Cara Mencairkan Daging Beku dengan Cepat dan Higienis

Cara Mencairkan Daging Beku dengan Cepat dan Higienis – Dalam waktu lama, jelas daging yang dimasukkan ke dalam freezer akan mengeras atau membeku. Tentu saja, ini menyulitkan saat hendak memasaknya.

Makanya ketika ada jatah daging, saya menunggu perasaan sedang sreg betul baru mau mengolah daging menjadi lauk yang siap disantap - biasanya sih sate tanpa tusuk tanpa bakar. Eh itu mah bukan sate 😆. Tentu saja sebelumnya saya harus mencai cara cepat mencairkan daging beku. Hanya saja, dari cara-cara itu, belum tahu apakah aman atau tidak.

Mencairkan daging beku tentu harus higienis agar dagingnya tetap segar dan terhindar dari berbagai kuman atau bakteri yang mungkin saja bercampur saat mencairkannya. Apalagi jika saat daging sudah dikeluarkan dari lemari pendingin dan terkontaminasi dengan udara diluar ruangan, sangat memungkinkan bakteri menempel pada permukaannya.


Cara mencairkan daging beku

By the way,
sebenarnya sederhana saja, ada beberapa langkah atau tips yang tepat untuk mencairkan daging yang sudah membeku secara cepat dan tentunya higienis. Adapun langkahnya sebagaimana yang akan diungkap berikut ini :

1. Keluarkan Daging dari Freezer

Pertama-tama, kita harus mengeluarkan daging dulu dari freezer dan diamkan sejenak beberapa menit. Kita bisa memasukkannya ke dalam baskom atau wadah besar. Diamkan sesaat terlebih dahulu sampai suhu dingin daging yang baru keluar dari lemari es itu berkurang.

Harap diingat untuk tidak membuka bungkusnya dulu, ya. Cara ini dilakukan untuk menstabilkan suhu dari yang sangat dingin di freezer ke suhu luar ruangan agar nantinya daging tidak mengalami dampak dari perubahan suhu.

2. Rendam dalam Air Hangat Kuku

Setelah dirasa sudah cukup, kita perlu merendam bungkusan daging beku tersebut ke dalam air hangat kuku selama kurang lebih 30 menit. Kita bisa meletakkannya di dalam baskom. Selain air hangat kuku, bisa juga menggunakan air biasa, ya. Hanya saja, yang terpenting jangan sampai plastik pembungkusnya terbuka dan hindari menggunakan air panas karena bisa merusak tekstur pada daging.

Suka membaca info tentang game, CPNS dan pengetahuan umum kunjungi: semuatahu.web.id

3. Alirkan dengan Air Bersih

Setelah dirasa sudah cukup, segera kamu taruh baskom dan daging yang terendam air hangat kuku tadi di bawah wastafel atau kran. Hidupkan kran dan pastikan air mengalir perlahan pada bungkusan daging dan baskom. Cara ini ditujukan untuk mempercepat proses pencairan daging dengan cara yang tentunya higienis mengingat bisa meminimalisir perkembangan bakteri yang muncul saat daging yang membeku tersebut mulai mencair.

4. Buka Pembungkus secara Perlahan

Kemudian, saat kondisi daging sudah mulai terasa melunak, waktunya untuk membuka plastik pembungkusnya. Akan tetapi, sebaiknya saat membuka plastik, disarankan jangan menggunakan kuku atau benda tajam. Karena, dikhawatirkan akan merusak tekstur daging dan bahkan tak menutup kemungkinan ada bakteri dari luar (kuku atau pisau) yang masuk ke dalam daging. Nah, saat akan membuka plastik, usahakan sudah cuci tangan dengan sabun terlebih dahulu untuk mencegah adanya bakteri.


Cara mencairkan daging

5. Cuci Daging dengan Air Mengalir

Selanjutnya, hal yang perlu kamu lakukan adalah setelah membuka pembungkusnya, segera cuci daging dengan air yang mengalir. Cara ini sebaiknya dilakukan dengan segera agar nantinya daging tidak terkontaminasi dengan udara mengingat akan banyak bakteri yang menempel pada daging. Sehingga, bakteri pun bisa diminimalisir.

Setelah beberapa langkah mencairkan daging yang beku di atas telah kita lakukan, selanjutnya kita bisa mulai mengiris dagingnya.

Oya, perlu diingat ketika mencuci daging, biasanya masih ada beberapa bagian daging yang terasa sedikit keras karena suhunya belum kembali sepenuhnya ke suhu ruang. Nah, pada bagian ini, disarankan untuk mengaliri air sembari memijat-mijat bagian daging tersebut agar secara perlahan menjadi lebih lunak hingga bisa diolah.

Mudah ya, sebenarnya asalkan kita sabar dalam proses mempersiapkan dagingnya. Kesalah saya dulu-dulu itu adalah saya tak sabar jadi membuka pembungkusnya lalu merendam dagingnya dengan air panas, kalau perlu dengan air mendidih. Alhasil teksturnya berantakan deh. Pengen makan daging dengan cepat tapi ngasal mengolahnya hehe.

Bagi kalian yang masih punya daging untuk dimasak, selamat mengolah daging dengan sabar, kesalahan yang pernah saya lakukan jangan ditiru.

Makassar, 27 Juli 2021



Share :

12 Komentar di "Cara Mencairkan Daging Beku dengan Cepat dan Higienis"

  1. Jadi ingat penjelasan kepala BPOM Makassar pekan lalu waktu ikut webinar. Soal mencairkan bahan makanan beku juga ada juga dijelaskan, bahwa paling aman mencairkan bahan makanan beku adalah menurunkan atau memindahkan bahan makanan yang mau dicairkan ke bagian kulkas lain atau chiller dan tetap dalam keadaan tertutup.
    Hanya ini lumayan lama menunggunya.
    Minimal satu malam.

    ReplyDelete
  2. Aku juga begitu kok mba. Dan memang agak lama jadinya. Tapi aku pernah baca tuh ada alat utk defrost daging lebih cepet. Cukup ditaro di atasnya, ntr daging bakal lebih cepet kembali ke suhu ruangan. Pengen beli, jadi menghemat waktu.

    Memang tricky yaa kalo udh masalah daging. Tapi mau ga mau harus hati2 utk urusan mengolahnya. Terlebih ayam yg ga bisa lama di suhu ruang.

    ReplyDelete
  3. Cara yang dilakukan persis sekali dengan apa yang dilakukan oleh ibu saya, benar-benar kudu sabar untuk mencairkan daging agar tekstur pas dan nggak rusak. Soalnya, pasti ngaruh sekali ke rasa nanti :D

    ReplyDelete
  4. Waduh telat nih saya baru baca tips ini, saking takut banyak nyetok daging malah dibagi ke orang disekitarnya dan baru tau cara-cara yang tepat untuk mencairkan daging beku tanpa harus menunggu lama karena kemarinan itu harus menunggu hampir seharian biar cair. huhuhuhu keburu gak mood emang buat masak. Next saya bakal ikutin tips ini untuk mengolah daging dengan baik.

    ReplyDelete
  5. wah rekomended banget sarannya jadi lebih higienis dan bisa jaga kualitas dagingnya juga ya ... kalau aku juga begitu sistemnya masih manual .. keluar frezer tak taruh gitu aja di luar.

    ReplyDelete
  6. Makasih mbak tipsnya. Aku biasanya sih keluarin dari freezer dan didiamkan di air hangat saja. Kalau inget, sehari sebelumnya udah masuk ke kulkas bagian bawah, ke chiller hehehe.

    ReplyDelete
  7. Proses maaak daging itu emang butuh waktu lama ya utk dpetin hasil masakan yg empuk, jadi dari malem harinya dah ku turunin dari FREEZER jdi paginya dah normal

    ReplyDelete
  8. Akupun sll begitu mbak samaan kirain ada cara lain yg lbh cepet lagi hehe

    ReplyDelete
  9. Kemarin dapat banyak daging endingnya beku semua. Pas udah lihat beku malah males masaknya, hehe.

    ReplyDelete
  10. Aku pernah salah treatment sama daging, kak..
    Dan kahirnya pada memar-memar ((jadi dagingnya ada spot biru dan hijau gitu..))
    Setelah itu, aku selalu googling dulu treatment untuk daging ini. Panduan banget yang ditulis kak Niar, agar aku bisa lebih teliti dalam memasak daging yang dibekukan terlebih dahulu begini..

    ReplyDelete
  11. Dengan air hangat kuku tentu lebih cepat dong ya daripada air biasa. Tentu harus nyiapin airnya dulu. Di kulkas masih ada daging beku, belum tahu mau diapain, kebetulan Nemu artikel ini. Bisa dipraktekkan kalo mau masak nanti.

    ReplyDelete

Untuk saat ini kotak komentar saya moderasi karena banyaknya komen spam yang masuk. Silakan tinggalkan komentar ya. Komentar Anda akan sangat berarti bagi saya tapi jangan tinggalkan link hidup. Oya, komentar yang kasar dan spam akan saya hapus ya ^__^