Daftar Film Kartun Terbaik Ini Bikin Ingat Masa Kecil

Daftar Film Kartun Terbaik Ini Bikin Ingat Masa Kecil Sejak jaman old, ketika televisi bentuknya masih seperti pakai konde, film kartun sudah menjadi tayangan yang paling digemari oleh anak-anak. Pada sore hari, usai mandi anak-anak di masa itu menunggu tayangnya film kartun di TVRI – satu-satunya stasiun TV yang ada saat itu.

Mau tahu film-filmnya apa saja? Di antaranya Ini: Flash Gordon, Scooby-Doo, The Flintstones, dan Tom and Jerry. Tiga film terakhir masih dikenali oleh anak generasi Y dan Z. Sampai sekarang dan mungkin sampai nanti, film kartun masih tetap menarik untuk ditonton meskipun sudah ada jenis film animasi yang canggih teknologi pembuatannya.

Beberapa film kartun ini muncul ketika saya sudah masuk usia dewasa: Dragon Ball, Doraemon, Ninja Hatori dan masih banyak lagi. Lalu seiring berjalannya waktu banyak judul yang menemani hari-hari anak-anak, termasuk anak-anak saya.


Film Kartun Terbaik
Sumber Pixabay.


5 Film Kartun Terbaik Sepanjang Masa

 

Nah, kalau boleh (sok) menyimpulkan, ada banyak judul film kartun dan animasi yang tayang di televisi juga bioskop yang kemudian menjadi favorit banyak anak hingga saat ini. Hadirnya film tersebut dulu mampu mengisi hari-hari masa kecil kaum milenial dan generasi Z saat ini.

Ini dia daftar film kartun terbaik sepanjang masa yang saya maksud itu:

 

1. Doraemon

 

Judul film buatan Jepang ini sangat layak masuk dalam kategori film animasi atau kartun terbaik sepanjang masa. Hal ini dikarenakan banyak anak kecil lintas generasi yang tahu akan serial ini, bahkan sangat hafal dengan karakter para pemainnya.

Sejak tahun 1990-an, zaman saya SMA hingga saat ini, Dora Emon mampu merebut perhatian anak-anak. Sekarang pun, kalau melihat anak-anak saya nonton film kartun Dora Emon, saya masih suka ikut nonton bersama mereka.

Setiap episode Doraemon mengajak anak-anak untuk berimajinasi dengan kantong ajaib yang dimiliki oleh Doraemon. Seperti yang diketahui jika kantong ajaib Doraemon bisa mengeluarkan berbagai alat yang canggih dan bisa mengabulkan semua permintaan dari Nobita.

Absurd sih ya ... tapi sebagai orang dewasa, saya masih bisa menikmatinya. Namanya juga imajinasi. 😅


Film Kartun Terbaik
Sumber rcti.tv.

2. Frozen

 

Sejak kemunculannya, film ini telah menjadi dambaan anak-anak perempuan, termasuk putri saya. Saat kemunculannya banyak anak di seluruh dunia yang demam dengan karakter princess Elsa dan princess Anna. Bukan tanpa alasan karena karakter tersebut dianggap menawan dan mudah diingat oleh anak-anak. Dan terlihat cantik di mata anak-anak.

Film ini bercerita mengenai kisah ada dua bersaudara putri kerajaan yang bernama princess Elsa dan princess Anna. Di mana princes Anna memiliki kekuatan untuk mengubah sesuatu menjadi es.

Ketika kedua princess tersebut bermain salju, kekuatan yang dimiliki princess Elsa tidak sengaja mengenai adiknya hingga membuatnya tidak sadarkan diri. Lantas princess Elsa memutuskan pergi dari kerajaan untuk mengasingkan diri.

 

3. Incredibles 2

 

Salah satu film kartun terbaik ini menceritakan tentang kisah keluarga superhero dalam melawan musuh. Cerita dari film ini lebih fokus pada pasangan superhero yang bernama Mr. Incredible dan Elastigirl.

Film satu ini sangat cocok ditonton oleh anak-anak karena memiliki cerita yang sangat bagus. Bahkan durasinya juga tidak lama yaitu 1 jam 58 menit saja. Kualitas gambar yang dimiliki juga sangat berkualitas dan wajib untuk ditonton.

 

4. Finding Nemo

 

Film satu ini tayang pada tahun 2003 dan menceritakan tentang perjalanan Marlin. Marlin merupakan seekor ikan yang berjalan melintasi samudera dengan tujuan untuk menemukan anak satu-satunya yang bernama Nemo. Namun, dalam perjalanan tersebut Marlin bertemu dengan Dory.

Keduanya kemudian harus menghadapi banyak tantangan dan juga kejadian unik yang membuat petualang menjadi lebih seru. Kemunculan film ini diterima sangat baik oleh masyarakat sehingga memperoleh kesuksesan yang luar biasa di box office.

Tidak hanya itu saja film ini juga berhasil meraih pendapatan hingga US$940 juta. Selain itu, Finding Nemo juga mendapatkan banyak penghargaan bergengsi.

 

Film Kartun Terbaik
Sumber gambar Disneyplus.com.

5. Inside Out

 

Film berjudul Inside Out bercerita tentang sisi psikologis manusia yang benar adanya. Lebih tepatnya menceritakan tentang seorang gadis remaja yang memiliki emosi tidak stabil. Di mana gadis tersebut bersama orang tuanya harus berpindah kota sehingga membuatnya harus beradaptasi dengan lingkungan baru.

Penulis naskah film Inside Out menjadi pencerita yang otentik karena saat membuat cerita dia banyak berkonsultasi dengan psikolog. Tidak heran jika ceritanya sangat menguras emosi dan perasaan. Film ini memiliki durasi selama 1 jam 42 menit dan mampu memikat banyak anak..

💙💚💜

Itulah 5 daftar film kartun terbaik sepanjang masa yang bisa membuat banyak di antara kalian ingat masa kecil. Jika ingin flashback tidak ada salahnya untuk nonton kembali film-film tersebut. Oya, punya film kartun lain yang menurutmu menarik tapi tak saya tuliskan di sini? Share yuk sekalian nostalgia dalam rangka merawat ingatan sejarah kita.

 

Makassar 26 Agustus 2020



Share :

23 Komentar di "Daftar Film Kartun Terbaik Ini Bikin Ingat Masa Kecil"

  1. Doraemon Filem kartun kesukaan saya dulu.. Sekarang malah kesukaan anak saya ...

    ReplyDelete
  2. doraemon dan finding nemo paling membekas sepertinya buat saya ya, tiap pagi akhir pekan akan selalu siap depan tv buat nonton kartun ini,

    ReplyDelete
  3. Semua kartun itu aku udah nonton dong kak hahaha emang demen banget sih akutu nonton kartun ya gimana yah, seru aja ga perlu mikir gimana gimana banget. Duh jadi pengen nonton lagi nih

    ReplyDelete
  4. cuma satu yang saya nggak pernah nonton, inside out itu film apa ya hahahaa kalau sisanya saya suka, terutama doraemon :)

    ReplyDelete
  5. Hahhaaaa..Mak ko tontotannya masa kecil sama sih, Flash Gordon, The Flinstones, scoobydoo wakakkaka.
    Aku masih cinta dan suka nonton film kartun versi terbaik ini. Plus ketambahin Donal Bebek dan Micky Mouse hahhaa...

    ReplyDelete
  6. Tom dan Jerry paling sering nongol di televisi waktu saya kecil. Juga Scooby Doo. Keduanya membekas banget.

    Sekarang ada Upin dan Ipin yang jadi favorit saya.
    Palung suka Doraemon juga. Tapi saya lebih suka kartun yang ada teksnya. Seperti Boboiboy, he he. Bikin ngakak.

    ReplyDelete
  7. Sekarang yang lagi agak ngetop itu upin dan ipin ya.. kaalu ingat itu jadi ingat si Unyil dulu.. bukan kartun sih, tapi film anak anak buatan lokal yang cukup menarik.. kalau nggak salah sekarang ada juga yang kayak upin ipin tapi versi lokal dan 3d. lupa namanya

    ReplyDelete
  8. Dari 5 film kartun terbaik yang disebutkan di atas, hanya satu yang saya tidak ingat, yaitu Inside Out. Sedangkan 4 film kartun yang lain merupakan film favorit saya juga.

    ReplyDelete
  9. Doraemon yg legend, sejak saya kecil udah ada tu pelem... Selain itu nontonnya dulu juga si unyil hehehe

    ReplyDelete
  10. Frozen dan Finding Nemo favoritkuuuu. Kalau kartun masa kecil, Doraemon. Saking sukanya sampai punya boneka Doraemon. Trus bisa niruin suaranya: "Baling-baling bambuuuu!"

    ReplyDelete
  11. Finding Nemo aku tonton dari sebelum nikah sampai udah punya anak nih mbak, bahkan sempat nonton di bisokop lagi sama anak-anak. Umurnya udah lama juga ya sama seperti Doraemon dari jaman aku SD udah ada

    ReplyDelete
  12. Empat film yang pertama tahu tapi yang kelima saya belum sempat tahu nih. Sepertinya baru mendengar film Inside Out ini...

    ReplyDelete
  13. Dari daftar di atas, satu-satunya yang belum pernah saya tonton ya Frozen itu. Wkwkwkw. Makanya ndak pernah nyambung kalau dengar ceritanya Rani. Soalnya Rani sudah nonton. Frozen 1 dia tonton bareng papanya, terus Frozen 2 bareng uaknya. Duh..mon maaf nak, mama ga suka film peputrian wkwkwk

    ReplyDelete
  14. Wah Doraemon ini melegenda banget hehe dari jaman aku TK kayaknya udah ada Doraemon tapi sayang sekarang ga ada lagi ya di TV

    ReplyDelete
  15. Wah, ini sih memang kartun favorit kita semua ya. Suka deh semuanya. Dan Inside Out ini yang paling sering diulang-ulang nonton di rumah. Anak-anakku suka. Kalo Doraemon, aku yang paling suka. Walopun cerita nya seperti itu terus, aku sukanya karena teringat memori masa kecil. Berasa nostalgia deh nonton Doraemon itu. :D

    ReplyDelete
  16. iya setujuu.. anak anakku udah nonton semua film itu mnak.. finding nemo apamagi sukaa bangett

    ReplyDelete
  17. Doraemon sih ya emang tak lekang dimakan zaman, dari masih anak-anak sampe punya anak masih asik nonton doraemon ini

    ReplyDelete
  18. Favoritku malah Sing sama Choco hehehe
    Kalau di daftar yang sering ditonton anak-anak adalah finding nemo

    ReplyDelete
  19. ah Doraemon selalu melekat di hati sampai bulan lalu sedih banget pas dapat kabar pengisi suaranya meninggal dunia T.T

    ReplyDelete
  20. Dari kelima film di atas, yang belum kutonton yang Inside Out mba. Penasaran pengin tau kayak apa sih filmnya.

    Eh, Mba Niar paham Flash Gordon juga yaaa... kebetulan beberapa hari kemarin baru aja bahas film ini dengan suami. Mengingat-ingat masa kejayaan Kaisar Ming, lawannya si Flash Gordon. :)

    ReplyDelete
  21. Doraemon emang timeless ya, hehe. Trus yg paling fave juga adl Finding Nemo, hikmahnya banyak, dan sering kucuplik buat training beberapa mbak 😁

    ReplyDelete
  22. Ada film kartun yang judulnya Lorax, kak Niar.
    Bagus deeh...anak-anakku suka banget (pas dulu zaman kecil). Kalau sekarang, kaka suka Detektif Peet, adiknya suka Shopkins.
    Hhahaa~

    Ajaib yaa, kak Niar...dunia anak.

    ReplyDelete
  23. Favorit aku tetap doraemon sih dari dulu sampai skrg suka banget

    ReplyDelete

Untuk saat ini kotak komentar saya moderasi karena banyaknya komen spam yang masuk. Silakan tinggalkan komentar ya. Komentar Anda akan sangat berarti bagi saya tapi jangan tinggalkan link hidup. Oya, komentar yang kasar dan spam akan saya hapus ya ^__^