Mudahnya Membuat Sub Domain untuk Blogspot

Asyiknya bergabung dengan komunitas-komunitas blogger itu, salah satunya adalah bisa terus upgrade ilmu pengetahuan. Beberapa kali, saya jadi mengetahui hal-hal baru setelah menyimak pembicaraan teman-teman. Atau, kalau menemukan masalah atau tiba-tiba timbul pertanyaan, saya tinggal bertanya di salah satu grup dan teman-teman memberikan jawaban atau solusinya.


Bulan lalu, saya penasaran dengan sub domain. Sub domain itu biasanya berbentuk nama sesuatu di depan nama blog. Saya pikir, untuk hal ini kita harus bayar lagi, selain bayar sewa domain/hosting. Atau mungkin malah blog yang hosting-nya masih nempel di Blogspot kayak punya saya ini tidak bisa bikin sub domain.

Pada sebuah percakapan di grup Arisan Link Grup 4, Komunitas Blogger Perempuan, Mbak Faycha Anastasia mengatakan bahwa domain yang  hosting-nya masih di Blogspot bisa koq bikin subdomain. Wow keren, nih. Jadi pengen bikin sub domain dari blog ini. Blog buku yang masih blogspot mau di-redirect ke sub domain.

Maka malam ini, saya mencoba-coba bikin sub domain. Saya bertanya-tanya via e-mail ke Dracoola – penyedia domain, tempat saya membeli domain www.mugniar.com sejak tadi siang. Adminnya merespon dengan sabar dan teramat cepat (ini dia keunggulan Dracoola yang saya suka, selalu fast response).

Admin Dracoola menuntun saya dengan sabar, lengkap dengan gambar dan link langkah-langkah untuk mengatur domain. Saya mengikutinya sembari mencari-cari tutorial membuat sub domain gratis untuk Blogspot di Google. Ketemu beberapa link, plus link tulisan Mbak Faycha. Buat yang penasaran dengan cara membuat sub domain di Blogspot, saya tidak akan memberikan tutorialnya, ya. Di internet sudah banyak tutorial membuat sub domain. Ini saya kasih link-link yang saya baca saja. Silakan pelajari di:

Selain mempelajari link-link tersebut, saya sarankan teman-teman untuk menghubungi penyedia domain/hosting yang teman-teman gunakan dan bertanya, di mana bagian yang bisa di-manage untuk membuat sub domain.

Usai berurusan dengan urusan rumah tangga, saya pun mengutak-atik akun saya melalui link dari Dracoola.com. Tidak perlu waktu lama, ternyata. Saya pun berhasil membuat sub domain. Perkenalkan blog buku baru saya, teman-teman: www.buku.mugniar.com. Blog yang berupa sub domain blog ini, hasil redirect dari blog buku yang lama http://buku-mugniar.blogspot.co.id.

Pertanyaan selanjutnya, adalah apakah sub domain dan domain ini saling mempengaruhi? Misalnya mempengaruhi rank blog? Lalu, apakah keputusan saya ini tepat, ya? Entahlah, soalnya untuk membelikan domain baru, saya masih ragu-ragu. Pasalnya, blog buku ini masih jarang diisi, hehehe.

Saat menanyakan kepada salah seorang kawan – penasihat blog saya, ia mengatakan, “Enggak Bun, beda rumah, cuma dompleng domainnya saja. Mungkin malah menguntungkan Bun, soalnya di Alexa, sub domain tidak punya peringkat, karena yang tercatat hanya domain utamanya saja.”

Nah, bagaimana teman-teman yang sudah pernah bikin sub domain dan sudah mempelajari karakteristik blog utama maupun sub domainnya setelah si sub domain itu beroperasi, bagaimana pengalaman kalian? Share, dong.

Makassar, 14 September 2016





Share :

7 Komentar di "Mudahnya Membuat Sub Domain untuk Blogspot"

  1. belum terpikir nih mba buat subdomain, soalnya hrs meluangkan waktu utak atiknya. liat mba Mugniar dulu deh gimana pengaruhnya ke blog

    ReplyDelete
  2. Waduh, ane kagak paham sama sekali tentang ini :)

    ReplyDelete
  3. Keren slalu tulisannya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin. Terima kasih, Kak. Moga2 bisa selalu keren hehe

      Delete

Untuk saat ini kotak komentar saya moderasi karena banyaknya komen spam yang masuk. Silakan tinggalkan komentar ya. Komentar Anda akan sangat berarti bagi saya tapi jangan tinggalkan link hidup. Oya, komentar yang kasar dan spam akan saya hapus ya ^__^