Merindukan Eksotisme Danau Purba Sulawesi

Danau Matano, difoto oleh Mirna (adik saya)
Saat melihat danau ini hampir delapan tahun yang lalu, saya tak tahu kalau ia merupakan danau terdalam di Indonesia. Bahkan di seluruh dunia, ia menduduki peringkat kesepuluh terdalam. Saya tak mengetahui hal ini jika beberapa waktu yang lalu mencari tahu tentangnya dan mendapatkannya di Wikipedia mengenai peringkat ‘sepuluh danau terdalam di dunia’.

Danau Matano, terletak di pinggiran kota kecil berjarak sekitar 600 kilometer di sebelah timur laut Makassar, berhawa sejuk khas pegunungan yang berpenduduk heterogen (multi etnik). Kota kecil ini bernama Sorowako, terletak di kecamatan Nuha, kabupaten Luwu Timur, di ujung tenggara Provinsi Sulawesi Selatan, berbatasan dengan Sulawesi Tengah dan Sulawesi Tenggara. 

Keindahan danau ini semakin lengkap dengan hawa sejuk pegunungan Verbek yang melatarbelakangi kota kecil penghasil bijih nikel ini dan berada di ketinggian 1400 – 1700 meter di atas permukaan laut. Saya berkesempatan melihat danau ini karena adik saya – Mirna bermukim di sini. Suaminya bekerja di PT. Inco (sekarang PT. Vale) sejak tahun 1998.



Di kota ini terdapat PT Vale Indonesia yang merupakan perusahaan tambang biji nikel terbesar di dunia. Maka, jangan heran jika di kota ini akan banyak ditemui ekspatriat. Dalam rangka eksplorasi dan eksploitasi tambang bijih nikel di Sorowako, pemerintah pusat dalam hal ini Departemen Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) telah memberikan kontrak karya kepada perusahaan yang dulu bernama PT International Nickel Indonesia Tbk (PT Inco). Sebagian besar lahan potensi bijih nikel berada di bawah Kontrak Karya (KK) PT Vale. Perseroan yang didirikan pada bulan Juli 1968 sebagai anak perusahaan yang sepenuhnya dimiliki Vale ini menandatangani kontrak karya dengan Pemerintah Indonesia sejak 27 Juli 1968.

Danau Matano yang namanya memiliki arti “mata air” dalam bahasa Dongi, bahasa asli Sorowako, terbentuk dari ribuan mata air yang muncul akibat gerakan tektonik, lipatan dan patahan kerak bumi yang terjadi di sekitar daerah litosfir sekitar 1 - 4 juta tahun yang lalu (berdasarkan jurnal The biogeochemistry of tropical lakes: A case study from Lake Matano). Menurut masyakarat setempat, selain dari sungai-sungai yang mengaliri, danau ini juga berasal dari ribuan mata air yang ada di wilayah tersebut dan selalu mengalir. Di tengah danau yang tenang ini juga terdapat sejumlah pulau. Di sebelah tenggarad danau ini, terdapat Pulau Nuha Langkai dan Nuha Le. Sedangkan di barat laut danau, bisa dijumpai Pulau Kucing.

Pantai Ide, Matano (difoto oleh Mirna - adik saya)
Danau Matano (difoto oleh: Mirna)
Sudah lama sekali – hampir delapan tahun yang lalu, sudah lama sekali ya. Sebenarnya Sorowako tidak jauh-jauh amat dari Makassar. Tapi perjalanan ke sana waktu itu membuat saya enggan. Saya mengalami mabuk perjalanan berat mengendarai bis selama 12 jam. Transportasi udara sebenarnya ada, tapi biayanya muahal bo, sekarang mungkin sejutaan per orang. Kami semua berlima, pulang-pergi berarti sepuluh juta. Ampyun, selalu ada kebutuhan yang lebih penting dan mendesak dibanding ongkos tiket Rp. 10.000.000.

Tidak terlalu jauh tapi koq mahal? Ya iyalah, soalnya pesawat yang dari Makassar ke sana hanya pesawat milik PT. INCO. Maskapai komersial belum ‘menancapkan kukunya’ di sini. Sampai sekarang belum ada karena jalur penerbangan ke sini bukanlah jalur gemuk. Cobanya si Una mau menyediakan ongkos tiket seharga sepuluh juta rupiah sebagai hadiah giveaway, kan asyik. Saya jadi punya harapan ke sini lagi (lirik Una sambil kedip-kedip).

Selain keindahan alamnya, ada sejumlah hal menarik lainnya yang ada di sekitar danau Matano, yaitu:

·     Untuk mengitari keindahan danau, penduduk sekitar menyewakan katinting (perahu kayu sederhana yang bisa memuat sampai 10 orang) dan raft (perahu kayu yang lebih besar, yang untuk ukuran terbesarnya dapat memuat sampai 25 orang). Melalui Yacht Club, ada kano/kayak yang disewakan bagi mereka yang ingin menyusuri danau sembari berolahraga.

·    Danau yang airnya jernih ini juga pas untuk dijadikan lokasi penyelaman. Menurut beberapa penyelam, sangat jarang sebuah danau mempunyai jarak pandang yang baik untuk menyelam.

·      Danau Matano adalah lokasi penyelaman yang unik. Di tempat ini, Anda dapat menjumpai ikan kecil yang berwarna-warni yang termasuk dalam keluarga Telmatherinidae. Penduduk setempat menyebutnya ikan Opudi. Beberapa jenis ikan Opudi jantan mempunyai warna-warna terang yang menarik mata. Sama seperti burung, ikan Opundi menggunakan warna-warna tersebut untuk menarik perhatian ikan betina.

·      Yang unik dari danau ini tidak hanya ikannya, tetapi juga misteri tembikar di dasar danau. Beberapa tahun yang silam, belum banyak orang yang tahu tentang hal ini sampai kemudian Sorowako Diving Club (SDC) memulai penyelaman di salah satu sudut danau, di antara 2 buah pulau kecil, sekitar 20-30 meter dari tepian. Dari penyelaman itulah ditemukan tembikar-tembikar.

·    Di Kota Sorowako ini, Anda juga dapat mengunjungi Taman Tambang yang dirancang pembangunannya oleh PT Vale Indonesia. DI tempat ini, selain pengetahuan tentang alat-alat berat (seperti buldozer, grader, loader, haulmaster, forklift, dan lain-lain). Anda juga bisa memperoleh pengetahuan tentang jenis-jenis tanaman yang tumbuh di situ.

·    Tepian Danau Matano di daerah Pontada sering disebut “Pantai Ide”, sementara di tepian yang berada di daerah Salonsa di sebut Pantai Salonsa. Di sini pantai yang indah tampak serasi dengan jejeran rumah yang asri dan menarik. Ada pohon buah unik yang tumbuh di pesisir Pantai Salonsa. Buahnya bernama Dengen, buah khas Sorowako yang rasanya sangat masam. Penduduk sekitar biasa menyantapnya bersama sambal, ada juga yang membuatnya menjadi jus.

'Angkutan danau Matano', difoto oleh Mirna
'Angkutan danau Matano', difoto oleh Mirna
Menarik kan? Dengan berbagai alasan yang saya kemukakan di atas, jangankan saya yang masih merindukan tempat ini, kota ini dan danaunya bahkan mampu menjadi magnit bagi beberapa pensiunan pegawai yang berasal dari pulau Jawa. Mereka membeli lahan/rumah di kota ini dan menghabiskan hari-hari mereka di sini. Meski mal belum ada di kota kecil ini, meski butuh waktu tak sebentar/biaya tak sedikit bila hendak ke Makassar, apalagi ke kampung halaman mereka di pulau Jawa.

Sorowako, Sorowako .... andai ada yang mensponsori diriku mendatangimu lagi ...

Makassar, 17 Februari 2012

Tulisan ini diikutkan pada giveaway Ingin Ke Mana? Di blognya Una.





Referensi tulisan ini:


Wawancara eksklusif saya dengan adinda tersayang - Mirna Yuniastuti (terimakasih foto-fotonya ya sis), ditambah dengan:

·         http://en.wikipedia.org/wiki/List_of_lakes_by_depth, diakses tanggal 2 Juli 2011, pukul 22.30 WITA.
·         Crowe, Sean A.,   2008 . The biogeochemistry of tropical lakes: A case study from Lake Matano, Indonesia http://gizmo.geotop.uqam.ca/mucciA/Crowe_et_al_LO_2008.pdf,    by the American Society of Limnology and Oceanography, Inc., diakses tanggal 2 Juli 2011, pukul 22.55 WITA.
·         Rijal, M. 2010. Danau Towuti dan Pesonanya. Anonim, 2011. (http://vekoreoga.blogspot.com/2011/05/danau-matanosi-danau-purba-yang-sangat.html, diakses tanggal 27 Juni 2011, pukul 19.29 WITA)
·         Nando, 2011. Towuti Lake, Pesona Kota Sorowako. (http://towutilake.blogspot.com/)


Share :

20 Komentar di "Merindukan Eksotisme Danau Purba Sulawesi"

  1. Wkwkwk coba Una kasih 10 juta??? Huaaa, nanti mbak kalau aku udah sekaya Bakrie :P

    Keren juga ya Indonesia punya danau terdalam :o

    Segera kucatat yaaa~

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wuiiih cepat juga nyampe sini Na, saya baru 20 kali tarikan napas habis dari blognya Una .. eh Una sudah komen :D

      Terimakasih ya ...

      Delete
  2. wah keren danaunya mba... ditambah deskripsi dan foto2 yang dirimu tampilkan, menimbulkan minat deh untuk berkunjung kesana....

    aku doakan agar Una mau memberikan tiket PP kesana jika dirimu menang GAnya ya mba... hehehe.. tapi udh dijawab taktis oleh Una tuh di atas, kalo begitu, yuk kita doakan aja agar Una rezekinya secerah Bakrie.... :)

    sukses untuk GAnya ya mba....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin. Kalo Una sekaya Bakrie, tentu kita semua diajaknya mbak Alaika (lirik Una lagi sambil kedip2).
      Tempatnya indah dan sejuk mbak. Kalo bisa berkunjung ke sini gak nyesel deh. Petualangan Panji pernah menayangkan ini di televisi, juga ada sebuah acara, saya lupa namanya apa.

      Terimakasih ya mbak Alaika. Mbak juga ikut GA ini kan? Sama2, semoga sukses juga :)

      Delete
  3. ikutan GA nya una ya mbak...sukses ya....
    baru kali ini saya denger tentang danau matano....tempatnya pasti menarik ya...semoga mbak dan keluarga bisa segera mengunjungi tempat itu ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jangankan mami Zidane, saya pun baru tahu waktu nyari2 tentang ini di internet :)
      Aamiin. Mami Zidane juga ikutan kan? Semoga sukses juga :)

      Delete
  4. pengeeeeeeeeeeen kesana. . .
    mana yah kutaruh pintu kemana sajanya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau pintu 'ke mana saja'-nya ketemu, pinjam dong Kaito Kidd :D

      Delete
  5. Kalo Una ngasih ongkos, mintain ongkos buat saya sekalian yak. Pengen ke sana juga nih. *bad habit: selalu mupeng kalo denger tempat2 indah begono*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bagaimana kalau kita bikin gerakan AKU SAYANG UNA, supaya Una tergerak hatinya untuk minta sama Bakrie? #eh, apasihhh#

      Mudah2an Una kelak banyak duit biar bisa nraktir para blogger seantero Indonesia ke danau Matano. Aamiin :)

      Delete
  6. I like adventure and going places like this is very cool. I really like nature.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thank you for visiting my blog. This place is really cool, you'll miss it again and again even you just go there :)

      Delete
  7. pasti indah berlibur kesana ditemani orang-orang tercinta!
    sukses buat GA-nya ya, mama! ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, tempatnya indah ...
      Terimakasih Eksak :)

      Delete
  8. Sorowako ya kak? Saya pernah tinggal di sana. Sewaktu SMA. Dan sudah sering mengunjungi danau itu. Ya, danau yang tenang memang kak. Sama seperti dirimu, saya juga merindukan tuk kembali berkunjung ke sana. Siapa yang mau sponsori yah..?? :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siapa ya .. sayangnya Una belum kaya. Tunggu dia kaya dulu kali :D

      Delete
  9. wah keren, baru tau nih infonya.. kok nggak terlalu diekspos di Media ya.. sayang banget. jauh juga sih dari saya,hehehe

    blogwalking dari http://gamesisort.blogspot.com/ ditunggu kunjungan serta follbacknya ya, hehehe... thanks gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, saya juga baru-baru saja mengetahuinya. Karena sedang mencari referensi untuk danau indah yang pernah saya kunjungi ini. Jika tidak, saya mungkin tidak pernah tahu bahwa danau ini merupakan danau terdalam di dunia ^__^

      Delete
  10. This site definitely has aall the info I wanted concerning this subject and didn't know who to ask.

    ReplyDelete

Untuk saat ini kotak komentar saya moderasi karena banyaknya komen spam yang masuk. Silakan tinggalkan komentar ya. Komentar Anda akan sangat berarti bagi saya tapi jangan tinggalkan link hidup. Oya, komentar yang kasar dan spam akan saya hapus ya ^__^