Menelusuri Wisata Religi Banda Aceh dari Jauh

Uniknya D.I. Aceh, provinsi ini menetapkan jenis “wisata religi” sebagai program resmi Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi. Sangat layak karena Aceh terkenal dengan julukan Serambi Mekah. Mulai Banda Aceh, sebagai ibukota provinsi menawarkan obyek wisata religi kepada wisatawan yang berkunjung.

Dua ikon besar wisata religi sekaligus bersejarah berikut ini sangat disarankan bila berkunjung ke Banda Aceh: Masjid Baiturrahim dan Masjid Baiturrahman.


Pasca bencana tsunami menyusul gempa sebesar 8,9 SR pada Desember 2004, tak lengkap rasanya bila berwisata ke Banda Aceh tanpa mengunjungi masjid satu ini. Masjid ini terkenal kekokohannya dalam terjangan tsunami kala itu. Bencana alam yang terjadi meratakan seluruh bangunan di sekitar masjid dan satu-satunya bangunan yang tersisa dan selamat adalah masjid yang terletak di Ulee Lheue, Kecamatan Meuraxa, Banda Aceh ini.


Masjid Baiturrahman dalam sampul majalah WOW
Terletak di wilayah strategis, sekitar 5 kilometer dari pusat kota Banda Aceh, masjid ini menyimpan catatan sejarah panjang. Masjid ini merupakan peninggalan sultan Aceh pada abad ke-17 yang saat itu dikenal dengan nama Masjid Jamik Ulee Lheue dan berkonstruksi kayu di atas tanah wakaf keluarga besar Tengku Hamzah.

Pada tahun 1873 Masjid Baiturrahman dibakar Belanda. Jamaahnya berpindah ke Masjid Jamik Ulee Lheue. Sejak saat itulah berganti namanya menjadi Masjid Baiturrahim.

Sekitar tahun 1917 pemerintah Hindia Belanda membangunkan masjid ini secara permanen dengan bantuan swadaya masyarakat. Dibangun berdasarkan arsitektur bergaya Eropa tanpa tulangan dan besi, diperindah dengan kaligrafi ejaan Arab Jawo.

Pada tahun 1930 selasar depan diubah karena bentuknya menyerupai bangunan gereja. Pada tahun 1983 terjadi gempa yang menjatuhkan kubah masjid. Pada tahun 1993 diadakan renovasi besar-besaran dengan mempertahankan bagian depan bangunan yang masih kokoh.

Saat dilanda tsunami, keajaiban terjadi pada masjid yang dibangun tanpa rangka besi dan tulang itu. Sungguh sebuah keajaiban mengingat letaknya yang tak jauh dari bibir pantai.

Pada tahun 2005 masjid ini mendapat bantuan dari Badan Rehabilitasi dan Rekonstruksi (BRR) Aceh/Nias berupa penambahan kubah seperti saat dibangun pada masa Belanda.


Masjid yang bukan hanya merupakan yang terbesar dan termegah di Aceh namun juga merupakan salah satu yang terbesar di Asia Tenggara ini terletak di pusat kota Banda Aceh. Masjid ini diminati tak hanya oleh wisatawan lokal. Wisatawan manca negara yang non muslim pun berminat menyaksikan sendiri kemegahannya.

Masjid Baiturrahman
Sumber: travel.detik.com
Mulai dibangun pada masa Kerajaan Aceh diperintah oleh Sultan Iskandar Muda (1607 – 1636) namun ada juga yang mengatakan dibangun pertama kali pada masa Sultan Alaidin Mahmud Syah pada tahun 1292.

Bangunan masjid dulu terbuat dari kayu, beratapkan daun rumbia, dan berlantaikan tanah liat keras. Masjid ini pernah dibakar dua kali oleh Belanda. Pertama kali pada tahun 1873 dan dalam pertempuran yang terjadi, J. H. R. Kohler tewas di depan masjid, tepatnya di bawah  sebatang pohon Geulumpang yang belakangan orang-orang menamakannya Kohler Boom.

Pada tahun 1874 masjid ini berhasil dibakar Belanda setelah melalui pertempuran sengit dengan masyarakat. Karena keterbatasan persenjataan, masyarakat terpaksa menerima kekalahan. Tidak lama kemudian Belanda mengumumkan telah menaklukkan Aceh.

Pada tahun 1877, Gubernur Jenderal Van Lansberge menyatakan akan membangun kembali Masjid Baiturrahman di lokasi yang sama. Pada tahun 1879 pembangunan kembali masjid ini mulai dilakukan oleh Gubernur Jenderal Van Der Heiden. Peletakan batu pertama diwakili oleh Teungku Qadli Malikul Adil dengan disaksikan rakyat Aceh. Pembangunan masjid ini selesai pada tahun 1881.

Hal yang menarik dari masjid ini adalah sisi sejarahnya, karena dulu pernah dipakai sebagai markas pertahanan rakyat Aceh melawan penjajah Belanda. Selain itu arsitekturnya merupakan salah satu yang terindah di Indonesia dengan bentuknya yang manis, ukiran yang menarik, halaman yang luas dan terasa sangat sejuk apabila berada di dalam ruangan masjid tersebut. Masyarakat Banda Aceh selalu meramaikan masjid ini dengan menjadikannya pusat bermacam-macam kegiatan seperti sekolah, pengajian, balai pertemuan, tempat seminar, atau ceramah.

Artikel di majalah WOW


Salut pada pemerintah Aceh yang membuat program-program untuk menyebarluaskan pariwisata Aceh. Membuka lomba blog yang terbuka untuk umum semacam ini memancing banyak keingintahuan blogger-blogger di seluruh Indonesia tentang Banda Aceh.

Dengan demikian, setelah menuliskannya ke dalam blog, informasi pariwisata Aceh makin tersebar ke seluruh Indonesia mengingat saat ini blog mulai dipercaya banyak pihak untuk membantu menyebarkan informasi.

Saya pribadi mendapatkan informasi tentang kedua masjid ini dan banyak hal menarik lainnya tentang Aceh dari majalah WOW – Wonderful World of Aceh yang saya peroleh ketika mengunjungi ICT USO EXPO (Information and Communication Technology Universal Service Obligation) yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informasi, berpusat di Makassar tahun lalu.

Saya masih ingat saat itu masih ada sebagian kecil stand dari luar Makassar yang tutup karena event ICT USO EXPO baru dibuka dan masih ada yang belum tiba di lokasi tapi stand dari Aceh sudah buka. Bagi saya ini sungguh usaha yang luar biasa dari Dinas Pariwisata Aceh, menghadiri event nasional instansi lain. Dengan demikian pariwisata Aceh makin dikenal luas. Saya jadi bisa lebih kenal dengan potensi Aceh melalui majalah WOW ini.

Semoga upaya seperti ini selalu dilakukan agar sesama anak bangsa, dari berbagai wilayah bisa mengenal berbagai kekayaan pariwisata religi, budaya, dan alam yang dimiliki Aceh umumnya, dan Banda Aceh khususnya.

Makassar, 9 April 2014

  • Artikel Sejarah Masjid Raya Baiturrahman di Majalah WOW – Wonderful World of Aceh Volume II, Mei – Agustus 2012.
  • Artikel Baiturrahim, Dunia Kagumi Kekokohannya di Majalah WOW – Wonderful World of Aceh Volume III, September – Desember 2012.
  • Masjid Raya Baiturrahman, http://id.wikipedia.org/wiki/Masjid_Raya_Baiturrahman, diakses pada 10 April 2014
  • Masjid Baiturrahman, Aceh http://pendidikan4sejarah.blogspot.com/2011/03/masjid-baiturrahman-aceh.html, diakses pada 10 April 2014.
  • Masjid Baiturrahim, http://id.wikipedia.org/wiki/Masjid_Baiturrahim_Ulee_Lheue, diakses pada 10 April 2014


Tulisan ini diikutkan pada Banda Aceh Blog Competition 2014



Share :

42 Komentar di "Menelusuri Wisata Religi Banda Aceh dari Jauh"

  1. Mbak, sebenernya daya tarik uniknya mesjid Baiturrahman di Aceh ini apa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kurang detik ya mbak Vicky? Hm ... sudah saya tambahkan, di paragraf akhirnya ya ... makasih ^__^

      Hapus
    2. *kurang detil maksudnya*

      Hapus
  2. Indah bgt lo mbak masjid ini,interiornya byk yg di datangkan dr luar,bagian luarnya pun ga kalah cantik.aku dosin mb Niar someday bisa nyampe Aceh ya ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin ... aamiin .. semoga kelak bisa jalan2 ke Aceh :)

      Hapus
  3. Pernah lihat liputannya di tv....bagus bgttt.semoga bisa kesana :)

    BalasHapus
  4. Baru tau ternyata ada Masjid Baiturrahman juga. Kembar yah fotonya dengan Masjid Baiturrahim

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya tidak mendapatkan gambar masji Baiturrahim. Kalo di majalah, tidak bagus untuk dipindahkan melalui kamera HP. Sayang :(

      Jadinya kedua gambar itu sama2 masjid Baiturrahman

      Hapus
  5. Saya sampe menitikkan air mata waktu mendengar kabar mesjid itu gak ikut hancur saat Tsunami aceh dulu. Sungguh Allah sangat menjaga rumahnya ya....

    mungkin kalo ikut hancur kita gak punya lagi mesjid kebanggaan ini, Alhamdulillahnya gak terjadi ya, mak....:)

    Sukses kontes nya, mak...:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah Mak :)
      Makasih ya :)

      Hapus
  6. Saya baru sampai Medan, belum pernah ke Aceh
    Moga2 ada kesehatan,kesempatan dan kelapangan rezeki sehingga bisa megunjungi Aceh
    Terima kasih infonya
    Salam hangat dari Surabaya

    BalasHapus
  7. Subhanallah Masjid Baiturrahman yg berdiri kokoh itu ya,,walau diterjang tsunami,,,saya pengen banget kesitu,,,

    BalasHapus
  8. assalamuallaikum mak,...apa kabar ? subhanallah jadi pengen jalan-jalan ke Aceh mak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa alaikum salam Wr. Wb, Mak. Alhamdulillah baik. Mak Irma apa kabar? :D

      Iya Mak .. keren ya :)

      Hapus
  9. Serambi Mekah...kapan ya aku jalan-jalan ke Aceh

    BalasHapus
  10. masjid Baiturrahman salah satu masjid yg ingin saya kunjungi, tp jauh banget.. bagus bangeeet, makasih infonya mak ^^ sukses ngontesnya :)

    BalasHapus
  11. Semoga bisa ke Banda Aceh ya mbak Niar... selain wisata religi... wisata kulinernya juga asik dan ngangenin loh mbak..

    Semoga sukses mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin .. semoga kapan2 bisa ke sana .. pingiiin :)

      Hapus
  12. Kapan ya bisa berkunjung.... Pengen bangat ke mesjid baiturrahman

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kapan ya? *eh malah nanya balik*

      Hapus
  13. Kapan ya bisa berkunjung.... Pengen bangat ke mesjid baiturrahman

    BalasHapus
  14. belum sempat ke aceh, padahal orang sumatera...mungkin suatu saat nanti ...

    sukses utk lombanya mak :)

    BalasHapus
  15. Jalan2ku baru nyampe Medan, belum sampai Aceh hehehee Dikit lagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sy jga waktu tinggal di Pekanbaru cuma sampe SumBar dan Batam, Mak ... aih rugi ndak ke mana2 lagi :)

      Hapus
  16. Belum pernah ke Aceh :( Good luck ya, Mak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih ya Mak sudah mampir :)

      Hapus
  17. wah untuk pict pertama mesjid baiturrahim kok pict nya mesjid raya ya ? ada penjelasan ?

    http://musikanegri.blogspot.com/2014/04/gunongan-bukti-cinta-sultan-kharismatik.html ditunggu koemntarnya (y)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Penjelasan apa? Ada tuh tulisannya di bawah gambarnya. Saya tidak menemukan gambar Masjid Baiturrahim soalnya :)

      Hapus
  18. wah menarik ne tulisannya :) jgn lupa singgah kesini ya http://101jamalullail.blogspot.com/2014/04/rasakan-sensasi-kuliner-kota-banda-aceh.html

    BalasHapus
  19. Mantap Banget Tulisan ya.
    Destinasi Lengkap Aceh cuma Ada di : http://acehplanet.com/

    BalasHapus
  20. memang paling adem di banda aceh. jgn lupa mampir ya : http://charmingaceh.blogspot.com/2014/04/jangan-ke-banda-aceh.html

    BalasHapus
  21. Bagus artikel nya, jangan lupa mampir kemari ya : http://bandaacehvisit.blogspot.com/2014/04/banda-aceh-icon-para-cendekia-aceh.html

    BalasHapus
  22. mantap, mampir juga kemari ya: http://informasi-syarif.blogspot.com/2014/03/hutan-kota-icon-paru-paru-serambi-mekkah.html

    BalasHapus
  23. Undangan Menjadi Peserta Lomba Review Website berhadiah 30 Juta.

    Selamat Siang, setelah kami memperhatikan kualitas tulisan di Blog ini.
    Kami akan senang sekali, jika Blog ini berkenan mengikuti Lomba review
    Websitedari babastudio.

    Untuk Lebih jelas dan detail mohon kunjungi http://www.babastudio.com/review2014


    Salam
    Baba Studio

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih undangannya .... segera ke TKP :)

      Hapus

Untuk saat ini kotak komentar saya moderasi karena banyaknya komen spam yang masuk. Silakan tinggalkan komentar ya. Komentar Anda akan sangat berarti bagi saya. Tapi komentar yang kasar dan spam akan saya hapus ya ^__^