Tertolong Berkat Indriana_Art – Jasa Sewa Baju Adat

Bukan saya namanya kalau tidak kebingungan sampai pusing kepala saat membaca undangan yang meminta hadirinnya mengenakan dress code. Kalau temanya casual mungkin saya oke saja. Kalau acaranya santai dan saya “membangkang” mungkin tidak terlalu menarik perhatian atau tidak dipedulikan oleh penyelenggara. Tapi kalau diundang untuk menghadiri sebuah event fashion terbesar di Indonesia timur yang jelas-jelas tertera “dress code” dalam undangannya? Malu juga kan, ya kalau datang kostumnya asal-asalan. Nanti dianggap tidak menghargai pengundang. Nah, begitulah yang terjadi pada saya saat mendapatkan undangan untuk menghadiri pembukaan Femme di Hotel Four Points bulan lalu. Dress code yang ditetapkan penyelenggara acara adalah ETNIS😟


Untungnya pusingnya saya itu tak berlangsung lama. Kawan saya – Ibu Syairawati Magrib yang akrab dengan nama gaulnya Abby Onety menceritakan mengenai usaha kawannya yang menyediakan aneka kostum tradisional. Usaha itu bernama INDRIANA_ART. Tak hanya bergerak dalam hal penyewaan baju adat/tradisional, Indriana_Art ini juga menjual jasa make up. Pemiliknya, Ibu Indriana juga berprofesi sebagai guru seni, merupakan rekan sejawat Abby di Perguruan Nasional. Abby memintakan foto-foto busana yang disewakan oleh Indriana_Art dan memperlihatkannya kepada saya.

Ibu Indriana ini lulusan dari Pendidikan Seni Universitas Negeri Makassar. Saking cintanya pada dunia seni tari, juga karena punya pengalaman menari hingga bisa berkunjung ke beberapa kota di Indonesia sampai luar negeri, maka dia ingin berbuat lebih banyak lagi, dengan terjun langsung memfasilitasi para pelaku seni dengan mendirikan usaha penyewaan baju adat dan make up.


Sesaat, saya dan Abby berdiskusi mengenai bagaimana bagusnya berbusana di perhelatan fashion yang mengundang kami itu. Abby mengusulkan untuk mengambil atasannya saja atau roknya saja. Saya sependapat, lalu memindai satu per satu foto yang Abby kirimkan via pesan pribadi untuk memilah kostum yang mana yang bisa saya kenakan. Setelah menimbang-nimbang berjam-jam, akhirnya pilihan saya jatuh pada rok bermotif Toraja. Meski bahan kain dan model roknya modern tapi coraknya khas Toraja. Masih masuk kategori etnis lah, ya. Corak kain Toraja kan khas banget.

Jasa Sewa Baju Adat dan Make Up Indriana_Art ini menyediakan jasanya untuk penduduk Gowa, Makassar, Maros, bahkan yang lebih jauh lagi dari Maros. Beberapa waktu yang lalu, Indriana_Art menyambangi Kota Masamba di Kabupaten Luwu Utara untuk memenuhi melayani pesanan pelanggan yang ingin menggunakan baju adat pengantin lengkap dengan pernak-perniknya. Bukan hanya kostum, tenda pengantin dan semua yang berhubungan dengan persiapan perkawinan termasuk khitanan, juga acara lainnya dilayani oleh Bu Indri pengadaannya.

Di pembukaan Femme. Foto: Eryvia Maronie

Syukurlah, ya, saya mendapatkan informasi ini dari Abby. Maka jadilah saya mengenakan rok bermotif Toraja berwarna biru di acara pembukaan Femme. Beberapa kawan yang lain juga mengenakan kostum yang sesuai dengan mereka dari usaha yang bisa dihubungi melalui akun Instagram @indriana_art  dan Facebook Indriana Ihsan ini. Inilah salah satu keuntungannya tinggal di kota besar dan berjejaring dengan berbagai kalangan, saya bisa mendapatkan banyak informasi mengenai berbagai hal, termasuk mencari solusi soal dress code. 😇

Makassar, 12 Mei 2018

Indriana_Art.
Jalan Malino, Kompleks PKG (jalan Kelapa nomor 16), Kabupaten Gowa. Untuk lebih mudahnya, bisa cari kampus Teknik Universitas Hasanuddin 2 di jalan Malino, nah di depan kampus ada masjid.  Sebelum masjid itu belok kiri, lalu terus hingga mentok baru belok kanan, lurus lagi dan temukan papan yang bertuliskan Indriana Art.  Kalau merasa kejauhan, coba hubungi saja di akun-akun media sosialnya (ada di paragraf akhir tulisan di atas), barangkali saja bisa bertemu dengan Ibu Indri di tempat yang disepakati, kan beliau mengajarnya di kota Makassar.

Catatan buat owner:
Sekadar saran buat Bu Indriana, keterangan profil di akun Instagramnya supaya dilengkapi dengan keterangan jasa apa saja yang bisa dilakukan oleh Indriana_Art. Cantumkan pula nomor kontak yang bisa dihubungi sewaktu-waktu, apakah nomor HP atau nomor WA.Semoga usahanya laris-manis, ya.

Keterangan foto:
3 foto koleksi dari Indriana_Art. 


Share :

6 Komentar di "Tertolong Berkat Indriana_Art – Jasa Sewa Baju Adat"

  1. Jasa sewa bajubadat seperti Indriana Art ini sangat membantu ya

    ReplyDelete
  2. Cantik dan anggun Niar pas pake baju nasional

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masya Allah, alhamdulillah, berkat kostum corak etnis yang cantik, ya Mbak Ade :)

      Delete
  3. Bagus juga ya ada jasa sewa baju adat ini di kota2 besar kayak sekarang
    yang suka banyak event yg mengedepankan budaya, dresscode budaya
    sedangkan baju adat itu bikinnya lumayan mahal dan kadang skali pakai saja.
    jd mmg mending sewa ya apalagi cantik2 koleksinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyes, apalagi ini lokasinya di Gowa tapi pemiliknya bekerja di Makassar, jadi bisa mengambil pasar di dua kota untuk sehari-harinya Eh malah bisa lho disewa ke luar kabupaten, seperti yang ada di tulisan ini.

      Delete

Untuk saat ini kotak komentar saya moderasi karena banyaknya komen spam yang masuk. Silakan tinggalkan komentar ya. Komentar Anda akan sangat berarti bagi saya. Tapi komentar yang kasar dan spam akan saya hapus ya ^__^