Drama Ojek Online: Merchant yang Bertingkah

Merchant yang bertingkah baru kali ini saya alami sepanjang sejarah menggunakan fitur pemesanan makanan dalam aplikasi ojek online padahal saya memilih gerai itu karena sudah pernah memesan di sana dan hubungan kami baik-baik saja. Tak pernah menyangka mendapatkan drama ojek online seperti ini.

Pertama kali memesan di gerai itu – sebut saja namanya Warung M, saya dapat diskon besar akibat berlangsungnya beberapa promo sekaligus. Cita rasa dari makanan-makanannya pun enak maka dari itu saya mau  memesannya  lagi.

Drama ojek online

Pesanan saya dengan cepat dikonfirmasi oleh Warung M. Awalnya saya pikir ini kelanjutan yang bagus. Pertanda bagus. Apalagi driver terdekat juga dengan cepat mengonfirmasi akan menindaklanjuti pesanan saya. Tinggal duduk manis dan menunggu pesanan datang. Biasanya paling lambat lima belas menit sudah diantar ke rumah kami.

Pada dasarnya saya cukup sabar dengan waktu antar, juga waktu jemput pengemudi terkecuali kalau sudah kelewatan lamanya. Sore itu saya menunggu cukup lama … setengah jam berlalu. Menuju 60 menit, saya mengirim pesan kepada pengemudi, “Belum selesai? Oh, di jalan maki’?”

Saya pikir masih bersabar asalkan ada kejelasan, sudah sampai di mana orderan saya diproses. Satu jam pun tak mengapa asalkan memang tiba dengan selamat sentosa.

Tabe’, bermasalah ki ini restonya. Tidak bisa na layani ka’. Tidak na-buatkan ki. Karena itu pin resto-nya tidak na kasihkan ka’,” konfirmasi babang ojol bernada curhat menjawab pertanyaan saya.

“Apa na bilang?” saya balik bertanya. Jelas ada yang tidak beres ini. Pengendara protes. Apa yang sebenarnya terjadi?

Tak berapa lama kemudian, pertanyaan saya berbalas dering telepon dari si babang ojol. Dia mengatakan bahwa smartphone dari warung yang terhubung ke aplikasi khusus merchant dibawa pergi oleh seseorang dan seseorang itu tidak bisa dihubungi.

“Barusannya saya dapat resto begini, Bu. Sudah satu jam mi ini, harusnya saya bisa dapat berapa orderan,” ungkap driver. Dia meminta saya membatalkan pesanan saja sebab kalau tak ada nomor pin, dia tak bisa menyelesaikan orderan. Saya berjanji akan mencoba menghubungi pihak penyedia ojol.

Sebenarnya saya kebingungan juga bagaimana membatalkan pesanan karena setahu saya, pesanan yang sudah dikonfirmasi oleh merchant dan pengemudi, tak bisa lagi dibatalkan oleh pemesan karena sudah fix pesanan akan dikerjakan.

Kali ini posisi kami berdua sama: sama-sama di-PHP oleh pihak merchant! Tak bisa dibiarkan!

Saya mengecek aplikasi, mencari nomor HP Warung M. Apesnya, nomor yang tertera tidak aktif. Waduh! Saya mencoba mencari cara membatalkan tapi tidak ada tombol CANCEL. Mungkin tombol NEED HELP bisa difungsikan tapi saya masih ragu menggunakannya.


Drama ojek online

Kemudian terpikir kemungkinan pemecahan masalah ini melalui akun Twitter resmi penyedia ojol. Biasanya akun Twitternya aktif, barangkali saja komplain terhadap gerai dan membatalkan pesanan bisa dilakukan melalui akun Twitter. Ruwet juga kalau tidak karena saldo epayment saya bakal terpotong sia-sia. 😑😑

Saya sudah pernah melakukan komplain via Twitter untuk sebuah layanan telekomunikasi. Sepengalaman saya, jalur Twitter ampuh mendatangkan solusi cepat.

Saya coba menggunakan cara yang sama, yaitu dengan menyapa admin media sosial melalui cuitan, tentunya mention akun yang bersangkutan. Setelah itu admin meminta untuk berkomunikasi melalui direct message (pesan pribadi). Pengajuan komplain pun berlanjut via pesan pribadi.

Sembari menunggu jawaban, saya mencoba mengutak-atik tombol NEED HELP dalam aplikasi. Rupanya, di dalamnya ada pilihan membatalkan pesanan beserta alasannya. Sayangnya tidak ada pilihan untuk “alasan merchant tidak merespon” tapi saya bisa menggunakan opsi lain yang menunjukkan alasan saya tak tersedia dalam daftar.

Alhamdulillah saya bisa membatalkan pesanan dengan cara ini. Berarti penyedia jasa ojol sudah siap dengan kemungkinan pesanan selesai dalam waktu yang tidak masuk akal sehingga membuat pemesan jengkel dan membatalkan pesanannya. Really appreciate.

Pihak penyedia aplikasi pasti bisa melacak rekam jejak saya dan pengemudi yang telah menunggu selama satu jam sejak pihak Warung M mengonfirmasi mengerjakan orderan saya. Dengan berat hati, kejadian hari itu saya laporkan kepada penyedia ojol.

Hari sudah gelap, sudah menjelang waktu isya ketika melalui DM Twitter saya minta penyedia layanan ojek daring untuk menegur merchant-nya. Biasanya saya tak melakukannya tapi kali ini pihak gerai sudah merugikan pengemudi ojol.

Kasihan kan, pesanan saya tak jadi dia antarkan karena tak dapat pin, tak jelas pesanan mau diselesaikan atau tidak, lalu waktu menunggu selama satu jam terbuang begitu saja padahal bisa digunakan untuk menyelesaikan 3 – 4 orderan.

Tak lupa saya sampaikan apresiasi pada perusahaan penyelenggara ojek daring dengan membuat satu tweet dan menyampaikannya sekali lagi dalam pesan pribadi.

Semoga kasus ini bisa menjadi pelajaran penting supaya merchant lebih berhati-hati lagi sehingga tidak “menggantung” pembeli dan driver sampai satu jam lamanya.

Makassar, 1 Februari 2021

 Catatan:

Tulisan ini merupakan tulisan tentang drama ojek online kesekian. Untuk membaca tulisan-tulisan lain, ketikkan "drama ojek online" pada kotak pencarian blog ini.

 



Share :

25 Komentar di "Drama Ojek Online: Merchant yang Bertingkah"

  1. Duh, ngeselin bangeettt kalo ketemu merchant kayak gini ya mbaa
    Lapori aja ke perusahaan ojek online-nya.
    supaya bisa di-screening dgn lebih ketat utk pendaftaran dan approval merchant

    ReplyDelete
  2. pasti rasanya kesel banget deh kalo nemuin merchant yang bikin sumbu pendek gini, bawaannya esmosiiiii deh

    ReplyDelete
  3. Semoga dengan kejadian ini, si merchant jadi sadar bahwa dia telah merugikan beberapa pihak. Harus jelas ya kalau sudah mengonfirmasi pesanan, ya harus segera dibuatkan. Masak pake urusan kasih pin segala macam ya mba, aneh banget.

    ReplyDelete
  4. Wah, adaaaa aja ya merchant yang nakal begini. Untuk oreder gara2 ga ada pin ya susah. Lama banget 1 jam mah mbak hihihi. Untung bisa komplen lewat socmed ya dengan mention2 nama akunnya. Semoga ha ini ga terulang lagi :) TFS.

    ReplyDelete
  5. Waduuh, baru aku tahu sepengalamanku belom pernah sih, tapi makasih jadi lebih hati2 lagi ya, merchant jangan nakal atulah, kasian yang mesennya.
    Nah setuju banget kalo komplen di TWitter lebih grecep.
    Aku suka lewat DM, seperti kasus kemaren yang ekspedisi, langsung ditanggapi.

    ReplyDelete
  6. Ada-ada aja drama pemesanan lewat ojek online, apalagi ini merchantnya yang nakal juga ya mbak. Alhamdulillah selalu pesan makanan belum ada yang nakal gini, tapi emang harus dilaporkan agar mereka kapok.

    ReplyDelete
  7. Kak Niar, sebetulnya yang paling naas itu driver ojeknya, karena waktu beliau terhambat akibat nyantol di satu merchant saja.

    Saya jelas akan beri bintang satu bagi sang merchant kalau sampai ada kejadian macam begini.

    ReplyDelete
  8. Duh greget ih bacanya soalnya emang jadi yg ke php ojol sama kitanya ya Mak... Kezel kan. Bbrp kali aku juga malah yg bermasalah itu sama merchant nya.. Klo drama sama babang ojol jarang banget kecuali pas ujan, krn lama ga dpt driver hape tak tinggal kan ya, mikirnya dahlah paling juga ga dpt driver, dua jam kemudian ada babang ojol dong ketuk2 pager mau antar makanan

    ReplyDelete
  9. Yah pihak merchant kok gitu ya. Dan kenapa atuh ponsel untuk terima order dibawa-bawa, kan stafnya tak bisa terima order ya. Mungkin setelah diskon gede-gedean bandar rugi, Niar. jadi gak terima orderan lagi alias tutup restonya tapi dia lupa lapor ke Ojol Online :)

    ReplyDelete
  10. Iya kak parahnya kalau sudah order nggak ada opsi batal ya karena dibilang sudah masuk ke pesanan restonya...kesal banget apa alasannya ya nggak melayani kak..

    ReplyDelete
  11. Untung akhirnya bisa dicancel ya, kalau tidak bisa, gimana jadinya? Ini merugikan pembeli yang pesan makanan dan juga abang ojolnya. Semoga gak ada kejadian seperti ini lagi, memang harus ditegur tuh merchant nya.

    ReplyDelete
  12. duhh lewat 30 menit aja suka kesel. ini sampe 1 jam huaa... untung bisa dibatalin ya kak. mestinya merchant jg bertindak cepat biar cust n babang ojol ga nunggu lama

    ReplyDelete
  13. Ya ampun, saya aja bacanya ikut kesal... Enggak profesional banget ya merchantnya...

    ReplyDelete
  14. Waduh, sayang sekali ya Kak. Padahal zaman lagi susah ini dia dapat order. malah tidak amanah. Semoga tidak kejadian lagi di merchant2 lainnya

    ReplyDelete
  15. Aduuh, sebagai konsumen pastinya kesal sekali apabila makanan yang dipesan gak datang-datang. Ternyata merchant-nya memang gak baik pelayanannya ya. Keputusan Mbak Niar untuk komplen ke penyedia ojek online sudah tepat. Saya pun akan melakukan hal yang sama

    ReplyDelete
  16. Suka sebel ya kalau dpt merchant kek gitu. Kasian babang gojeknya. Kalau lapor ke twitter memang cepat kok grab. Apalagi kalau di mention di tweet.

    ReplyDelete
  17. Duh, beneran kak Niar di PHPin deeh..
    Ini kesalahan sistem atau gimana, kak?
    Aku jadi ikutan kezel bacanya...tanpa kepastian soalnya.

    ReplyDelete
  18. Aku pernah sih drama ojek online juga tapi karena hujan deras dan signal lost. Eh ojop malah terima pesanan lainnya. Kita udah kelaparan nunggu jawabnya sebentar melulu. Hihihi, kalo mna Niar malah dobel yang dirugikan ya karena Abang ojol juga rugi gak dapat orderan lain

    ReplyDelete
  19. Sabar banget mak, nunggu mpe satu jam? Aku pernah sih drama kayak gitu, tapi akhirnya pesanannya dateng juga setelah lebih dari 2 jam. Mana udah malem pula. Kesian drivernya. itu merchant lsg kukasi bintang satu trus tulis komplain.

    ReplyDelete
  20. Ya ampun parah banget ini merchantnya maaaak.. Kasian abang gojeknya juga yaaaa.. Abangnya juga sabar banget pula nungguin sejam di restonya. Huhu. Mesti dikasi sangsi tegas nih buat merchant kaya gini

    ReplyDelete
  21. wah itu bahasa makasar ya kak niar, baru tahu bahasanya seperti itu. yup, kalau ada merchant yang bertingkah dan bikin sebel mending dilaporkan ya mbak. aku juga sering begitu, biar kedepan mereka bisa lebih baik

    ReplyDelete
  22. Duh itu kenapa bisa gitu ya mba? Klo drama ojek online cukup.banyak juga aku alami, tapi semua itu dari driver yang ajaib banget sampai ada yang ngancam-nganvam tapi akhirnya justru itu driver ketakutan minta maaf.

    ReplyDelete
  23. Iya kak Niar, sering jg ketemu merchant yg begini. Babang ojolnya jg sabar banget, semoga bernilai pahala utk babangnya. Aamiin.

    ReplyDelete
  24. sering banget kayak gini yang penting dapat orderan padahal ga dilakuin dan rugiin ojolnya huhuhu
    moga kita bukan orang zolim ya mak giniin orang huhu

    ReplyDelete
  25. Waaah ada2 aja yaaa mba. Aku kalo dipikir2 blm prnh ngalamin kejadian begini, yg sampe driver digantung lama. Setidaknya ntr jd tahu solusinya gimana kalo sampe ngalamin.

    Aku pernah nya pas pesen jus di Yogya, trus udh dpt driver. Tapi pas aku cek pesananku dicancel Ama merchant. Ternyata mereka udh tutup, tp lupa update di sistem gofood. Aku kasian Ama drivernya. Bukan masalah ga jd minum jus. Driver udh sampe sana, tp malah tutup. Walopun akhirnya minta maaf, tapi ya sudahlaah. Bukan rezeki si driver utk dpt pesanan :(

    ReplyDelete

Untuk saat ini kotak komentar saya moderasi karena banyaknya komen spam yang masuk. Silakan tinggalkan komentar ya. Komentar Anda akan sangat berarti bagi saya tapi jangan tinggalkan link hidup. Oya, komentar yang kasar dan spam akan saya hapus ya ^__^