IZI: Tentang Rumah Singgah dan Keajaiban Internet

Rumah singgah bagi pasien yang tidak punya tempat menginap di sebuah kota, pernah saya tonton idenya di film berjudul Pinky Promise. Pinky Promise adalah sebuah film yang menceritakan mengenai kisah para perempuan survivor kanker di Jakarta. Salah seorang dari mereka bercita-cita membangun rumah singgah bagi para pasien yang harus berobat ke Jakarta tetapi tidak memiliki kerabat yang rumahnya bisa ditempati menginap.




Rupanya di Makassar sudah ada rumah singgah serupa itu juga. Rumah Singgah ini menjadi penyebab yang membuat saya terpukau dengan “keajaiban teknologi” yang menghubungkan orang-orang dengan cara tak terduga. Bagaimana bisa? Ceritanya saya share di bawah, ya.

Yang menggagas Rumah Singgah Pasien yang saya maksud adalah IZI – Inisiatif Zakat Indonesia. Letaknya di Perumdos UNHAS Tamalanrea Blok GB 21. Saya mengetahuinya dari Pak Ramli – salah seorang penggiat zakat dari IZI Perwakilan Sulawesi Selatan saat ia share kepada saya perihal Pak Eko ini:

Sepenggal kisah Pak Eko dan Keluarganya
Salah satu penghuni Rumah Singgah Pasien IZI Sulsel

Pak Eko dan Istrinya Fatimah adalah warga Blitar Jawa Timur yang sejak 20 tahun lalu meninggalkan kampung halamannya dan merantau ke Kabupaten Buol di Selawesi Tengah untuk mencari sesuap nasi. Di Boul Pak Eko beserta Istri dan kedua anaknya tinggal di gubuk sederhana di atas lahan transmigrasi. Profesi sehari-harinya adalah kebun, penghasilannya tak menentu karena hanya mengandalkan hasil kebunnya.

Sejak 8 bulan terakhir ini Pak Eko sudah tidak bisa lagi beraktivitas seperti biasanya karena mengalami kecelakaan, tertimpa pohon saat hendak memperbaiki rumahnya yang sudah mulai rapuh. Akibat kecelakaan itu, tulang bagian pinggul dan tulang pipi patah. Pak Eko juga mengalami infeksi saluran pencernaan. Akibatnya, ia sudah 2 kali diopersai di RSUD Buol namun tak kunjung membaik. Dengan kondisi ini akhirnya mereka dirujuk ke rumah sakit yang ada di Palu tapi melihat kondisinya yang cukup parah dan harus ditangani secara serius maka pihak rumah sakit di sana merujuknya ke Rumah Sakit Wahidin Sudirohusodo di Makassar, Sulawesi Selatan.

Pak Eko dan istrinya
Pak Eko Ke Makassar hanya di temani oleh istri tercintanya – Ibu Fatimah. Mereka awalnya tidak mau dirujuk ke RSWS Makassar dan memilih kembali ke Boul dengan alasan tidak pernah menginjakkan kaki di Tanah Daeng sebelumnya dan tak memiliki satu pun sanak keluarga di Makassar. Namun dengan bantuan teman-teman IZI yang ada di Palu yang meyakinkan Pak Eko dan keluarganya bahwa di Makassar ada Rumah Singgah IZI yang bisa membantu dan menampung mereka selama di Makassar, mereka pun bersedia. Pada hari Kamis, tanggal 16 Februari 2017 Pak Eko dan istrinya tiba di Makassar. Mereka disambut oleh Tim Program IZI lalu dibawa ke Rumah Singgah Pasien IZI Sul Sel.

“Jangankan ngontrak rumah di sini, Pak. Uang makan pun kami sudah tidak cukup, tapi alhamdulillah kami sangat bersyukur karena bisa tinggal di Rumah Singgah Pasien IZI dan segala kebutuhan kami dipenuhi di Makassar ”. Ucap Ibu Fatimah sambil mengusap air matanya.

Makassar, 14 Maret 2017

Ramli – Penggiat Zakat
Inisiatif Zakat Indonesia Sulawesi Selatan


IZI adalah salah satu Lembaga Amil Zakat Nasional yang selalu berusaha memberikan layanan terbaik dalam memudahkan kaum muslim berzakat melalui beberapa layanan yang ditawarkannya. Layanan itu berupa layanan langsung di kantor atau gerai IZI,  jemput zakat dengan menghubungi terlebih dulu melalui call center, SMS, WhatsApp, atau e-mail, layanan zakat via ATM, mobile banking, internet banking, atau transfer langsung ke rekening IZI, atau melalui online payment di website www.izi.or.id.

Lalu hubungannya dengan teknologi yang saya singgung di atas adalah, ketika saya bagikan kisah Pak Eko itu ke grup alumni SMADA 92, seorang kawan – dr. Jumriani mengatakan mengenal Pak Eko. Dokter Jumriani yang bekerja di Dinas Kesehatan Sulawesi Tengah menyatakan bahwa benar Pak Eko itu pasien dari Sulawesi Tengah. Nah kan, ini yang saya maksud. Dengan produk teknologi, dunia jadi sempit. Dari Pak Ramli ke saya, dari saya ke dr. Jumriani, lalu dr. Jumriani pun berkomunikasi dengan Pak Ramli mengenai Pak Eko. Saya merasa amazing! “Hanya” dengan dukungan koneksi internet 4G XL yang stabil, komunikasi dan transfer informasi lintas provinsi via media sosial bisa berjalan baik lengkap dengan foto-foto Pak Eko. Lalu koneksi itu menghubungkan pengelola Rumah Singgah di Makassar dengan dr. Jumriani. Dan semuanya berlangsung dengan begitu cepat!

IZI memberikan bantuan ke Somalia
IZI Sul Sel mengadakan Sunatan Massal kepada 100 anak.

Saat saya tanyakan seberapa besar penggunaan internet dalam pengoperasian IZI, dari segi penyebaran informasi, manfaat yang diterima IZI, inisiatif perorangan, ataupun sistem yang ada, Pak Ramli mengakui peran pentingnya.

Kata Pak Ramli, “Social media memang menjadi salah satu cara jitu untuk memberikan informasi terkait aktivitas yang dilakukan oleh kami di IZI. Baik itu melalui FB, Twitter, WA, Instagram, BBM, Line, dan lain-lain. Manfaatnya sangat luar biasa karena ini dapat mempermudah komunikasi kami dengan para mustahi (donatur) maupun relawan yang ada di lapangan. Sistem kami juga memang sepenuhnya secara online apalagi dengan terpusatnya sistem yang ada di IZI.”

Wah iya, saya pun punya pengalaman baik dengan IZI. Saat melaksanakan Sosialisasi Peduli Sahabat akhir Februari – awal Maret lalu, IZI Sul Sel menjadi salah satu sponsor. Ketika itu komunikasi dengan cepat dilakukan melalui kawan panitia – Pak Irfan dengan penggiat IZI di kantor pusat (Jakarta) dan dengan IZI Sul Sel. Dengan cepat pula kami mendapat keputusan bahwa IZI Sul Sel bersedia mendukung kegiatan kami.

IZI Sul Sel memberikan bantuan kepada Nenek Minasa di Desa Timbuseng, Kab. Gowa.
Nah, bagi yang mau menyalurkan zakat, IZI recommended. Programnya banyak. Selain Rumah Singgah Pasien, secara nasional ada program 1000 Kaki Palsu, 1000 Lapak Berkah, dan Kampung Bina Muallaf. Di Makassar sendiri, IZI pernah menyelenggarakan Khitanan Massal, perbaikan rumah, pemberian bantuan ke Somalia, dan yang akan berlangsung adalah Paket Ramadhan Keluarga Dhuafa (1 keluarga donatur mencukupi kebutuhan 1 keluarga dhuafa).

Jika berminat, silakan simak informasi berikut:

🏧Layananan Transfer
An. Yayasan Inisiatif Zakat Indonesia
Rekening Zakat IZI :
- Mandiri              122.002.80.000.68
- Mandiri Syariah 789.789.1217
- BNI Syariah 121.555.3331
- BNI 5000.121.00
- Muamalat         301.01.666.14
- BCA 5395.500.900
- BCA Syariah 001.121.0077
- BTN 141.000.157.000.3578
- Danamon Syariah 55.0000.1622
- Permata Syariah 121.873.2727
- BJB Syariah 523.0102.000.127
- BRI 034.001.002.293.300

An. Yayasan Inisiatif Zakat Indonesia
Rekening Infak & Sedekah IZI:      
- Mandiri 122.002.70.000.10
- Mandiri Syariah 777.888.1211
- BNI Syariah 121.555.4448
- BNI 700.121.009
- Muamalat 301.01.666.15
- BCA 5395.100.600
- BCA Syariah 001.121.0044
- Danamon Syariah 55.0000.1721
- Permata Syariah 121.873.2700
- BRI 034.001.002.292.304 (Konfirmasi setelah transfer dgn mengirimkan bukti transfer)

🏍 Layanan Jemput
Tlp/WA 085241390384
atau datang langsung ke kantor IZI
Jl. Tamalate 1 No. 3 Makassar
Mohon dikonfirmasi jika sudah transfer demi memudahkan administrasi di lembaga🙏
#Memudahkan saudaramu Dimudahkan urusanmu




Makassar, 11 April 2017


Catatan:
Foto dan gambar berasal dari Pak Ramli (IZI Sul Sel)


Share :

59 Komentar di "IZI: Tentang Rumah Singgah dan Keajaiban Internet"

  1. Saluut samaa IZI semogaa diberikan kekuatan, ketangguhan dan kelancaran dalam menyebarkan kebaikan. Kemajuan teknologi dengan dampak positif ini mbaak yaa, menghubungkan banyak org ditempat jauh untuk kebaikan 😊😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin aamiin ya Lucky. Semoga semakin banyak orang terbantu dengan IZI

      Hapus
  2. Subhanallah. Betul-betul keren IZI kak Niar :')

    BalasHapus
  3. Keren banget IZI, semoga semakin sukses dan bisa menebarkan kebaikan ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin. Semoga. Terima kasih Mbak Lis.

      Hapus
  4. Semoga bermunculan "IZI-izi" lainnya.

    BalasHapus
  5. Masyarakat yang membutuhkan akhirnya bisa terbantu dengan adanya lembaga zakat yang kredible ya mbak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Papi KYH, jadi sangat terbantu apalagi dengan perkembangan teknologi masa kini

      Hapus
  6. Luar Biasa IZI, semoga semakin sukses dalam menebar kebaikan bagi sesama. Bagus sekali tulisan Ka Niar, sebagai salah satu cara menyebarkan kebaikan 👍🏻😉

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin. Makasih ya Awie sudah main ke mari :)

      Hapus
  7. Wah keren IZI..makasih infonya kak niar, memudahkan banget buat berzakat dan sedekah 😍

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih ya sudah main ke sini Alfu, mudah2an jadi info bermanfaat :)

      Hapus
  8. Membaca ini diingatkan kembali untuk tetap bersedekah...ahhh terima kasih mba.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama Mbak. terima kasih sudah mampir

      Hapus
  9. Saluuut bangat saya sama IZI, semoga terus semangat menyebarkan kebaikan. Aamiin...

    BalasHapus
  10. Program kayak gini bagus emang ya, sangat diperlukan untuk mereka yang bener-bener membutuhkan. Karena kalau bukan kita siapa lagi yang akan memikirkan nasib mereka ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbak, dengan adanya program-program di IZI, bisa banyak memberikan manfaat ya

      Hapus
  11. Terharu dan salut membaca kisah Pak Eko dan IZI. Semoga IZI semakin besar dan tetap solid dan konsisten dalam setiap langkahnya. Aamiin yra.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin. Terima kasih Mbak Aira :)

      Hapus
  12. Kegiatan yg sangat bermanfaat sekali semoga bisa lebih banyak membantu orang lain dan semakin banyak pula orang mampu mau untuk berzakat, berinfaq dan bersedekah, amin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin. Terima kasih Mbak Dian.

      Hapus
  13. Alhamdulillah ini semua berkat sumbangsi dari penyaluran zakat, infaq dan shadaqah para donatur IZI

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah. Terima kasih informasinya yang inspiratif ya, Pak Ramli :)

      Hapus
  14. alhamdulillah...

    salam kenal dari Bekasi, bekerja di IZI Pusat --Marketing Strategi, Bagian Social Media Relasi--

    BalasHapus
    Balasan
    1. SAlam kenal Pak Cepy. Terima kasih banyak sudah membaca tulisan saya. Semoga IZI bisa menebar banyak manfaat untuk ummat ya Pak.

      Hapus
    2. Aamiin...sudah saya baca...sangat menarik sekali pak. IZI juga baru meresmikan RSP ke-5 di Jakarta di Slipi

      Hapus
    3. Masya Allah
      Sukses untuk IZI

      Hapus
  15. Alhamdulillah apa yg kami lakukan di IZI ini semua berkat Dana Zakat,Infaq dan Shadaqah bapak/ibu para donatur

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah. Semoga sehat semua pengelola IZI ya Pak Ramli

      Hapus
  16. Masya Allah luar biasa
    Yuk teman like' fanpage Facebook IZI
    https://www.facebook.com/InisiatifZakatID/

    BalasHapus
  17. subhanallah, semoga di daerah lain mengikuti IZI ya mbak, jadi teringat saudara yang berobat jauh ke Bandung dari Subang karena gak ada saudara di Bandung jadinya batal berobat, ini inspiratif sekali kegiatan IZI

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dengan adanya rumah singgah yang seperti itu bisa diatasi ya Mbak Ev

      Hapus
  18. Kagum dengan apa yang sudah dilakukan oleh IZI. Smeoga makin banyak yang membantu juga ya mba sehingga banyak yang tertolong

    BalasHapus
  19. Terharu saya baca kisah pak Eko, allhamdulillah sekarang sudah ada IZI yang bisa membantu orang2 yang benar2 membutuhkan. Semoga semakin banyak donatur yang ikhlas membantu pergerakan IZI dan pihak IZI semoga tetap amanah.

    Terima kasih juga bunda Niar, sudah membagikan cerita ini, karena itulah cerita seperti ini juga sampai ke saya melalui internet (blognya bunda Niar) :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah yah. Ada inovasi dalam hal gerakan sosial dan teknologi. Terima kasih ya Ipeh :)

      Hapus
  20. Good share... Good IZI, luar biasa.

    BalasHapus
  21. Ah baca tulisan ini selalu ingat kepada seorang teman dia selalu mengajarkan untuk bersedekah.. Ah keren dah pokok nya IZI

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah. Terima kasih yah

      Hapus
  22. Niat baik + internet hasilnya luar biasa ya...

    BalasHapus
  23. toop buat Izi semogaa diberikan keteguhan dan ketangguhan ,lancaran menyebarkan kebaikan dalam Kemajuan teknologi ini mbak ya, mencoba menghubungkan org banyak ditempat jauh,, itu hal yg sangat positif

    BalasHapus
  24. saya jadi ingat salah satu fngsi zakat adalah membantu ibnusabil. barangkali pak eko ini termasuk ibnusabil ya. duh, terharu saya. baru kali ini lihat implementasi zakat untuk bagian ini.

    tfs mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih ya sudah mampir Mbak Diah :)

      Hapus
  25. Subhanallah, semoga orang-orang yang ikut serta membantu selalu diberikan kemudahan..

    BalasHapus

Untuk saat ini kotak komentar saya moderasi karena banyaknya komen spam yang masuk. Silakan tinggalkan komentar ya. Komentar Anda akan sangat berarti bagi saya. Tapi komentar yang kasar dan spam akan saya hapus ya ^__^