Pentingnya Digital Skills pada Masa Pandemi Bagi Ibu Rumah Tangga

Pentingnya Digital Skills pada Masa Pandemi Bagi Ibu Rumah Tangga – Ketika Mas Rendy Doroii bertanya mengenai belanja online apa yang dulu dianggap tak mungkin tapi masa sekarang dilakukan – terlebih di masa pandemi, banyak peserta Wananow Talks yang berkomentar di kolom chat Zoom. Kebanyakan membeli barang yang sebelum marak belanja online, dulu dianggap aneh. Contohnya kayak saya, membeli mie instan via online. 😁

 

Keliling-Keliling Dahulu, Belanja Kemudian

 

Rupanya setelah acara itu, saya melakukan hal yang benar-benar sebelumnya tak terbayangkan oleh saya, yaitu keliling-keliling buat belanja online. Kalau dulu sewaktu apa-apa masih serba offline kan wajar ya keliling-keliling pasar, keluar-masuk gerai untuk melihat-lihat, menawar, lalu memutuskan membeli yang sesuai dengan kebutuhan/keinginan dan pas di kantong kita. Nah, rupanya berbelanja online bisa gitu juga, kawan.


Digital skills
Foto oleh cottonbro dari Pexels.

Jadi, saya tuh awalnya mau isi pulsa melalui aplikasi salah satu provider telekomunikasi yang saya gunakan. Menariknya, dalam aplikasi ini ada treasure hunt game dan ada aktivitas-aktivitas lain yang membuat penggunanya bisa mengumpulkan poin. Tahu kan, lagi zamannya sekarang ini, berbelanja dapat poin.

Nah, poin saya sudah 1000-an dan sudah bisa menebus item-item tertentu. Saya lihat ada kesempatan dapat cash back di aplikasi market place yang memungkinkan kita masuk ke market-market place lain. Saya sebut saja namanya Shopback. Jadi dari Shopback ini kita berkesempatan berbelanja ke Tokopedia, Blibli, Shopee, dan lain sebagainya dengan iming-iming cashback.

Untuk pengguna baru, berbelanja via aplikasi ada cashback maksimal Rp. 40.000, untuk berbelanja di sejumlah market place tertentu. Harga kesempatan berbelanja itu cuma 1 rupiah. Dasar mamak-mamak, ya rasa penasaran yang berpadu dengan kemungkinan berhemat membawa saya redeem poin dengan kesempatan berbelanja itu.

Lalu saya download-lah Shopback. Dari link yang sudah ditentukan, saya kemudian masuk ke aplikasi Shopback lalu diarahkan untuk berbelanja ke aplikasi-aplikasi yang sudah ditentukan. Saya memilih Tokopedia karena punya akun di sana dan punya saldo OVO juga. Jadilah saya memesan susu kambing yang dijual di Makassar untuk menghemat ongkos kirim. Beberapa hari kemudian, cashback-nya benar-benar masuk sejumlah Rp. 40.000!

Nah, di sini saya membenarkan wacana yang dibawakan Mas Rendy Doroii sewaktu membawakan materi berjudul Must Have Digital Skills di Masa Pandemi pada tanggal 28 September lalu. Dalam membawakan presentasinya, Mas Rendy dua kali menanyakan hal ini: Digital skills di era pandemi, penting atau penting banget? Serempak hadirin menjawab, “PENTING BANGEET.”

 

Keuntungan Memiliki Digital Skills Untuk Kebutuhan Sehari-hari

 

Saya sudah mengalami sendiri pentingnya bagaimana. Dalam masa pandemi seperti ini, mengisi pulsa dan kuota sekeluarga, demi apa harus keluar rumah terus kan ya. Mendingan isi kuota atau pulsanya via gadget saja. Tidak usah keluar rumah, memangkas waktu, menghemat tenaga, bahkan bisa menghemat rupiah pula.

Ibu rumah tangga pun perlu digital skills, minimal tahu bagaimana caranya membeli pulsa atau kuota dengan harga murah via internet. Ada 10 aplikasi di gadget saya yang bisa dipergunakan untuk membeli kuota/pulsa. Ada pula cara lain, masuk ke aplikasi-aplikasi tertentu yang web based atau masuk melalui browser internet.

Saya sendiri paling sering menggunakan aplikasi GrabKios karena harganya paling murah di antara aplikasi-aplikasi lain yang sejenis. Kalau kalian berminat, bisa daftar di aplikasi ini menggunakan kode referral saya ya: A6mgs8m. Melalui aplikasi ini bukan hanya beli pulsa/kuota untuk pemakaian pribadi, kalian juga bisa menjualnya kepada orang lain.


Digital Skills masa pandemi

Bisa jadi agen GrabKios dengan jual-beli aneka barang juga, sampai menerima pembayaran listrik, PDAM, dan Indihome. Dari pembayaran orang, sebagai agen akan mendapatkan kompensasi juga, lho. Lah, saya malah jadi promosi ya hahaha. Benar kata Mas Rendy,  dengan menguasai digital skills kita bisa memperoleh keuntungan sebagai berikut: menghemat waktu, menghemat biaya, selalu update info, belajar lebih cepat, terhubung komunikasi, membawa pengaruh positif, dan mendapatkan pekerjaan.

Contoh belanja “keliling-keliling online” dan menjadi agen GrabKios yang saya ceritakan di atas adalah sedikit contoh dari manfaat yang diperoleh oleh mereka yang menguasai keterampilan digital.

Oya, bagi yang belum kenal dengan Mas Rendy, beliau adalah seorang Digital Communications Consultant yang juga founder dari Wananow. Wananow ini sering mengadakan acara online via Instagram dan Zoom secara gratis maupun berbayar bagi siapa saja yang ingin menambah wawasan dan keterampilannya dalam dunia digital. Follow akun Instagram @wananow_id untuk mendapatkan informasi terbaru dari Wananow, ya.

Makassar, 4 Oktober 2021



Share :

23 Komentar di "Pentingnya Digital Skills pada Masa Pandemi Bagi Ibu Rumah Tangga"

  1. Ternyata penting banget memiliki kemampuan digital atau tentang teknologi mengingat sekarang apapun serba online.

    ReplyDelete
  2. wah sangat bermanfaat, terima kasih infonya ya kak :D

    ReplyDelete
  3. Digital Skill semakin diperlukan semenjak Pandemi memang ya, bagi yang sebelumnya sudah mengenal dan bahkan mempelajari, tentunya sangat terbantu di masa yang serba terbatas ini. Namun, bagi yang masih awam pun selalu ada kesempatan untuk belajar di berbagai platform apalagi sekarang banyak kelas online yang bisa kita ikuti sesuai minat. Kereeen.

    ReplyDelete
  4. Emang sekarang zamannya belanja online, ya. Biar tetap hemat, ibu2 kudu melek digital dan pilih shopback buat belanja.

    ReplyDelete
  5. Sejak pandemi perlahan gaya hidup berubah, jd lebih sering berurusan dengan dunia digital. Sebagai IRT sy makin aware klu skill digital perlu ditingkatkan

    ReplyDelete
  6. Para mama jangan ditanya digital skill soal belanja online, pada pintar, berburu barang diskon, hehehe. Kalo saya jarang belanja online. Digital skillnya nyari duit aja dari digital, hehehe

    ReplyDelete
  7. Di era digital seperti ini punya digital skill adalah sebuah keharusan ya mbak Niar
    agar tidak tertinggal dgn era digital yang serba cepat ini

    ReplyDelete
  8. Woooh cashback 40.000? Tapi benar nggak kalau itu hanya berlaku untuk para pengguna akun baru?
    IRT pun rasanya penting banget buat menguasai digital skill ya Mbak Niar

    ReplyDelete
  9. Digital skill emang salah satu yang menarik dipeljari ya mbak, apalagi kalau di masa pandemi gini ingin mendapatkan penghasilan tambahan. Dengan digital skill akan paham gmn cara emnjual produk dengan jangkauan pembeli yg lbh luas :D
    Wah lansgung melek aku kalau ada info2 pelatihan digital yang gratis pula hehhee TFS

    ReplyDelete
  10. Telaten banget mbaa keliling online shop sebelum belanja. Lumayan dapat cashback yaah.
    Aku biasanya gini kalau beli barang yang nominalnya besar dan jarang beli, misal printer. Jadi prosesnya lamaaa bisa 2-3 hari baru checkout. Bandingkan ini itu.

    ReplyDelete
  11. Memang mba digital skill itu perlu banget buat semua apalagi buat ibu rumah tangga ya jadi inget istrinya teman yang ga bisa beli pulsa listrik sampe teman harus pulang ke rumah pada jam kantor hehehe...sedih

    ReplyDelete
  12. digital skills saat ini adalah keharusan ya mbaa.. and I love to know that more women can have this skill

    ReplyDelete
  13. Dengan kemampuan digital skill akan membuat kita diterima uang lebih alias punya uang jajan sendiri

    ReplyDelete
  14. Bener banget, Mbak, sebagai ibu rumah tangga kita mesti punya digital skills. Bermanfaat banget pastinya di era digital ini. Aku juga beliin pulsa buat sekeluarga lewat hapeku, belanja-belanja online juga lebih nyaman, praktis, dan banyak keuntungannya. Digital skills bantu diri sendiri dan orang lain, sih :)

    ReplyDelete
  15. Sejak pandemi berlangsung, mau ngga mau semua orang kudu ningkatin digital skillnya.
    Kalo masalah belanja, ibu-ibu ini udah pada mahir. Tapi mungkin belum banyak yang memanfaatkan Shopback.
    Semisal, belanja di Tokopedia dapet cashback, pakai Shopback makin banyak cashbacknya ya mba?

    ReplyDelete
  16. Ada istilah baru lagi..Digital Skill.
    Dan jadi paham sekarang kalau menguasai digital skills, maka benefitsnya menghemat waktu, menghemat biaya, selalu update info, dan bisa belajar lebih cepat.

    ReplyDelete
  17. Iya banget, sekarang ini ibu-ibu juga kudu cakap digital ya. Jangan gaptek. Sebab selain untuk bisa mengimbangi anak-anak yang makin canggih digital, juga untuk nambah skill dan kemampuan ibu-ibu itu sendiri. Mana bisa nambah penghasilan pula.

    ReplyDelete
  18. Semuanya sekarang serba digital ya mba. Memang harus menguasai kemampuan digital untuk memudahkan berbagai aktivitas sekaligus memperoleh pendapatan deh. H

    ReplyDelete
  19. Digital Skill zaman sekarang harus beneran dipraktekkan yah dan dipelajari soalnya banyak sekali keuntung dengan belajar banyak skill, terutama untuk para ibu rumah tangga yah.

    ReplyDelete
  20. aku sedih di sini ibu2nya kurang manfaatin teknologi banget
    padahal selain selfie2 mereka bisa gitu sambil cari uang huhuu
    lumayan banget digital skill jaman sekarang buat aku kerasa banget manfaatnya

    ReplyDelete
  21. Sekarang digital skill kalau enggak ada tuh rasanya seperti nggak "laku" aja
    Jadinya pengen terus update informasi

    ReplyDelete
  22. Uhh, zaman sekrang rasanya kalo gak punya digital skills susah pastinya. Apalagi semenjak pandemi semua serba digital, kalo gak mau belajar dan meningkatkan skill digital pasti susah.

    ReplyDelete
  23. setuju banget, walaupun hanya ibu rumah tangga, tapi gaboleh sampe ketinggalan buat terus mengembangkan skill dan kompetensi ya maaaak.. Semangat ibu rumah tangga!

    ReplyDelete

Untuk saat ini kotak komentar saya moderasi karena banyaknya komen spam yang masuk. Silakan tinggalkan komentar ya. Komentar Anda akan sangat berarti bagi saya tapi jangan tinggalkan link hidup. Oya, komentar yang kasar dan spam akan saya hapus ya ^__^