada yg "peraaang" ternyata gas air mata pedes bangeeets, di hidung juga sakit kak... udah masuk ruangan tapi terbawa angin
    BBM: Bener Bener Mundak | Bakal Buat Memboroskan | Barang Belanja Meningkat ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Walau gas air mata, menyakitkan juga ya .. duh

      Delete
  4. selama damai, dan pada dasarnya, saya mendukung tolak kenaikan BBM. karena segala kekayaan alam indonesia untuk kesejahteraan rakyat indonesia pula. perusahaan asing harus dinasionalisasi, harus berpihak pada kebutuhan dalam negeri. salama ini alasan kenaikan BBM, oleh pemerintah dan menteri2 yang mendukungnya itu, berdasarkan subsidi BBM selama ini salah sasaran. artinya ini tentang ketidakmampuan pemerintah membuat aturan agar subsidi tidak dinikmati oleh pemilik kendaran mewah dan ber-CC besar. dan sampai saat ini alasan kenaikan minyak dunia tidaklah benar. coba deh baca liputan enam dot kom

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya pak guru. Sebenarnya rakyat mendukung cuma cara mereka demo saja yang aneh

      Delete
  5. Kenaikan BBM, mengapa selalu diikuti dengan aksi2 Demo? semoga ini memang mempunyai tujuan baik.

    ReplyDelete
    Replies
    1. entahlah mang, demo selalu aja ada anarkis...

      Delete
    2. Membingungkan tujuannya bagaimana kalo cara2nya aneh, cara2 yang meresahkan warga :|

      Delete
  6. Tantangan bagi para mahasiswa adalah : mencari cara menyuarakan aspirasi dengan damai namun tegas. Gimana ya caranya? Dialog? juga sudah seringkan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. NAh itu dia .... mestinya seperti itu: damai tapi tegas.

      Delete
  7. Aku suka sedih mahasiswa berhadapan dengan polisi, padahal keputusan bukan mereka yang buat :(

    ReplyDelete
  8. Hari senin 17 Juni kemaren, kebetulan aku lagi backpacking di Medan. Macet dimana-mana, hiks...

    ReplyDelete
  9. mahasiswa lebay juga
    belum jelas udah ngerusakin macem macem
    kalo memang mereka benar makhluk intelek
    daripada demo bikin kerugian sampe milyaran
    mbokyao bikin riset yang menyentuh ekonomi rakyat kecil
    mahasiswa cari sensasi doang biar tenar
    tar kalo dah masuk kancah politik paling paling ngikut kaya leluhurnya yang akhirnya korup juga..

    ReplyDelete
  10. makassar sekarang berubah status menjadi kota demo....apa saja bisa membuat orang untuk demo...
    btw.selamat berlomba ya...semoga menjadi salah satu yang terbaik...salam :-)

    ReplyDelete
  11. Sudah demonya brutal, BBM nya tetep aja naik. Piye to, iki? :)

    ReplyDelete
  12. Makassar, dah beberapa hari macet terus karena Demo, dduuuhh, makin puyeng rasanya kepala ini berlama-lama dijalan :D

    ReplyDelete
  13. kenaikan bbm memang bikin heboh. Sampai ada ajang penulisan juga. Mantap dah liputan6.com

    ReplyDelete

Untuk saat ini kotak komentar saya moderasi karena banyaknya komen spam yang masuk. Silakan tinggalkan komentar ya. Komentar Anda akan sangat berarti bagi saya tapi jangan tinggalkan link hidup. Oya, komentar yang kasar dan spam akan saya hapus ya ^__^