Memimpikan Jadi Blogger Seumur Hidup

Hore ... saya bukan blogger semusim!

Berapa sih lamanya satu musim? Paling lama 6 bulan. Musin penghujan dan kemarau kan masing-masing (seharusnya) lamanya 6 bulan. Zaman dulu, musim hujan itu mesti dari Oktober - April dan musim kemarau dari April – Oktober. Sekarang saja yang siklus musim ini kacau, karena perubahan iklim secara global dan sebab-sebab lainnya.

Wah malah jadi membicarakan musim he he he.

Jadi ceritanya, awal ngeblog saya itu sebenarnya tahun 2006. Sebelumnya, pada tahun 2008 menjelang ulangtahun Komunitas Blogger Anging Mammiri yang pertama (HUT-nya tanggal 25 November 2007), suami saya bertemu dengan blogger senior pak Amril Taufik Gobel. Saya, suami, dan pak Amril dulu sekampus di FT UNHAS. Pak Amril menginformasikan tentang acara ulangtahun komunitas blogger Makassar ini yang kala itu diadakan di MTC.


Beberapa hari setelahnya saat suami saya mendatangi warnet milik kawannya di bilangan jalan Urip, ia kembali mendapatkan informasi itu dari sang kawan. Waktu itu papanya Sedja yang bekerja di warnet tersebut juga menginformasikan mengenai acara itu. Maka suami saya tergerak dan datanglah ia pada hari H-nya.

Di situlah pengetahuan tentang blog banyak diperoleh oleh suami saya. Ia kemudian berusaha supaya saya bisa mengaktifkan blog. Maka saya pun memasukkan tulisan-tulisan yang kebanyakan berupa diary mengenai sulung kami Affiq ke blog itu.

Seingat suami saya ia mulai membuat blog untuk dirinya dan untuk saya itu setelah perhelatan itu. Tapi kalau dilihat tahunnya, tayangan perdana di blog lama saya (mugniar.blogspot.com) pada tahun 2006. Entahlah, ingatannya yang benar, atau tahun itu yang menunjukkan kejadian yang sesungguhnya. Soalnya ingatan saya tak bisa diandalkan karena lebih parah lagi J.

Yang jelas, sejak sebelum ngeblog sebenarnya saya sudah mulai menulis diary tentang si sulung dan tentang hal-hal yang menjadi bahan renungan sambil sesekali ikut lomba di media massa.

Penampakan blog lama
http://mugniar.blogspot.com
Arsip blog tahun 2006 - 2009
Singkat cerita saya ngeblog dengan tersendat-sendat sampai tahun 2009 karena kami belum memiliki akses internet sendiri. Sesekali saya ke warnet di temani suami, sesekali itu pula saya update blog. Tetapi saat itu saya belum mengenal yang namanya blog walking, tahunya hanya nulis, update, nulis, update sehingga blog itu hanya saya nikmati sendiri (huu tidak seruuu DK). Rasanya lumayan lama saya ngeblog, setidaknya bukan blogger semusim-lah J.

Akhirnya blog lama mati dengan sendirinya. Penyebabnya karena ia tak menginginkan diriku untuk mengutak-atiknya. Tak pernah mengganti password tapi saya tak bisa masuk lagi untuk posting. Jadi ya .. terbengkalai begitu saja. Pelan-pelan kesukaan saya menulis berkurang dan akhirnya berhenti seiring dengan pertambahan jumlah anggota keluarga kami.

***
Awal tahun 2011 -  saat memiliki akses internet sendiri, saya mengaktifkan blog ini yang juga dibuatkan oleh suami. Maka isi blog lama dipindahkan di sini, menempati arsip November dan Desember 2010. Saya pun menemukan semangat di blog ini, berkenalan dengan banyak blogger di seluruh Indonesia bahkan manca negara, bergabung dalam beberapa komunitas blogger (termasuk Warung Blooger), menambah wawasan dalam banyak hal, mengikuti banyak lomba, refreshing dari kepenatan sehari-hari, dan sharing berbagai hal yang menarik bagi saya.

Ternyata ngeblog bukan sekadar menulis dan posting seperti yang dulu saya lakukan. Begitu banyak manfaat dan hal membahagiakan yang saya peroleh. Saya pun bermimpi dan bertekad akan menjadi blogger selamanya – mudah-mudahan aamiin, selama hayat masih dikandung badan.

Makassar, 6 Maret 2012


Artikel ini diikutsertakan pada Kontes Tiga Kata Bukan Blogger Semusim di BlogCamp.


Kata "blogger semusim"tadinya nge-link ke http://abdulcholik.com/2012/03/06/bukan-blogger-semusim-kontes-tiga-kata/#more-10223  tapi karena sudah tidak ada tautan itu maka saya tiadakan (update 271019)


Share :

26 Komentar di "Memimpikan Jadi Blogger Seumur Hidup"

  1. Eh ini diikutkan kontes? :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eh belum selesai nulis komennya dah dipublish.
      Kok nggak ada kalimat tanda keikutsertaannya mbak hehe :D

      Delete
    2. Iya ya .. aduh .. bentar bentar .. saya perbaiki.
      Makasih Una :)

      Delete
  2. Kalimat pernyataan keikutsertaan belum ada pada paragraf akhir. silahkan ditambahkan sesuai syarat dan ketentuan.

    5. Pernyataan Tanda Keikutsertaan

    Pada akhir artikel diberi kalimat pernyataan tanda keiikutsertaan berbunyi :

    Artikel ini diikutsertakan pada Kontes Tiga Kata Bukan Blogger Semusim di BlogCamp.

    Pada kalimat tercetak tebal diberi link hidup ke artikel ini.
    Salam

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah beres pakdhe. Terimakasih masih bisa memperbaiki :)

      Delete
  3. wah mbak niar sudah lama juga blog nya yaa,,, niar mah baru ajah ikutan blog.. nuwbie :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masih newbie juga Niar, kan baru mulai lagi :)

      Delete
  4. Saya telah membaca dengan seksama artikel sahabat.
    Akan segera didaftar.
    Terima kasih atas partisipasi sahabat dalam KOTAK.
    Salam hangat dari Surabaya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimkasih banyak pakdhe.
      Sukses buat pakdhe yang rajin bikin kontes :)
      #Semoga semakin sering bikin kontes ya pakdhe#

      Delete
  5. termasuk sesepuh blogger ni mbaa:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh belum mbak. Kan baru mulai lagi. Dulu itu dinikmati sendiri saja, gak ada seru2nya :D

      Delete
  6. Wow, saya blogger angkatan 2007. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nyaris seangkatan kita yah. Tapi saya masih merasa angkatan 2011 e ... ^__^

      Delete
  7. okeh .. oke .. mau angkatan berapa gak ngaru, baru lama sama aja, umur blog bukan jaminan juga, yg penting kepuasan dan kreatifitasnya, betul kan mba ??? :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. oiya lupa, sukses ya sama kontesnya :D

      Delete
    2. Betul ... betul .. betul ...
      Terimakasih... :D

      Delete
  8. raja ngontes nih. . .kwkwkwkwkwkwkwkkkk wah tadi telat aku e. . .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ratu kontes maksudnya? wkwkwkwk ada2 saja. Masih banyak deh yang lebih oke dari saya :D

      Delete
  9. Saya juga baru di blogspot mbak
    Sepertinya saya sudsah mulai menyukainya, meski masih rada gaptek :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lama2 pasti terbiasa mbak :)
      makasih ya dah mampir ...

      Delete
  10. Lumayan lama juga ya mengenak blog. Ane mengenal blog baru tahun 2010. Selama satu tahun persis yang sobat katakan. Nulis dan update doang. Nggak tahu apa itu blogwalking. Tulisannya juga ane nikamtin sendiri. Baru tahu blogwalking baru sekitar 2 bulanan. Saat blog yang baru ini saya buat.

    Terus artikel lama emang bisa dipindahin ya sob. Caranya gimana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gk tau cara otomatisnya mas. Ini dipindahin secara copas.. :D

      Delete
  11. Replies
    1. Aamiin terimakasuh. Sukses juga untuk dirimu yaa :D

      Delete
  12. gimana sich mbak biar blognya ramai dikunjungi? trus ngedit2nya sesuai format yg qt inginkan ndak standarnya format blog yg tersedia? sebenarnya sy punya blog tp ndak ngerti cara ngedit2nya, cara gabung ke para blogger... mohon bantuannya dunkz mbak...
    salam kenal mbak ^-^...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emang blog saya ramai ya bunda Zie?
      Alhamdulillah kalau kelihatannya begitu ya.
      Saya masih biasa aja bunda, masih banyak yang lebih rame dari saya.
      Kalo sy, awalnya mencari komunitas blogger. Krn memang mencari, lama2 ketemu bbrp dan saya bergabung di dalamnya (ada banner2nya di sebelah kanan).

      Sy pernah tanya teman yg blognya amat ramai, koq bisa. Dia bilang, "Saya rajin blog walking." Sy coba praktekkan sekemampuan saya. Alhamdulillah pelan2 nemu teman2 blogger yang cocok, kami saling mengunjungi. Makin lama makin banyak. Salah satu kuncinya memang itu bunda: blog walking.

      Lalu, bisas masukkan blog kita di -- apa ya namanya, misalnya VLOG-nya Viva News, jadi mereka kita daftar, nanti di-link-kan ke blog kita :)

      Delete

Untuk saat ini kotak komentar saya moderasi karena banyaknya komen spam yang masuk. Silakan tinggalkan komentar ya. Komentar Anda akan sangat berarti bagi saya tapi jangan tinggalkan link hidup. Oya, komentar yang kasar dan spam akan saya hapus ya ^__^