Motivasi Cinta


Ini adalah kisah tentang apa yang terjadi bila kau menemukan belahan hatimu. Kisah tentang cinta pertama dan cinta terakhir. Kisah tentang Presiden ketiga Indonesia dan ibu negara. Kisah tentang Habibie dan Ainun.

Rudy Habibie seorang jenius ahli pesawat terbang yang punya mimpi besar: berbakti kepada bangsa Indonesia dengan membuat truk terbang untuk menyatukan Indonesia. Sedangkan Ainun adalah seorang dokter muda cerdas yang dengan jalur karir terbuka lebar untuknya.

Pada tahun 1962, dua kawan SMP ini bertemu lagi di Bandung. Habibie jatuh cinta seketika pada Ainun yang baginya semanis gula. Tapi Ainun, dia tak hanya jatuh cinta, dia iman pada visi dan mimpi Habibie. Mereka menikah dan terbang ke Jerman.

Punya mimpi tak akan pernah mudah. Habibie dan Ainun tahu itu. Cinta mereka terbangun dalam perjalanan mewujudkan mimpi. Dinginnya salju Jerman, pengorbanan, rasa sakit, kesendirian serta godaan harta dan kuasa saat mereka kembali ke Indonesia mengiringi perjalanan dua hidup menjadi satu.

Bagi Habibie, Ainun adalah segalanya. Ainun adalah mata untuk melihat hidupnya. Bagi Ainun, Habibie adalah segalanya, pengisi kasih dalam hidupnya. Namun setiap kisah mempunyai akhir, setiap mimpi mempunyai batas. Kemudian pada satu titik, dua belahan jiwa ini tersadar; Apakah cinta mereka akan bisa terus abadi?(sinopsis dari www.21cineplex.com)

Habibie lagi menjadi pembicaraan karena film yang menceritakan kisah cintanya dengan almarhumah istrinya. Hampir semua orang di Indonesia, saat ini tahu itu.

Kemarin siang, Habibie diwawancarai oleh Chantal Della Concetta di Buletin Indonesia Siang (Global TV). Sayang saya tak mengikuti dari awal. Namun demikian, tergetar juga saya menyimak kisah cinta yang diceritakannya kepada Chantal. Chantal saja sampai berkaca-kaca matanya dan suaranya bergetar. Saya juga merasa terharu.

Sumber: www.21cineplex.com

Betapa ikatan cinta mereka begitu kuat. Habibie bercerita bahwa ia menikah, memulai hidup berdua tanpa punya apa-apa. Kekuatan cinta membuat mereka bisa memiliki rumah sepuluh tahun kemudian. Lalu tiga belas tahun setelah menikah, lahirlah pesawat pertama karyanya..

“Ini bukan sombong,” kata Habibie. Maksudnya, ia menyebut tentang memiliki rumah dan menciptakan pesawat, bukan untuk menyombongkan diri. Tapi bahwa semua orang bisa sepertinya dalam memaknai cinta. Bagi Habibie, kekuatan cinta antara dirinya dan Ainunlah yang membuat mereka kuat. Yang mendorong mereka akhirnya bisa memiliki apa yang ingin mereka miliki, mewujudkan apa yang mereka harapkan.

Melihat foto-foto Ainun, Chantal berkata, “Ibu Ainun sejak muda hingga di usia tuanya, tidak berubah ya Pak? Tetap cantik dan anggun.”
“Iya, tetap cantik dan anggun,” Habibie tersenyum.

“Seandainya bisa mengatakan sesuatu kepada Ibu, apa yang hendak Bapak sampaikan?”
Habibie berkata, akan memejamkan matanya dan melihat Ainun. Ia yakin Ainun melihatnya dan ia bisa melihat Ainun. Dan ia berkata, masih tetap mencintai Ainun sampai kapan pun.

Oh ... so sweet.

Chantal tak dapat menyembunyikan mata berkaca-kacanya. Tetapi Habibie membicarakan tentang ini dengan tenang dan santai. Tak ada lagi ekspresi terpukul seperti dulu saat belahan jiwanya baru berpulang. Saya kira, kekuatan cinta itu pula yang membantunya bangkit dari kesedihannya di waktu itu. Kekuatan cinta yang yakin kelak mereka akan bersatu kembali.

Kekuatan cinta dalam ikatan pernikahan memang dahsyat. Ia menguatkan yang nyaris goyah dan makin menyuburkan yang sudah subur. Habibie membuktikannya. Kekuatan cinta yang saling memberikan yang terbaik, bukan yang saling menuntut tentunya.



Makassar, 3 Februari 2013

Silakan juga disimak:



Share :

23 Komentar di "Motivasi Cinta"

  1. dari trailernya kliatanya bagus nih :D

    ReplyDelete
  2. Met pagi mbak Niar... mumpung ada waktu bewe pagi mampir sini aah...
    Semoga Allah senantiasa mencurahkan cintaNya kepada kita semua...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pagi mbak Nike. Do'a yang saa untuk mbak skeluarga .. aamiin

      Delete
  3. kekuatan cinta bapak habibie dan ibu ainun memang begitu luar biasa ya mbak..:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak. Sudah saatnya orang2 Indonesia tak pakai Romeo dan Juliet untuk menggambarkan cinta sejati 2 insan, tapi Habibie dan Ainun

      Delete
  4. Unyuuuuuu kali ya Habibie Ainun tuh
    Aku belum nonton T.T

    ReplyDelete
  5. ga sempet nonton filmnya :(
    mu beli bukunya aja deh..

    ReplyDelete
  6. Bebrapa waktu lalu istri saya ngajak nonton di gedung bioskop, karena saya kurang menikmati dan kelelahan bekerja seharian, di tengah pemutaran film saya tertidur sampai akhir hhhh. Tapi banyak yang ngomong filmnya keren

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waah sayang ya Pak, di depan filmnya malah tidur :D

      Delete
  7. Dan puisi Pak HAbibie utk Ibu Ainun...akan jd puisi romantis yg ever green

    ReplyDelete
  8. subhanallah ,, sangat besar pengaruhnya cinta pada seseorang ya mba..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak .. subhanallah. Menyenangkannya membaca/menyaksikannya meski melalui sebuah wawancara mengenai ikatan seperti ini ...

      Delete
  9. perjuangan di awal membangun rumah tangga itu yang luar biasa :D

    ReplyDelete
  10. Saya sudah baca bukunya, Mugniar tapi belum nonton film-nya...
    Ibu Ainun, adalah salah satu tokoh wanita yang saya kagumi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. SUbhanallah. Beliau pendamping yang hebat bagi pak Habibie ya mbak Irma

      Delete

Untuk saat ini kotak komentar saya moderasi karena banyaknya komen spam yang masuk. Silakan tinggalkan komentar ya. Komentar Anda akan sangat berarti bagi saya tapi jangan tinggalkan link hidup. Oya, komentar yang kasar dan spam akan saya hapus ya ^__^