Memori Cakalang Fufu dan Pesona Manado

Mendapati kabar hari ini bahwa di Manado sudah ada satu pasien terinfeksi COVID-19, saya ikut ketar-ketir juga. Ini berarti potensi penyebaran virus Corona tipe baru ini sudah semakin luas mengingat Sulawesi Utara merupakan salah satu provinsi yang terletak paling utara dalam negara kesatuan RI.

Wilayah perairan Sulawesi Utara berbatasan dengan wilayah perairan dua negara tetangga: Filipina dan Malaysia, menjadi salah satu provinsi dalam batas terluar Indonesia.

Provinsi ini dulu akrab di telinga, cukup lama menjadi bagian dari keluarga saya. Ibu saya berasal dari Gorontalo yang mana dulu merupakan kabupaten yang tergabung dengan Sulawesi Utara sebelum berdiri sendiri sebagai provinsi Gorontalo pada tahun 2000.

Danau Tondano. Foto: Ndy, ndypada.com

Keluarga dekat dari ibu saya banyak yang bermukim di ibu kota provinsi Sulawesi Utara yang juga dijuluki “kota tinutuan” ini. Salah seorang kerabat pernah mengirimkan ikan cakalang fufu asap kepada kami. Kalian pernah mencicipi ikan yang diasapi andalan dari Manado ini?

Rasanya lezat jika dimasak dengan santan. Eh bisa dengan cara lain sih, saya saja yang tahunya hanya cara masak dengan santan. Kata seorang teman saya, ikan cakalang fufu asap bisa juga ditumis bumbu rica. Aish menyesal juga tidak mencoba bumbu rica ini padahal saya penggemar masakan pedas.

Sewaktu dapat kiriman ikan cakalang fufu itu, saya memasaknya dengan santaaaan terus sampai persediaan ikan cakalang di kulkas habis. Info bahwa cakalang fufu asap bisa dimasak dengan cara tumis bumbu rica ini baru saya ketahui bertahun-tahun setelah puas makan cakalang fufu masak santan.

Cakalang fufu. Foto: Tribunnews.com.

Kapan lagi ya bisa makan cakalang fufu asap? Mungkin harus ke Manado untuk mendapatkannya sebab kerabat yang mengirimkan ikan cakalang fufu dulu itu sudah pindah ke Gorontalo.

Jadi ingat postingan Ndy Pada di blognya Desember tahun 2018 lalu ketika dia melakukan perjalanan dinas ke Manado dan sempat menyambangi tempat-tempat wisata di sana. Ada 7 tempat wisata yang direkomendasikan oleh Ndy, tiga di antaranya adalah:

Danau Linouw

Danau yang merupakan danau vulkanik ini terletak di Kota Tomohon. Berjarak sekira 30 kilometer dari Kota Manado. Hanya butuh waktu sekitar satu setengah jam perjalanan saja dari Kota Manado untuk mencapainya. Salah satu yang khas di danau ini adalah aroma sulfur/belerangnya.

Danau Linouw. Foto: Ndy, ndypada.com

Keunikan lainnya adalah warna airnya bisa berubah-ubah. Suatu ketika berwarna hijau, bisa berubah menjadi biru, atau merah kecokelatan. Perubahan warna ini terjadi karena adanya unsur belerang yang tertimbun di dalam danau dan pengaruh dari pantulan sinar matahari.

Benteng Moraya

Moraya memiliki arti “genangan darah”. Benteng ini merupakan tempat bersejarah yang terletak di tepi Danau Tondano. Di sinilah tempat pertahanan pasukan Minahasa saat masa berperang melawan penjajah.

Benteng Moraya. Foto: Ndy, ndypada.com

Puncak Rurukan

Area puncak ini menurut Ndy, sangat pas dikunjungi pada pagi hari sembari menikmati matahari terbit dengan ditemani kopi panas dan pisang goreng hangat. Terletak di kaki gunung Mahawu, udara di sini sangat sejuk meskipun saat siang hari.

Di saat-saat sekarang ini, saat di mana banyak perjalanan dan pertemuan ditunda dan dibatalkan, impian berwisata perlu ditunda dulu. Jika situasi sudah memungkinkan nanti, bisa di-set lagi dalam angan-angan. Jika memungkinkan ya direalisasikan.

Puncak Rurukan. Foto: Ndy, dari ndypada.com.

Saya sudah mengantongi nih informasi mengenai villa di Manado yang mana saja yang direkomendasikan menjadi tempat menginap asyik jika ke Sulawesi Utara. Kalian bisa cek infonya di website Traveloka.



Nginep mana lagi di Manado karena Bisa Jadi cerita untuk anak-anak kita nanti? 



Kalau saya perhatikan, villa-villa yang direkomendasikan oleh Traveloka seperti Tanta Moon Luxury Villas dan Lorenso Cottage, letaknya itu tidak persis di kota Manadonya. Letaknya malah berada di luar kota Manado. Tapi kalau niat, bisa kali ya diusahakan mengunjungi Manado.

Keinginan makan ikan cakalang fufu dari Manado yang masih tersimpan di alam bawah sadar semoga bisa terealisasi suatu hari nanti. Agar perjalanan panjang minim drama, tentunya kesehatan harus bagus dan ancaman diminimalisir atau tanpa ancaman kesehatan.

Mari sama-sama berdoa supaya Indonesia bisa stabil dalam menghadapi ujian virus Corona sehingga potensi wisata di Manado dan juga di wilayah-wilayah lain di seluruh Indonesia bisa dieksplorasi kembali oleh para wisatawan domestik dan mancanegara.

Makassar, 16 Maret 2020




Share :

37 Komentar di "Memori Cakalang Fufu dan Pesona Manado"

  1. Jadi kangen Manado lagi. Banyak kenangan di sana. Pingin makan seafood lagi di Bunaken

    ReplyDelete
  2. Lengkap ya manado ini, sudah parasnya cantik-cantik eh kulinernya menggugah selera pula. Mudah-mudahan suatu hari nanti bisa singgah di Manado aamiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin ... saya belum pernah ke sana pun :)

      Delete
  3. Wooww!! Jadi kangen nih baca tulisan ini sama kota Manado dan Makasar.😊😊

    Cakalang sepintas kaya bandeng presto yaa mbak.😊😊 cuma bedanya agak kemerahan kalau cakalang. Serta lebih besar.


    Terakhir ada pesona kota manado dari danau serta sejarah benteng Moraya. Meski sudah begitu lama namun seolah ciri khas Moraya masih terbayang pada era masa penjajahan.


    Namun semuanya tetap masih berkesan hijau dan segar alami.😊😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beda modelnya sebenarnya. Mungkin karena difoto terlihat mirip ya. :)

      Delete
  4. terima kasih sudah menulis tentang kampung halaman saya, saya lahir sampai kuliah di manado. Dan saat ini merantau di Jakarta sudah 12 thn. Kangen kampung halaman

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waah, belum pulang kampung lagi ya Mbak Gina. Semoga bisa segera ke sana lagi.

      Delete
  5. Aaamiin. Kita tentu sangat berharap permasalahan Corona ini segera bisa teratasi
    Bicara mengenai manado salah satu kota yang ingin saya kunjungi juga, unik dengan segala budaya dan Destinasinya. Aku juga sering dengar kalau disana ada 'pasar ekstrim' walau aku yakin mungkin ga berani utk berkunjung :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di postingan Ndy ada tuh foto-foto dari pasar ekstrim itu, Mbak. Kalau mau dilihat bisa ke ndypada.com. :D

      Kalau ke Manado mampir di Makassar yaa.

      Delete
  6. Aku belum pernah makan ikan cakalang fufu tapi klo ikan asap lainnya lumayan seeing, ikan asap klo di santan memang lezat Mani's ikannya. I love it ☺

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah enak, Mbak. :)
      Saya suka sekali ikan asap pake santan :)

      Delete
  7. Cakalang fufu kaya enak tapi mpo tidak suka makanan yang di asap. Ada yang dibakar, tidak. Kalau ada mpo mau numpang makan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo dibakar, enakan langsung ikan segar ya Mpo hehe.

      Delete
  8. Indah banget ya Manado, belum pernah kesana, jadi banyak info yg didapat dari blog ini & pastinya infonya bakal jadi list wajib

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga kesampaian ke Manado, Mbak.

      Delete
    2. Belum ke Manado juga pdhl akar keluarga suami ya dr area sana moga seger bisa ke sana juga setelah isu corona ini mereda aamiin

      Delete
  9. kalau di jawa timur, cakalang fufu ialah iwak panggang. semudah itu menyebutnya. kan itu sudah diasap, nanti tinggal bikin sambalnya. boleh digoreng atau dikukus dulu kalau takut ada bekas lalat yg menghinggapinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lah iya kah mba? sering dengar nama ikan cakalang fufu, unik dan lucu namanya. Baru ngeh kalau sama dengan panggangan kalau di kita ( JATIMers).

      Biasanya aku bikin pesta makan iwak panggangan sama ibu2 tetangga, kalau ada yang habis mudik dari Tuban

      Delete
    2. Kalau ikan asap yang saya maksud, merupakan proses pengawetan dari ikan segar. Setelah diasapi baru deh diolah dengan cara dimasak santankah atau ditumis atau cara lain. Apakah iwak panggang seperti itu, Tha?

      Delete
  10. Aamiin. Doa terbaik untuk bangsa dan negara kita Indonesia.
    Jika Corona sudah lenyap kota km bisa bebas eksplorasi keindahan alam Nusantara ya...

    ReplyDelete
  11. Sedapnyaaa...
    Sewaktu di Pekalongan saya juga sering beli ikan asap dan dimasak santan juga
    Tapi ga tau ikan apa 😁😁😁

    ReplyDelete
  12. Aku belum pernah ke menado, menarik sekali dari cerita ini, bikin mupeng pengen traveling ke menado bunaken oh bunaken.

    ReplyDelete
  13. Tahu nggak sih? Aku baru tahu ada ikan bernama cakalang sewaktu Indomie meluncurkan varian Mie Rebus dan Mie Goreng Cakalang, xixixi ... Ketahuan ya, makannya lele lagi, lele lagi, hihihi ...

    Ikan yang diasap memang lebih sedap sih, ya. Di Semarang tuh ada ikan pe yang cara masaknya diasap juga. Ikan lele diasap pun enaknya bukan main. Aduh, jadi kepengen makan ikan.

    ReplyDelete
  14. Wah kapan ya bs icip² cakalang fufu asap khas Manado hehe...
    Oiya Mbak,, semoga kita smua dihindarkan dr Covid 19 ini ya Mbak,, Medan sudah ada 2 terkonfirmasi. Ini blm update lg sih sy,, tktnya nambah

    ReplyDelete
  15. Daku sering banget deh dengar Kuliner Cakalang Fufu, baik lewat televisi maupun membaca artikel. Penasaran dengan rasanya, karena belum pernah merasakan 🙈. Kok jadi curhat 😬

    ReplyDelete
  16. Aku demen ikan yg diasap gitu Mbaaa
    Semoga wabah corona ini segera berakhir.
    aku pengin buangeettt explore Manado, baru satu kali main ke sana

    ReplyDelete
  17. Belum pernah makan cakalang fufu akutu tapi seketika laper lihat gambarnya terus mba bahas cara memasaknya hehehe. Pengen merasakan kelezatan cakalang fufu ini entah yang pakai santan atau bumbu rica itu, dan ingin ke puncak rurukan suatu hari nanti :)

    ReplyDelete
  18. Ikan tuh memang menu andalan masakan Manado ya, Mbak. Dulu favorit banget makan siang di kantor pakai menu cakalang rica, tumis selada air, ikan ekor kuning, whoaaa enyak-enyak banget. Apalagi kalau bisa menikmati di kotanya langsung. Semogaaa kapan-kapan bisa jalan-jalan ke Manado. Aamiin.

    ReplyDelete
  19. Ikan cakalang fufu Manado emang enaaak ya mbak. Duh kebayang banget makan seafood kaya gini. Semoga Corona segera reda yaa, biar bisa traveling lagiii.

    ReplyDelete
  20. Duh kebayang enaknya ikan cakalang diasapin, kalau gak salah keluarga suamiku suka yang diasinin haah :D
    Baru tahu di tepi danau Tondano ada benteng peninggalan bersejarah mbak, moga kelak bisa ke sana

    ReplyDelete
  21. Duhhhh... Enak sekali, Manado ini jd salah tempat yang ingin sekali saya kunjungi

    ReplyDelete
  22. Aku belom pernah main ke manado ini bagus banget nih ya pemandangan nya aku jadi pengen kesana gitu jadinya seru banget ya

    ReplyDelete
  23. Wow.. ikan cakalang fufu sepertinya enak banget itu mbak, bisa dibikin jadi kayak sambel atau gulai.

    ReplyDelete
  24. Wah iya tuh, di puncak rurukan sambil lihat sunrise pasti keceh banget mbak. Mungkin jika ada kesempatan mau jalan-jalan kesana.

    ReplyDelete
  25. Wah seru banget nih ya kayaknya.. sayang banget belum pernah kesana.

    ReplyDelete
  26. Semoga aku pun bisa ke sana bun, saling mengaminkan doa hehehe
    cakalang fufu belum pernah makan, dikuah santan enak banget kali ya Bund
    Drama selalu ada dalam setiap perjalanan keknya ya, hehehe.

    ReplyDelete

Untuk saat ini kotak komentar saya moderasi karena banyaknya komen spam yang masuk. Silakan tinggalkan komentar ya. Komentar Anda akan sangat berarti bagi saya. Tapi komentar yang kasar dan spam akan saya hapus ya ^__^