Rabu, 28 Desember 2016

13 Tips Menulis Konten Blog Kreatif

Nafas ngeblog saya bisa tetap konsisten, tidak terlepas dari adanya perangkat pendukung. Saat menghadiri lomba blog on the spot yang diselenggarakan oleh Asus pada tanggal 26 September lalu, saya membawa laptop tua yang engselnya sudah mulai terlepas. Di rumah ada dua laptop tetapi kedua-duanya bermasalah pada bagian engsel. Laptop yang saya pakai sehari-hari kerusakannya lebih parah lagi makanya saya tak membawanya.


Laptop yang paling mungkin dibawa adalah laptop yang sehari-harinya dipakai oleh suami dan anak-anak karena masih lebih tangguh dibandingkan laptop saya ya .. walaupun belum ber-"Intel Core i3/Intel Core i5/Intel Core i7 Processor" tapi lumayanlah dipakai sehari-hari, termasuk untuk membuat gambar-gambar sederhana. Sempat terjadi beberapa masalah yang membuat saya tak henti-hentinya berdebar-debar dan menjadi panik juga waktu itu. Alhamdulillah semua masalah terselesaikan dan tulisan saya selesai pada waktunya.

Allah Maha Baik, juri lomba memutuskan saya menjadi pemenang ketiga yang berhak mendapatkan hadiah notebook Asus E202S berwarna merah cantik. Laptop inilah yang sekarang menemani kegiatan ngeblog saya dan menemani saya ke mana-mana termasuk saat saya membawa materi mengenai Menulis Blog Kreatif di depan adik-adik komunitas Pecandu Aksara pada tanggal 23 Desember lalu. Saya banyak tertolong dengan notebook Asus E202S ini, terasa sekali lebih cepat dibandingkan laptop lama yang memang sudah out of date. Beberapa hal tentang menulis blog kreatif yang saya sampaikan kepada para anggota komunitas Pecandu Aksara saya paparkan di bawah ini.

Foto bareng adik-adik komunitas Pecandu Aksara usai sharing mengenai Creative Blogging
pada tanggal 23 Desember lalu

Mengapa Perlu Kreatif dalam Menulis Blog?

Ada alasan mengapa kita perlu belajar menulis kreatif. Pakar Creative Writing – Naning Pranoto mengatakan bahwa menulis itu perlu  dan banyak manfaatnya. Bisa mengurangi ketegangan, stres, dan ketakutan – ketiganya pemicu stroke. Selain berkarya, juga ampuh untuk membasuh jiwa dan pencerahan untuk diri penulis dan pembacanya (dikutip dari wawancara dengan beliau di http://indonovel.com/naning-pranoto-creative-writing-itu-teknik-menulis/). Dari pendapat Naning Pranoto, saya menyimpulkan: agar kegiatan menulis bisa berkesinambungan tentunya dibutuhkan kreativitas dalam mengolah kata supaya menulis tidak menjadi rutinitas yang monoton. Dengan demikian, manfaatnya bisa terus dirasakan.


Lalu, dalam kegiatan ngeblog, mengapa kita harus kreatif?

Karena blogger sekarang ini banyak sekali, jumlahnya jutaan. Pada tahun 2015 lalu saja diprediksi ada 3 juta blogger. Nah, bagaimana kita bisa dikenali di antara jutaan blogger itu? Olehnya itu, kita harus kreatif!

Percaya tidak, kalau blogger yang menulis dengan kreatif itu: tampil beda, mudah diingat, pengunjung blognya terus bertambah, ngeblognya awet, amalnya makin banyak, dan manfaat blognya jalan terus? Kalau saya percaya!


Maka saya mengamati, menimbang, menyusun, dan memutuskan, ada 13 cara menulis blog kreatif:
  1. Buat judul yang menarik.
  2. Buat paragraf pertama yang menarik.
  3. Tidak terlalu panjang.
  4. Visualisasikan (ceritakan yang dialami, yang dilihat, yang dirasakan).
  5. Masukkan pengalaman personal.
  6. Kreatif dalam memilih kata.
  7. Sisipkan foto/video.
  8. Fokus.
  9. Menggali wawasan (banyak baca dan blog walking).
  10. Lakukan riset kecil-kecilan.
  11. Jujur dalam menulis.
  12. Menantang diri sendiri untuk mengembangkan kemampuan.
  13. Sering ikut lomba blog.
Khusus tips nomor 7, foto atau video ternyata sangat berpengaruh. Dalam lomba-lomba blog, mereka yang bisa membuat infografis dengan bagus, foto yang berkualitas, atau video yang keren mudah sekali menjadi pemenang, mengalahkan mereka yang hanya mampu menulis dengan bagus.

Ya, infografis, foto, atau video menjadi bagian yang penting dalam sebuah blog karena pada kenyataannya blog yang dilengkapi salah satu atau ketiga hal tersebut, secara visual menjadi jauh lebih menarik dan membuat orang betah berlama-lama menyimak postingan si blogger. Kelemahan saya adalah dalam visual gambar dan video. Saya perlu belajar desain grafis dan membuat video kalau tidak mau kalah sama blogger-blogger lain. Pada beberapa lomba, saya tahu kalau kekalahan saya akibat tidak maksimal dalam visualisasi gambar ataupun video.

Langsung praktik, berproses, konsisten, banyak menulis, dan jangan menyerah bila
ingin ngeblognya langgeng.

Perangkat yang Mendukung Kreativitas

Bila ingin serius belajar, laptop yang biasa-biasa saja tidak bisa lagi mendukung. Spesifikasi yang dibutuhkan harus mendukung pembuatan grafis dan video. Prosesor yang andal adalah salah satu kuncinya. Nah, untuk keperluan mempelajari desain grafis, saya melihat spesifikasi ASUSPRO B8230 sangat memadai. Notebook ini dilengkapi dengan prosesor dan kartu grafis terbaru, yaitu prosesor Intel® Core™ i7-6500 atau Intel® Core™ i5-6200 yang merupakan generasi keenam (disebut dengan Intel Skylake). Intel Skylake akan memastikan notebook bekerja dengan performa yang lebih prima dibanding varian prosesor yang lahir dari generasi sebelumnya.

Intel adalah prosesor yang terdepan saat ini. Penggunaan notebook dengan prosesor tertentu adalah berdasarkan penggunaan. Kalau hanya penggunaan sehari-hari dengan dokumen, laptop dengan prosesor Core i3 sangat memadai. Namun jika banyak membuat desain gambar dan butuh pemrosesan yang lebih cepat, prosesor Interl Core i5-lah solusinya. Lebih daripada itu, kalau butuh komputer yang jauh lebih cepat lagi untuk pengerjaan video atau gambar 3 dimensi (misalnya bekerja dengan software video editing, 3D designer, atau 3D animator) maka komputer berprosesor Core i7 lebih layak menjadi solusi. Mengapa? Karena Core i7 punya kemampuan Hyper-Threading. Hyper-Threading adalah kemampuan setiap core prosesor untuk memproses dua thread sekaligus dalam satu waktu.

ASUSPRO B8230. Gambar: bloggerperempuan.com

Notebook dengan spesifikasi baterai 3 cell berjenis Li-Polymer ini dipadukan dengan storage atau media penyimpanan berkapasitas, berjenis Solid State Drive (SSD) dengan kapasitas 256 GB. Tahu kan, media penyimpanan berbasis SSD akan membuat proses komputasi read and write menjadi lebih cepat. Di samping itu RAM-nya memiliki kapasitas sebesar 4 GB. Wuih, dengan spesifikasi seperti ini proses multi tasking menjadi jauh lebih cepat. Tidak masalah apakah multi tasking-nya bersamaan dengan proses pembuatan video atau desain gambar menggunakan aplikasi semisal Photoshop.


Kelebihan lain dari ASUSPRO B8230 adalah adanya sejumlah fitur yang mampu memproteksi data dengan maksimal. Fitur-fitur tersebut di antaranya: USB lock, HDD protection, fingerprint (pemindai sidik jari), TPM (Trusted Platform Module, TPM menyediakan peningkatan keamanan sistem secara keseluruhan, kemampuan proteksi file, dan perlindungan email / perlindungan privasi)  Kensington lock (fasilitas kunci Kensington ini berguna untuk keamanan dalam manajemen aset), Smart Card reader (menjamin identifikasi pengguna yang tepat dan otentikasi untuk penyimpanan data dan pengolahan aplikasi. User dapat menggunakannya untuk login atau untuk otorisasi transaksi online), dan sudah didesain dengan standar pengujian militer MIL-STD 810G. Bukan hanya unggul dalam proteksi data, ketangguhan fisiknya pun sudah teruji.

Masih ada lagi, ASUS Business Manager di dalam notebook ini memungkinkan penggunanya untuk:
  • Mengelola notebook untuk kinerja optimal:
  • Mengontrol penggunaan daya notebook.
  • Update ke driver terbaru untuk kinerja yang lebih baik
  • Mengelola keamanan seperti USB lock dan ASUS FingerPrint
  • Backup & Recovery untuk melindungi data penting
  • Mengelola hotspot untuk memberikan layanan jaringan nirkabel
  • Mengelola perlindungan HDD
Saat menerima hadiah di acara ASUSPRO Media Roadshow bulan September lalu
Kebayang, kalau mamak blogger macam saya jago desain grafis dan buat video, lalu menggunakan notebook ini untuk blogging, wuih pasti dunia blogging bagian perlombaan bergetar hebat. Haha harap maklum, yah, mamak blogger ini memang percaya diri. Why? Karena memang harus memiliki rasa percaya diri untuk terus maju. Saya ingin merajut kreativitas dalam dunia blogging dan terus ngeblog sepanjang sisa usia saya.


Makassar, 28 Desember 2016



Tulisan ini diikutkan Lomba Blog Asus  yang diselenggarakan oleh Blogger Perempuan Network dan Asus Indonesia.

logo_asus_isoi_intel


Baca juga:

8 Alasan Mengapa ASUSPRO A4110 Terdepan di Kelasnya


Referensi tambahan:
  • https://www.asus.com/id/Commercial-Notebooks/ASUSPRO-B8230UA/
  • http://bloggerperempuan.com/asuspro-b8230
  • http://winpoin.com/intel-core-i5-vs-core-i7-mana-yang-sebaiknya-kamu-pilih/
  • http://www.techno.id/gadget/intel-core-i3-vs-core-i5-mana-yang-terbaik-150705w.html

53 komentar:

  1. Harus ada sesuatu yg baru untuk ditawarkan ke pembaca blog kita. Salah satunya mungkin selipkan vlog ya mbak. Itu lagi ngehits banget, banyak blogger yg berlomba-lomba bikin vlog.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bagusnya sih begitu Mbak Riska. Namun sampai sekarang, saya belum mampraktikkan bikin vlog, hiks.

      Hapus
  2. Setuju mba. Infografis dan video kayaknya jd unsur terpenting dlm pembuatan sebuah blog

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya ya Mbak Oline, jadi unsur penting malah kadang2 terpenting.

      Hapus
  3. aduuuh...mantep tulisannya... udah duLuan aja daftarnya.... sukses ngontesnya..mba..

    BalasHapus
  4. cateeett ... 13 tipnya. Terima kasih, Mbak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih sudah mampir Mbak Chi :)

      Hapus
  5. ahh senengnya yang dapet ASUS, makin semangat ngeblog ya Mak Niar,
    Makin berkarya deh.

    Bener banget tulisannya niy, makin banyak blogger tapi tetep agar menjadi blogger yang dilirik kudu tetep kreatif ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah .... hihi iya benar. Usia bukan halangan untuk bersaing dengan yang muda2 ya Mak Nchie

      Hapus
  6. Wah, wah, wah... Itu Asus yang diperutnya dipendam Intel i7 dahsyat banget ya, kapan ya bisa memilikinya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kudu nabung lama, ya Ayah ... saya juga mupeng cuma harganya kan mihil jadi mesti nabung lama biar bisa punya Core i7

      Hapus
  7. Ahh emang kudu pede ya maak. Dan selain belajar nulis bagus, bikin foto, video dan infografis yang caem juga jd nilai tambah yaaa..

    BalasHapus
    Balasan
    1. HArus pede, kalo tidak pede mana bisa maju hehehe

      Hapus
  8. makanya aku tetap jadi echa sesuai khasnya g niru2 lainnya. :")
    tapi aku ttp belajar mba biar ttp bertahan diblogging \m/
    Makasih tipsnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju Mbak Echa. Mbak Echa memang sudah punya ciri khas. Dan benar, mesti belajar terus :)

      Hapus
  9. Aku pengen juga pakai notebook, soalnya kecil, simple, dan ringan. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbak ringan, dibawa ke mana-mana enteng :)

      Hapus
  10. Jadi diri sendiri saja krn lelah jika terus mikirin persaingan di dunia blogging. Btw keren semua tips dan kiatmu Niar. Juara nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi betul ya Mbak Ade. Pasti lelah. Terima kasih sudah membaca ya Mbak Ade. Aamiin.

      Hapus
  11. Balasan
    1. Kalo sudah, ajarin saya ya Liza hehehe

      Hapus
  12. Aku sendri harus menerapkannya. :D Buat sesuatu yang berbeda jadi kunci utama ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa dibilang begitu, Mbak. Kita kudu kelihatan berbeda kalau mau merebut perhatian di tengah makin maraknya blogger Indonesia :)

      Hapus
  13. Kalau aku ngeblog, rata-rata cuma empat paragraf. Karena aku menyakini, di negara kita minat baca masih rendah, dan lebih suka dengan hal-hal yang tontonan semisal gambar atau vidio.
    Aku pengen laptop tapi belum kesampaian ,keren juga itu prosesornya.
    Aku masih pakai PC, dan jadul pula intetlnya. Tapi tidak apalah yang penting bisa untuk menunjang akrivitas ngeblog.
    Manfaat ngeblog, membuka pintu rezeki, karena semakin antri yang ingin pasang iklan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu yang bikin Mas Djangkaru beda dengan blogger2 lain :)

      Hapus
  14. Aku masih pakai Asus X201E sejak Agustus 2013, Alhamdullillah masih bandel.
    Sama, mbak aku juga lagi belajar buat video, tapi masih berupa foto slide. Waktu pertama berhasil tayang, senangnya bukan kepalang!

    13 tips menulisnya, langsung dibungkus ne! ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wih alhamdulillah yah, tangguh Asusnya, Mbak. Haha iya benar, begitu jadi, senangnya luar biasa. Saya baru satu kali bikin video sendiri, dari gambar2 (slide) juga. Setelah itu belum pernah bikin lagi.

      Hapus
  15. Iya... Kita sulit dikenali jika tidak unik dan kreatif dalam menulis

    BalasHapus
  16. sampai sekarang masih nulis pakai hp, Mba. Sekali buka leptop, anak2 pada ikutan repot.

    Semoga menang ya, Mba Niar.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wih keren tuh Mbak, bisa konsisten nulis walau pakai HP. APapun alatnya, kalau bisa dipergunakan, dimanfaatkan, kenapa tidak. ;)

      Hapus
  17. setuju banget mba Niar :) Kalau senjata andalan blogger yaitu berupa notebook atau laptop yg mumpuni, kita pun jadi tambah semangat ngeblog ya mba... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo sudah mumpuni senjatanya, tidak ada lagi alasan untuk malas-malasan ya Mbak Santi. Kalau pun belum punya, ya dengan apa yang ada dulu, jangan dipaksakan :)

      Hapus
  18. saya sudah laa pakai notebook.. tapi udah lama banget mba, pengen ganti ke spek yang lebih mumpuni lagi kayak ASUSPRO B8230. hehe

    saya kebetulan mau belajar video editing

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mudah2an tercapai ya Mas Zae ... aamiin

      Hapus
  19. Aku juga butuh Asus biar kreatif kayak mba niar niiih... Plus banyak belajar jugar, ajarin dong mbaaa, plissss :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya malah mau minta diajarin sama Mbak Novaaaaa :))

      Hapus
  20. Notebook yang kupakai buat ngeblog dan skripsian juga bermasalah sama engsel, Mbak. Masalah buanget ini. Mau notebook Asus :(

    Perlu dicatet, nih, tipsnya. Beberapa udah aku terapkan, sih, cuma mungkin masih perlu dimaksimalkan lagi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Notebook yang saya pakai sekarang ini, kelihatannya engselnya lebih mantap. Hanya satu tapi jauuuh lebih lebar dibandingkan yang dulu. Mudah2an bakal bertahan lama yang ini.

      Terima kasih ya sudah membaca :)

      Hapus
  21. vlog yg blm pernah aku coba... sebenernya, krn mikirnya kalo video kan berarti hrs ngomong ya mbak.. dan aku ga jago ngomong apalagi dpn kamera :D.. hrs cari ide lain utk vlog berarti :D.. ini asus keren bgt featurenya..aku lg nabung utk beli laptop baru sbeenrnya.. mahal ga sih mba yg asus pro ini?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aih sama Mbak. Saya kalau ngomog depan kamera suka gagap. Kalolihat wajah sendiri yanglagi ngomong juga suka malu sendiri. Aish, bagaimana bisa jadi vlogger, yak wkwkwk

      Kalo tentang harganya, bisa browsing-browsing, Mbak Fanny atau langsung saja cek ke website resmi Asus (duh, berasa saya staf Asus hihihi).

      Hapus
  22. Entahlah.. Pokoknya kerenlah, bacanya jadi semangat, praktek? Hihihi...

    BalasHapus
  23. wah , mantap lengkap nih artikel,selalu mbak niar. Aku susah kalau buat artikel panjang, beda kalau bikin fiksi, wah kata2 bisa ngalir terus

    BalasHapus
  24. Nah ini dia spesifikasi notebook yg aku cari2 mbak, kebetulan notebook lawas sdh rusak parah.

    BalasHapus
  25. Mantap tulisannya mbak. Ibarat pepatah, "sekali mendayung dua tiga pulau terlampaui".

    Selain berbagi pengalaman dengan teman2 pecandu aksara, pembaca blog, juga tulisannya diikutkan lomba blog Asus (kan tiga "pulau" terlewati hehehe....luar biasa, hanya blogger senior dan berpengalaman yang bisa begini).

    Alhamdulillah, ilmu mbak Mugniar di tulisan ini, sudah lebih awal saya "curi" ketika pulkam ke Makassar dan ikut bergabung saat pemberian materi mbak Mugniar. Berikut catatsn saya ketika itu, maaf nitip 2 linknya di sini seputar aktivitas mbak Mugniar yang saya buntuti hehehe:

    nurterbit.com/2016/01/seru-seruan-dengan-komunitas-blogger-anging-mammiri/

    nurterbit.com/2016/01/mampir-di-markas-blogger-kota-makassar/

    BalasHapus
  26. Aku blm bisa konsisten nih, kebanyakan mikir malah gk action-action.
    Thanks sharing tipsny mas

    BalasHapus
  27. Wuihh hadiahnya top bgt. sukses terus. thank u tipsnya

    BalasHapus
  28. Makasih atas tips menulisnya mbak.
    Saya hampir padam ngeblog tahun lalu, moga tahun ini bisa konsisten ngeblog lagi.
    Selamat juga jadi pemenang...

    Salam,

    BalasHapus
  29. selalu suka dengan tulisan mbak mugniar.. bisa banyak gitu pengunjungnya ya.. he he

    BalasHapus
  30. Aku juga pakai ASUS, punya X302LA dengan RAM 4GB Core i3 dan aku dapat dari menang lomba blog, kinerjanya banter, cocok banget buat ngeblog. Eh btw dapat laptop juga ya, asikkk selamat ya Mbak ^_^

    BalasHapus
  31. Wah, keren bisa menang lomba. Hadiahnya Asus lg. Terima kasih juga, artikelnya bermanfaat sekali.

    BalasHapus
  32. Artikel yang bagus dan sangat bermanfaat terutama untuk blogger pemula seperti saya ini.
    'Makasih mbak :)

    BalasHapus

Untuk saat ini kotak komentar saya moderasi karena banyaknya komen spam yang masuk. Silakan tinggalkan komentar ya. Komentar Anda akan sangat berarti bagi saya. Tapi komentar yang kasar dan spam akan saya hapus ya ^__^