Dari Terong Panggang ke Grocery Store

Dari Terong Panggang ke Grocery Store Terung atau terong adalah sayur favorit saya dan suami saat ini. Paling suka makan terong dengan sambal. Ulala nikmatnya sayur bernama ilmiah Solanum melongena ini. Terung yang saya maksud di sini adalah yang berwarna ungu. Berasal dari India dan Sri Lanka, asal mula budidayanya adalah dari bagian selatan dan timur Asia sejak zaman prasejarah dan kemudian dikenal di dunia Barat sekitar tahun 1500-an.

Grocery Store

Di Indonesia, terung relatif mudah tumbuhnya makanya kita familier sekali dengan sayuran berbahan terung. Sebenarnya ada beberapa jenis terung namun yang paling umum yang berwarna ungu dengan bentuk lonjong/memanjang. Ada juga terung yang  berwarna hijau dan bentuknya bulat.

Namun demikian, terung ungu tak selalu ada di pasaran atau kalaupun ada, harganya tak selalu murah. Baru-baru ini saya mendapati terong ungu dengan harga murah di sebuah pasar di kawasan Veteran Utara. 

Satu kantong plastik, isinya 10 buah ukuran sedang dihargai Rp5.000 oleh penjualnya. Senangnya minta ampun. Langsung deh saya ambil tanpa tawar-menawar lagi. Soalnya kalau lagi mahal, harganya tidak masuk akal – mujur kalau bisa dapat 2 buah ukuran sedang seharga Rp5.000. Dalam perjalanan pulang dari pasar, terbayang-bayang makan dengan lauk terong rica alias terong balado. Ricanya berupa sambal tomat. Aduhai!

Saya suka makan sambal. Sering kali, makan nasi dengan sambal saja sudah cukup memanjakan lidah dan perut bagi saya. Dengan adanya terong yang dimasak dengan cara digoreng ataupun dipanggang, kenikmatan menyantap sambal disempurnakan oleh terung.

Kalau disuruh memilih antara terung goreng dan panggang, lidah saya sebenarnya lebih suka terung goreng … kalau tak ingat umur haha. Namun demikian, mengingat pertambahan usia dan kemungkinan penyakit yang menyertai karena kebanyakan makan gorengan maka akhirnya saya menjatuhkan prioritas pada terung panggang saja. Jauh lebih sehat soalnya.

Lezatnya terung panggang

Setelah terong yang dibelah dipanggang dan sambal tomat tumis siap, sambal ditaruh di atas sambal, santap dengan nasi putih hangat … hm yummy. By the way, kalian mau tahu masakan terung panggang rica ala saya? Cus simak resep lauk sederhana ini sebagai berikut, ya …

 

Resep Terung Panggang Rica

 

Bahan Terung Panggang Rica:

  1. 3 buah terung ungu dibelah 2. Jika ukurannya besar, bisa dipotong 2 (membagi sisi panjangnya sama besar) lalu dibelah 2. Oya, mengenai jumlah atur jo ya. Saya menggunakan 3 terung dulu karena ukurannya pas untuk masuk di alat masak – pan yang berbentuk persegi panjang dan bisa dibolak-balik itu.
  2. Dua – tiga buah tomat, diris ukuran kecil atau ditumbuk/haluskan.
  3. Bawang putih atau bawang merah. Bisa juga keduanya, total sebanyak 3 siung. Kalau kalian tidak terlalu suka bawang, bisa dikurangi 1 atau 2 saja. Haluskan atau iris-iris.
  4. Cabai sesukanya, haluskan. Boleh cabai rawit, cabai merah besar, cabai keriting, atau cabai hijau. Terserah kalian, Gaes.
  5. Garam secukupnya.

Cara membuat Terung Panggang Rica:

  1. Rendam terlebih dulu terung di larutan air garam selama ± 10 menit.
  2. Sementara merendam terung, proses sambalnya. Haluskan semua bahan sambal lalu tumis. Masukkan garam secukupnya, aduk rata. Jika ingin menambahkan rasa manis, bisa tambahkan sedikit gula pasir atau gula merah atau kecap ke sambal.
  3. Siapkan alat panggang. Saya menggunakan pan berbentuk persegi panjang yang di dalamnya dialasi aluminium foil.
  4. Posisi terung di antara aluminium foil di bagian atas dan bawah. Selama dipanggang, terung terlindungi oleh aluminium foil hingga mendapatkan panas yang merata namun tidak mudah hangus.
  5. Nyalakan kompor. Panggang terung selama 10 menit. Ini waktu yang paling tepat untuk cara masak yang saya lakukan.

Waspadai ya, jangan sampai kelupaan sebab jika kelupaan, terungnya bisa kisut alias menyusut dan jadi tipis sekali. Aih, kurang deh kenikmatannya kalau sampai hal ini terjadi. Saya pernah mengalaminya dan sungguh penyesalan itu datangnya belakangan, bukan di depan hahaha.

Beli terung di grocery store

Belanja Terung di Grocery Store Selain Pasar Tradisional

 

Bagaimana jika tak ada terung di pasar

Jangan anggap hil ini mustahal ya, Gaes. Di zaman now,kondisi demikian bisa saja terjadi. Semacam “ada permainan” yang terjadi di antara penjual dan konsumen sehingga menyebabkan sejumlah komoditas tak masuk di pasar tradisional.

Jika kalian tak menemukan terung di pasar tradisional padahal sedang ngidam berat makan terong rica, coba cari di grocery store, hasrat makan kan tertunaikan segera. Paling asyik kalau bisa akses ke platform website atau aplikasi grocery store seperti Sayurbox. Dengan Sayurbox, pengguna dimudahkan untuk membeli kebutuhan sehari-hari hingga kebutuhan pokok seperti beras, buah, dan sayur segar dari petani lokal dengan harga murah.

Sayurbox juga menyediakan makanan ringan, ikan, daging, telur, tahu tempe, seafood dan ayam dari peternak setempat dan siap mengantar. Bahkan bagi yang berbelanja hingga 75.000 rupiah, berhak memperoleh ongkir gratis, diskon, dan promo menarik setiap hari!

Sayurbox

Kabar menarik bagi kalian yang berdomisili di beberapa area di Jabodetabek, ada layanan agar pesanan kalian tiba dalam 1 jam dan 2 jam untuk yang berdomisili di Bali! Nama layanannya adalah Sayurkilat. Ke depannya, rencananya akan bertambah terus cakupan area yang di-cover. Kelebihannya, oleh karena dikirim langsung, kesegaran dan kualitas belanjaan yang dipesan menggunakan fitur Sayurkilat ini dijamin segar dan baik.

Well, selain Sayurkilat, masih ada 3 fitur unggulan lagi dari Sayurbox, yaitu:

  • Sayurtunai – pengguna bisa mengecek terlebih dulu kualitas belanjaan sebelum bayar di tempat.
  • Sayurfluencer – bisa tambah cuan dengan rebahan saja. Cukup dengan cara bagi-bagi link belanjaan maka komisi bisa diperoleh.
  • Sayurpoin – setiap berbelanja dapatkan, kumpulkan, tukarkan poin yang diperoleh dengan kupon belanja.

Menarik, ya? Untuk pembayarannya pun tidak perlu cash, pengguna aplikasi Sayurbox bisa membayar belanjaannya melalui transfer bank (dengan pilihan sejumlah bank) dan e-wallet

Cus deh, warga Jabodetabek dan Bali, jangan sia-siakan kesempatan mengonsumsi sayuran segar setiap hari dengan cara berbelanja cepat, aman dan nyaman melalui Sayurbox bersama puluhan ribu pelanggan Sayurbox lainnya. Klik www.sayurbox.com untuk berbelanja!




Share :

35 Komentar di "Dari Terong Panggang ke Grocery Store "

  1. Aduh mantep terong dengan sambal rica-rica apalagi terongnya lumayan besar dan seger, nih. Hemm memang pas banget kalau belanja online kayak gini, lebih mudah, praktis, dan terjamin. Terima kasih resepnya!

    ReplyDelete
  2. Terong diolah apa aja nikmat...
    Apalagi digoreng sambal dengan ebi mantapnya. Yang penting iya terongnya fresh, bisa belanjanya di sayurbox

    ReplyDelete
  3. Wah sama saya juga suka terong bumbu pedes (balado) dan pas hari ini masak terung balado pake ati ampela. Belanjadi sayur box praktis kualitas juga oke ya

    ReplyDelete
  4. Belum pernah pa cobaki ini Terong Panggang
    Membayangkannya sjaa sudah enak apalagi kalau dieksekusi langsung

    ReplyDelete
  5. Yang suka banget terung di rumah misua saya kak mugni. Saya gak tau kenapa kok bisa gak suka sama terung. Ada rasa geli saat menggigit tekstur terung. Haha

    Tapi saya sepakat kak, sayur box memang bisa jadi andalan saat kita butuh waktu cepat atau cuma rebahan di rumah tapi bisa mendapat sayur berkualitas.

    ReplyDelete
  6. Terong ini favorit di rumah saya. Mau diolah berteman sambal maupun dilodeh ayo aja. Bahannya juga gampang didapatkan, beli di Grocery Store yang mudah dan murah, Sayurbox, tinggal nunggu diantar

    ReplyDelete
  7. Wah baru tahu terung bisa diolah seperti ini. biasanya andalan aku itu dibuat terung balado atau dipotong tipis lalu digoreng dengan tepung bumbu sampai garing. Cuma ya minyaknya jadi lumayan deh. Kalau dengan resep terung panggang rica ini sepertinya lebih sehat ya.

    ReplyDelete
  8. Terunggg kesukaanku di goreng di penyet pake sambal yummyyy lupakaan diet kalau menunya itu...

    Belanja hemat di sayurbox okee banget nihhh, tinggal duduk manis order online barang sampai.

    ReplyDelete
  9. Terung panggang ricanya sungguh menggoda. Aku juga ngurangin menggoreng, Mba..Kalau ga dikukus, panggang ya pakai air fryer aja. Rasanya beda sih, tapi demi sehat kan ya..Bahan masakannya beli di Sayurbox Grocery Store aja, mudah dan ada tebus murah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Afirmasi hidup.sehat ya maak...dengan mengurangi gorengan dan banyak makan yang bergizi tanpa di goreng.

      Delete
  10. Saya biasanya digoreng tepung kalau masak terong. Kayaknya enak juga dipanggang begini. Apalagi ada sambal rica yang banyak. Tambah nasi hangat semakin nikmat, deh

    ReplyDelete
  11. terong di panggang doang makannya sama sambel sudah enak banget ya, Mba. Aku belum pernah si kalau di panggang, pernahnya di goreng gitu. Btw, aku juga belanja di Sayurbox karena kualitas produknya bagus, harga murah dan pengiriman cepat. Apalagi kalau ada promo tebus murah, bisa hemat di kantong.

    ReplyDelete
  12. Terung dipanggang sepertinya rasanya bakalan beda ya. Mau coba juga nih. Selama ini terung saya goreng saja. Meski bumbunya ya gak jauh beda juga sih. Hemm... Enak jadinya ya

    ReplyDelete
  13. Terong enak bangeeet aku suka. Menarik belanja online nih mba kan sering nggak ada cash juga, bisa gunain Sayurbox. oia terongnya dipanggang lebih sehat ya mbaa terus pakai sambeeel deh, udah nikmat makan gini aja aku doyan

    ReplyDelete
  14. Terong itu enaknya di sambal balado, kalau digoreng ya makanannya kudu pas hangat biar sedap. Etapi dikukus juga enak sih. Cepet pula ngolahnya. Kalau ada di daerahku, mau juga pakai Sayurbox

    ReplyDelete
  15. Wah iya ya, kalau pakai alumunium foil kan warnanya jadi cakep dan matang sempurna. Kalau mau ada gosongnya tinggal diulang dikit tanpa alumunium foil. Jadi langsung pengen belanja dan praktik nih

    ReplyDelete
  16. Kalau aku tim terong rica-rica, paling enak dicabein hahaha tapi seiring bertambahnya usia aku mulai ngurangin di goreng paling dikukus terus di makan pakai sambal, meskipun kalau menurut aku ngak seenak digoreng tapi lumayanlah bisa dimakan sama sambal.

    ReplyDelete
  17. Wah aku selama ini seringnya terong goreng mlulu
    Belum pernah nyoba terong panggang
    Sepertinya lebih sehat

    ReplyDelete
  18. HIhi...kak Niar, kita harus percaya bahwa tidak ada yang tidak mungkin yaa..
    Meskipun itu hanyalah belanja. Dengan kemudahan teknologi, berbelanja menjadi aktivits yang mudah, cepat dan tetap bisa banget menyajikan masakan bernutrisi untuk keluarga.

    Tricky banget masak terung ini.
    Soalnya aku kalau masak tipikal yang suka gak percaya kalau sudah matang, jadi aku lama-lamain dan berakhir dengan kisut.
    Huhuu...cukup 10 menit yaa..kak Niar.

    ReplyDelete
  19. Terong nih salah satu kesukaanku juga nih, tapi kalau di rumah tuh aku lebih sering ditepungin sambil nanti bikin sambalnya deh. Awalnya tuh karena ketagihan sama terong krispi penyet di sebuah resto di Jakarta, jadilah ku coba bikin di rumah.

    ReplyDelete
  20. Simpel tapi delicious ini kak..Terong tuh salah satu menu favoritku kak... Tapi aku belum pernah nih masak terong bumbu Rica hehe..boleh lah pan kapan aku coba

    ReplyDelete
  21. Saya juga lebih suka terong yang dipanggang atau sekalian dibakar dengan yang masih ada kulitnya. Setelah matang direndam di dalam baskom yg sudah diisi dengan air, barulah kulitnya dikupas. Bumbunya? Banyak pilihan, bisa sambalado, rica-rica atau bumbu pecel. Yummiii. BTW saya penasaran dengan Sayurbox. com ini. Sudah masukkah di Makassar?

    ReplyDelete
  22. Boleh nih resep terong panggang ricanya, buat nambah-nambah daftar masakan. Soalnya mulai bosan masaknya itu itu lagi. Haha. Semoga besok Mbak Sayur bawa terong di gerobak sayurnya. Atau kalau nggak, aku order saja di SayurBox pakai layanan Sayur Kilat.

    ReplyDelete
  23. Terung tuh kesukaanku bangeeett mbaa...apalagi yang ungu, maniiisss.. diapakan saja udahlah pasti enak. Apalagi ada sambalnya gini. Cuuzz ah contek resep Mba Niar.

    ReplyDelete
  24. Huwaaa terong 5.000 rupiah dapet 10 buah. Murah bangettt... Saya juga suka terong, Mbak. Memang nikmat banget. Teman saya orang Papua malah bilang lebih nikmat terong daripada daging ayam atau sapi. Hahaha. Saking nikmatnya.
    Btw belanja di Sayurbox memang mudah dan menyenangkan ya, Mbak :)

    ReplyDelete
  25. Terong balado tuh emang teman makan yang mantap ya mbak, dipadukan dengan nasi pulen, udah bikin pengen nambah-nambah tuh. Kalau saya biasanya terongnya di goreng, belum pernah coba memanggang.

    ReplyDelete
  26. Suka banget akutu sama menu masakan Terong Balado. Bisa habis dua piring nasi kalau tidak ingat diet. Wkwk... Yang terong dipanggang pengen cobain deh ..

    ReplyDelete
  27. Selalu puas belanja di sayurbox karena selalu ada promo, pengiriman cepat dan sayur buah juga fresh

    ReplyDelete
  28. Saya juga kalau masak terong sekarang dibakar atau direbus. Tapi paling enak emang dipanggang, coba kapan-kapan mau dipanggang di Oven pakai aluminium foil.
    Saya juga suka terong ungu ketimbang yang ijo atau kecil-kecil, lebih teeasa terongnya. Hehe

    ReplyDelete
  29. Kalau terong dimasak kayak gini, mungkin aku bisa suka. Ya, dipanggang, mungkin akan berbeda kalau hanya dibalado atau lainnya.

    ReplyDelete
  30. Aku juga suka banget terong panggang atau terong goreng, terus dicocol sama sambal. Enak bangeet. Bisa habisin nasi sih makan gitu aja. Dulu ada tanaman terong di depan rumah, sekarang udah mati semua. Untung bisa pesan SayurBox, sejam sampai lagi yaa.. hmm coba ah.

    ReplyDelete
  31. Ihhh samaaa kita mbaaaa, aku pun sukaaaa sangaaat terong. Yg ungu ataupun yg hijau bulat atau hijau panjang. Yg ungu biasanya saya balado. Yg hijau bulat enak buat lalapan. Yg hijau panjang, ini biasanya kalo Sumatra utk digulai.

    Bersyukurnya di Jakarta ataupun dulu pas msh tinggal di Medan dan Aceh, terong banyak dijual, JD relatif murah. Makanya mama sering masak ini.

    Skr di JKT pun, aku paling sering belanja terong. Krn bisa diolah macem2 😁. Sukaaa bgt Ama rasanya yg manis sih kalo kubilang.mantep memang kalo udh dimasak sambal

    ReplyDelete
  32. kesukaanku ini mba Mugniar ... mantap resepnya

    ReplyDelete
  33. Sayurbox ni solusi praktis buat mamak2 pecinta blanja onlen yg tetap membuat belanja sayur lancar terus ya bun. I wish ada layanan sayurbox sampai ke rumah sy. Btw terungnya aduhai bener. Saya juga suka menu ini

    ReplyDelete
  34. Wah terlihat yummy, masalahnya paksu kurang suka terong dan aku suka sekali. Kalau di panggang blm pernah ini patut dicoba

    ReplyDelete

Untuk saat ini kotak komentar saya moderasi karena banyaknya komen spam yang masuk. Silakan tinggalkan komentar ya. Komentar Anda akan sangat berarti bagi saya tapi jangan tinggalkan link hidup. Oya, komentar yang kasar dan spam akan saya hapus ya ^__^